Pos

Menampilkan postingan dari April, 2014

Share ganti karet support shockbreaker Daihatsu Taruna dengan KW Avanza dan betulkan kaki-kaki {000welldone}

 gambar 1 - kode  karet support Avanza untuk Daihatsu Taruna

mau ngasi FR abis benerin kaki-kaki :
1. ganti support shockbreaker, pake punya avanza xenia, beli di tangomotor, ntah kw1 bilangnya, harga 150an per biji..


ongkos bongkar pasang @ 75k sepasang jadi 150k di bengkel Ko Hay Surabaya

Share ganti thermistor AC Aerio penyebab kompresor AC tidak jalan {dity168}

 gambar 1 - thermistor AC yang bermasalah

Akhirnya thermistor kiriman dari mbak ningsih sampai juga. Awalnya kompresor AC & extra fan gak berfungsi namun idle up bekerja normal. Setelah di check oleh BERES, thermistor saya divonis rusak. Karena BERES gak punya stock thermister Aerio jadi harus menunggu kiriman dari mbak Ningsih. Penggantian thermistor ternyata gak semudah yang saya kira. Klem pengunci thermistor susah sekali untuk dicabut.

DIY : Pasang dan sharing Air Flow Manipulator Nissan Evalia {saajpc}

 gambar 1 - Air Flow Manipulator
hi om, mau sekedar sharing..
secara prinsip Livina dan Evalia mesinnya sama, lemah di putaran bawah. cuman karena body evalia yang lebih besar gejala tersebut lebih terasa dibanding Livina (temen ane ada pake Evalia XV AT).
Klo di livi ane, saya sudah pake CAI 2.0, Air Filter Ferrox, Volt Stablizer XCS dan Airflow manipulator (AFM)
Tapi perbedaan saat sebelum dan sesudah pasang sangat terasa. Respons di rpm bawah sangat cepat, tenaga sangat padat di semua rentang rpm. hehehe
mungkin bisa membantu para pengguna Evalia di sini karena saya pakai dan sangat puas. Dulu v-power skrg premium sudah cukup, tapi pasti kadang2 isi v-power agar tetap bersih..
Monggo gambarnya

DIY : share pasang remote steer di All New Grand Livina {kokondu}

 gambar 1 - hasil pemasangan remote steer di All New Grand Livina
newbie mau coba share hasil pasang remote steer di ANGL + head unit Pioneer AVH5650BT ahhh, plus bungkus steernya pake kulit mumpung sekalian steernya diturunin.
1. langkah paling pertama, copotin kabel negatif yang nempel dari aki mobil. Antisipasi aja biar airbag ngga ngembang, ataupun sensornya ngga error.

2. di sebelah kiri dan kanan bagian samping steer ANGL ada bolong, nah colok tuh bolong pake obeng minus yang kecil dan panjang. Di sini montir ane pake jari-jari motor yang ujungnya dibikin pipih dan di coak biar lebih gampang. Colok terus aja pake perasaan, ntar ada semacem klip dari besi yang kerasa kalo dicolok-colok. Kalo klipnya udah dicolok, cover klakson otomatis jadi agak naik.

DIY : Pasang Cargo Net SGP untuk Ertiga {siaditia}

 gambar 1 - Cargo Net SGP orisinil
Misi gan, mau berbagi pengalaman DIY Cargo Net Ori. Kalo beli di Beres harganya Rp 175 rebu, pasang di rumah. Kode barang ada di foto, termasuk cargo net, dan baut2nya
Alat yang kudu disiapin:
1. Bor listrik, dengan mata Bor diameter 8 mm
2. Obeng kembang

Share kuras tangki solar innova D4D {gajah_terbang}

 gambar 1 - Nurunin tangki, harus ditahan balok kaku / papan yang tebal 
Sharing kuras tangki D4 D
Ini waktu KM 80.000 dan di usia 3,5 tahun (dulu)
BBM mostly 70% Biosolar + 30% solar lux + racun

