Postingan

Menampilkan postingan dari Januari, 2016

Reportase penggantian radiator Aerio matic {Endy Sagita}

gambar 1
http://otodiy.blogspot.com
Reportase penggantian radiator, dari radiator lama yang kepala radiatornya dimodifikasi dengan lempengan besi yang dibentuk sedemikian rupa di Bengkel Resmi Suzuki Pontianak, dengan radiator baru walaupun bukan orisinal beli di Sentosa Motor, Lt. 5 Blok B Atrium Senen, tempat Om Kun Widodo foto garuk2 kepala (entah Daftar Belanja Parts Titipannya kebanyakan atau Traveller's Cheque-nya ketinggalan di Jogja grin emoticon ). Harga radiator Otomatis Rp 1,050K. Harga radiator Manual Rp 950K.

DIY : Ganti Air Filter OEM Brio ke KNN {Opa Yogo}

 gambar 1 - Filter KNN
http://otodiy.blogspot.com
Berbekal dari info om Igor_888 dan om chris,akhirnya ganti sendiri air filter OEM ke KNN.

so simple n easy..cm 5 menit aja td udah selesai penggantiaanya..

DIY : buat sendiri filter AC Aerio {Kun Widodo}

 gambar 1
http://otodiy.blogspot.com
Lanjut..........DIY ketiga hari ini.
Ga mau ketinggalan ama yg laen pada ganti filter ac.
Aerio Mpreed juga ga mau kalah.....meski cuman custom pake bahan yg ada di sekitar dan yg pasti modal Rp.0,00. 😃😃😃😃

DIY : Ganti sensor ABS kiri depan Aerio {Kun Widodo}

 gambar 1
http://otodiy.blogspot.com
Postingan kedua sore ini.....mumpung ga ada gawean hehehehehe
Jaga sore kagak ada pasien yg mo operasi, ya udah....posting DIY ajah.....
Kali ini saya mengganti sensor abs yg error, tahu error karna lampu indikator abs d panel spido nyala. Hasil scan bbrp waktu lalu yg error sensor abs roda depan kiri....
Ini sy lakukan sekalian saat membersihkan dan mengganti mur pegangan kaliper spt postingan sblmnya.

DIY : Ganti baut caliper Aerio yang patah {Kun Widodo}

 gambar 1
http://otodiy.blogspot.com
Met sore kawan2.......siap2 mo plg dr kantor ya.....
Ijinkan utk nyampah lageee karna kadung janji tuk update postingan yg lalu ttg mur(baut) pegangan kaliper yang patah karna grease kering plus karat.....
Berikut step2nya sesuai urutan gambar/foto
1. Dudukan kaliper yg murnya patah (gambar.1)

DIY : Lepas stop lamp / tail lamp (senja/rem/sein) Honda Brio {Opa Yogo}

 gambar 1
http://otodiy.blogspot.com
buka 2 baut yang menahan stoplamp belakang kiri dan kanan dengan menggunakan kunci L (gambar 1)

DIY : Troubleshoot lampu indikator bensin Brio berkedip saat bensin penuh {dityo kurniawan}

 gambar 1 - Fuel Pump beserta fuel sender
http://otodiy.blogspot.com
Suhu2 brio yg jago2... punya ane satya S nih...
Ada problem, Jd setelah isi bensin... fuel levelnya Malah Gak baca... Dan tanda illuminate pom bensin yg Warna kuning itu berkedip...
Ane Buka tuh Di fuel sendernya ane check pake avo meter, menunjukan 4ohm,,, (artinya full tank) Nah yg ane curigain nii sekring ato relaynya bermasalah....
Ada yg tau Gak layout sekring n relay satya S..??
Soalnya setelah isi bensin itu kedip sih pertamanya...Tp Langsung baca.... Nah Trus tiba2 Mati lagi... ane curiga Di sekringnya putus ato relaynya.... ada yg tau Gak posisi relay fuel level Dmn gan??

Help gan... ane kudu DIY nih... Soalnya ane Jauh Dari Beres Di sini... kudu nempuh berkilo2 smpe ke provinsi tetangga untuk dapetin Beres....


Sesepuh brio... bantu ane dooong.... help please..... 

