Tanpa termostat, Suzuki Next G overheat di jalan tol {Febi Arfiyanto}

gambar 1 - pipa air, thermostat dan tutup radiator

Pada 29 Des 2013 : para suhu, mohon info bengkel rekomen terdekat dari km 90 tol cipularang. Oreo sedan ane overheat sampe lepas selang radiator atas. Radiator, selang atas baru semua nih. Sekarang ane lagi benerin, untung ada petugas yg baik. Semoga kuat nyampe padalarang
Question : Hmmm brarti ini kondisi saat thermostat ga terpasang ya? Dan overheat justru di jalan tol yg lancar?
Iya om (thermostat tidak terpasang). Pas lagi kickdown nanjak di cipularang


Ternyata oreo sedan ane udah gak ada thermostatnya. Kata montir di inter mobil, thermostat ganti baru tetep bakal overheat kalo gak dirubah pegasnya, akhirnya pegas thermostat dipotong sedikit biar gak terlalu keras. Tadi sekalian ganti semua selang juga.
Pegas dipotong supaya derajat bukaan thermostat ngebuka lebih awal. Keliatan sih pegas thermostat sebelum dipotong keras banget ditekennya. ane belum bisa kasi testi soalnya juga baru tau

Ongkosnya sih 200rb om. Yang jadi mahal karena semua selang sama tutup radiator diganti.

Kondisi awal cuma kerangka thermostat aja tanpa per (gambar 1). Kemaren karena urgent trus nelpon beres suzuki gak ada yang angkat, cuma dari inter mobil aja yang jawab telepon saya. Akhirnya montir suruh datang ke hotel trus bawa mobil ke bengkelnya. Si montir bilang kalo dia sering modif thermostat buat oreo sama APV.

Kata montir: diatur se-ringan mungkin, sekitar 2-4 ulir. 
Berarti bukaan diatur lebih rendah tapi tetep ada tekanan dari pegas. Semoga gak overcooling
kemaren potong  4 ulir om. Tapi saya gak jamin yah soalnya baru kemaren coba hhehee

Gak pake thermostat gak jaminan mesin adem soalnya air yg panas dari mesin gak sempet didinginin di radiator

ada tambahan diskusi percakapan di FB :
Andi Susanto : CMIIW: kalo awalnya head cyl tdk melenting,saluran lancar, dilepas thermostat tidak akan operhed, malah operkul. oper head yg cukup tinggi bisa mlenting jg blok mesinnya.
Febi Arfiyanto : Saya baru pake 4bulanan om (pemakaian harian). History awal mobil gak jelas, pastinya kurang terawat. Sebelumnya pernah juga overheat di tol malam hari kondisi padat tapi gak sejarah kemaren. Sesuai anjuran, saya mau pasang digital temp biar lebih keliatan aktual temperaturnya. saya pake harian. Overheat pertama sempet minggir dan matiin mesin.
Aditia Ekalaya : coba keluar kota trayek yg banyak tanjakan dan macet jika ingin membuktikan fungsi thermostat...
jaman pake lancer, saya malah ngalamin overheat di trayek lurus jalan tol jagorawi...
memang kayaknya thermostat ini sepele.. tapi ini adalah fitur safety buat mesin.. 
Bobi Indrajaya : so far saya lepas termostat ga pernah masalah kok PP jakarta bandung full jalan seharian , macet tanjakan di lembang juga ga masalah , AC tetap dingin walaupun fan besar jarang muter , sekali muter butuh waktu 30detikan , hanya FUEL CONSUMPTION aja yang GA ADA OBATNYA :)) tingga nunggu report suhu yg udah coba deh , macet and perjalanan jauh aman engga 

by Febi Arfiyanto
sumber : FB AIC

Comments

most read in a week

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

DIY : Fix jok baris kedua Mobilio yang tidak mau melipat ke depan {andyles}

DIY : perawatan mencuci evaporator AC Sigra Calya dengan cara semprot air {Ir One's}