DIY : {taufik} membersihkan ECT Sensor untuk menormalkan putaran fan radiator

sumber : milis aerioindonesia@yahoogroups.com

gambar 1 - ECT Sensor sebelum dibersihkan

gambar 2 - ECT Sensor setelah dibersihkan

18 Maret 2011
Dear Para Suhu,
Setelah kurang lebih 1 Minggu ga dipakai, hari ini Oshin keluar Kandang. Namun AC kok kerasa ga dingin yaah.
Penasaran, Sy turun, buka Kap Mesin. Saya perhatiin kurang lebih 15 dengan mesin hidup. Fan AC (didepan Header) Hidup, tapi Fan Radiator (yg ada Selang Radiatornya) ga hidup/ alias Mati).
Renc mw sy bawa ke bengkel. Kemungkinan ganti Motornya atw gimana niey? Klo Ganti Motornya ajah, klo ga salah Merk Panasonic yah?? DC berapaan yah??
Thanks atas Infonya.
Oshin / B 2893 OM / AIC 253


18 Maret 2011
Dear om Taufik,
Motor merk panasonic setau saya untuk motor fan AC bukan motor fan radiator.

Kok langsung vonis motornya knp ?
Coba test dulu kalo dijumper langsung ke aki, di sana ada 4 pin untuk mendapatkan 2 macam kecepatan putar fan yang berbeda.
Cek sini : http://otodiy.blogspot.com/2010/08/system-pendingin-mesin-aerio-dan-cara.html
Ini link gambar pin untuk test jumpernya :
http://lh4.ggpht.com/_cOFIO8iC0hg/THAA5dEeg5I/AAAAAAAAC7w/jIy0aA8v4Ww/s512/FanSocket.GIF

Kalo ternyata bisa muter ya berarti bukan motor fannya, cek :
1. Cek Radiator Fan Relaynya (Relay C, D dan E)
http://otodiy.blogspot.com/2010/02/mencari-tau-fungsi-relay-di-fusebox.html

2. Cek ECT sensor, karena Motor fan radiator baru dijalankan kalo suhu coolant mencapai tertentu, dan ini tugas ECT sensornya untuk membaca temperatur

regards,
singachu

Setelah dicek by pass langsung fan radiator bisa mutar :
18 Maret 2011
Update :
Sementara di by pass, Fan muter kenceng. Diambil dari soket (terlampir)
gambar 3 - soket fan radiator
Sedang ditelusuri dari sambungan ke Fuse Box/ Relay.

Oshin / B 2893 OM / AIC 253

18 Maret 2011
Harusnya sih ga susah benerin beginian, toh udah jelas motor fan hidup kenceng.
Kalo sensor ECT dilepas, normalnya fan jadi muter/hidup.
Sumber masalah antara sensor ECT dengan relay fan aja.
trims
- DiX -
AIC 198

18 Maret 2011
Sudah dibawa ke Tukang Dinamo, dan untungnya tukang dinamo ga maen buka.
Sementara diduga oleh tukang dinamo, Switch yg di deket sekang radiator (gambar terlampir) rusak.
gambar 4 - lokasi sensor ECT
Indikasinya, smua dikembalikan ke kondisi semula, dan saat switch dilepas Fan berputar.
Ada yg tau brp harganya? Dimana bisa dibeli??
**smoga ga menguras kantong**

Oshin / B 2893 OM / AIC 253

18 Maret 2011
"Switch" ntuh namanya ECT Sensor om.... ntuh dia yang gua maksud2 di email saya sebelumnya
coba bersihin dulu om, untuk harga ga hapal kudu cek eparts

regards,
singachu

18 Maret 2011
Om Singachu, ntar sore dicoba bersihin. Harga tadi telp Setia Jaya 275 Rb.

Matur Nuwun sangat Om.

