DIY : ganti headlamp SX4 dengan versi proyektor merk Koito - original SX4 pasar China {turbodieselVin}

 gambar 1 - Nih sepasang batok lampu barunya setelah dikirim (ane beli Online)
http://otodiy.blogspot.com
Permisi gan, salam kenal nih sesama pengguna harian SX4. Ane pakai SX4 Sedan A/T sejak 2009 hingga hari ini masih rawatan bagus
Mau share cerita nih perjuangan mendapatkan-membawa sampai memasang projector headlight buat SX4 ane. Karena dari dulu udah suka bentuk nya kalau projector tambah gagah tampilan plus cahaya makin lebar, tapi konversi di Indonesia sendiri bisa habis hampir 10 juta (include batok, HID dan ballast plus convert wiring)
Kebetulan karena memang udah butek kuning lampunya karena mobil juga sudah 7 tahun, plus kebetulan sejak 2015 lagi mengenyam pendidikan lanjut di negeri tirai bambu (China), ane lihat harga projector headlight original untuk SX4 di sana cukup menggiurkan. Ga ada seperempat harga di Indonesia udah dapat 2 pasang + bohlam. Batok lampu nya buatan Koito. Original untuk SX4 pasar China.
Bohlam LED nya. Di ujung pantat lampu itu yang besar adalah kipas untuk heatsink (buang panas):

 gambar 2 - bohlam LED
 gambar 3 - dengan headsink dan kipas
Bawa ke Indonesia dari China? Bungkus aja pakai bubble wrap yang tebal, ganjal baju dari segala arah dan masuk ke koper 32 inch ane gan :D
 gambar 4 - packing bawa ke Indonesia
Setelah tiba di Indonesia, langsung oprek. Pasang sendiri aja, ane tergolong hobi DIY: 
 gambar 5 - lepas yang lama
 gambar 6 - pasang yang baru
Dah kelar, manis lagi bentuknya kaya baru. Sekarang bisa terang lagi sampai sekitar 8 tahun ke depan hehe:
 gambar 7 - terpasang
Cahaya lampu LED 40W, kata pabrik nya ini 4000 lumen brightness. Warna nya kurang lebih setara Xenon HID 8000 Kelvin: 
gambar 8
BTW satu hal yang ane baru perhatikan adalah.... Arah sorot lampu projector untuk mobil LHD (setir kiri) dan RHD (setir kanan) itu beda gan. mobil LHD punya glare shield (di dalam projector) untuk buang silau lampu ke arah kanan, sementara glare shield RHD dibuang ke kiri untuk mencegah silau ke mobil yang berpapasan. hal ini ane akali dengan menurunkan sorot lampu sebelah kanan biar tidak silau ke pengendara berpapasan. Sementara dari headlight kiri ane naikkan biar bisa nyorot trotoar lebih baik.

by turbodieselVin
sumber : kaskus

Comments

most read in a week

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : Mengatasi DVD Player Mati setelah Ganti HU (Buat Livina HWS/Ultimate) {luki2022}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G