Senin, 29 September 2014

DIY : Pasang Anti Karat Sendiri di Ertiga (Bagian Pertama) {galihleo}

 gambar 1 - alat-alat
 http://otodiy.blogspot.com 
Nah, sekarang mumpung lagi banyak waktu senggang ingin coba eksperimen lagi. Sebelumnya saya membuat perbandingan dulu dengan aplikasi antikarat bermerk yang dikerjakan di workshop versus aplikasi antikarat sendiri. Rata-rata aplikasi antikarat di workshop harganya 1,5juta-2juta bahkan lebih, tapi hasilnya pasti rapih dan kita tinggal terima beres. Sedangkan kalau mau dikerjakan sendiri berikut perhitungannya:
  1. Anti karat Rubberized Undercoating Spray 1 kaleng 50ribuan. 1 kaleng bisa untuk 2 spakbor dan masih sisa untuk tengah. Jadi kalau mau total seluruh kolong mungkin bisa habis 3-5 kaleng. Sekitar 250ribuan untuk belanja bahannya. Merk bermacam-macam, yang paling gampang ditemui adalah merk Penray. Banyak dijual di supermarket atau toko onderdil mobil. Saya sendiri pakai merk Master, waktu itu mau beli Penray stoknya tinggal 2 kaleng. Akhirnya ambil merk Master, harganya pun sedikit lebih murah 5ribu rupiah.
  2. Lakban kertas, untuk menutup area yang ga ingin tersemprot. 10ribuan satunya.
  3. Masker dan Kacamata Safety. Kurang lebih 50ribuan total. Percayalah ini bakal kepake, dengan posisi muka kita menghadap ke atas, cipratan-cipratan coating ini pasti ada yang jatuh ke muka kita dan tentu saja kita ga ingin mata kita kelilipan anti karat bukan?.

Total habis 300ribuan ditambah capek karena harus bongkar pasang sendiri. Tapi ada kepuasan batin karena sudah bisa melakukan sendiri ditambah kita jadi semakin tahu tentang seluk mobil kita (maklum bagian kolong merupakan bagian yang paling jarang ditengok oleh pemilik mobil).
Sebenarnya ada lagi yang lebih murah daripada pakai Rubberized Undercoating, yaitu pakai Flinkote. Kalau tidak salah harganya tidak sampai 50rb sekalengnya (1kg) dan itu bisa mencakup untuk keseluruhan kolong plus spakbor, dan cara aplikasinya adalah dikuas.

Minggu, 28 September 2014

Share Basic Light Tuning di Innova VVT-i {ipah2.0v}

 gambar 1 - cable ground 
 http://otodiy.blogspot.com 
Selamat malam KIOC. Setelah sekian lama gak posting di thread, kali ini ane mau posting lagi nih. Berhubung yang lagi hangat dibahas yakni performance stage modification untuk innova, kali ini saya mau coba share sedikit performance modification di innova vvt-i saya.

stage modfifikasi mesin di innova saya ini baru masuk dalam tahap stage 0 alias Basic Light Tuning (BLT) dengan biaya yang cukup murah meriah. Berikut hal2 yang BLT yang saya lakukan :

1. Ground cable (DC 250 ribu)

saya pakai 7 titik ground cable yaitu di throttle body, alternator, cyl.head, throttle body, girbox (A/T), titik ground ori d blkg fusebox mesin, serta junction ground di balik kick panel kanan-kiri di dlm kabin. Selengkapnya tentang Cable Ground baca di sini.

Sabtu, 27 September 2014

Share Condensor spray cooling Mitsubishi Evo 4 {Aditia Ekalaya}

gambar 1 - condensor spray cooling
 http://otodiy.blogspot.com  
Ingat trik pendingin kondensor AC yg dulu pernah saya share? (salah satu share)
nah karena skrg baru dapet bumper evo 4 ini skalian saya share sumber contekan nya yg dulu saya ambil dari mitsubishi evo 4.
Mungkin kalo pusing ama posisi nozzle washer nya bisa ikutin trik nya mitsubishi.
Nozzle washer nya ditempel di bumper dan posisinya ada dibelakang plat nomor.
jadi ngumpet lah.

kalo di evo fungsi nya buat mendinginkan intercooler.
Kalo di Aerio kita pake buat mendinginkan kondensor yang diharapkan dalam kondisi panas, AC bisa lebih cepat dingin dan sedikit membantu mendinginkan radiator.