DIY : EGR delete atau tutup / block EGR Innova D4D {fredd88}

 gambar 1 - EGR Delete bikin di tukang bubut
just sharing, langsung aja foto2 nya. ini barang bole titip sama agan stong, mantap tebel abiss

DIY : pasang klem selang supaya oli tidak rembes di Innova {kodokninja}


gambar 1 - klem selang terpasang

DIY : Cara Reset ECU Innova {mylaff}

gambar 1 - petunjuk fuse ECU
Setelah membersihkan MAF sensor, dilanjutkan dengan reset ECU.
Buka tutup fuse box di sebelah kanan, belakang aki. Ada petunjuk fuse ECU (tanda panah warna merah) di gambar 1.

DIY : Cara pasang klakson Denso Terompet di Fortuner {IHW}

 gambar 1 - klakson bawaan Fortuner
Agan2 yang udah pesen klakson, sebagian sudah ada yang nyampe dan sebagian lainnya masih on the way. Sebagai info, soket untuk klakson baru ini masuknya 2 kabel sementara yang bawaan fortie adalah 1 kabel, jadi dalam dus sudah dikasih bonus kabel sama temen ane, hasil rayuan karena tadinya dia mau charge tambahan buat kabelnya.

Nah, berhubung ngga plug n play jadi ane kasih step by step pemasangannya yah...
1. Buka kap mesin, trus pasang ganjelannya. Jangan dipegangin terus gan, pegellll...
2. Posisi klakson ada di bagian depan, ada dua kiri kanan bentuknya kaya cakram. (gambar 1)

DIY : Tutorial polish throttle body innova VVT-i {ipah2.0v}

gambar 1 - DIY polish Throttle Body Kijang Innova VVT-i
sore KIOC, ijin share kerjaan ane tadi siang yaitu poles throttle body di ipah vvti. monggo disimak step by step nya :
1. lepas dulu pipa filter udara nya. caranya lepas selang yang ditandai panah merah, lepas baut yg ditandai panah hijau pake kunci 10 dan lepas klem pipa filter yg ditandai panah kuning pake obeng kembang (LIHAT FOTO)

bearing roda depan penyebab bunyi gemuruh Aerio {Yogi Mukti}

 gambar 1 - grease pada bearing roda yang kering
penyebab bunyi gemuruh roda depan aerio. kondisi bearing depan kering tanpa grease. setelah di tambah grese, penyebab gemuruh roda depan akhirnya reda. ini bearing bagian dalam, yg langsung nyentuh bos nap baut roda depan.
bukanya lumayan ribet, soalnya musti coppot semua bagian roda depan. untuk nap baut roda cara bukanya musti diketok.

DIY : ganti grill custom Aerio tanpa melepas bumper {AB3T}

 gambar 1 - obeng yang dibutuhkan
Bermula dari Baca dari Forum ini infonya bisa buka grill depan aerio tanpa perlu copot bumper depan.
Dilihat di sini : http://otodiy.blogspot.com/2010/08/d...lamp-yang.html , di gambar 22 terlihat posisi baut hanya 2 saja.
Akhirnya Kemaren sore coba sendiri untuk ganti Grill depan aerio DX 2002 dengan model variasi Garis. Berikut laporan dan langkah-langkah yang dilakukan :

1. Siapkan Obeng (+) panjang dan Obeng (+) pendek (gambar 1)

DIY : Modif performance innova dengan cincin gerhana v2 {pipitiai}

 gambar 1 - ilustrasi dari samping
Ini modifnya di tutup filter udara.
Sepertinya bisa buat vvti maupun d4d, soalnya cover kedua mesin sama.

