cari penyebab getar halus, dari inner cv joint Aeeio {niladyo}

gambar 1 - tripod bearing jeroan inner cv joint
otodiy.blogspot.com
Udah ganti CV joint, inner or outer, berikut intermediate, tapi ada gejala getar halus. Pas jalan kec 35kpj, haluus, dan 80kpj an. Bukan pas belok.
Semua proses balance spooring sampai finishing balance all set.
Akhirnya kan, sesuai dugaan awal, ini biang geter halus (gambar 1).

Jadi sebetulnya ini sekitar sebulan sebelum Jambore ke Bromo, ke Mono PS2, begitu ganti semua CV joint inner outer kanan dan kiri, berikut as intermediate, bearing gantung, malah timbul getar. Nah cari sumber getar nya itu yg penuh perjuangan. Harus pin point yg mana kan. Outer asumsi beres semua, tight. Malah saya minta waktu itu, Mono utk copot yg kanan segelondong outer, intermediate, bearing gantung dan inner lagi, kita barengan inspeksi, ternyata gak ada masalah. Tinggal nekat dugaan akhir ya pasti inner CV joint kiri. 

Sebelum tentukan mana pin point yg harus ganti, ke Beres SBT Dipo 4 analisa biasa2 aja, SBT Waru 4 jam malah advisnya yg kanan, tapi saya gak yakin juga... Akhirnya ke SBT Kenjeran. Saya minta simulasi lift up disana, ada operator didalam ikut naik, saya minta jalankan mesin sampai kecepatan 100kpj. Ban gantung, kita ngelongok ke bawah, ngeri eeui...suara raungan dan ban muter tapi nggantung. Nah, voila...ketahuan as getar shaft kiri, sebelah driver. 

Dari sanalah, nekat cari lagi inner joint. Jadi ini inner CV joint baru berapa bulan. Dilepas masih mulus, gigi suri yg nancep ke gear box. Seneng juga solved, ternyata kesimpulannya, Mono mungkiiin salah pasang si innernya. Buktinya setelah keluar dari Mono,malah getar. Tanya ke banyak orang, mekanik rally juga yg pasti seting urusan drive shaft. Malah anjurannya di balance drive shaftnya...mateeng. masa iya bengkok. Nekat, minta copot inner kiri...dan Alhamdulillah..spot kaput disana..

gundah gulana tuntas sudah. Mudah2an gak ada masalah lagi..belum coba kencang sih, tapi kecepatan getar di 30-36kpj ilang udah.

 gambar 2 - biang kerok
 gambar 3 - heiker
 gambar 4 - heiker
 gambar 5 - heiker
gambar 6 - heiker

Tuker ban velg udah, masih
Balance udah, masih,
Finish balance udah, masih, ya wis...

Spooring juga, ah happy dah..solved ..

SBT Dipo, analisa 4 jam, bawa aja pak Nila...asik
SBT Waru, analisa 4 jam, bawa aja pak Nila...asik
SBT Kenjeran, bawa aja pak Nila, enak ada kompi free wifi, langsung browsing eparts. Inner yg celong selongsong botolnya punya Swift dan Karimun Estilo...malah mikir jangan2 ini asal ngasih tokonya LKS, jadi kapok beli LKS, akhirnya coba Heiker RPU..

Saya untung bawa aslinya, masih simpen dah NTN. Nah buat ukuran dimensi panjang or pendeknya, jangan2 itu yg jadi masalah, karena intinya si bearing inside baik tripod style atau bola baja, kan dia posisi gerak tranlasi juga, narik dan masuk sesuai hentakan dari putaran gear box


Harga Heiker 415 kgs, pasang di Kohhay 175 dan pinch bolt 5000

gambar 7 - pinch bolt pengikat balljoint
Pinch bolt udah dol, baut yg iket lower arm alias ball joint. Ini penyebab lepasnya ball joint nya om siapa tuh yg ke Papuma. Untung ketahuan, langsung replace agak panjangan dikit, dan dikunci mur dobel

by Niladyo
sumber wa group aic jatim


Progress report,
Hasil pasang inner cv joint kiri, tadi di tol enak smooth, senyap, sebelumya 30-36kpj getar, speed nambah lagi ilang, begitu di 88kpj getar lagi sampai bangku depan kiri goyang, Menko dibelakang dengan Lopli2 selalu ini kenapa..akhirnya, tadi cuman diem, berarti ok..
Sampai 100kpj, smooth..
Rasanya paid off usaha berjam2 konsultasi sana sini beres 3 lokasi, berjam2, terbayar sudah.
Persis tuh apa yg dipikirin om Agus pas maticnya los.
Apa iya, saya musti ganti segelondong, shaft assy seandainya nanti pas dibongkar, kelihatan ok, innernya.
Memang case kalau belum pernah kejadian pin point, susah deteksi.
Overall, glad with the result for that last SS, hopefully it goes well for all of us..
Happy driving, drive safely and defensively ..⏰欄
Salam,
Inner cv joint kiri
Malah sempat mikir, ini finishing balance di Langkah Jaya masa iya salah, apa perlu ke GBT, iya kalau iya, kalau masih getar juga percuma buang2 uang..
Padahal pas finish balance ya ke detect, kalau titik balance sudah ok. Agak redup lagi digital mesin FB nya di LJ.
FB Kedetect apik malahan, putaran ban smooth, ini anehnya. Atau mereka males kasih detailnya ya, yg jelas saya pantau betulan, semua smooth, putaran ban smooth, mesin FB timah balance juga ok. Saya aja sebetulnya lakukan FB, buat nyeneng2in aja, padahal tahu betul urusan shaft yg getar gak bisa di FB, eh namanya juga siapa tahu..
Spooring 150 diskon 15% kgs ya.
Finish balance per.ban 26 apa 36 ya lupa, lah di bon gak perhatian.

by Niladyo

Comments

most read in a week

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Mengatasi DVD Player Mati setelah Ganti HU (Buat Livina HWS/Ultimate) {luki2022}