Nozzle washer yg dianjurkan yg semprotannya kabut seperti punya innova atawa jazz.
Jangan lupa posisi tabung air nya harus dibawah posisi nozzle washer biar ga netes.

Kalo saya sih pake tabung air original buat washer belakang dan kondensor.
buat windshield saya beli tabung + motor punya kijang dan dipasang disebelah accu.

Semoga bermanfaat.

Ganti Headlamp Aerio dengan merk Depo - pembelian Surabaya {Diar}

 gambar 1 - ternyata ada headlamp Depo di Surabaya 
 http://otodiy.blogspot.com 
Barang di Suzuki Motor Kedung Doro, per biji 675rb, sepasang 1.350k, telp 031 72162279.

DIY : Pemasangan switch power window Aerio diganti dengan Avanza {Anjik}

 gambar 1 - atas tombol Power Window Aerio, bawah Avanza
 http://otodiy.blogspot.com 
Satu set di Auto2000 Kertajaya kena 400rb, Pasang 25 rb, tombolnya diganti yang depan lock dengan orinya, yang belakang tetap avanza biar ga longgar. Semua berjalan normal termasuk Auto Up/Auto Down nya.

Share pembelian karet seal injector Aerio di Raya Nginden Motor Surabaya {Niladyo}

 gambar 1 - 3 macam karet injector di Aerio
 http://otodiy.blogspot.com 
dari pembersihan injector yang lalu didapati karet seal injector ada yang sudah aus.

Share ganti rotor oversize dan brakepad custom Innova {zabdoel}

ganbar 1 - rotor cakram oversize
 http://otodiy.blogspot.com 
absen nih om TS .... lama ga mampir ke trit.... duh ketinggalan banyak informasi modifikasi .....

mo report hasil pemasangan DIY rotor oversize nih ..... ternyata dengan ganti rotor dg diameter yang lebih besar lumayan juga nih hasilnya.... lebih pakem... lebih impove dari standart.

yang diganti hanya rotor saja dengan diameter yang lebih besar dari standartnya yaitu menjadi 320 mm (naik sekitar 60mm). Selang rem masih standart.

Kebetulan juga sebelum sebelumnya pakai berbagai macam kampas rem. ada 4 jenis kampas yang sudah ane coba.
1. kampas standart/oem..... pakai sekitar 1,5 tahun (40rb) sisa daging kampas 5mm
2. kampas bendix 4wd .... pakai sekitar 1 tahun (20rb) sisa daging kampas 8mm
3. kampas kevlar red ... pakai 3 bulan (6rb) sisa daging kampas 7mm

DIY : Share Goldy Purpose (WMA) untuk membersihkan noda jok Ertiga {bilqiis}

 gambar 1 - noda lunturan kain
 http://otodiy.blogspot.com 
Misi om, mw ngasih testi untuk produk dr WMA nih..

kemarin ane nyoba bersihin jok yg terkena noda di neng erti ane... jok pada baris ke-3 seperti kena lunturan kain, noda bercak berwarna agak kbiru²an gitu.. ane menggunakan Goldy Purpose, produk dr WMA. 