DIY : Pasang Mud Guard / Splash Guard Honda Brio {harlequint}

gambar 1
http://otodiy.blogspot.com
To the point aja yak...
Alat yang dibutuhkan
  1. Obeng, usahain yg pendek soalnya klo panjang bakal mentok ama ban.
  2. Alas buat ngolong.
  3. Orang kedua/temen buat bantu pegangin pas masang Mud Guard bagian belakang.

DIY : main plastidip di eksterior Brio {Danny Gamadhi}

gambar 1
http://otodiy.blogspot.com
Kemaren saya beli plastidip item di Ac* seharga 225rb. Lalu tangan gatel ingin tes. Ini DIY nya...

DIY : Pasang LED kabin dan pintu Brio menggunakan sensor pintu {Opa Yogo}

gambar 1 - LED di pintu dan kolong dashboard
http://otodiy.blogspot.com
berdasarkan keterangan dari om @technostar , akhirnya memberanikan diri untuk DIY pasang lampu kolong dashboard,lampu pintu dan lampu kabin belakang dengan menggunakan kabel sensor pintu..tapi tidak berpengaruh dengan lampu kabin..

DIY : copot / ganti Headlamp Honda Brio {Opa Yogo}

 gambar 1 - before
http://otodiy.blogspot.com
Caranya buka bumper dulu, lihat di sini caranya.
ada 4 baut yang harus dibuka pada body yang membuat headlamp lengket pada mobil,,
1 di atas..2 di samping dan 1 di bawah..yang saya lingkerin itu (gambar 2 sampai 5)..hehehe

DIY : menambahkan fitur Audio via Bluetooth di Brio E {vw1303}

 gambar 1 - 
http://otodiy.blogspot.com
Buat saya, dan mungkin sebagian teman2 lain, kualitas audio head unit double DIN OEM JVC di Honda Brio E sudah cukup memadai, terutama setelah ketemu setelan loudness dan bass treble yang pas.
Kita pun dapat menggunakan fasilitas USB player dan AUX Line In. Namun sayang sekali belum ada fasilitas bluetooth. Dan buat saya, yang ingin memainkan musik dari smartphone, bluetooth yang absen ini cukup mengganggu. 
Di pasaran sudah banyak beredar (tokopedia.com, lazada.co.id, dll) receiver audio bluetooth yang dapat dihubungkan dengan AUX IN di head unit mobil kita. (gambar 1)

Cara buka / copot Head Unit Brio {jevio}

 gambar 1 - panel dashboard terlepas
http://otodiy.blogspot.com
Buka cover yang warnanya dark brown dulu om, panjang tuh, dari atas speedometer sampe ke head unit. Coba di fokusain dulu pas mau buka pada bagian yang saya tandai (gambar 2 dan 3).

DIY : Pasang kotak tissue nempel plafon Honda Brio {afif0707}

 gambar 1 - Kotak tissue menggantung di plafon
http://otodiy.blogspot.com
Nyantolin kotak tisu di pin plafon

DIY : ganti handle pintu belakang kiri Aerio {Danang Setiyawan}

 gambar 1 - handle pintu yang baru terpasang
http://otodiy.blogspot.com
Share: Ganti handle pintu belakang kiri Aerio
ceritanya, handle pintu belakang sebelah kiri sudah soak. ditarik berat dan sudah tidak rapet lagi. ketemu jalan yg tidak rata bunyi klothek-klothek bikin nggak nyaman. order di Sentosa dapat harga 160rb/pcs.

Ganti magnetic clutch biang kerok AC Aerio tidak dingin {Ibenx Sasire}

 gambar 1
http://otodiy.blogspot.com
Ini biang AC ga dingin. Ternyata magnetic clutchnya bermasalah kecil tapi lumayan berpengaruh ke kenyamanan berkendara haha
Salam tetot dr AIC 517

DIY : silent / mute / menghilangkan suara alarm karimun Wagon R {fahmimofsol}

 gambar 1
http://otodiy.blogspot.com
Ane baru tau gan cara silent alarm kwr gx ke atas gan..
Bukan kayak yg di buku bilang, itu untuk ertiga.. Bukan KWR (red : Karimun Wagon R) ternyata..
Ini cara untuk silent alarm KWR :