Pada tutup filter udara standar, ada tekukan antara lubang yang menghadap filter udara dengan yang mengarah ke mesin. Sepertinya ini menghambat aliran udara, padahal mesin membutuhkan aliran udara yang lancar..
Oleh karena itu, saya bikin CG V.2 yang menghilangkan sudut tersebut sekaligus atur diameter lubang filter udara yang pas buat innova.. Hehe

DIY : membersihkan MAF sensor Toyota Innova {mylaff}

 gambar 1 - MAF Sensor Cleaner
Cara Membersihkan Mass Air Flow ( MAF ) Sensor.
CRC MAF Cleaner beli di ACE, harga 84.500

DIY : kuras tangki bensin toyota innova VVT-i {ipah2.0v}

 gambar 1 - lepas kutub aki biar aman
malem KIOC, sekedar mau share aja nih foto-foto tentang langkah2 kuras tangki bensin buat ipah vvti. sebelumnya mohon maaf yah kalo agak kurang lengkap foto2 nya, karena emang ada beberapa foto yang ilang gan. yuk langsung aja disimak step by step nya :
1. lepas salah satu kutub aki supaya pekerjaan aman. (gambar 1)

Troubleshoot bunyi decit di kanan bawah Grand Livina saat injak gas {nenglivi}

 gambar 1 - baut sambungan knalpot Grand Livina
Quote:Original Posted By dhiiio
permisiiii ane mau nanya, baru sadar dan kedengeran.
kenapa pas nyalain ac di kondisi mesin udah mulai panas ada suara kayak mendecit pas injek gas, kalau di dengerin sih berasal dari kanan bawah .. kira kira sesepuh ada yang tau gak itu kenapa?

itu sambungan knalpotnya kudu di gerinda gan,biar ga bunyi decit lagi bawa aja ke tukang knalpot,klo ane kemaren benerinnya di beres sekalian servis

DIY : wiring DRL Ertiga menyala mengikuti kunci kontak ON {winclon}

 gambar 1 - posisi kabel positif
pasang DRL, supaya listriknya ikut contact On nyambungin kekabel-nya ane ikutin saran sesepuh di grup WA. positifnya sambungin ke kabel hitam strip merah di fusebox di dalem kap mesin (yang ane kasih lingkaran di gambar 1), jangan lupa kasih fuse tambahan. negatif dr drl ke baut body.

DIY : Bongkar gearbox retractable spion Aerio yang macet {Andi DS}

gambar 1 - diagram spion electric dan retractable Aerio
Bongkar spion kiri yang gak bisa retrack, pecah pada roda giginya. Motor normal, cuma roda giginya macet keganjel kawat yang buat nyambung yang pecah itu. Trims kang Aditia Ekalaya kiriman sepionya.

Spion Aerio dalam kondisi normal untuk electric mirrornya, tapi bermasalah dengan retractable electricnya yang macet. Sparepart bisa dibeli satu set, tidak bisa dibeli motor dan gearbox retractablenya. Harga per piece (kiri saja atau kanan saja) sempat tanya ke Sentosa Motor harganya 1.250.000. Akhirnya beli spion copotan / bekas dari om Aditia dan di canibal untuk gearbox set berikut motornya.
No.NumberQtyDescription
1
84701-54G60-ZJ3
1MIRROR ASSY, OUT REAR VIEW RH (BLACK)
284702-54G60-ZJ31MIRROR ASSY, OUT REAR VIEW LH (BLACK)

Berikut step-step nya bongkar gear box retract :

DIY : bongkar / lepas spion Aerio {Andi DS}

 gambar 1 - Buka Cover Spion, tekan ke bawah 

DIY : troubleshoot tuas transmisi Aerio yang tidak bisa pindah gigi {Ulayman}

 gambar 1 - karet yang aus

Jipper...pas lagi asik2nya di jalan...tiba2 mo pindah gigi,,tongkat perseneling loncer...(enteng banged) gigi 1=3 gigi 2=4, gigi mundur=4 alias tuh gigi mo-nya di gigi 3 dan 4 doank...pikiran negatif muncul dari kopling, intermediate, gearbox (siap2 jajan banyak)...alhamdulillah berkat info dari om Dicky AriskaRamdhan Zul dan juragan cata Aditia Ekalaya disuruh cek dalam console, ternyata karet yang menghubungkan perseneling dengan tuas perpindahan gigi sobek...(tanda panah) walhasil untuk sementara...diakalin pakai plat + kabel ties biar ga lepas dari dudukan perseneling...moga-moga awet lah...karena kemaren dah dicari-cari karet it di toko spepart ga ada yang sediain...mungkn kalo yang laen punya info...tolong bisikin di mana beli karet it...
Laporan selesai...makasih wAt suhu2 atas bantuanya...aic...we drive differently.....