Share Android Tab - Nexus 7 sebagai Head Unit Mobilio {bittorent}

 gambar 1 - Android Tab Nexus 7 di Honda Mobilio
 http://otodiy.blogspot.com 
izin share mainan baru ane....
Spesifikasi
Hardware
Nexus 7 FHD 2013 (2gen) WIFI ............. 3.300.000
SONY MEX-N4050 ............. 1.500.000
USB HUB 4PORT ...... 65.000
USB OTG 90 ...... 50.000
LIGHTER PLUG ...... 50.000
NEXUS 7 HARD CASE ..... $8
USB LIGHTER 4A .... 85.000
OBD II Bluetooth ..... 250.000
USB 32GB ..... 160.000

JDS LAB DAC .... 2.500.000 <----- optional="" p="">
Software
- Sony APP Remote
- Kitkat 4.4.3
- Custom Kernel
- Torque
- MX Player
- etc etc

Share custom penutup / pelindung aki {nissanlovers}

gambar 1 - tutup aki
 http://otodiy.blogspot.com 
lagi pada ributin aki yah ?
mending ane bikin tutup aki ah
biar steam mesin aman , tapi rada ribet kalo mau isi air aki
kecuali aki MF

DIY : Tutorial step by step copot bumper depan Ayla / Agya {G.I. Joe}

 gambar 1 - buka plat nomer
 http://otodiy.blogspot.com 
STEP BY STEP COPOT BUMPER DEPAN
Buat apa ya nyopotin bumper depan?
1. Perlu, kalau mau ganti klakson after market. Karena biasanya kalo pasang dibengkel atau toko asesoris kalau montirnya males asal nemplok dan bunyi aja klakson nya dianggap beres. Kadang malah klakson nya ditemplokin di lubang baut deket pangkal shockbreaker depan. Klakson nya dibunyiin malah ruang mesinnya yang berisik dan suara klakson nya masuk ke dalam kabin.
2. Perlu, kalau mau pasang foglamp atau DRL tambahan.

3. Silahkan dikarang sendiri keperluannya apa nyopot bumper depan hehehehe

Minggu, 21 September 2014

Share problem Double Blower Ertiga bunyi dan karet windshield ngelinting {exofanboy}

 gambar 1 - pilar B dicopotin
 http://otodiy.blogspot.com 
Yang baru selain problem klasik: karat, bau CC, Axle Beam n Rack Steer.
Note: tidak terjadi sebanyak yg disebutkan di atas. Tidak umum, tp ada.
Sebelumnya, ane tidak bermaksud menjatuhkan Erti ya, wong ane pengguna setianya wkwkwk. Ingin berbagi pengalaman n pengetahuan yg ane dpt hari ini. Justru dg adanya inpoh ini semakin mengenal karakter Erti dan bagaimana kita harus memperlakukan dg selayaknya.

1. Double Blower

Jadi tadi ane punya keluhan kadang2 ada bunyi derdecit: ngik2 atau kadang klotokan (tp gak parah n samar2). Asalnya di antara pintu kiri depan atau belakang (waktu itu belum pasti krn belum tau penyebabnya).

DIY : mesh grill ala kadarnya untuk Mobilio {cozmoner}

 gambar 1 - peralatan utama
 http://otodiy.blogspot.com 
Dengan semangat nambahin halaman agar cepat ganti lapak...Sama ingin berbagi aja karya cupu.
Jadi begini ceritanya... mau sih pasang mesh grill yang proper.. tapi apa daya... tiap weekend badan maunya ngukur tempat tidur terus
Kita mulai deh..
Peralatan utama:

Selain niat, ini nih yang di pake (gambar 1).

