Cara agar steering remote bisa bekerja di Head Unit Innova {opank86}

 gambar 1 - Innova E M/T dengan steering remote
http://otodiy.blogspot.com
Salam kenal gan.
 Saya pake Innova E M/T 2013 yang steer masih 3 spoke dan sekarang dah ganti punya type G yg sudah ada steering remotenya.

 Banyak cara gan agar steering remote bisa berfungsi di HU kita.
 Menurut pengetahuan newbie kayak ane.selama ini cuma lewat 2 jalur :
  1. Jalur infrared
    Jalur ini memasang sensor infrared di mobil.tepatnya di tengah sebelah atas HU atau di kaca di bagian atas depan mobil.
  2. jalur kabel dari steering ke HU

 Intinya cuma 4 item :
  1. Steering 4 spoke innova G atau V
  2. steering remote button yg akan diaplikasikan ke Steeting tersebut
  3. Kabel Spiral 
  4. Kabel adapter dari HU bawaan
    (Saya pake kenwood DDX 7035BT.pake kabel 3 jenis buat nyambung ke HU dari kabel spiral)


 Jadi secara sederhana.jalurnya gini.
  1. ganti steer yang sudah dipasang tombol audio.
  2. dari steer yg baru,disambungkan ke Kabel Spiral.kabel spiral berfungsi agar Klakson bisa berfungsi dan di kabel spiral ada jalur lagi untuk tombol2 yg ditekan di remote steering (ada 3 kabel.salah satunya kabel ground)
  3. dari kabel spiral nyambung 3 kabel tadi ke HU.

Kalo kasus saya karena setir bawaan masih 3 spoke,saya beli :
  1. Steering 4 Spoke + tombol audio
  2. Kabel spiral type V agar modul steering remote berfungsi
    (Saya beli yg NON AIRBAG) Beli di awal 2014 masih 3 jt di ademijayamot×r.com
    Sekarang dah 5 jt lebih (Hehehe..naiknya banyak)

Setelah itu pasang di bengkel dukuh kupang surabaya (Hweel× Audio) cuma kena ongkos 100rb. Hehehe

Ni penampakan di mobil ane (gambar 1)

 gambar 2 - kabel spiral (clock spring) (Sumber : ademijayamotxr.com )
Bener.harus ganti kabel spiral tipe V
Mohon lihat gambar 2
Yang kiri : kabel spiral tipe G
Yang kanan : kabel spiral tipe V
Perbedaannya terdapat di SOCKETnya Mohon lihat gambar SEBELAH KANAN dari kabel warna KUNING

Clock Spring/kabel spiral/kabel flexsibel (BAHASA TEKNISI MOBIL.hehehe)

*tipe G :
hanya ada 2 socket :

  1. warna kuning dihubungkan ke KABEL BODY mobil
  2. sebelah kanan kabel warna kuning Adalah RUMAH SOCKET untuk kabel HORN /klakson

*type V :
Ada 3 socket :

  1. warna kuning dihubungkan ke KABEL BODY mobil
  2. sebelah kanan kabel warna kuning adalah RUMAH SOCKET untuk label HORN/klakson
  3. sebelah RUMAH SOCKET HORN adalah RUMAH SOCKET STEERING yang nantinya dihubungkan ke HU


gambar 3 - kabel steering remote Kenwood DDX7035BT
Itu kabel steering remote bawaan HU kenwood DDX7035BT punya saya.

Jadi.resume nya...
  1. jika budget minim,bisa pake module infrared
    (Pendapat saya pribadi, Saya kurang suka.karena terlalu sering kena infrared di mobil juga kurang baik.bahkan fitur dan kabel mic Bluetooth kenwood DDX7035BT tidak saya aktifkan.menurut saya USELESS karena jarang pake bluetooth)
  2. kalo budget habis gajian.ambil aja setir Tipe V + kabel spiral innova tipe V plus biaya pasang. yg pemasangannya gak sampe 20 menit) Kalo beli di situs tersebut,bisa sekalian minta pasang juga.karena owner situs tersebut sudah sering install steering + Audio button di innova
    (Bukan sales ademijayamotxr.com)
    *bahkan.agan samurai di page 1 ganti steer punya Toyota Fortuner (hehehe )

sumber : kaskus KIOC

Comments

most read in a week

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

DIY : Fix jok baris kedua Mobilio yang tidak mau melipat ke depan {andyles}

DIY : perawatan mencuci evaporator AC Sigra Calya dengan cara semprot air {Ir One's}