DIY : Membetulkan pintu bagasi Aerio yang nge-lock tidak dapat dibuka {Hera Enoong}

 gambar 1 - door lock pintu bagasi Aerio

Pintu bagasi Aerio nge-lock tidak bisa dibuka, gara-gara nutup terlalu kencang. Dibuka pake kunci secaa manual juga tidak bisa. Ternyata si bei pengait (gambar 1 - besi vertikal) ke handle pintu nge-lock, pas dicoba sama istri dibuka dari luar, si besinya gak gerak (gambar 1 - besi vertikal). Setelah besi itu ditarik paksa dengan tang ke atas, pintu bagasi bisa terbuka.

DIY : LED kolong kabin Ertiga dan pengkabelannya {Rachovich}

 gambar 1 - Lampu kolong Kabin menyala

pake LED strip aja, 90 rebuan 5 meter, pake yang 3528...
masangnya masang sendiri aja, bisa nyatut listrik dari kotak jalur sekering tanpa perlu motong/nyodet kabel. ntar kalo ada request ane share cara pasangnya...

DIY : merapikan argo / jam digital multi fungsi di laci single din {zafor}

 gambar 1 - hasil akhir
sedikit diy pasang argo di dalam laci single din, sekaligus mengindari upgrade HU hehehe
step-step-nya:
1. lepas cover depan (liat halaman depan)
2. lepas dudukan HU, cuma ada 4 baut, gampang kok, pasti keliatan
3. sambung kabel power dengan yg ke lighter
4. tarik kabel sensor ke luar kabin, disini ane taroh di deket spion kiri

berikut penampakannya

DIY : solve problem indikator Airbag yang berkedip / blinking di Grand Livina {thephenomenon}

video 1 - How to Reset airbag on nissan infinity 
Ada yg pernah problem indikator airbag blinking terus ngga yah?

Setelah ngubek2 kesana kemari ini solusinya:

Report ganti bearing roda depan dan belakang Grand Livina dengan orisinil {112Ben}

 gambar 1 - kardus
Kelanjutan dari post ini, dan reply dari post ini.
wahh.. ane baru ganti jg gan kemaren.. tp pake ORI.. ga tauk jg sih ini ori beneran apa bukan..
gantinya di Jaksel.. di Sunda Motor.. total 1.050.000.. depan kiri ama kanan blakang..

berikut reportnya :

Ganti bearing roda Grand Livina di Jasmin MGK {darksides}

 gambar 1 - bongkar
Permios KLiKers.. Numpang liwat sekalian Iseng - iseng mau ngeshare sabtu kemarin abis ganti bearing roda depan di Jasmin MGK. (km mobil 90rb ++)

Berawal dari munculnya suara dengung pada waktu jalan diatas 50km/h yang sangat-sangat mengganggu sampai ga bisa menikmati audio, akhirmya ane bawa juga si GL ke Jasmin.

Diagnosanya pun gampang, cuma dicek apakah ada getaran tidak normal pada shockbreaker, dan punya ane divonis bearing kirinya yang rusak.

Ganti karet pelipit kaca / wheatherstrip Aerio yang usang dengan SGP orisinil {Adso Tea}

 gambar 1 - proses pasang
Minggu Pagi ganti pelipit kaca biar keren lagi...Di ganti karena udah usang,nyelip,ada yang ilang trus kalo pas nyuci air ma kotoran bablas semua kedalam pintu...dapat di sentosa motor..Ori punya.
Harga satunya 215rb..ganti semuanya (4),lumayan 860rb..dipasangnya di bengkel accesoris, Ongkos pasang 30rb semuanya..20 menit beres....Padahal kalo ganti sendiri gampang Om..

DIY : Perhatikan mulut tangki bensin Grand Livina-mu {ezluvty}

 gambar 1 - contoh mulut tangki bensin yang berkarat milik agan FamToys
Mau ngasih sedikit solusi buat KLiKers yang lupa bersihkan bibir tanki, jangan sampai karatan dan sampai bolong, segera bersihkan.
Alat yang digunakan,
1. Obeng +
2. Kain Lap
3. Brasso
4. Compound
5. Wax
6. Kursi (buat duduk )

Review Air Filter Ferrox di Honda Mobilio dibandingkan hasil pembacaan OBD2 reader {papa3r}

 gambar 1 - filter udara standard terpasang
Kemaren ane ganti filter udara standart pake yg dari GB_an Om Dora....

DIY : Inner tail lamp project / lampu di tutup bagasi Mobilio

gambar 1 - result
Kemaren lusa kelar ngoprek buat ngidupin lampu belakang bagian bagasi...

Troubleshoot bunyi glutuk-glutuk saat melewati jalan rusak kecil

 gambar 1 - Kecurigaan karet support shock penyebab bunyi
Aerio ada bunyi glutuk-glutuk di jalan kerikil atau jalan rusak kecil, pokoknya yang memaksa telapak ban terhentak, jalan pelan sekitar 30 - 40 kpj. tadi cek ke tukang kaki-kaki gak ada masalah katanya.
Sayap (arm - balljoint - bushing arm) sudah ganti dengan KW 600rb / pcs ganti kanan dan kiri, shockbreaker sudah ganti dengan KYB Excel G dan stabilizer ganti sekitar 5 bulan lalu, karet link stabilizer juga sudah ganti. Tie rod belum ganti memang.
Kemarin siang udah ke bengkel kaki-kaki, katanya no problem udah cek semua baut-baut. Cuman belum cek karet support dan rangkaian Power Steering.

Share ganti kompresor AC Grand Livina {112Ben}

 gambar 1 - Kompresor AC Calsonic

report.. ganti kompressor AC Calsonic di GL 2007..
Jadi ceritanya gini gan.. itu GL dipake ama nyokap.. tauk2 tengah jalan mati pas pake AC.. ternyata kompressornya macet.. kalo dinyalain langsung mati mesinnya.. alhasil mesti ganti kompressor..

nah.. pertama gw datengin bengkel umum.. mintanya buat kompressornya 3.8 jutaa.. tanpa garansi.. aka. hanya garansi personal 2 minggu.. waduhh.. mundurr deh.. next tanya beres Nissan BSD.. di telp.. kaga di angkat berkali2.. bete.. mw telp nissan Puri.. tp gak ada nomernya di "booklet" nissan pas beli.. adanya Bonjer.. ya udah deh gw telp bonjer.. ehh.. harganya plg murah.. 2.987jt.. abis itu bokap samperin deh beres BSD.. mintanya 3.5jt.. wakss.. ya udah lgsg telp ke Bonjer.. di jadiin/pesen/indent.. belinya sabtu.. eksekusinya kamis.. potong waktu kirim, hari libur, dll.. berikut laporannya..

DIY : Tutorial step by step melepas Head Unit standard Ayla Agya {G.I. Joe}

 gambar 1 - Head Unit Ayla dan Agya

Allow agan-agan semua, sesuai dengan janji kembali saya buatkan Serial Tutorial DIY Capeknya 5x Tapi Puasnya Grreeennggg hehehehehe
Kali ini tutorial foto DIY Copot Head Unit Standar pada Ayla dan Agya.

Ganti tutup radiator yang rusak penyebab meluapnya coolant dari reservoir {Azka}

gambar 1 - tutup radiator yang robek karetnya
Mau tanya om,klo air radiator tumpah tapi keluarnya dari selang tabung air cadangan itu kenapa yah om? trus klo over head itu gejala dan tanda2 nya apa ya?
Punya saya gak pernah mesin mati dan indikator lampunya gak nyala om,memang gak pernah perjalanan jauh dan sebelum jalan juga pasti saya cek air nya om,entar coba saya cek di beres aja klo gitu om. . .
Sepertinya tutup radiatornya ya om,karetnya udah pecah pecah ini kondisinya om

DIY : buka bumper Honda Mobilio dan pasang jaring honeycomb {diy.carport}

 gambar 1 - Honeycomb terpasang di grill bawah bumper depan Mobilio
Tadi sore bantuin Oom crayonyes pasang honeycomb mesh di lower grill Lio. Jujur baru pertama kalinya nih bongkar bumper Lio.