optimalisasi Turbo Standard Innova D4D {gajah_terbang}

 gambar 1
 http://otodiy.blogspot.com 
OPTUS = Optimalisasi Turbo Setandarrrrrr

Sabtu, 20 September 2014

share ganti karet secondary piston master rem Aerio penyebab rem loss

 gambar 1 - secondary piston di master rem Aerio Old Model
 http://otodiy.blogspot.com 
Rem aerio ada bunyi-bunyi bahkan sebelum ABS sensor diganti, selanjutnya pas ganti kopling sekalian dibenerin ternyata cuman bertahan ga sampai sehari udah bunyi lagi. Karena kesibukan ga sempet ke bengkel jadinya dibiarkan dulu, pas ada kesempatan mau coba DIY bersihin rem, ternyata ga efek dan langsung tes cari bunyinya....bunyinya ternyata tepat di piston caliper cakram sebelah kanan, hmmm waktunya ga sempet nih, padahal rem mulai kadang bisa nge-loss alias ga berasa ngerem sampai harus lepas dan rem lagi. Akhirnya sabtu ini bawa deh ke bengkel Pak Jono biar kalau ada part yang diganti sekalian bisa dicarikan oleh orang bengkel. Diagnosa langsung mengarah ke master rem atas..... dalam hati alamak mahal nih x_x soalnya dulu pernah beli dan ganti master rem atas

Rabu, 17 September 2014

DIY : Mengatasi Tombol Klakson Grand Livina yang berat (kasus pada GL2007) {jezelcustom}

gambar 1 - Tutup kecil di samping kanan dan kiri stir
 http://otodiy.blogspot.com 
Halo agan2...
Kenalin saya Om Yoe, newbie disini...baru dapat GL 2007 nih, dan langsung nemuin masalah...yaitu tombol klakson yang berat!!...butuh tenaga ekstra buat menekannya....gawat kan kalau pada saat genting kudu tekan klakson, eh..klaksonnya ga nyala gara2 berat ....
Ini sedikit berbeda dengan metode putar ulir di link ini ..karena setelah saya coba...tidak ada perbedaan berarti ( klakson tetap berat)
DIY! Mengatasi Tombol Klakson Grand Livina yang berat
Bermodal pengetahuan dari cara buka stir disini 
Letak permasalahan Tombol klakson yang berat adalah karena diameter kawat pegas yang terlalu besar, sehingga perlu tenaga lebih ketika menekan klakson. So cukup dengan modal 5000 perak, masalah ini bisa diatasi.

Rabu, 10 September 2014

Share modif ganti model bumper Innova GT ke GNKI {pgonk}

 gambar 1 - before dan after
 http://otodiy.blogspot.com 

Halo para juragan penghuni KIOC.. saya silent reader dr bandung nih,tp pernah bbrp kali ikt kopdar chapter bandung.. kebetulan saya mau sharing terutama buat om2 yg punya ipah GT dan ada rencana mau ganti bumpernya ke model GNKI,supaya nyari barang2nya ga bingung sama ada gambaran keluar duitnya berapa.. hehehe.. langsung aja ya..

Barang2 yg keliatan mata yang perlu diganti:
1. bumper depan

DIY : How to detailing / membersihkan interior Suzuki Ertiga {exofanboy}

 gambar 1 - amunisi bersih-bersih
 http://otodiy.blogspot.com 

Warna beige klo udah kotor jadi lebih gelap dan seperti kulit berdaki hehehe. Oleh sebab itu klo ada waktu dibersihkan interiornya. Klo tidak mau repot bisa pergi ke salon. Tp klo mau dikerjain sendiri ya bisa saja. Yang diperlukan adalah:
  1. Waktu. Ini yg paling penting, karena bersihin interior bukan hanya cuci karpet n vacuum aja, tp meliputi kain jok, trim2 plastik dan plafon. Paling baik waktunya Sabtu/Minggu.
  2. Tempat. Yang lapang, supaya ketika buka pintu tidak kepentok tembok/tiang. Mau bersih2 malah bencana nanti hehe.
  3. Amunisi. Karena ane bukan salon, amunisinya seadanya dan gak mahal2.