1.tahan switch pintu yg ad pada pilar (gambar 1)

DIY : tambahan lampu kabin belakang Wagon R {sufadly}

gambar 1 - result
http://otodiy.blogspot.com
Permisi om momod dan para wagoners,
Ane mau cerita dikit ni setelah sukses memasang tambahan lampu kabin belakang. Berawal dari kebutuhan penerangan di ruang belakang dan bagasi serta tidak adanya agenda untuk Long Weekend , ane manfaatin buat hunting keperluan memasang lampu yang sudah direncanakan sejak lama. Kebetulan lagi maen ke rumah ortu di petukangan ciledug, jadi Ane mampir ke BTS Bintaro, perlengkapan onderdil mobil di Bintaro. 
Awalnya ane rencana nyari ini : click here

DIY : pasang sendiri peredam Plafon Wagon R {wagireng}

 gambar 1 - Rockwool - beli 1 meter masih sisa loh
http://otodiy.blogspot.com
Berikut ada titipan foto dari agan wagireng , Gresik-JAWATIMUR
pemasangan peredam plafon di Wagon R dari bahan rockwolll atau biasa disebut akustik.... 
bahan bisa dibeli dgn harga sekitar 60-70rb per meter tergantung lokasi agan sista, plus lem Aibon atau Fox, 
jangan lupa gunting dan obengnya yaa.... 

DIY : Pasang lampu kabin tambahan Wagon R di belakang / bagasi {gevarasyarif}

 gambar 1 - hasil
http://otodiy.blogspot.com
Halo Agan/Sista,
Karena Gogon kesayangan kita ini punya lampukabin cuman satu didepan, jadi kalau buka bagasi naik turun barang malam hari , dulu udah pernah ada agan yg pasang pakai lampu kabin SGA disini , tapi ilmu saya masih belum cukup buat bolong-in plafond...,

jadi saya pasang model tempel double tape aja di posisi atas bagasi belakang. kapan2 tinggal ganti lampunya.

berikut sharenya gan :

DIY : Cara pemasangan tanduk / rear bumper guard Wagon R {Mak Anjang}

 gambar 1 - rear bumper guard terpasang
http://otodiy.blogspot.com
Sesuai janji ane mau potoin. Sambil nunggu si MunMun dicuci. Ane postingin poto2 cara pemasangan rear bumper sendiri.

1. Pasang support di chasss kiri dan kanan mobil (sudah ada lubangnya). tinggal baut aja.

DIY : Pasang room lamp tambahan di Wagon R {alfiah123}

 gambar 1
http://otodiy.blogspot.com
Pasang Lampu atap tambahan di bagian belakang (DIY) pake Room Lamp SGA
Copot Lampu depan dng mencongkel bagian depan sesuai panah

DIY : pasang lighter di Karimun Wagon R {logan-sl3}

gambar 1 - Cigarete Lighter universal
http://otodiy.blogspot.com
Modal :

  1. Auto Lighter 15 rb
  2. scun cowok 2 biji utylux 1500
  3. scun cewek 1 biji utylux 750
  4. scun bulet 1 biji 1000
  5. kabel secukupnya plus plastik keras (dapat di kantor kayaknya bekas dudukan plat nomor astra xixixixx)
  6. rokok Marlboro 1 pak
  7. Es Teh Manis
  8. Lap Keringet (secara ane montok jempalitan di bawah stir wagon r wkwkwkwk)


DIY : Mengatur Pencahayaan (Iluminasi) pada Instrument Cluster Wagon R {exofanboy}

 gambar 1 - MID mode pengaturan cahaya
http://otodiy.blogspot.com
Permisi,, ane mo share inpoh buat sesama pengguna KWR (Karimun Wagon R) nih, semoga bermanfaat..