  1. Copot 4 klip di bawah kap. Yg dicopot adalah klip yg dekat dengan mesin, bukan yg dekat dengan grill.
  2. Copot 8 klip di bumper bagian bawah.
  3. Copot 2 baut di bumper bagian bawah pakai obeng plus.
  4. Copot baut-baut di fender, masing2 2 di.kiri dan 2 di kanan, pakai obeng plus.
  5. Copot 2 baut yg ketutup sama plat nomor, pakai kunci heksa
  6. Dengan perlahan, tarik bagian samping bumper keluar. Kalau mau rapi dan ga patah klip bumpernya bisa dibantu congkel dengan obeng minus kecil. Well, tadi sih ga ada yg copot.
  7. Tarik ke depan bumpernya.

Pasang honeycomb mesh nya pake cable ties. It looks really OEM... ehehehe...

Share : harap lebih teliti saat menerima mobil baru {awi882014}

 gambar 1 - tidak presisi
teman2 harap lebih teliti saat menerima mobil baru.
teman2 KLIK kembali ke masalah ANGL yg saya terima dalam keaadan baut rusak di sekitar panel body sebelah kiri, dan panel body sebelah kanan yg tidak presisi, sesudah diinvestigasi okeh pihak NISSAN ternyata memang kemungkinan ini mobil pernah terserempet saat pengantaran dan berusaha diperbaiki or diganti. saat ini masalah ini sedang heboh di Nissan Motor Indonesia karena lolosnya QC. sebenarnya foto2 nya akan sy posting di KLIK, tp sy baru tau ternyata posting pic di kaskus tidak bisa besar file nya.


belajar dari kesalahan saya, harap teman2 yang menerima mobil baru harus lebih teliti dalam memeriksa mobil baru saat pengantaran ke rumah. pemeriksaan baiknya tidak hanya kepada body yang lecet atau tergores, melainkan juga kepada baut2 yang mengunci antara body dan rangka moil. baut yang benar adalah tidak ada boleh bekas bongkaran apapun alasannya.

DIY : Step by Step Ganti Speaker Ayla di doortrim {G.I. Joe}

 gambar 1 - Ganti speaker Ayla type X
Serial DIY ( capek 5x lipat tapi puasnya ggrrreeeennggg )
Kali ini menampilkan DIY ganti speaker depan neng Ayla. Beberapa teman disini menanyakan speaker ukuran berapa yang cocok untuk neng Ayla. Beberapa juga menanyakan apakah speaker aftermarket ada yang langsung plug and play ( tanpa menambah lubang atau mengebor lubang baru ). Nah kebetulan merek favorit saya adalah Sony dan saya jadinya beli speaker coaxial Sony XS-GTF1627 dan ternyata langsung plek lubang sekrup nya gak pake modif modifan lagi. Dan bonus nya ternyata tebal speaker nya juga oke gak mentok ke kaca jendela saat di turunkan jadi gak perlu ganjel ganjel kayu lagi.

Berikut ini DIY step by step nya :
Untuk membuka doortrim lihat tutorial sebelumnya ya.

DIY : Tutorial Step by Step Buka Doortrim Ayla {G.I. Joe}

 gambar 1 - DIY buka doortrim Ayla tipe X
Buat agan-agan sekalian yang hobby DIY kutak katik mobil...... ( karena puas nya lebih greeennnggg kalo hasil kerjaan sendiri walaupun capek nya 5x lipat hehehehehe )
Berikut ini step by step foto tutorial DIY buka Doortrim yang dipraktekan pada neng Ayla tipe X.

