DIY : {Galagajrut} Pasang Cover Brembo Replika di rem Cakram Mobil Honda All New Jazz


sumber : kaskus
Rasanya sudah lama sekali tidak melakukan kegiatan "Do It Yourself" dalam ngoprek Mobil. Kini saat yang tepat karena banyak liburan. Kali ini kita coba masang sendiri Cover Rem Brembo replika utk rem Cakram di Honda all new Jazz Facelift keluaran thn 2011.

Sebelum memasang cover brembo replika ini ada beberapa syarat yg perlu di penuhi agar cover bisa terpasang sempurna di rem Cakram.
Syarat-nya :

  1. Velg mesti mempunyai celah antara Pot cakram dan bilah velg minimum 3 cm. Bila velg tidak mempunyai celah minimum ini.... cover bakal tidak bisa dipasang karena cover akan mentok ke bilah velg.
  2. Kebanyakan velg dibawah ukuran 15"....mempunyai celah dibawah 3 cm.....jadi memasang cover brembo ini akan berhasil apabila dilakukan ke ukuran velg minimum 16" keatas ( walau kadang ada velg ukuran 15" yg mempunyai celah cukup lebar )

Ayo dimulai acara ngoprek-nya ..... :D

Peralatan dan bahan yg diperlukan sungguh simple..... tak perlu tools khusus. Cukup sediakan gunting, Sealant temp resist, gergaji besi ukuran kecil , Double tape 3M ( my Favourite bahan) dan tentu saja Heineken Dingin untuk teman setia Ngoprek .... :)

gambar 1 - bahan

Tentu saja Bahan cover rem brembo-nya donk ......
Cover brembo yang saya pakai ini hanya Replika berbahan Plastic (200rb untuk 2 pasang)....warna merah dan kebetulan dapat yang seri embos timbul dengan aksen Chrome ( dipasaran ada yang aksen warna putih embosnya)

gambar 2 - cover brembo


Sebelum semuanya berjalan.... kita fit-ting dulu cover brembonya di rem cakram Mobil. Fungsi fit-ting ini utk menetukan posisi yg paling ideal utk pemasangan.... seperti kata pepatah lama.... Posisi menentukan Prestasi .... Bukan Begitu ? ..... :D

gambar 3 - test fitting

Setelah fit-ting selesai dan kita sudah memutuskan posisi bagaimana yang cocok, maka langsung dilanjut proses memotong sedikit bagian cover yang tak diperlukan yaitu disisi ujung bagian dalam cover. Fungsi penghilangan bagian ini supaya ujung cover tidak menyentuh piringan cakram rem. Gunakan gergaji besi ukuran kecil utk memotong plastic ujung cover ini.

gambar 4 - gergaji agar tidak menyentuh cakram

Perbandingan antara ujung cover yang sudah dipotong dan yang belum akan seperti ini ( kanan kondisi ori-nya, kiri kondisi setelah di potong )

gambar 5 - perbandingan sesudah dan sebelum dipotong 

Proses selanjutnya adalah menempelkan double tape 3M di ujung pot rem Cakram dan memberi Sealant. Usahakan memasang double 3M dibagian yang paling menonjol di Pot rem cakram sebagai usaha untuk menentukan posisi Cover brembo terpasang. Untuk pemberian sealant, berikan sealant di kedua permukaan yaitu di ujung pot rem cakram dan bagian dalam cover brembo. Berilah sealant yang cukup dengan tujuan agar kedua permukaan sealant ini nantinya akan saling mengunci apabila sudah kering.... jangan terlalu banyak karena akan belepotan semua ke bagian brake pad. Ini proses yang paling tricky.... usahakan berdoa dulu sebelum eksekusi proses ini supaya lancar dan berhasil ..... :)

gambar 6 - sealant untuk mengunci

Kemudian pasang cover brembo keatas pod rem cakram, sesuai dengan posisi yang sudah kita fit-tingkan tadi. Hasilnya akan menempel dengan sempurna. Gw pilih model fit-ting dengan bagian pentil menghadap keatas.

gambar 7 - Hasil terpasang

Setelah menunggu sekitar 1/2 jam sampai sealant agak kering..... baru kemudian velg kita pasang ketempatnya. Tunggu kira kira satu hari sampai sealant bener-bener kering dan mengikat cover Brembo dengan sempurna baru bisa kita gunakan mobilnya. Hasil akhir dari proses memasang cover Brembo replika ini seperti Berikut :

gambar 8 - Hasil akhir

Ini celah antara Cover Brembo dan bilah Velg yang gw maksud diatas.

gambar 9 - Celah velg dan cover brembo

Stunning Looks isn't it ? ..... :D
Harga pasaran Cover brembo replika di pasaran saat ini bervariasi anatar rp 100.000 - Rp 150.000 per set kanan kiri. Kebetulan saya dapat yang Rp 100.0000 saja.

Puas rasanya bisa masang cover rem Brembo ini sendiri ..... :D

by Galagajrut

Comments

  1. Untuk honda jazz rs 2011, ukuran covernya beda gk ya bos? (Depan sama belakang)?

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

cara parkir dengan transmisi netral di Honda HRV matic {gun2016}

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio