Share wiring kabel kamera mundur Head Unit ex Fortuner pasang di Avanza {Kunaefi Atalah}

 gambar 1 - Head Unit ex Fortuner terpasang di All New Avanza
http://otodiy.blogspot.com

saya pasang head unit di avanza saya pake  bekas fortuner dan mau pasang kamera mundur tapi tidak tau posisi kabel vide in + dan - dan tidak tau juga posisi kabel sinyal mundurnya. Head Unit Panasonic made in tahiland tapi saya lupa typenya krn kondisi sdh dipasang di mbl

gambar 2 - soket di belakang Head Unit
tadi saya sdh Tanya sama pedagang rupanya soketnya di no 6
Info saja kamera u head unit ex fortuner beda voltase nya dia 5volt sedangkan voltase kamera universal 12v. 
Soket no 6 ada 4 kabel ( merah putih ijo dan hitam)
Semua kabel dari kamera ada 4 masuk ke satu soket di soket 6 full
dari soket 6, ada 4 kabel, semuanya masuk ke kamera, terdiri dari plus minus untuk power kamera dan signal video dari kamera ada 2 kabel...
supaya si Head Unit tau kalau kita aktifkan persneleng mundur, kita perlu trigger dengan cara soket no 2 yang warna ijo disambung ke lampu mundur....
 gambar 3 - soket no 6 full ke kamera mundur
 gambar 4 - kabel set dan kamera mundur copotan Fortuner
 gambar 5 - Soket menuju sisi kamera
Trus di soket no 2 ada kabel merah itu untuk groud video/gambar dari dvd (build in)
Kalau soket no 2 kabel merah gak disambung ke body tar dvd jalan tapi gak ada gambar alisa blank biru cuma ada suara
 gambar 6 - trigger mundur di soket no 2
 gambar 4 - soket trigger mundur
 gambar 8 - testing camera
Ada 2 type yg pertama gak pake gps dan yg kedua ada gps
Yg pake gps saya tanya di auto2000 barunya 12,6jt biasa di pake di fortuner th 2012 sd 14
Alphard juga pake itu
Yg non gps harga baru 8,6jt
Kalau kita beli copotan paling 2 sd 2,5jt yg non gps dan 4 sd 5jt yg gps
Buanyak di taman puring pedagang pada jual kisaran 2 jt sd 2,5

dulu saya beli hu non gps 2,5jt di puring jaksel, trus pasang di serang, ternyata di serang ada yg jual 1,2jt pake gps saya beli dan yg lama saya jual 1,2jt duitnya buat ganti yg ada gps nya, nah barusan ane beli kamera ori copotan dari fortuner 500rb 1 set sama kabel dan songket, jadi total saya abis 3jt dpt head unit include gps dan kamera

 gambar 9 - ada GPS nya dan soket GPS nya (soket no 3)
 gambar 10 - antena GPS Kenwood
Saya lagi cari antena gps nya kata pedagang bisa di kanibal antena gps ex kenwood tapi pas saya telp diatributor lagi kosong di kenwood cideng, Cuma agar seret soketnya jadi mesti di kerik soketnya

gambar 11 - speaker butuh power amply
Di avanza saya pake power jadi krn dari hu gak ada rca u power sama teknisi dipasang converter high to low. Converter Beli jadi 120rb

dari HU, converter, baru masuk amply trus speaker
Krn spker yg saya taro di tiang minta power agak gede

by Kunaefi Atalah
sumber : message OTODIY fanpage

Comments

  1. Untuk socket trigernya dapat dmn

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya sih kalau beli HU udah dapet, atau kalau beli second ya harus diperhatikan socketnya ikut dikasih apa ga. Tapi kalau cari lagi nah itu yang agak susah, kurang tau gan dapat di mana

      Delete
  2. Mas minta jalur kabel input siyal video cameranya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. head unit sama seperti di atas ? Kalau iya ya itu di atas udah dijelaskan

      Delete
  3. iya saya dulu pernah beli kameranya kata penjual tinggal colok, tapi saya bingung untuk mentrigernya dari mana? karena waktu beli kamera gak dapet. itu kamera akhirnya gak kepakek udah 4 tahun wakakaka, saya akhirnya beli yg displaynya ke spion tengah.
    tapi nanti mau saya coba lagi deh kalo udah tau tempat trigenya dari socket no 2, walapun gak ada socketnya bisa diakalin nanti nyantolin kabelnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya memang perlu cari tau trigger cablenya yang mana.....tapi katakan belum ketemu bisa juga dites dengan memilih mode head unitnya untuk menampilkan camera, kalau keluar gambarnya ya berikutnya cari trigger cablenya biar bisa otomatis

      Delete
  4. Gan minta tlng d bantu wiring pemasngn camera mundur fortuner 2012 dgn HU PZ071-00033-ID, dgn wiring d atas sy gunakan ga mau nyala videonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kabel camera hanya merah, hijau, hitam, kabel reserver nya merah.
      Tlng d bntu gan

      Delete

Post a Comment

most read in a week

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

DIY : Fix jok baris kedua Mobilio yang tidak mau melipat ke depan {andyles}

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten