DIY : {taufik} membersihkan ECT Sensor untuk menormalkan putaran fan radiator

sumber : milis aerioindonesia@yahoogroups.com

gambar 1 - ECT Sensor sebelum dibersihkan

gambar 2 - ECT Sensor setelah dibersihkan

18 Maret 2011
Dear Para Suhu,
Setelah kurang lebih 1 Minggu ga dipakai, hari ini Oshin keluar Kandang. Namun AC kok kerasa ga dingin yaah.
Penasaran, Sy turun, buka Kap Mesin. Saya perhatiin kurang lebih 15 dengan mesin hidup. Fan AC (didepan Header) Hidup, tapi Fan Radiator (yg ada Selang Radiatornya) ga hidup/ alias Mati).
Renc mw sy bawa ke bengkel. Kemungkinan ganti Motornya atw gimana niey? Klo Ganti Motornya ajah, klo ga salah Merk Panasonic yah?? DC berapaan yah??
Thanks atas Infonya.
Oshin / B 2893 OM / AIC 253


18 Maret 2011
Dear om Taufik,
Motor merk panasonic setau saya untuk motor fan AC bukan motor fan radiator.

Kok langsung vonis motornya knp ?
Coba test dulu kalo dijumper langsung ke aki, di sana ada 4 pin untuk mendapatkan 2 macam kecepatan putar fan yang berbeda.
Cek sini : http://otodiy.blogspot.com/2010/08/system-pendingin-mesin-aerio-dan-cara.html
Ini link gambar pin untuk test jumpernya :
http://lh4.ggpht.com/_cOFIO8iC0hg/THAA5dEeg5I/AAAAAAAAC7w/jIy0aA8v4Ww/s512/FanSocket.GIF

Kalo ternyata bisa muter ya berarti bukan motor fannya, cek :
1. Cek Radiator Fan Relaynya (Relay C, D dan E)
http://otodiy.blogspot.com/2010/02/mencari-tau-fungsi-relay-di-fusebox.html

2. Cek ECT sensor, karena Motor fan radiator baru dijalankan kalo suhu coolant mencapai tertentu, dan ini tugas ECT sensornya untuk membaca temperatur

regards,
singachu

Setelah dicek by pass langsung fan radiator bisa mutar :
18 Maret 2011
Update :
Sementara di by pass, Fan muter kenceng. Diambil dari soket (terlampir)
gambar 3 - soket fan radiator
Sedang ditelusuri dari sambungan ke Fuse Box/ Relay.

Oshin / B 2893 OM / AIC 253

18 Maret 2011
Harusnya sih ga susah benerin beginian, toh udah jelas motor fan hidup kenceng.
Kalo sensor ECT dilepas, normalnya fan jadi muter/hidup.
Sumber masalah antara sensor ECT dengan relay fan aja.
trims
- DiX -
AIC 198

18 Maret 2011
Sudah dibawa ke Tukang Dinamo, dan untungnya tukang dinamo ga maen buka.
Sementara diduga oleh tukang dinamo, Switch yg di deket sekang radiator (gambar terlampir) rusak.
gambar 4 - lokasi sensor ECT
Indikasinya, smua dikembalikan ke kondisi semula, dan saat switch dilepas Fan berputar.
Ada yg tau brp harganya? Dimana bisa dibeli??
**smoga ga menguras kantong**

Oshin / B 2893 OM / AIC 253

18 Maret 2011
"Switch" ntuh namanya ECT Sensor om.... ntuh dia yang gua maksud2 di email saya sebelumnya
coba bersihin dulu om, untuk harga ga hapal kudu cek eparts

regards,
singachu

18 Maret 2011
Om Singachu, ntar sore dicoba bersihin. Harga tadi telp Setia Jaya 275 Rb.

Matur Nuwun sangat Om.

Oshin / B 2893 OM / AIC 253

18 Maret 2011
Pertanyaan selanjutnya niey Om dan Suhu.
Klo switch ECT itu sy lepas utk sementara, apa efek sampingnya yax?
Alasan dilepas karena biar Pasti Fan nyala.
Thx

Oshin / B 2893 OM / AIC 253

18 Maret 2011
Pastinya ga tau om soalnya ga pernah punya pengalaman, sepertinya masuk fail safe mode :
DTC NO : P0115 (No.19)
TROUBLE : ECT SENSOR
FAIL-SAFE OPERATION : ECM controls actuators assuming that engine coolant temperature is 80°C. Radiator fan motor ON.
SYMPTOM : Hard starting/ rough or incorrect idle/ excessive fuel consumption/ hesitation poor acceleration/ detonation or spark knock

regards,
singachu

18 Maret 2011
Berikut penampakan jika ECT dilepas.
Yg baru pernah dilihat adalah Indikator Suhu Mesin dua-duanya Menyala (Biru dan Merah) serta Check Engine juga Nyala bersamaan. Ini terjadi saat mesin baru hidup (setelah parkir 1 jam-an). Indikator mesin baru Mati (Biru dan Merah) setelah mesin hidup kurleb 15 detik.
Tapi Check Engine tetep Nyala.
gambar - temp indikator dan check engine

Oshin / B 2893 OM / AIC 253
20 Maret 2011
Lapor, kemarin ECT Sensor udah dibersihkan sesuai petunjuk Om Dix dan Om Singachu. Alat yg digunakan hanya pake Amplas halus (Amplas Air).

Hasilnya, skrg lg dibawa jalan ke Medan, Alhamdulillah, blm ada gejala Overheat.
Fan juga nampaknya Normal ajah.

