DIY : test tegangan aki dan test kondisi cell aki

Lanjutan test terdahulu, saat ini ditest saat aki berumur lebih dari 2 tahun 8 bulan. Kondisi aki pernah hampir kehabisan air (di bawah low) karena kesibukan jadi tidak sempat ngurusin mobil :( Aki saat ini tidak bisa mempertahankan voltasenya / setrumnya 100%. Untuk start mesin masih bisa meskipun tidak setokcer saat awal.
Newbie coba charge setelahnya membiarkan semalaman. Pagi harinya newbie test tegangan menunjukkan angka di atas 12.6 Volt, hmmm voltase palsu nih, coba newbie nyalakan headlamp dan foglamp sebentar kemudian mematikan dan mengukur voltasenya, voltase berangsur naik sampai maximal di angka 12.45 Volt saja (gambar 1)

 gambar 1 - Voltase tidak 100%

 gambar 2 - Cell 1 di putih mendekati merah


 gambar 3 - Cell 1 di putih mendekati merah
 gambar 4 - Cell 2 mendingan dikit
 gambar 5 - Cell 2 mendingan dikit
 gambar 6 - Cell 3 tetap di putih
 gambar 7 - Cell 3 tetap di putih
 gambar 8 - Cell 4 menyentuh area hijau
 gambar 9 - Cell 4 menyentuh area hijau
 gambar 10 - Cell 5 di area putih
 gambar 11 - Cell 5 di area putih
 gambar 12 - Cell 6 di area putih
gambar 13 - Cell 6 di area putih

Dari kondisi Specific Gravity kesemua cell secara umum ada di area putih, cell no 4 adalah yang terbaik dan cell no 1 adalah yang terburuk. Secara keseluruhan semua cell mulai mengalami penurunan daya simpan karena terjadi sulfatasi pada cell akinya.

 gambar 14 - Tanggal pembelian dan usia aki terpasang

gambar 15 - Keesokannya menjelang sore diukur

Hampir 30 jam berikutnya diukur lagi ternyata kembali terjadi penurunan voltase aki dari 12.45 ke 12.39 volt. Kondisi mesin tidak menyala sama sekali jadi tidak ada listrik masuk, pemakaian listrik dari lampu kabin dan alarm yang beberapa kali dibuka tutup.

Hmmm sepertinya susah mencapai 4 tahun kalo kondisi seperti ini

regards,
singachu

Comments

  1. Mantap Oom Singa klo bisa tahan sampe Mei 2012 aja tuh aki uda berumur 3 tahun uda lumayan...malah ada yg apes blm 1 tahun uda jebol (cacat produksi).... Tp selama blm ada gejala tekor kayaknya masih bisa dipake cm siap2x sj klo tiba2x gak bisa starter :)

    ReplyDelete
  2. yang sebelum aki ini juga 2 tahun 11 bulan......
    iya takutnya aki yang umur penyimpanan di rak tokonya udah kadaluarsa
    yup masih bisa dipake....kalo udah mulai tanda2 ga bisa starter kliatan kok om, starter mulai susah.... jadi sebenernya ga tiba2 aja langsung mati ga bisa starer, cuman kadang orang merasa sayang aja cepet2 ganti...mahal soalnya :D

    regards,
    singachu

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

DIY: cara irit buat karet pintu lebih kedap saat tutup buka pintu {batosai1983}

Tutorial mengkoneksikan handphone ke head unit Mobilio Prestige {kimbo555}

DIY : {taufik} membersihkan ECT Sensor untuk menormalkan putaran fan radiator

DIY: Isi Freon R134a Kaleng {Daniel Setiawan}

Ganti bostel dan bearing alternator penyebab bunyi krrr krrr saat mesin diberi beban {windu}

DIY : pengencangan mur atas shockbreaker penyebab bunyi klotok-klotok

DIY : Modif jalur camera mundur agar bisa mode AUTO / ALWAYS ON / OFF