Udah pd tau nggak, klo ternyata instrument cluster si gogon ini cahayanya bisa diatur pencahayaan: terang-redup nya. Ane nemuin ini secara nggak sengaja. Klo malam hari pasti agan2 akan nyalain lampu utama. Nah, bersamaan dg kita menyalakan lampu utama, maka lampu instrument cluster akan menyala juga. Instrument cluster itu rumah utk tacho, speedo, indikator2 engine check, immobilizer, bensin, suhu mesin, dsb.
Dulu pertama dpt dr diler nyala lampunya terlalu terang, gak nyaman aja dilihatnya. Iseng2 ane pencet knop-nya berharap ada fitur yg bisa meredupkan lampunya. Mulanya ane mengira pasti nggak bakal ada lah, namanya jg LCGC. Ternyata ada juga fitur kecil yg jarang kepake ini. Biasanya ada di segmen atasnya nih. Jadi MID gogon ini punya 4 mode Odometer, Trip A, Trip B, dan Pengaturan Cahaya (hanya muncul klo lampu utama dinyalakan).

DIY : step by step pasang Foglamp Universal di Karimun Wagon R {gevarasyarif}

gambar 1 - terpasang
http://otodiy.blogspot.com
Dear Agan/Sista,
Ini sharing dikit soal pasang Foglam universal di Kwr (red:Karimun Wagon R),

Setelah lama mengamati, ngobrol sama agan2 yg udah duluan pasang dibengkel, colek agan NugrozKhan & hatipelita, trus pernah nemenin agan tempegembus dibengkel, mlototin tukangnya pasang dari awal sampe abis, dan juga tambahan inspirasi dari postingan agan tenra.

Akhirnya ane memberanikan diri pasang sendiri aja demi penghematan biaya...

DIY : pasang foglamp rush / terios pada Karimun Wagon R {tenra}

 gambar 1 - ditekuk
http://otodiy.blogspot.com
Melengkapi posting ane kemarin tentang pemasangan foglamp r*sh/t**ios pada KWR (red:Karimun Wagon R)
Bahan :
  1. foglamp (wajib)
  2. plat logam bisa besi/aluminium ukuran 4 X 22 cm 2 biji (jangan terlalu tebal ntar sulit ditekuk)
  3. besi siku 2 X 2 cm panjang 21 cm dipotong jadi 4 (2 biji ukuran panjang 7 cm 2 biji panjang 3,5 cm)
  4. baut kecil ukuran 2 mm 10 biji, baut ukuran 6 mm panjang 4 cm 2 biji
  5. sekrup (disini ane pakai bekas fan power supply komputer) 6 biji

Alat :
Bor listrik, gergaji besi, tang, obeng

Tingkatkan performa dengan modif corong intake udara Splash {nislov}

 gambar 1 - corong standard
http://otodiy.blogspot.com
Galau melihat posisi corong udara yg didalam mesin
Kayanya jadi nyedot udara panas yah gan dan kurang banyak angin masuk

Ane coba experimen bikin jalur supaya bisa sedot udara langsung dari depan
Bahan pipa stainless 2.5" elbow 3 pcs
Samco reducer dan samco sok
Klem

DIY : kabel ground tambahan Kia Picanto {barathumilang}

 gambar 1 - terpasang 3 jalur kabel
http://otodiy.blogspot.com
Dari ngikutin beberapa forum akhirnya teracuni nambah kabel ground. 
Hasil yg dirasakan Gas terasa tidak ada yang ngempos, sebelumnya kalo pindah gigi 1 ke 2 da sebaliknya saat injek kopling dan gas harus bener2 felling pas, klo ga pas pasti mobil ndut-ndutan. Setelah pasang kabel ground tambahan gejala itu ga muncul lagi.
Smua dikerjakan sendiri, Bli kabel 3m, skun, kabel kondom, dan mur baut 10 n 12 ...habis 90 rb, kebetulan tmn punya alat lengkap.