Oshin / B 2893 OM / AIC 253

18 Maret 2011
Pertanyaan selanjutnya niey Om dan Suhu.
Klo switch ECT itu sy lepas utk sementara, apa efek sampingnya yax?
Alasan dilepas karena biar Pasti Fan nyala.
Thx

Oshin / B 2893 OM / AIC 253

18 Maret 2011
Pastinya ga tau om soalnya ga pernah punya pengalaman, sepertinya masuk fail safe mode :
DTC NO : P0115 (No.19)
TROUBLE : ECT SENSOR
FAIL-SAFE OPERATION : ECM controls actuators assuming that engine coolant temperature is 80°C. Radiator fan motor ON.
SYMPTOM : Hard starting/ rough or incorrect idle/ excessive fuel consumption/ hesitation poor acceleration/ detonation or spark knock

regards,
singachu

18 Maret 2011
Berikut penampakan jika ECT dilepas.
Yg baru pernah dilihat adalah Indikator Suhu Mesin dua-duanya Menyala (Biru dan Merah) serta Check Engine juga Nyala bersamaan. Ini terjadi saat mesin baru hidup (setelah parkir 1 jam-an). Indikator mesin baru Mati (Biru dan Merah) setelah mesin hidup kurleb 15 detik.
Tapi Check Engine tetep Nyala.
gambar - temp indikator dan check engine

Oshin / B 2893 OM / AIC 253
20 Maret 2011
Lapor, kemarin ECT Sensor udah dibersihkan sesuai petunjuk Om Dix dan Om Singachu. Alat yg digunakan hanya pake Amplas halus (Amplas Air).

Hasilnya, skrg lg dibawa jalan ke Medan, Alhamdulillah, blm ada gejala Overheat.
Fan juga nampaknya Normal ajah.

Terlampir penampakan ECT sebelum dan sesudah dibersihkan.
(Gambar 1 dan Gambar 2)
Spesial Tengkyu buat Om Singachu dan Om Dix.

Oshin / B 2893 OM / AIC 253

by Taufik

Comments

  1. wah ini kemarin kejadian juga neh ....ac tiba tiba mati (angin doank), lalu temperatur mulai naik sampai hampir overhead.
    cek ke suzuki di vonis radiator bocor.. ganti kepala radiator, air radiator masih muncrat muncrat. keluarlah vonis Kop mesin melengkung. tapi blom sape turun mesin tiba tiba ada vonis ECT sensor ini, diganti, lumayan juga harganya 310rb... temp mulai normal tapi tarikan mesin di gigi 2 masih sering gelitik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yg jual switch ETC suzuki baleno 2002 ga.Thx

      Delete
  2. ECT nya ga dicoba dibersihin dulu ?

    air radiator masih muncrat2 ?

    Kop mesin sudah diratain ?

    regards,
    singachu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Om singachu sy mau tanya. Kalau ect bermasalah apakah check engine nya menyala? Fiesta saya kendalanya air radiator mendidih tp kalau AC hidup mendidihnya hilang. Apakah itu masalah di ect? Indikator check engine tidak menyala. Tks

      Delete
    2. om I Komang,
      ga nyala om check engine....
      Fiesta itu kipas di depan untuk ac dan radiator terpisah ga om ?
      Bisa jadi karena ECT bermasalah, kipas ga muter, begitu nyalain AC, kipas muter jadi radiator ikut didinginkan ama kipas.

      Delete
    3. Maaf saya lagi ngerjain ford fiesta ect troble....kalau fiesta kipas diradiator aja extrafan ac nggak ada.....kalau di AC kalau ect rusak nggak mau nyala ......saya cabut soket ect baru mau nyala mohon koreksi ....trima kasih

      Delete
    4. coba diukur resistansi ect nya...... trus coba ect nya direbus sambil diukur resistansinya, harusnya makin panas makin kecil resitansinya.

      kipas radiator mestinya baru muter kalau suhu mesin dah panas jadi ga terus muter.
      Berikutnya karena gabung dengan Fan AC, harusnya juga muter fan nya kalau ac nyala. Kalau ga muter cek relay nya mestinya, dan pastika kompresornya muter, kalau kompresor aja ga mau muter kemungkinan ada trouble di AC seperti bocor freon dsb

      Delete
  3. om Singachu
    bersihin/ganti ECT sensor bisa DIY ga?

