Share modif jepit per untuk ceperin Grand Livina {jezelcustom}

 gambar 1 - per dijepit dengan plat ring
 http://otodiy.blogspot.com 
SHARE pengalaman - CEPERIN GL 2007 dengan biaya MURAH dan AMAN
Halo agan2, salam kenal,

cuma mau berbagi pengalaman soal ceperin GL 2007 ane. Awalnya saya pengen ganti per, tapi setelah gugling2 jadi mundur terartur, gara2 lowering per cukup mahal, duit kantong ga cukup. Trus sempat juga kepikiran buat motong atau nge-press per bawaannya...cuma kalo dipikir2 akan repot kalau mau kembalikan ke standard. 

galau deh jadinya...

Dengan bekal nekat, saya datang ke tukang Per mobil. Oya saya berlokasi di Salatiga, saya mengunjungi bengkel Per PRASETYO di depan pabrik textil Damatex. 

Setelah bincang2 dengan tukang per yang cukup ramah dan tidak tanggung2 kasih penjelasan,  beliau kasih saran, gimana kalau per nya DIJEPIT....

Hah?! DIJEPIT??? saya cukup heran, gimana tuh....


Setelah dijelasin begono begini, akhirnya dieksekusi. Untuk tahap awal, karena sejujurnya saya ragu dengan eksekusinya, saya memutuskan untuk ceperin per depan aja dulu. 

Begini hasilnya :
lihat gambar 1.

Jadi Pak Prasetyo memasukkan RING pipih ke dalam per, yang mengakibatkan per seolah dipress paksa 2 ulirnya.. 

Ring tersebut didapat dari tabung shock depan motor yang dipotong, trus dipress pipih. Kenapa dari tabung shock motor, karena tebal, kuat dan anti karat. 
 gambar 2 - ring digeser
Setelah mencapai penurunan tertentu (punya saya dibandingkan aslinya turun sekitar 5 cm), ring tersebut dilas dengan kawat 5 mm untuk menjaga agar ring tidak bergeser. Namun bukan dilas dengan PER nya, tapi langsung ke Ring nya. Cekidot...
 gambar 3 - ditambah kawat dan di-las ke kawat biar ringnya ga geser
 gambar 4 - penampakan
Dan setelah itu dicat biar kawat tidak berkarat....

Dengan sedikit ragu2 dan takut, akhirnya per dipasang di mobil...dan

TADAAAA.....kolong spakbor menyisakan tiga jari dibanding sebelumnya yang 5 - 6 jari (pas seperti yang saya mau) 
gambar 5 - depan ceper 5-6jari
Lalu langsung ane coba...awalnya takut2...tapi lama2 nyaman juga...dan memang gejala limbung hilang....

Pagi tadi saya bawa nikung di tol Semarang - Bawen, dengan kecepatan 90 km/jam tidak terasa limbung, dan tetep stabil. 

So..kalo agan2 yang pengen ikuti cara ini, silakan , tapi resiko tanggung sendiri ya.... but sampai saat ini, mobil saya aman2 saja, tidak ada bunyi aneh2...waktu belak belok juga lancar2 saja. 

Oya biaya ceperin PER metode JEPIT ini cuma 200ribu rupiah, dengan pemasangan selama 2 jam saja. 

by jezelcustom
sumber : kaskus KLIK

Comments

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

DIY : membuat dan memasang relay motor starter Aerio / Next G

Review alarm mGuard M1+