DIY : cara reset ECU SX4 {mydeespp}

http://otodiy.blogspot.com
pertamax dan premium cuman selisih 1000 per liter.
Kalo mo ganti dari premium ke pertamax, reset ECU SX4 :

setelah isi bensin atau pagi2 sebelum manasin mobil. Caranya:

  • Putar kunci ke on, lampu dashboard nyala semua tapi mesin tidak hidup. 
  • Injak gas selama 5 detik. 
  • Sementara kaki masih injak gas, putar kunci ke posis off. 
  • Lepaskan gas. 
  • Tunggu minmal 2 menit.

by mydeespp
sumber : kaskus SKOCI

DIY : pasang DRL di Suzuki SX4 {mydeespp}

 gambar 1 - wiring diagram LED DRL
http://otodiy.blogspot.com
Tutorial I

Material yg perlu dipersiapkan :

  • Kabel connector tembaga male & female
  • Rumah connector (plastik)


DIY : buka bumper depan Honda Brio {Opa Yogo}

 gambar 1
http://otodiy.blogspot.com
siapa bilang buka bumper depan susah..??
ternyata gampil..gampil..gampill
yuk kt liat cara-caranya..

DIY : Topi Head Unit Brio, tangkal silau {ch35ta}

gambar 1 - Topi HU
http://otodiy.blogspot.com
Bahan :
  • mika/akrilik 2mm secukupnya
  • karton
  • stiker
  • alkohol

DIY : pasang filter AC original Aerio {Ko Poko}

 gambar 1 - cutter penutup rumah blower
http://otodiy.blogspot.com
halo kaka kaka yang ganteng dan cantik2...
tata cara membuat udara ac selalu bersih

buat menjaga kebersihan daripd udara yg berhembus daripd lobang angin yg selalu mendinginkan tubuh dan jiwa jiwa yg hampa dan gelisah saat kemacetan yg rutin setiap harinya... manfaat dari melakukan ritual ini adalah utk meminimalisir kuman2 atau bakteri terutama yg ora sayang ama mobil dan malas bersih bersih alhasil banyak nyamuk pd bersemi dialamnya... udara yg qta hirup lewat hidung ke paru paru dan di keluarkan kembali akan di saring ama alat yg satu ini ajaib bukan karna sehat itu mahal harganya klo pijet ++ murah 250k... 

DIY : Karet elpiji darurat mengatasi persneling Aerio yang lepas {Ko Poko}

 gambar 1 - karet elpiji
http://otodiy.blogspot.com
izin share sebentar smoga bermanfaat buat kita semua...
ketika perseneling oblak atau tidak bisa di mainkan (masuk gigi) kemungkinan karet penyangga getas atau pecah.. solusinya buka pentutup konsol perseneling buka dengan obeng klo ga ada obeng congkel pake lingis... setelah kebuka liat karetnya... pasti udah lepas, pergi ke indomaret genuine part beli karet atau seal buat kompor gas... beli jangan ngutang... trus pasang deh buat ganjel tuas perseneling... semoga awet... jadi jangan keburu panik saat gigi ga bisa di oper, mending merapat dlu sambil minum kopi atau pijet +
terimakasih.. salam aic...

Eksperiment Aerio menjadi Irit dengan metode bensin lean {Aditia Ekalaya}

gambar 1 - trip meter
http://otodiy.blogspot.com
Menjawab PM beberapa temen yg nanya gimana bikin Aerio irit.
Ane dah janjiin bikin eksperiment lagi..
Ane share disini aja daripada copas sana sini..
Test irit dengan metode bensin lean.
Bahan Percobaan : Bluey ( lha aerio siapa lagi yg rela dijadiin bahan percobaan? )
Tes ini dibagi jadi 2 bagian.
1. Di jalan tol dengan kontur jalan rata/datar.
2. Di jalan tol dengan kontur jalan menanjak plus menurun.

DIY : Ganti bohlam backlight panel AC Aerio dengan LED 5mm {Junaidi Wirawan}

 gambar 1 - setelah ganti LED
http://otodiy.blogspot.com
Selamat malam om2 & tante2, saya mau laporan hasil DIY panel lampu AC... Special thanks to om Kun Widodo
Spesifikasi lampu dari bohlam diganti menjadi LED (5x5mm) + resistor 470 Ohm.
Semoga bermanfaat

DIY : Testing Noise Level / tingkat desibel Datsun Go {sniperwolf}

 gambar 1 - hasil test
http://otodiy.blogspot.com
Hari minggu kemarin pasang peredam aluminium foil, dibantu sama temen2 DGCI. Sebelum berangkat sengaja uji kebisingan dalam kabin dulu, setelah terpasang test lagi biar tahu hasilnya.