    ReplyDelete
  4. bisa, tinggal dilepas pakai kunci 19 dan bersihkan saja

    regards,
    singachu

    ReplyDelete
  5. Kalau ECT dilepas apa air raiator tdk meluber

    ReplyDelete
  6. ECT sensor di Aerio letaknya cukup tinggi, selama mesin mati dan dingin (tidak bertekanan), tutup radiator tidak dilepas (tetep vacuum) maka tidak akan luber, kalopun ada yang tumpah kebuang itupun minim sekali.
    Jadi setelah dipasang ulang tidak perlu ditambahpun tidak masalah, kalaupun mau nambah tinggal tambah di reservoir saja

    regards,
    singachu

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  7. Malem agan2.. Maaf numpang masukan dan pencerahan.. Ertiga ane tahun 2014, setelah kuras radiator dengan radiator flush, muncul kerak2 putih, bkin temperatur naik dan air muncrat, dan dikecepatan 80km/jam ke atas, temperatur naik n ac jd panas.. Trus bongkar n ganti packing head, dan bersihkan kerak putih di saluran di head silinder, sensor ect, dan termostat.. Hasilnya air sdh tdk muncrat.. Cuma kalo di kecepatan tinggi masih suka naik temperaturnya, n ac jd panas.. Tp kalo misalnya di turunin di kisaran 60km/jam, temperatur kembali turun dan ac kembali dingin.. Kira2 problemnya dimana ya suhu?
    Jawabannya sangat di tunggu, terimakasih banyak sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak itu karena kotoran menyumbat thermostat. Thermostat gak bisa dibersihkan terutama bagian as nya. Harusnya ganti baru.
      Itu kemungkinan thermostat di lepas gak dipasang lagi. Efeknya kalau nanjak curam atau high speed (mesin kerja berat) maka air panas dari mesin bypas lebih banyak daripada yg lewat radiator maka overheating dan harus turun kecepatan atau kurangi gas.
      Itu salah satu bahaya pakai radiator flush atau stop leak radiator yg pakai bubuk itu.
      Aku pernah kejadian ford fiesta saya gara2 aku jasih stop leak radiator yg ada bubuknya langsung overheating trs aku ganti thermostat beres.
      Tandanya beres adalah bila slang air dari radiator menuju water pump/mesin mulai panas....kalau dingin trs walau sdh lama jalan maka thermostat gak buka atau terganjal.

      Delete
  8. mau tanya Gan ; klo ECT utk Brio Satya posisinya dimana Gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tau gan. tempo lalu ada saya arsip cuman diprotes ama link sumber jadi dihapus dari blog. langsung maen ke sitenya brio aja gan

      Delete
  9. hyundai matrix saya kmrn waktu mudik sempet over heat tapi indikator temperatur manteng ditengah aja, saya coba lepas socket ECT fan muter kenceng, saya hidupkan AC fan radiator nyala. sampe dirumah saya ceoba2 cek lagi mesin dinyalain sampe suhu mesin menunjukan setengan kadang fan nya hidup kadang nggak, yang jadi pertanyaan saya apakah ECT nya bermasalah? karena fan kadang muter kadang nggak disuhu setengah, pertanyaan kedua kenapa indikator suhu tetap berada di level setengah padahal suhu sebenarnya udah panas bahkan air diradiator sudah mendidih? saya sudah cek juga relay COND1 dan relay COND2 normal, terimakasih......

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dari ECT nya bermasalah..... bisa tes ukur pakai OhmMeter dengan ECT direbus dan ukur temperatur air pakai termometer, harusnya terus berubah nilai resistansinya seiring temperatur naik.
      Tapi pastikan juga kalau motor fan ga lemot.

      Delete
  10. Bang . info warna kabel . soket extra fan swift dong . punya saya tebakar (swift st2011)???thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. kabel di soketnya ada 2 atau 4 ? kalau 2 tinggal test aja ke plus dan minus, perhatikan arah angin nya harus ke dalam ruang mesin, kalau ternyata niup keluar berarti tinggal dibalik plus minusnya.
      Kalau warna kabel saya ga punya datanya

      Delete
    2. Mksih om . Kerusakan sdh teratasi om

      Delete
  11. om mohon info kenapa petunjuk temperatur di dashboard mobil civic ferio saya tiba tiba mati, apakah ect atau kabel yg kena y kira kira atau thermostat yg sudah rusak pengaruh gak ke jarum temperatur yg mati?thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. ECT kalau mati sepertinya fan radiator bakalan muter. Coba aja cabut ECT nya dan nyalakan mesin, kalau kipas nyala kemungkinan bukan ECT nya tapi di speedonya, atau mungkin ada kabel lepas.
      Test resistansi ECT juga bisa.
      Thermostat ndak pengaruh ke jarum temperatur yang mati

      Delete
    2. ikut komen ya om sekalian tanya.
      mobilnya sama nih ferio..
      fan radiator gak muter..
      1. coba by pass ke aki, fan normal muter (carbon dinamo baru ganti).
      2. coba lagi lepas socket ECT tapi fan gak muter... klo penjelasan dari diskusi di atas ECT dilepas fan nyala terus gitu yah...

      berarti kenapa ya. relay sudah saya coba ganti juga dengan yg baru.. mohon infi.. trims om

      Delete
    3. om Dini Akbar Juniardi, coba tes apa relaynya dapat arus apa ga, mungkin juga ada fuse untuk relaynya yang putus.

      Delete
  12. ikut komen ya om sekalian tanya.
    mobilnya sama nih ferio..
    fan radiator gak muter..
    1. coba by pass ke aki, fan normal muter (carbon dinamo baru ganti).
    2. coba lagi lepas socket ECT tapi fan gak muter... klo penjelasan dari diskusi di atas ECT dilepas fan nyala terus gitu yah...

    berarti kenapa ya. relay sudah saya coba ganti juga dengan yg baru.. mohon infi.. trims om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mobil saya Swift om .

      Kalau socket ect yg di pipa radiator d lepas . Seharusnya fan nya muter kencang om . Sudah saya tes . D mobil saya om

      Kalau kasusnya om ini . Coba check main relay om . Fuse 30A itu suplay positif baterai ke semua relay .

      Sama saya pernah gitu om abis buka fan motor abis gulung ulang dan ganti carbon brush . Ternyata posisi - + nya kebalik gara gara saat pemasangan motor fan ga d Marking . Jadi posisi magnet terputar ga sesuai awal bawaannya . Jadi saya check pake avometer di socket dan cocokkan ke motor fan posisinya dan yang mana + - dan kalau Sdh dapat .saya potong kabel rubah dan sambung lagi .ini kasus saya waktu itu om dan Sdh fix.

      Terima kasih

      Delete
  13. Mohon bantuan,Ford fiesta tahun 2012 tiba" ngga bisa mundur,check engine menyala...pdahal ada getaran pas di masukin ke R....

    ReplyDelete
    Replies
    1. http://otodiy.blogspot.com/2018/07/ganti-catalytic-converter-grand-livina.html

      itu mirip, ternyata tabung CC nya mampet. Coba cek dulu barangkali serupa

      Delete
    2. check engine coba di scan aja biar lebih jelas errornya apa

      Delete
  14. Om pny sy serena 2007, keluhanya fan yg 1 mati, apa bisa di benerin gnti brush aja atau harus ganti baru?mksh om...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung kerusakan dari fan atau fuse / relay. Coba tes aja direct ke aki kalau ga muter ya coba ganti brushnya

      Delete
  15. Halo om singachu. Mohon info . Mbl baleno.2002. Kasus over heat. Trus dilepas soket ect fan radiator muter. Brati maslah nya dimana ya om. Nuhun

    ReplyDelete
    Replies
    1. kipasnya kencang muternya ?

      Ya bisa kurang bleeding, air radiator kurang, air radiator mendidih dan luber dari reservoir, thermostat, waterpump, radiator bumpet..... macem2.

      Delete
    2. Iya ternyata ect nya om. Sy ampelas ect nya . Skrg sudah normal kipas radiator nyala kl udah sampe suhu max. Awal nya ga muter kipas nya. Trima kasih om singachu. Dgn ada nya blog ini sangat informatif. Moga makin sukses

      Delete
  16. Ada jual swicth ETc suzuki baleno 2002 ga

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya ada. coba cek di toko sparepart / online.

