Pos

Menampilkan postingan dari Oktober, 2014

DIY : bungkus pipa AC Agya agar dingin lebih cepat {toyotaagyauser}

 gambar 1 - pipa yang akan dibungkus
 http://otodiy.blogspot.com 

atas permintaan agan gtx150, ane share sedikit hasil kerajinan tangan (DIY) di malam hari : bungkus pipa suction AC

DIY : pasang subwoofer dan tweeter untuk Agya Ayla {rafiz}

 gambar 1 - tweeter di bawah dashboard
 http://otodiy,blogspot.com 
Iseng iseng pasang tweeter, lumayan ada cis cisnya...
Ane pasang di bawah daskboard kiri kanan.. tempel dengan isolatip bolak balik. Maklum ndak suka dengan pernak pernik diatas dashboard..

DIY : buat sendiri sillplate Agya Ayla dari akrilik {stabilizer}

 gambar 1 - bahan-bahan
 http://otodiy.blogspot.com 
Karena keterbatasan dana tapi mau bikin mobil cakep, akhirnya iseng2 bikin Sill Plate sendiri. Dengan cuma bermodal: 
1. Cat semprot 
2. Acrilyc 
3. Tulisan cutting sticker 
4. Double tape

DIY : tambah rear wiper di Ayla {luraeh}

 gambar 1 - titik bor pintu belakang
 http://otodiy.blogspot.com 
akhirnya pemasangan rear wiper di agya ane selesai juga ganberikut penampakan hasil nya, jadi tambah keren

Light modif air intake Innova D4D agar tarikan lebih enteng {ic3 M4nZZzz}

 gambar 1 - air intake yang ke samping body
 http://otodiy.blogspot.com 
pengen share motong air intake sedikit, tarikan sedikit lebih enteng, air intake yang ke arah samping kanan body mbl di copot dan di potong di pas tekukannya, agak angin yang masuk lebih lega
 gambar 2 - dipotong sedikit
dipotong persis di tekukannya, mgkn kekurangan di potong sperti ini ya agak bahaya waktu menerjang banjir, tp saya jrg kena banjir ini jd saya potong saja, dan sedikit mengaruh ke performa, tarikan mobil jadi lebih enteng, dan juga sharing sedikit saya juga kmarin memasang lampu led di kap mesin, supaya kalao ada apa2 di malam hari jadi lebih gampang, hehe
gambar 3

by ic3 M4nZZzz
sumber : kaskus KIOC

Share titik dan jalur grounding di Innova matic {densamo}

 gambar 1 - jalur kabel ke kabin
 http://otodiy.blogspot.com 

Lanjutan perbaikan seal OCV yang rembes dan ganti karet boot dan belt Next G

gambar 1 - seal OCV
 http://otodiy.blogspot.com 
Lanjutan dari pembetulan OCV yang lalu, karena ga siap dengan seal OCV akhirnya pasang dengan dikasi sealer, ternyata masih rembes juga cuman udah mendingan. Karena ga sempet keluar ke toko onderdil akhirnya pesen aja ke Sentosa Motor, daripada nanggung akhirnya beli :
Seal OCV Rp25rb
Seal crankshaft sisi pulley : 50rb.
Karet boot cv joint sisi luar : 55rb
Belt AC dan Belt Alternator : 85rb
Sabtu bawa ke bengkel pak Jono.

Sharing ganti koil penyebab idle kurang langsam dan selang suction Power Steering Aerio yang rembes {richardt75}

 gambar 1 - koil
 http://otodiy.blogspot.com 
abis ambil mbl dr poles mesin dan interior, mbl jd endut2an terutama di rpm bawah dan kondisi idle atau gigi 1, itu knp yah? ada yg tau?....
mengikuti saran om singachu, hari ini ane coba beli koil APV seharga 340rb, masalah lgs solved..
(gambar koil aerio yg penuh tambalan dan akhirnya menemui ajalnya, terima kasih atas perjuanganmu selama ini nak)

Share Performa Modification Innova VVT-i {samurai}

gambar 1 - konsumsi dalam kota
 http://otodiy.blogspot.com 
INNOVA VVTi G MT 2012
Power 148Hp Torsi 196Nm

ENGINE MODIFICATION
- Filter KNN
- Busi NGK Iridium
- Cincin Gerhana
- Pivot Mega Raisin
- Super Ground Cable By Achien
- Oli Mesin Mobil 1 5/30
- Gardan & Transmisi Mobile 1 75/90
- Koil Blue Thunder
- Raser Throttle Body Spacer
- Exhaust System ( Header By Verry, Reson Marco & Scott )
- Dei Exhaust Wrap
- Dastek Unichip Q4 + TC Map Digital
- Intake Hose & Throttle Body Reamer
- Rumah Saringan dirubah 2 arah

DIY : step by step ganti oli gardan innova VVT-i {ipah2.0v}

 gambar 1 - baut pengisian dan pembuangan oli gardan
 http://otodiy.blogspot.com 
Malem KIOC, mau sedikit sharing aja step2 ganti oli gardan innova. sapa tau ada yang mo isi waktu luang buat ganti oli gardan sendiri...hehe. Langsung aja ya.
1. Yang dilingkari merah adalah baut pengisian oli dan yang dilingkari hijau adalah baut untuk membuang oli.