DIY : Tutorial Pemasangan Flip Key Grand Livina {lordbejo}

 gambar 1 - alarm Grand Livina
 http://otodiy.blogspot.com 
Ok berikut review dan mungkin tambahan dari tutorial pemasangan flip key.cuman saya mgkn menambahkan apa yg sudah ada semuanya.dengan model FK yang beda..spesial thanks juga buat om Grafy_augusta ►

Berikut mgkn:
1. Step awal sama dengan yang dah ada

2. awas waktu buka baut,ada bagian PER yang bisa berputar..awas lompat komponennya 

Sharing masalah blower AC Grand Livina yang kemasukan sampah {eltisatya}

 gambar 1 - sampah awal di jalur blower AC
 http://otodiy.blogspot.com 

Nubitol kembali ijin sharing para suhu dan mastah. Minggu kemarin baru praktek "merogoh" saluran blower AC gan. Jadi berawal dari suara berisik di saluran AC ketika blower diidupin. Agak lama sih kejadiannya, tapi baru dapet wangsit kemarin.
Jadi kalau blower idup ada suara kaya benda nyangkut dan ini akan hilang setelah melewati jalan gak rata (logika ane berarti yang nyangkut tadi akan jatuh sehingga ga nyangkut lagi) Tapi lama-kelamaan jadi tambah kenceng. Yang bikin kesel lagi, setiap dibawa ke bengkel selalu pas ga bunyi jadi susah diagnosanya. Suatu ketika ada ditemukan sampah berupa daun kering seperti ini (gambar 1)

Senin, 08 September 2014

Modif penambahan speaker tengah di Datsun Go Plus {Ai1y}

 gambar 1 - Hasil penambahan speaker di pintu tengah Datsun Go Plus
 http://otodiy.blogspot.com 

Pagi agan2/wati...riser ...salam kenal..mau sharing dikit...Kemaren hari Minggu iseng2 ke toko assesories, bermodal keterangan dari agan sblmnya bhw di dlm pintu tengah dah ada dudukan speakernya...lgsung aj saya suruh bongkar pintu boil..dan emang ada dudukan speaker,tnp pikir2 lgsung nambah speaker tengah.(speaker bawaan yg didepan ane pindah ke tengah,yg baru ane taro di dpn)
Tapi harus bolingin panel pintu gan...coz g ad lubang2 ny asli ny. Sekalian ane psng peredam aspal di pintu habis 4 lmbar. Alhasil audio nambah mntab wlpun g pk subwofer, trs suara dari luar berkurang gan.....hening,..Ntar Mnggu dpn mo psng peredam di dasar kabin...biar tmbh hening...

Minggu, 07 September 2014

DIY : membersihkan daun yang terperangkap di bawah wiper dan poles cowl ventolator

 gambar 1 - daun / bunga benalu yang terperangkap di bawah batang wiper
 http://otodiy.blogspot.com 
Karena mobil hampir sehari-hari parkir di luar dan di bawah pohon, maka tiap hari keguguran bunga benalu dan daun. Daun besar mudah diambil, daun / bunga kecil masuk ke sela-sela pangkal wiper sehingga cukup susah mengambilnya. Mobil juga mulai dihinggapi semut jadi newbie putuskan untuk buka dan bersihkan daunnya, daripada kejadian bocor seperti yang direport di sini

Sekalian coba sebar kapur semut dan poles Cowl Ventilator, terinspirasi teman yang posting di group BB. Sebelumnya cuman dioles silicon cenderung bertahan hanya beberapa hari dan akan hilang begitu terkena air karena lapisan siliconnya yang hilang.

Kamis, 04 September 2014

DIY : ganti lampu panel AC Aerio dengan custom LED {basuaji}

 gambar 1 - socket LED, tambah resistor
 http://otodiy.blogspot.com 
Dear kawan,
Ini ane mencoba sendiri ganti bohlam asli dari panel AC dan tombol hazard.
peralatan:

  • Obeng (+) plus
  • Obeng (-) minus
  • LED Superbright / warna putih bening. (usahakan saat beli LED, soket lampu dibawa, agar cocok ukurannya)
  • Resistor 470 ohm, 1/2 watt
  • Tang potong
  • Solder + timah