      Delete
  17. Om letak ect avanza sebelah mana ya tak cari kok ngga ketemu😥

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah maaf blom pernah ada yang share letaknya.
      Coba aja ditelusuri dari selang radiator atas yang menuju mesin, kira2 di area sana ada sensor ga yang nancep2 di pipa air radiator

      Delete
    2. Numpang nanya om singa chu
      Mesin panas tp fan radiator g nyala,
      Kl ac dinyalakan fan normal,
      Soket ect dicabut kipas g nyala,
      Apakah ect rusak atau relay yg rusak?

      Delete
    3. soket ECT dicabut kalau ga muter bisa dari relay bisa dari motor fan.
      Tes motor fan langsung aki, kalau bisa nyala, cek relaynya

      Delete
    4. @unknown:
      ECT avanza itu adanya di belakang mesin ujung, gak keliatan. nyempil di samping selang radiator atas belakang, jalur waterpump. klo diraba baru kerasa.. klo diliat visual mustahil terlihat krna nyempil. wkk

      Delete
  18. mau tanya klo mobil mazda lantis utk stasionernya naik turun apanya,apakah ada kaitannya sama sensor ect,trimakasih

    ReplyDelete
  19. Numpang nanya om singa chu
    Mesin panas tp fan radiator g nyala,
    Kl ac dinyalakan fan normal,
    Soket ect dicabut kipas g nyala,
    Apakah ect rusak atau relay yg rusak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek tukar relay om . Biasa ada 3 relay fan . 1 AC . 2 buat radiator kecepatan rendah . 3 radiator kecepatan tinggi . Di tandain om . Coba di pasang di bagian kipas AC relay nya yang 2 buat radiator tadi d tukar tukar . Apa pas d tukar tukar kipas pas saat nyalakan AC normal gak . Kalau tetep nyala berarti 2 relay tadi bagus om .kalau ada mati pasti ketahuan . Gini saya biasa ngecek relay om bagus apa gak . Cuma d tukar ke bagian AC terus nyalain deh .simplenya

      Delete
  20. mau tanya,saya pnya apv temperatur kalo siang buat nanjak di ac temperatur normal,tapi kalo malem lampu utama hidup ac mati /hidup perjalanan nanjak temperatur naik smpai h kipas baru muter trus temperatur turun lagi masalah nya apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. normal mestinya.
      AC hidup itu sebenernya ada kipas yang muter dinginkan condensor, otomatis radiator juga ikut didinginkan sekalian.

      Delete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh agan agan suhu,, mau nanya solusi untuk mengatasi fan radiator nyala terus untuk Aerio facelift 2005 biasanya memperbaiki bagian mana ya gan? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. sejak start langsung nyala ?
      Jalur kabelnya udah dirubah, ya perbaikannya dibalikin standard

      Delete
  23. Om numpang tanya dong,altis 2002,kalo dinyalain mesin sampe kurleb setengah jam kipas ngga nyala2 juga,soket ect nya dilepas kipasnya nyala normal,itu yg bermasalah ect nya atau bukan yah?dinyalain ac kipasnya ttp ga mau nyala om...ect ud sy buka memang berkerak warna putih...terima kasih om suhu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi dari ECT nya. coba dibersihkan keraknya

      Delete
  24. Mau numpang tanya,letak ECT Avanza 2016 sebelah mana ya,thx gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba ditelusuri aja om, dari selang atas yang menuju mesin, kira2 nya area sana mungkin. sorry ga pernah merhatikan avanza.

