Share perbaikan drat baut throttle body yang rusak {Akhyar Hanief}

 gambar 1 - didouble plat aluminium tipis
otodiy.blogspot.com
ada yang pernah ngalamin baut tb slek? kronologisnya throttle body semenjak turun mesin taun 2014 gak pernah dilepas, begitu dilepas tadi bautnya susah dibuka, pas udah lepas ternyata banyak kerak karat coklat dan putih agak tebel di ulirnya

begitu dipasang 1 baut berat banget gak bisa diputer pake tangan, eh ternyata refleks ngencengin pake kunci t dan langsung slek ulirnya, aduh bener2 lupa rule of thumbnya ngencengin baut dan gak pake penetrating lube

barangkali ada yang paham atau sudah pengalaman ane mau tanya:
  • ulir yang di intakenya bisa ditap gak ya? 
  • terus kalo cuma 1 baut yang naik ukuran sama tadi dikasih saran supaya bautnya diganjel plat alumunium, dan sudah terpasang. rencana mau ke bengkel bubut jarak 10 km kira-kira aman gak ya?


terimakasih sebelumnya
 gambar 2 - terpasang dengan plat aluminium tipis

ralat om bukan 3x bikin plat, sepertinya banyak sekali yang gagal mungkin lebih dari 7, tadi pagi mungutin bekas plat sekalian beresin alat2
 gambar 3 - percobaan yang gagal
bengkel pertama gak berani bongkar, lanjut ke bengkel terdekat ke-2 : bengkel resmi NJS Cibeureum
 gambar 4 - bengkel pertama ga berani bongkar
setelah diyakinin SA dan mekanik yang megang, akhirnya mutusin langsung ke pungkur aja, daripada bolak balik pp
gambar 5 - bengkel kedua

jadi tadi kesimpulan dari beres : TB kemungkinan besar gak akan melenting asal 3 baut udah kenceng, kalo yang slek 2 sepertinya bisa melenting tapi kebanyakan keluhannya sulit nyala. mekaniknya juga bilang gak akan kenapa2 tapi kalo mau lebih aman ya harus dibikin ulang.
kendala di beres ada 2:
  • waktu (bisa sampe 2 hari kerja, tergantung antrian di bengkel bubut)
  • biaya (lumayan mahal, lepas TB, lepas injector, lepas intake manifold) -> makin bimbang, ditakutkan kalau seal injector udah kurang bagus harus ganti sebelum dipasang lagi (rekomendasinya juga diganti, karena menurut service record belum pernah ganti seal)

hmmm, karena ada agenda lain takutnya gak kekejar kalo ngantri saya tanya SAnya kalo ngetapnya diatas mesin apa gak masalah? dijawab kalo ngerjainnya rapi enggak masalah, jangan ada serpihan logam masuk kedalam intake, kalau ada disedot pake vacuum

lanjut jalan ke pungkur nemu bengkel teknik central teknik, setelah tukang bubutnya liat, disaranin bautnya tambah daging terus didrat ulang tapi gak sampe naik ukuran (gak ngerti caranya gmn) setelah tambah daging, baut dipasang dan bisa lumayan kenceng juga, terus dicek gak ada serpihan logam yang jatuh/menggantung
titipan tukang bubut baut begini biasanya cuma bisa 1-2x ngencengin aja, kalo dilepas lagi harus drat ulang intakenya. (iya om, cuma sementara, selama gak dibongkar masih kenceng katanya).
prosesnya gak sempet difoto, cara nambah dagingnya dilas listrik

total bayar montir + tukang bubut 50rb

sementara beberapa bulan kedepan pake solusi ini, tune up berikutnya baru turunin intake sekaligus ganti sil + bersihin injektor, btw kalo di beres bersihin injektornya dari fuel rail jadi gak perlu dilepas

tadi di beres lepas intake harus lepas injektor juga, nah berhubung keadaan sealnya masih gelap yang dikhawatirkan SAnya udah waktunya ganti kalo dicopot/dibersihin om, jadi nanti kalo mau drat ulang sekalian ganti sil + bersihin injektor

 jadi tadi ada 2 pendapat: 
-kata sa amannya ganti sil dulu baru injector cleaner, soalnya dulu pernah ada kasus ngebul habis bersihin injector gara2 sealnya udah jelek 
-kata mekanik beres engga apa2 kan gak pake bongkar injektor

karena bingung ambil aman aja tadi, kebetulan di beres cuma kena 185 (bersihkan injector  udah jasa + cairannya)

by Akhyar Hanief
sumber : facebook AIC

Comments

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

DIY : membuat dan memasang relay motor starter Aerio / Next G

Review alarm mGuard M1+