Selamat mencoba :

Share DIY ganti pompa Power Steering Aerio dengan orisinil APV {Yogi Mukti}

 gambar 1 - pompa power steering APV terpasang di Aerio
misi om,tante,abang dll...

report pergantian pompa power stering oero pake pompa PS suzuki APV...atas saran om singachu.... makasih infonya om.
pompa PS apv ori sgp1,3jt diskon jadi 1jt
kebetulan bongkar pasang sendiri jd ga ngaluarin biaya, cuma kopi,rokok.
lubang pangkon buat dudukan PS dikikir dikit. alhasil pompa PS terpasang dengan sempurna. waktu bongkar pasang ga sempet foto...

DIY : merubah Rear Foglamp Ertiga menjadi 2 mode lampu senja dan rem {tenonenonet}

 gambar 1 - sekrup pada rear Foglamp
Kita semua tau bahwa rear foglamp (RFL) SGP cuma ada satu mode. Kita sering bingung juga mau dipasang ngikutin lampu senja atau lampu rem. Kalo dilihat dari besar watt nya (21 watt), bohlam RFL ini lebih cocok buat lampu rem. Soalnya kalo kita pasang ngikutin lampu senja bakal ngalirin arus yang cukup besar secara terus meneus saat lampu senja dinyalakan. Tapi kalo dipasang ngikutin lampu rem, agak kurang menarik dan kurang fungsional. Nah dari latar belakang masalah itu ane nyoba buat sedikit melakukan modifikasi supaya RFL bisa dijadiin 2 mode, baik lampu senja maupun lampu rem..

Tutorial pembuatan sill plate custom DIY untuk Ayla 05072013}

 gambar 1 - sketsa dan ukuran
buat om yang PM tanya sill plate DIYjangan kaget yah om, gua pake apa sill platenya
bahan"

  • double tape 3M
  • terpal talang air rumah (susah cari karet motif polos, gua pikir pake terpal talang air yg sudah teruji kehandalan hujan panas bisa di pake nih,hahahha alesan orang ga ada duit )
  • gunting & cutter
  • penggaris & meteran

mulai pengerjaan

  • potong terpal sesuai gambar dengan cutter & rapikan sudut dengan gunting
  • sesuaikan denga bodi mobil, gunting sedikit biar bisa mengikuti kontur lis bodi mobil
  • lapisi dengan double tape di seluruh permukaan sill plate DIY yang akan di tempelkan (sebelumnya cuci bersih & keringkan agar double tape menempel sempurna)
  • bersihkan permukaan bodi mobil yang akan di pasang sill plate (usahakan sebersih mungkin dari bahan" minyak)
  • pasang sill plate DIY

Tutorial pemasangan mudguard universal di Ayla {05072013}

 gambar 1 - mudguard universal
emm..kebetulan pas pasang marin trial" aja om jadi ga sempat fotoin pas pemasangan, jadinya sorry klo hanya bisa bantuin foto close up pas kondisi terpasang aja yah
siapkan mudguard universal 2 set (+- 65ribu/set) - gambar 1

peralatan
  • gunting / cutter / pisau
  • obeng +
  • dongkrak + kunci roda
  • paku tajem (+- dia 4mm)

DIY : menampilkan dan menghapus kode error DTC yang tersimpan di TCM Next G

 gambar 1 - DTC yang tersimpan di TCM
Dari proses sebelumnya, didapati ada error code yang tersimpan di TCM, ga jelas juga sejak kapan ini muncul, mungkin hanya sisa error yang tersimpan saat terjadi sebelum newbie memakai Next G matic ini. Well pastinya ga tau. Taunya juga pas proses learning initialize.
Sekarang kita bahas bagaimana menampilkan, arti code nya apa dan bagaimana menghapus error tersebut.