DIY : Cold Air Intake dari pipa paralon untuk Agya Ayla {mir bond}

gambar 1 - afer ganti corong intake
 http://otodiy.blogspot.com 
iseng-iseng rombak intake, mayan gigi 3 masih nanjak n bsa nyalip d puncak (ga ada penumpang)

DIY : Memperbaiki Penangkapan Sinyal Radio FM di Head Unit Datsun Go Plus - JVC KD-X110 {m4rdy}

 gambar 1 - buka panel tengah
 http://otodiy.blogspot.com 
Memperbaiki Penangkapan Sinyal Radio FM di HU Datsun Goples – JVC KD-X110 (sesuai info dari Om Mumu Karsidi)
  • Bongkar Panel Tengah dengan terlebih dahulu membuat celah di bagian bawah panel menggunakan obeng minus ( - ) yang dilapisi isolasi atau kain supaya tidak menggores permukaan dashboard seperti gambar 1 (Pic by: Om Aryo Sawung S)

DIY : Merendahkan Lingkar Kemudi Toyota Agya /Daihatsu Ayla {softblue}

 gambar 1 - hasil menurunkan stir Agya
 http://otodiy.blogspot.com 
Lingkar kemudi / setir duo AA ini posisinya sudah baku dari pabrikan. Tidak ada fitur tilt steering yang memungkinkan untuk di naik/turunkan. Masalahnya posisi standar sudah paling tinggi, sudah mentok gak bisa dinaikkan lagi.
Untuk ane yang postur tubuhnya tidak tinggi, kondisi ini agak mengganggu. Tangan cepat pegel kalo nyetir lama karena posisi setirnya tinggi dan pandangan ke panel speedo sedikit terhalang setir.

Maka coba ane bongkar dan ternyata setir sangat bisa diturunkan/direndahkan posisinya. Dan asyiknya.. gampang banget

Share kuras oli kompresor, ganti expansi dan selang AC Aerio di Jaya AC {M Tfiq Rokhman}

 gambar 1 - brosur
 http://otodiy.blogspot.com 

Awalnya AC ga dingin dan divonis ganti kompresor. Bawa ke Jaya AC dan diservice, sekarang AC sudah dingin lagi tanpa ganti kompressor. telp 031 8437922 Jaya AC Rungkut Authorized Denso Dealer, depan kantor XL.

DIY : mengganti kampas rem Next G matic dengan Bendix Metal King

 gambar 1 - kampas rem sudah tipis
 http://otodiy.blogspot.com 
Saat melakukan pembersihan cipratan oli dari OCV, newbie secara ga langsung melihat kondisi kampas rem dari sela-sela caliper rem, ternyata sudah tipis x_x . Karena dah tipis banget meski ga punya part kampas rem orisinil, newbie tetap ganti aja, kebetulan dapet hibahan Bendix Metal King. Dihibahkan karena tiap mengerem menimbulkan bunyi. Memang dari report-report yang ada untuk Aerio dan Next G disarankan menggunakan kampas orisinil supaya tidak bunyi, terlebih lagi untuk transmisi matic yang kerja remnya lebih keras akibat kurangnya efek engine brake.

DIY : melepas OCV dan memperbaiki kebocoran OCV pengatur VVT di Next G

 gambar 1 - OCV di baleno Next G 
 http://otodiy.blogspot.com 
Sebenernya rembes udah lama, tapi dibiarin dulu sampe sering dengar bunyi belt decit, dan terakhir terlihat tetesan oli di lantai. Ya udah daripada resiko kehabisan oli dan atau belt putus di jalan akhirnya diputuskan untuk cek sumber kebocoran. Dan sepertinya memang benar dari OCV yang mengontrol variable valve. Berbekal sharing dari om Aditia Ekalaya, newbie putuskan untuk repair dulu.

DIY : Melepas power window regulator dan ganti carbon brush motor power Window Aerio

 gambar 1 - baut pemegang kaca ke power window regulator 
 http://otodiy.blogspot.com 
Ini DIY 27 Sept lalu, baru sempet upload sekarang. Sebenernya udah Agustus lalu coba ganti carbon brush motor power windownya, tapi ternyata pergerakan kaca tetap lelet dan sering berhenti. Lama-lama mesti nunggu 5 - 10 menit untuk bisa naikkan kaca 3 cm x_x.... Sempet dibawa ke bengkel tapi karena waktunya mepet dan kudu ninggal dengan kondisi kaca diam akhirnya dibawa pulang kembali, test tukeran kumparan koil dengan pintu kiri tapi ga menolong, tetep lambat sedangkan pintu kiri tetap normal, artinya bukan kumparan koilnya....pas bongkar ternyata carbon brush yang diganti Agustus lalu sudah patah, pemasangan kurang sempurna dan size carbon brushnya terlalu kecil membuat terjadi pergerakan dan patah. Kali ini dicoba bongkar lagi tapi benar-benar nurunkan seluruh regulator power window biar lebih enak mengerjakan dan testingnya.

