Tanya jawab EGR - Intake manifold Livina {515635} {J4niS}

Quote:
Original Posted By j4niS

om rio, ini bukannya motor egr nya ya? (mirip kya tumble valve yg diintake) cmiiw..... trus egr valve nya sendiri yg bisa dibersihin posisinya dimana?ini yg ditandain yang bisa neken tu kan?tu sebenernya yg diteken sama ini motor apa ya?
tutorial clear egr nya belum sempet dibkinin ya?klo udah ntar dishare disini ya :
thanks


bener om, yg difoto itu motornya EGR (yg hitam). Motor EGR itu neken katup EGR ke bawah, saat posisi ditekan itu kebuka lah jalur dari blok mesin ke pipa EGR yg masuk ke belakang intake.

EGR valvenya dibawah motor itu. buat ngelepasnya buka baut 10 di kiri sama kanannya ( di foto, yg kiri ketutupan selang bensin), trus tarik keatas

mudah2an senin sy post tutorialnya

btw tumble valve itu yg ada di kanan bawah intake bukan ya om? itu juga perlu dibersihin tuh, punya saya dibuka di KM 60.000 udah kotor banget jadi gerakan flap di intakenya ngga lancar


 gambar 1 - very dirty hole (intake manifold)

 gambar 2 - tumble motor valve
gambar 3 - opened intake
Quote:

Original Posted By j4niS


yap....tumble valve or power valve tu yg diintake

ini contoh di mobil orang pas diberes, kebeneran ane iseng photo (gambar 1 s/d 3)

emang kotor sekali, tapi bingung jg mo bersihinnya gimana cara klo udh ktor gtu..+.+

anyway, om rio tau tu lobang gede di samping throttle body buat pa aya?klo yg udah diujung kecil sana kan buat booster rem ya?cmiiw

om rio, pernah perhatiin di pulley livina om rio?posisi nya kaya gini jg gak ya?ini yg ane heran...di mesin 0 (TDC), tapi di consult nilanya 5 btdc
gambar 4 - timing


thanks


Bersihin pake DCS om, semprot aja ke sekitar lubangnya, diemin sampe kotorannya luntur. Kalo udh kotor banget perlu diulang beberapa kali

Lubang yg di kiri (kecil) betul buat booster rem. yg dikanan (besar) itu buat pipa EGR om

Posisi pulley ga pernah perhatiin om, dalam waktu dekat mau service ke jasmin ntar coba sy bandingin juga timing mark sama di consultnya...thanks infonya om 

sumber : kaskus

Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Grand Livina L11 tahun 2013 ganti busi dan koil enak dan normal setelah 2 Minggu Ndut ndutan tapi klu pakai transmisi L jalannya normal. Apa penyebabnya dan apa solusinya bang

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : step by step pasang Foglamp Universal di Karimun Wagon R {gevarasyarif}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

share Titik pemasangan Ground Wire Innova VVT-i matic {ipah2.0v}

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G