      Delete
    2. ini di atas ada yang jawab gini :

      ECT avanza itu adanya di belakang mesin ujung, gak keliatan. nyempil di samping selang radiator atas belakang, jalur waterpump. klo diraba baru kerasa.. klo diliat visual mustahil terlihat krna nyempil. wkk

      Delete
    3. Ass mau nanya om kipas radiator nyala terus kenapa ya posisi kontak sdh off saya sdh ganti ect masih tetep nyala mohon pencerahannya om avanza 2016

      Delete
    4. kalau mesin dingin dan kontak on masih nyala, kemungkinan ada jalur kabel yang sudah dimodifikasi

      Delete
  25. Ass gan,,mau numpqng nanya....soqlnya lg kbingungan nih.mbl ane swift 2007.
    1 bln yg lalu fan radiator mati, trus d ganti sama bengkel langganan, katanya mesti pake yg bagus ( denso ). Stlah d perbaiki sy pake jln k lebak bulus dan sampe d sana fan radiator mati lg sampe daun kipasnya lumer,,ahirnya ane bawa pulang mbl dan d ganti baru fan radiator + daun kipasnya.stelah 3 hari d ganti sy bawa lg k daerah cirende, pas d sana fan radiator mati lg dan daun kipas lumer lagi...sampe skarang blom ane dandanin nih mobil soalnya takut kaya kmaren lg..mohon penjelasan gan kira2 apanya yg jd mslah dan ane mesti gmna ?
    Trmksh bnyk atas solusinya

    ReplyDelete
  26. Assalamu'alaikum gan.....kenapa kipas radiator hdup terus..kita hidupin mobil sebentar kipas nya hidup terus dan kencang...

    ReplyDelete
  27. Mohon maaf mau tanya problem xenia mesin ev yg 1000cc. Habis turun mesin lalu bila dihidupkan dingin normal klo sudah panas rpm drop turun lalu extra fan radiator menyala mesin tiba2 drop dan mati. Kira2 apanya ya mohon para suhu. Ect sudah coba saya cek dan bersihkan tapi kurang tau resistansinya brpa?

    ReplyDelete
  28. ituDewa.com Poker Domino QQ | Ceme Judi Domino QQ | Agen Domino QQ | Domino QQ

    Online | Agen Poker | Judi Poker | Poker Online | Agen OMAHA | Agen SuperTen


    Agen Judi Online Terpercaya dan Terbaik di Indonesia
    Menyediakan berbagai macam permainan Judi Kartu Online Terlengkap

    1 ID untuk 7 Game Permainan yang disediakan oleh Situs ituDewa

    * DominoQQ
    * Poker
    * Bandar Ceme
    * Capsa Susun
    * Super 10
    * Ceme Keliling
    * Omaha Poker

    => Bonus Gebyar Hadiah Bulanan ituDewa
    => Bonus Cashback 0.3% (dibagikan setiap hari kamis)
    => Bonus Refferal 20% (dibagikan setiap Minggunya seumur hidup)
    => Bonus FreeChip Upline Referral 100K(Setiap Ajak Teman Bermain)
    => Customer Service 24 Jam Nonstop
    => Support 7 Bank Lokal Indonesia (BCA, BNI, BRI, Mandiri, Danamon, Cimb Niaga, Permata Bank)
    => Menerima Deposit VIA PULSA (Pulsa Telkomsel dan Pulsa XL)
    => Menerima Deposit VIA E-Money (OVO dan GOPAY)

    * Pusat Bantuan ituDewa

    LINE : ituDewa
    WECHAT : OfficialituDewa
    WHATSAPP : +85561809401

    Kunjungi Juga Bimbingan Kemenangan Main Judi Online :
    Melatih Strategi Permainan
    * Inspirasi Meraih Mimpi


    ReplyDelete
  29. Mau tanya min..
    Saya punya great corolla 92..kalo dibuat nanjak mesin terasa panas,tapi temperatur masih separo..setelah saya matikan mesin,air nyembur di tabung reservoir dan air di radiator seperti bunyi air mendidih..
    Kira2 apanya yg perlu diperbaiki min ?

    ReplyDelete
  30. Mau tanya unit xenia 1000cc ,thermostat udah ganti baru , radiator sudahbdi bersihkan , penutup radiator udah ganti baru semua asli , tapi air radiator pindah ke penampung putih biasanya karena apanya ?

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : step by step pasang Foglamp Universal di Karimun Wagon R {gevarasyarif}

DIY : melepas head unit Kijang Innova tipe G

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

share Titik pemasangan Ground Wire Innova VVT-i matic {ipah2.0v}