Terlampir penampakan ECT sebelum dan sesudah dibersihkan.
(Gambar 1 dan Gambar 2)
Spesial Tengkyu buat Om Singachu dan Om Dix.

Oshin / B 2893 OM / AIC 253

by Taufik

Comments

  1. wah ini kemarin kejadian juga neh ....ac tiba tiba mati (angin doank), lalu temperatur mulai naik sampai hampir overhead.
    cek ke suzuki di vonis radiator bocor.. ganti kepala radiator, air radiator masih muncrat muncrat. keluarlah vonis Kop mesin melengkung. tapi blom sape turun mesin tiba tiba ada vonis ECT sensor ini, diganti, lumayan juga harganya 310rb... temp mulai normal tapi tarikan mesin di gigi 2 masih sering gelitik.

    ReplyDelete
  2. ECT nya ga dicoba dibersihin dulu ?

    air radiator masih muncrat2 ?

    Kop mesin sudah diratain ?

    regards,
    singachu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Om singachu sy mau tanya. Kalau ect bermasalah apakah check engine nya menyala? Fiesta saya kendalanya air radiator mendidih tp kalau AC hidup mendidihnya hilang. Apakah itu masalah di ect? Indikator check engine tidak menyala. Tks

      Delete
    2. om I Komang,
      ga nyala om check engine....
      Fiesta itu kipas di depan untuk ac dan radiator terpisah ga om ?
      Bisa jadi karena ECT bermasalah, kipas ga muter, begitu nyalain AC, kipas muter jadi radiator ikut didinginkan ama kipas.

      Delete
  3. om Singachu
    bersihin/ganti ECT sensor bisa DIY ga?

    ReplyDelete
  4. bisa, tinggal dilepas pakai kunci 19 dan bersihkan saja

    regards,
    singachu

    ReplyDelete
  5. Kalau ECT dilepas apa air raiator tdk meluber

    ReplyDelete
  6. ECT sensor di Aerio letaknya cukup tinggi, selama mesin mati dan dingin (tidak bertekanan), tutup radiator tidak dilepas (tetep vacuum) maka tidak akan luber, kalopun ada yang tumpah kebuang itupun minim sekali.
    Jadi setelah dipasang ulang tidak perlu ditambahpun tidak masalah, kalaupun mau nambah tinggal tambah di reservoir saja

    regards,
    singachu

    ReplyDelete
  7. Malem agan2.. Maaf numpang masukan dan pencerahan.. Ertiga ane tahun 2014, setelah kuras radiator dengan radiator flush, muncul kerak2 putih, bkin temperatur naik dan air muncrat, dan dikecepatan 80km/jam ke atas, temperatur naik n ac jd panas.. Trus bongkar n ganti packing head, dan bersihkan kerak putih di saluran di head silinder, sensor ect, dan termostat.. Hasilnya air sdh tdk muncrat.. Cuma kalo di kecepatan tinggi masih suka naik temperaturnya, n ac jd panas.. Tp kalo misalnya di turunin di kisaran 60km/jam, temperatur kembali turun dan ac kembali dingin.. Kira2 problemnya dimana ya suhu?
    Jawabannya sangat di tunggu, terimakasih banyak sebelumnya.

    ReplyDelete
  8. mau tanya Gan ; klo ECT utk Brio Satya posisinya dimana Gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tau gan. tempo lalu ada saya arsip cuman diprotes ama link sumber jadi dihapus dari blog. langsung maen ke sitenya brio aja gan

      Delete
  9. hyundai matrix saya kmrn waktu mudik sempet over heat tapi indikator temperatur manteng ditengah aja, saya coba lepas socket ECT fan muter kenceng, saya hidupkan AC fan radiator nyala. sampe dirumah saya ceoba2 cek lagi mesin dinyalain sampe suhu mesin menunjukan setengan kadang fan nya hidup kadang nggak, yang jadi pertanyaan saya apakah ECT nya bermasalah? karena fan kadang muter kadang nggak disuhu setengah, pertanyaan kedua kenapa indikator suhu tetap berada di level setengah padahal suhu sebenarnya udah panas bahkan air diradiator sudah mendidih? saya sudah cek juga relay COND1 dan relay COND2 normal, terimakasih......

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dari ECT nya bermasalah..... bisa tes ukur pakai OhmMeter dengan ECT direbus dan ukur temperatur air pakai termometer, harusnya terus berubah nilai resistansinya seiring temperatur naik.
      Tapi pastikan juga kalau motor fan ga lemot.

      Delete
  10. Bang . info warna kabel . soket extra fan swift dong . punya saya tebakar (swift st2011)???thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabel di soketnya ada 2 atau 4 ? kalau 2 tinggal test aja ke plus dan minus, perhatikan arah angin nya harus ke dalam ruang mesin, kalau ternyata niup keluar berarti tinggal dibalik plus minusnya.
      Kalau warna kabel saya ga punya datanya

      Delete

Post a Comment

most read in a week

DIY: Isi Freon R134a Kaleng {Daniel Setiawan}

DIY: cara irit buat karet pintu lebih kedap saat tutup buka pintu {batosai1983}

DIY : pengencangan mur atas shockbreaker penyebab bunyi klotok-klotok

DIY : Membetulkan High Pressure Cleaner yang macet-macetan

DIY : Modif jalur camera mundur agar bisa mode AUTO / ALWAYS ON / OFF

Tutorial mengkoneksikan handphone ke head unit Mobilio Prestige {kimbo555}

Ganti bostel dan bearing alternator penyebab bunyi krrr krrr saat mesin diberi beban {windu}