DIY : Setel nozzle washer windshield alias semprotan kaca depan Agya Ayla {G.I. Joe}

 gambar 1 - problem klasik dialami nozzle windshield washer
 http://otodiy.blogspot.com 
Perkenankan ane untuk men-share satu tips perawatan neng Ayla dan Agya. Sebenernya bisa juga di aplikasikan ke mobil lain karena memang caranya sama.
Windshield washer alias semprotan kaca depan adalah hal yang terlihat kecil dan sepele, apalagi kalau musim kemarau seperti sekarang. Tapi kalau musim hujan peran windshield washer cukup penting untuk keselamatan berkendara. Nah mumpung belum musim hujan, mari kita cek arah semprotan kaca kita apakah sudah benar atau malah mampet gak bisa nyemprot air. 
Windshield washer tidak hanya sekedar menyemprot air saja, perlu diperhatikan arah semprotan nya agar merata diseluruh bidang kaca. Juga agar terhindar dari pelototan atau makian dari biker yang gak sengaja kena semprot air gara-gara arah semprotan windshield wiper nya gak pas hehehehehe
Oke berikut ini langkah langkahnya :

1. Problem klasik yang ditemui pada nozzle windshield washer (gambar 1 dan 2).

DIY : menangani power window auto up Nissan Evalia yang ngadat {cathureko}

 gambar 1 - Nissan Evalia
 http://otodiy.blogspot.com 
Selamat pagi / siang / sore / malem agan agan pengguna Evalia semua, saya Catur pengguna evalia juga , ingin berbagi informasi mengenai power window neng eva yang ngadat. Saya mengalami hal ini setelah mengclaim cat pada beres. setelah proses claim masalah muncul karna power window yang asalnya normal otomatis naik turun , sekarang hanya bisa otomatis turun namun tidak otomatis naik.

Selasa, 02 September 2014

DIY : ganti nozzle wiper Grand Livina dengan New Avanza {Untility}

 gambar 1 - penampakan perbandingan nozzle Innova, New Avanza, Livina
 http://otodiy.blogspot.com 
Iseng2 nyoba ganti washer new avanza

Share tuas sepatu rem Grand Livina penyebab bunyi ceklek ceklek di jalan lubang atau tidak rata {oos777}

gambar 1 - tuas sepatu rem tangan
 http://otodiy.blogspot.com 
Share solving bunyi CEKLEK CEKLEK di jalan lubang atau tidak rata

Ane mau share pengalaman solving bunyi CEKLEK CEKLEK di ANGL HWS CVT 2014 spt bunyi metal beradu di belakang, ane pikir tadinya bunyi muffler beradu dengan frame / body / lainnya.
Jadi ane bawa ke beres saat periodic maintenance 1000km dan tidak bisa hilang suara CEKLEK CEKLEK tsb, lalu ANGL ane pake untuk liburan ke bandung, setelah pulang dari bandung dan mengalami ngga kuat nanjak ekstrem di tanjakan terakhir PUNCLUT karena penumpang overload 7 dewasa 2 anak anak dan bahan bakar full , akhirnya ane datang lagi ke beres depok untuk lapor mengenai ngga kuat nanjak, dan beres menyatakan agar jgn overload jika melewati tanjakan ekstrem, ok ane terima mengenai tanjakan tersebut, lalu ane lapor suara CEKLEK CEKLEK di jalan rusak atau lubang belum hilang juga sampai skrg, akhirnya ane bersama mekanik beres jalan bareng mengitari pesona kayangan untuk test di jalan rusak, ketika lewat jalan rusak di pesona kayangan akhirnya bunyi CEKLEK CEKLEK terdengar matikan AC, buka semua jendela mobil dan jalankan kendaraan 15 km/j - 25 km/j dan terdengar jelas CEKLEK CEKLEK, kendaraan di berhentikan, lalu saya dan mekanik turun sambil cek visual dan memutuskan balik ke beres, sampai di beres ane minta ikut cek inspeksi bareng2, akhirnya mobil di angkat ke atas lalu ane ikutan disitu sambil cari2 bunyi apa, muffler ane goyang pake tangan ke atas bawah kiri kanan dan tidak ada bunyi beradu sama sekali dan aman. akhirnya saya bilang, ada sesuatu sepertinya di roda belakang, feeling aja sih,