Note: mungkin tidak akurat testingnya, tapi gw cuma cari angkanya saja. Apakah benar bisa meredam 

DIY : Pasang speaker di door trim pintu belakang Datsun Go {Rosebone}

 gambar 1 - Lepas Door trim
http://otodiy.blogspot.com
Iseng iseng pas libur sabtu kemarin masang speaker dipintu belakang...

DIY : cara membuka door trim Avanza Xenia {jonieyusup}

 gambar 1 - penutup spion
http://otodiy.blogspot.com
ane mau sharing sedikit tips untuk buka doortrim mobil avanza xenia model diatas tahun 2013
barangkali agan mau buka untuk ganti speaker atau lumasin motor power window, ini ane kasih tips langkah2 bukanya.

pertama, agan buka dulu bagian atas doortrim yang nutupin spion
liat gambar gan

Isolasi bakar / heatshrink untuk atasi pintu Honda Free yang getar {DraCoola}

gambar 1 - isolasi bakar / heat shrink
http://otodiy.blogspot.com

Quote:Original Posted By milkyyy 
ask pintu saya kok kalo lewat gronjalan bunyi keder ya drrrr drrrrr drrrrr kira knapa ya suhu


Quote:Original Posted By g1ng2 
pintu geser bukan? udah coba ganjel karet tabung gas pentolannya?


Quote:Original Posted By milkyyy 
uda dganjel ama selotip tp masi keder juga fiuhhhhh


selotip jelas gampang ngelupas ato melorot mas gan.
dari yg saia perna inget dikit nemu di gugel, dapetnya yg paling efektif tuh pake isolator bakar.
nah kebetulan saia punya isolator bakar, jadi malem ini bisa nyoba bantu mas gan ngasi gambarannja sbb (gambar 1)

Share ganti velg dan per Eibach untuk Honda Freed {DraCoola}

 gambar 1 - Carpet Comfort
http://otodiy.blogspot.com
bener kata para kyai... setan ada dimana²
termasup di dalem hati kita masing²
terbukti pas dare rumah niatnja tjuma pasang comfort karpet (gambar 1)

Suara dengung Honda Freed dari Nap lagher dan rumahnya {g1ng2 / MagS}

gambar 1 - Nap Bearing roda belakang
http://otodiy.blogspot.com
Sharing dari Milis HOFOS,  untuk Om Agung #486

Suara dengung Nap lagher + rumahmya

Sekedar sharing yg Freed nya udah mulai ada bunyi dengung kalo lari 80-90kpj....kudu di cek "nap roda" lagher dng rumahnya. Diangkat rodanya, pegang shockbreaker sambil putar ban nya....kalau terasa bergetar itu artinya sdh hrs diganti. Kemaren kena yg kanan belakang, hrg yg ori Honda 600rb...

Salam,
MagS#486

Share pasang audio dan peredam full Honda Freed {DraCoola}

 gambar 1 - head unit Kenwood
http://otodiy.blogspot.com
sedan itu nglakson...
tapi kalo setan... berbisik.
jadi doski deket banget jaraknja ama kepala kita....

lah wong ini awalnya mo hunting kanopi buat tutup atas HU biar nda silaw, jadinja malah ganti HU....
kena lagi deh bisikan setan

Sharing ganti kopling set Suzuki APV {prahiyan}

 gambar 1 - kardus kopling
http://otodiy.blogspot.com
Sharing pengalaman ganti kopling Suzuki APV.
Gejala tidak seperti kalo kampas kopling habis, karena tenaga tetap tidak berkurang namun injakan kopling memang sudah berat, dan keluhan lain saat stasioner ada bunyi, saat kopling diinjak bunyi hilang. 
Pertama datang diberes diminta siapin dana 3 jeti (harga di kaltim), akhirnya mundur teratur cari altenatif lain yaitu beli kopling set sendiri yang Ori dan cari bengkel biasa yang mumpuni.
Cukup repot juga ganti kopling si Bantet, 

additional container / organizer Nissan Xtrail {fokta8}

 gambar 1 - additional container
http://otodiy.blogspot.com
additional container

lumayan lama juga dtg nya....
so far seh buatan bagus. dan fit di container tengah T32...
worthy waiting

NDSIII (OBD software Nissan XTrail T32) on Head Unit Android {pejrink}

gambar 1
http://otodiy.blogspot.com
Akhirnya berhasil juga.. cuman memang penuh perjuangan..