Share ganti Torsion Beam Suzuki Ertiga {Deep_throatx}

 gambar 1 - Torsion Beam baru
 http://otodiy.blogspot,com 
Halo gan salam kenal...
ane baru minang ertiga GX seken taun 2013 sebulan lalu nih. kemarenan udah servis 20.000km di Beres Depok, lalu pas udah selsai servis dites jalan sama montirnya di bagian blakang ada bunyi "klentang".

Disaranin sama dia untuk ganti Torsion beam, ini penampakan sesudah ganti:

DIY : ganti third brake lamp Suzuki Splash dengan LED {DecenT}

gambar 1 - third brake lamp Suzuki Splash
 http://otodiy.blogspot.com 
lampu rem bagian atas juga bisa di ganti lho gan pake lampu led

DIY : solusi menghilangkan bunyi dari depan kaca Agya / Ayla {softblue}

gambar 1 - sumber bunyi
 http://otodiy.blogspot.com 
Buat yang AA nya muncul bunyi2 aneh kemericik, cuit-cuit, kayak tikus, dari bagian depan.
Kalo di agya ane positif 100% itu berasal dari cover plastik hitam dibagian wiper depan.

Solusinya -> diganjel

Share pasang sensor parkir electromagnetic tanpa melubangi bumper Agya {anggoro.permadi}

gambar 1 - sensor electromagnetic 
 http://otodiy.blogspot.com 
singkat cerita hari ini ane abis pasang sensor parkir yang gak pake bolongin bumper, berawal dari seringnya bini ane pulang2 cengengesan nunjukin bumper yang udah jempat lepas dari dudukannya di ujung2nya grgr 'mbokongi' tembok, pohon, dll akhirnya hari ini ane sempetin dah pasang tuh sensor parkir di bengkel variasi.

bentuk dan merknya persis kek begini (gambar 1) - maaf gambar comot dari google, tadi kagak sempet photo2.

Share kendala kopling Aerio {i4steve}

 gambar 1 - matahari bekas aka dekrup
 http://otodiy,blogspot.com _
misi om...
saya pengguna aerio 2004
belakangan ini saya ada masalah di kopling nih om..
klo jalan pertama dan jalan lancar kopling enteng..
tapi kalau kena macet atau mesin panas kopling keras...
ini masalah master kopling atas atau bawah ya
atau ada masalah di kopling set nya ya...
mohon pencerahan..
soalnya hari ini mau eksekusi rapihin kopling..
klo kena macet.. ampundah.. kaki pegel banget injek kopling...
thanks..
Akhirnya dibongkar juga..
Masa pemasangan plat kopling sebelumnya terbalik..
Apa itu ya yg menyebabkan plat kopling keras saat macet..?
1 set ganti kopling.. sekalian aja dah dari pada bongkar pasang lagi nantinya..
Spertinya sih plat kopling yg lama masih bagus...
Nanti saya post deh.. foto2 nya.. buat share pengguna aerio lain...

Ganti karet support shock Daihatsu Taruna {yogi1303}

gambar 1 - support shock terpasang yang baru
 http://otodiy.blogspot.com 
setelah beberapa waktu lalu rekondisi buljoin, akhirnya tadi ganti support shock.
sebetulnya masih lumayan, tapi secara fisik tampilan dari atas sudah "melembung" , dan rasanya agak kurang mantep, jadi diputuskan ganti.
ganti ga tau merk apa, tapi dari teman yang punya toko, dia bilang produk ini dibuat oleh yang juga memproduksi suku cadang asli honda.
harga khusus buat ane 125rb per biji.

pemasangan di shop n drive (cepat dan bersih, kurang dari 1 jam), jasanya 100 rb sepasang - sekalian cek sokbeker (masih bagus) 

Share ganti fuel pump aerio dengan merk bosch untuk Avanza {Wachid Suryadi}

 gambar 1 - Proses penggantian pompa bensin
 http://otodiy.blogspot.com 
Tidak ada tanda-tanda, tiba-tiba saja digas ngeloss terus ndak mau jalan, kemarin diderek hampir 20 km. Distarter hidup sebentar langsung mati mungkin bensinnya ndak mau naik om gilang.

DIY : ganti karet seal injector Aerio {niladyo}

 gambar 1
 http://otodiy.blogspot.com 
Setelah seal injector sudah dibeli.
gambar 1 : Lingkaran, lokasi injector suspect rembes, dan sebelum dibersihkan, sedangkan bawah setelah dibersihkan lokasi area injector