Eksperiment Aerio menjadi Irit dengan metode bensin lean {Aditia Ekalaya}

gambar 1 - trip meter
http://otodiy.blogspot.com
Menjawab PM beberapa temen yg nanya gimana bikin Aerio irit.
Ane dah janjiin bikin eksperiment lagi..
Ane share disini aja daripada copas sana sini..
Test irit dengan metode bensin lean.
Bahan Percobaan : Bluey ( lha aerio siapa lagi yg rela dijadiin bahan percobaan? )
Tes ini dibagi jadi 2 bagian.
1. Di jalan tol dengan kontur jalan rata/datar.
2. Di jalan tol dengan kontur jalan menanjak plus menurun.

Kondisi mobil.

  • A. Stelan CO dibikin (super) lean ampe kalo lagi idle kadang2 kedengeran batuk. ( pake muffler aftermarket jd suaranya jelas bener )
    Ane tandain dulu stelan CO nya dan puter 6x ke kanan.
    Ini sementara. Ntar ane balikin lagi stelan CO nya.
    Campuran bensin terlampau lean beresiko seal ama klep cepet rusak..
    So jangan ditiru hehehe
  • B. Buat urangin efek batuk, ane pasang fuel vapor injection. Kalo mau lebih jelas tentang fuel vapor injection googling aja.
    Dulu bangeeeet pernah ane share. Ada di archive di otodiy om singachu.
    Bukaan udara fuel vapour injection ane stel 1/4.
    Ini juga sementara.. Ane cuma penasaran aja.
  • C. Bensin premium diisi full dengan metode nozle otomatis mati. Jadi bensin ga nyampe ke bibir leher pengisian tanki.
    Ga lupa odometer A direset ke 0.
    Ane ngisi bensin sehari sebelum berangkat jadi ada 7km di odo sebelom tes dimulai.
  • D. Tekanan ban
    Depan 28
    Belakang 30
    Sedikit ga nyaman...
  • E. AC
    On dengan beberapa kasus ane matiin karena pengen ngeroko..

Penumpang :
Ga ada.
Ane solo karir.

Trayek : Serang - Bandung.

Waktu perjalanan : Malam.

Suhu : 23° - 28°

Alat pengukur kecepatan : 
  • Speedometer aerio ( ya iya lahh )
  • GPS Superspring 
  • HP android dengan Waze 
  • HP android lama dengan Sygic.


1. Perjalanan Serang - Sadang via tol.
  • A. Suhu 26° di accuweather dan di centre cluster 28°.
    Entah mana yg bener dah...
    Ane patokan ama yg di cluster aja krn lebih mudah dipantau..
  • B. Kecepatan rata2 menurut Garmin - Waze - Sygic di 78 - 98 kpj.
    Di speedo ane kebaca 80kpj, tapi menurut GPS cuma 75kpj.
    Wajar krn setau ane, pabrikan ' bonusin' dikit untuk alasan safety.
  • C. Putaran mesin main di 2000rpm ampe max 3100rpm. Tapi sebisa mungkin dijaga di 2500.
  • D. Posisi jarum bensin sedikit diatas garis F.
  • E. Ane banyak tailgating/ngikutin bis.
    Dengan asumsi, Coefficient drag nya dibantu ama bis didepan.
    Karena kondisi jalan lowong, gampang buat pertahanin putaran mesin dan kecepatan.
    Masuk rest area 57, beberapa km sebelom masuk tol purbaleunyi area Sadang.
    Buat ngopi ama cek kondisi mobil.
    Istirahat 60menit sambil nunggu mesin sedikit dingin.
    Biasanya kalo didiemin agak lama, jarum dimeter bensin turun.


2. Perjalanan Sadang - Bandung via tol.
  • A. Cek tekanan angin ban :
    Depan 28.. Sebelah kanan 26 ( nah lo )
    Belakang 30.
  • B. Posisi jarum meter bensin cuma turun dikit, udah menyentuh garis F tapi posisinya masih diatas.
  • C. Suhu di centre cluster 23°
  • D. Kecepatan rata2 menurut GPS 65kpj - 79kpj.
  • E. Putaran mesin dijaga di 2000rpm - 3000rpm. Tapi sbisa mungkin dijaga di 2500rpm.
    Kondisi jalan Purbaleunyi area Sadang ampe Bandung emang godaan hebat buat bejek gas..
    Sebisa mungkin ane tahan putaran mesin di 2000rpm ampe 3000rpm.
    Tapi ane ga bisa nerapin strategi ngikutin pantat bus seperti dijalan rata.
    godaan nyalip truk dan bus bikin kadang terpaksa naekin putaran mesin sampe kira2 3200rpm.
    Kalo bis nya kenceng, diikutin malah bikin putaran mesin tinggi...
    Kalo bis nya pelan, diikutin malah harus downshift yg ujungnya putaran mesin tinggi juga...
    Belom lagi dari belakang udah kasih lampu jauh.. Minta kita buat minggir.
    Hadooohhh.
  • Anyway, exit gate Buah Batu dan isi bensin biar ketauan fuel consumption nya..
    Isi dengan metode yg sama juga.
    Nozzle auto stop.


Hasil nya.. Ane ngisi 15.6liter.
Dibuletin aja jadi 16liter.
Di odometer didapat angka 254.7km
Dibuletin jadi 255km
255 dibagi 16
Hasil nya?
Itung sendiri yaaaaa

Kesimpulan :

  1. Temperatur lingkungan di jalan turut jadi faktor penyumbang irit atau boros nya konsumsi bbm.
    Semakin adem, semakin banyak oksigen yg otomatis berpengaruh ke pembakaran bahan bakar.
  2. Kontur jalan yg menanjak memberi mesin banyak beban, otomatis konsumsi bensin lebih banyak.
  3. Kondisi jalan yg lowong, bikin mobil ga gampang ' haus ' karena konstan lari di kecepatan tertentu.
  4. Kalo mo irit, hindari kemacetan.
    Emosi jadi faktor besar boros atau iritnya mobil.. 
    Kaki kanan emang berpengaruh...
    Sayang ane masih bermasalah ama ' self control '.. Masih suka tergoda hehehe.
  5. Kecepatan ekonomis itu 80kpj.
    Ya minimal ga disalip truk lahh.
  6. Putaran mesin ideal nya di 2000rpm - 2500rpm.
    Diatas 2500rpm bensin boros.
    Dibawah 2000rpm tenaga kurang.
  7. Fuel vapour injection nambah tenaga.. Tapi ga menolong akselerasi.
    Wajar karena campuran bensin nya lean/miskin.
  8. Yang biasanya 2.5 - 3 jam perjalanan kl jalan lowong.. Perjalanan Serang - Bandung ini memakan waktu 4.5 jam.

Irit itu cuma buat orang sabar.
Wekkkk!
Ntar pas pulang ke Serang, ga pake metode gini lagi deh..
Capee

by Aditia Ekalaya
sumber : facebook AIC

Comments

most read in a week

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

DIY : Fix jok baris kedua Mobilio yang tidak mau melipat ke depan {andyles}

Letak fan double blower, evaporator dan pembuangan air AC Innova {ipah2.0v}