DIY : Tutorial cara pemasangan peredam plafon Mitsubishi Xpander {Nugroho Prasetyo}

 gambar 1
otodiy.blogspot.com
Pemasangan peredam tambahan untuk mengurangi suara bising plat saat hujan dan mengurangi panas yang masuk saat mobil dijemur di parkiran (AC dapat segera berasa dingin sesaat setelah dinyalakan, tanpa insulator AC akan bekerja keras menghilangkan panas di plafon terlebih dahulu)

Note: peredaman disini tidak bertujuan utk memuaskan sound enthusiast SPL apalagi SQ (jadi tidak perlu argument apakah peredam harus full atau tidak)

Damage cost ±400rb untuk bahan (dibeli online): 
- 4 lbr peredam aspal automat (ukuran 750x500mm tebal 2 mm)
- 3 meter peredam busa beraluminium foil (lebar 120cm, ketebalan 5 mm)

Lanjutan report yang lalu.
1. Pertama paling mudah adalah mencabut knob switch blower tengah (gambar 1).

2. Lubang handgrip di sisi driver tidak ada, sebagai gantinya ada cover plastik yang tinggal dicabut dg arah tegak lurus
 gambar 2 - cover plastik di sisi driver

3. Lepaskan 2 sekrup di setiap handgrip dengan obeng philips
 gambar 3 - lepas 2 sekrup di setiap handgrip

4. Lepaskan baut sunvisor, lepaskan juga penahan sunvisor di sisi satunya dengan menarik secara tegak lurus.
 gambar 4 - sunvisor

6. Rumah lampu kabin depan juga berfungsi menahan plafon, lepaskan kedua sekrup. Pastikan switch lampu di posisi off.
 gambar 6 - rumah lampu kabin depan

7. Klip plafon dapat dilepas dengan special tools, berhubung tidak ada special tools di rumah, maka dibuat tools dengan memanfaatkan tutup galon air mineral yang dapat diselipkan sekaligus menjepit pengait klip.
gambar 7 - Lepas klip plafon dengan custom special tools

8. Sebelum plafon lepas, manfaatkan headrest untuk menahan agar plafon tidak jatuh sebelum kabel² dilepas
 gambar 8 - headrest untuk menahan plafon

9. posisi switch AC blower tengah
 gambar 9 - switch blower tengah

10. Mengeluarkan plafon wajib dilakukan oleh minimal 2 orang. Hati-hati material plafon mudah patah/sobek.
 gambar 10 - perlu dua orang untuk mengeluarkan plafon

11. Kondisi original atap xpander setelah roof lining (plafon) dilepas
 gambar 11 - plafon telah dikeluarkan

12. Berhubung tidak ada heatgun, maka peredam aspal dijemur terlebih dahulu agar lentur karena panas (bahan aspal berwarna hitam sangat cepat menyerap panas)
 gambar 12 - dijemur biar lentur

13. Layer pertama peredam aspal diposisikan mengikuti bentuk cekungan pada plat (membujur)
 gambar 13 - layer pertama

14. Di plat atap bagian depan hanya dipasang satu lapis peredam aspal. Tidak perlu full karena peredam busa di layer kedua perlu melekat langsung ke plat.
 gambar 14 - plat atap bagian depan

15.
layer 1: peredam aspal membujur
layer 2: peredam aspal melintang
layer 3: peredam busa beraluminium foil
 gambar 15 - layer kedua melintang

16. peredam busa beraluminium foil di layer terakhir sebagai insulator panas. Beberapa bagian dibuat overlap untuk memastikan panas tidak bocor
gambar 16 - peredam busa aluminium foil, layer ketiga

by Nugroho Prasetyo
sumber : facebook XMOC

Comments

Post a Comment

most read in a week

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : Fix jok baris kedua Mobilio yang tidak mau melipat ke depan {andyles}