Lumayan bisa bikin agak keren dalem kabin kalo pas malem..

Import Skid Plate Stainless Steel Nissan XTrail T32 {pejrink}

 gambar 1 - The Package
http://otodiy.blogspot.com
Setelah 2 bulan barang "nggantung" di BC Soetta.. dan tidak bisa di-tracking krn AWB dari seller tdk ada di database BC.. per 12 Des kmrn nyampe di Bogor setelah eskalasi Open Dispute ke aliexpress.. nunggu info real AWB dari kurir.. konfirm AWB ke BC.. lanjut kirim invoice seller ke BC utk ngitung bea masuk dan PPN.. dan Custom Clerance pun keluar.

Akhirnya, krn harus ada bayar2 dan ukuran paket yg cukup gede.. kmrn siang baru saya ambil.


Biar enggak bolak-balik, sebelum bayar2.. paket saya buka dulu di depan CS Kantor Pos.. jaga2 kalo barang rusak, jadi ada saksi pas komplen ke seller dan langsung kirim balik utk refund.

DIY : Oprek Head Unit Android untuk mengfungsikan camera DVR {pejrink}

 gambar 1 - Klik Icon WebCam
http://otodiy.blogspot.com
Finally, setelah semingguan pusing ngoprek.. DVR sudah berfungsi di HU android.

Syarat-nya:
1. HU harus sudah di-root (misal pake aplikasi Root Master or mirror or mirror)
2. Install aplikasi Super User (misal pake aplikasi SuperSU or mirror)
3. Pasang USB webcam ke port USB di HU, pastikan port USB HU enggak ada error (misal pake aplikasi USB Host Check or mirror)
4. Install aplikasi WebCamera.0.41.apk or mirror

DIY : cara pasang socket lighter 12 volt di Innova J {usbdevice}

 gambar 1 - socket lighter merk Flosser
http://otodiy.blogspot.com
malem agan2, langsung aja ya nih, naek innova J punya kantor, kesusahan mau ngecas hp. satu hal yang paling parah dari tipe J adalah tidak ada socket lighter. kalo dipikir2 granmax pickup di kantor versi termurah aja uda ada socket lighternya..

pilihan jatuh ke socket flosser, harga 100rb tapi kualitas bahan bagus, ada lampunya dan buatan jerman. namun karena posisi skun sedikit berbeda dengan socket bawaan mobil, maka harus dibuatkan kabel. sebetulnya tutorial ini juga bisa diaplikasikan ke innova tipe e atau g yang mau nambah socket di sebelah kiri seperti tipe V dengan cara paralel kabel. perlu diketahui untuk fuse atau sekring dari socket lighter innova adalah 15A. posisi sekring tsb ada di bawah setir.

Service alternator Innova saat idle voltase rendah {gajah_terbang}

 gambar 1 -  dah elek
http://otodiy.blogspot.com
SERVICE BULLETIN :
Buat Ipah berusia 6 tahun / older, CHECK alternator anda
Terutama apabila saat idle dgn AC dan lampu semua nyala voltagw tinggal 12,5 V or less, maka itu tanda2 dahh
So kisahnya di mobil ane :
Bermula sejak seminggu terakhir start mulai berat padahal aki Amaron ane baru usia setahun 3 bulan
Trus semalam di jalan ngeliat saat idle voltage di iTrax tinggal 11,9 - 12 V dlm kondisi lampu dan AC nyala
diputuskanlah cek alternator - DC 750rb di Juara Teknik - Daan Mogot 

dan berikut hasilnya

mencegah embun di kaca depan (luar) dikala hujan {}

gambar 1 - karet balon di kap mesin
http://otodiy.blogspot.com
mencegah embun di kaca depan (luar) dikala hujan.
tahun lalu ane pernah ngalamin pada saat macet/berhenti di lampu merah, kaca depan luar suka berembun.