DIY : Learning initialization transmisi matic Next G untuk menghilangkan jeduk perpindahan gigi

 gambar 1 - Gear shifting diagram
Dari awal pemakaian transmisi matic pada Next G, newbie masih terbiasa dengan memainkan tuas transmisi, terutama mematikan Overdrive (lampu O/D off menyala). Di saat itu tidak pernah mengalami keluhan "jeduk" di transmisi matic. Shock saat perpindahan gigi matic ini banyak diceritakan oleh teman-teman, karena penasaran pingin tau bagaimana "reproduce" gejala tersebut. Setelah mendapat cerita tersebut newbie coba di matic Next G dan ternyata mengalami gejala yang sama yaitu perpindahan gigi yang kasar sampai terasa ada gear yang beradu.... dek.... kira-kira seperti itu yang dirasakan.
Bahkan percobaan reproduce gejala tersebut bisa dikatakan pasti terjadi apabila kondisinya terpenuhi, yaitu : tuas transmisi di D dengan Over Drive (lampu O/D off di speedometer mati), mobil berjalan di kecepatan di atas 60 kpj, kemudian gas dilepas dan speed turun ke sekitar 30an kpj dan pedal gas diinjak lagi. Saat inilah kerasa jeduk perpindahan giginya.

DIY : tambah relay untuk klakson keong hella agar suara menjadi lantang

 gambar 1 - sambungan asal tombol klakson langsung ke klakson keong
Dari pemasangan klakson keong yang sudah sangat lama, newbie mendapati suara ada kalanya kurang lantang dan kadang terdengar sumbang karena hanya salah satu dari sepasang klakson yang berbunyi. Meskipun pada aerio sudah terdapat relay klakson tapi anehnya masih aja kurang sip, sempat connector newbie perbaiki supaya lebih rapet dan baik tapi terkadang masih timbul suara kurang lantang terutama bila tombol klakson dipencet jari jempol dengan perlahan.
Akhirnya putuskan untuk coba pasang relay 4 kaki.

Pertama-tama newbie tarik kabel koneksi dari klakson menuju kabel yang pernah newbie buat. Nampak di gambar 1 kondisi sambungan sudah dilepas. Awalnya A1 connect dengan A2 dan B1 connect dengan B2.

DIY : membuat busi side gap

 gambar 1 - ground electrode menutupi center electrode
Dari hasil percobaan side gap sebelumnya menggunakan busi bekas, didapati throttle response aerio menjadi lebih baik. Akhirnya diputuskan untuk membuat lagi busi Side gap dari busi NGK BKR6E-11 yang baru. Busi ini akhirnya dipakai di tune up akhir Maret lalu. Kali ini memposting proses pembuatannya kebetulan baru mindahin fotonya dari camera digital. 

Secara konsep side gap ini diyakini dengan mengekspose center electroda biar ga terhalang oleh ground electroda, maka penyebaran pembakaran tidak terhalang, yang sebelumnya rambatan api kira-kira berbentuk donut karena menyamping, sekarang menyerupai setengah bola karena juga ke atas (atau ke bawah kalau di busi hadap bawah). Kelemahannya dikatakan gap busi cepat renggang akibat tingkat keausan busi meningkat karena pembakaran fokus ke titik yang lebih kecil dibanding sebelum dipotong.

DIY : Sambungan Selang AC Ayla Agya pakai Pipa Aluminium 10mm {G.I. Joe}

gambar 1 - pipa bahan

Sharing sedikit gan. Baca-baca page sebelumnya ada beberapa agan yang menyambung selang pembuangan air AC menggunakan selang plastik / karet (baca sini dan sini). Beberapa agan menanyakan mengenai ketahanan selang plastik atau karet tersebut karena pasti akan terpapar pada suhu panas mesin, apalagi kalau dipakai keluar kota dengan durasi perjalanan lama, dikuatirkan meleleh. Hal ini juga sempat terlintas di benak saya, kuatir kalau pakai selang biasa nanti kena panas bisa getas dan pecah pecah selang nya.
Kemudia terlintas ide untuk menggunakan pipa aluminium untuk menyambung selang pembuangan AC tersebut.

Alasan penggunaan pipa aluminium 10mm :

  1. Murah dan banyak tersedia di toko aluminium. Saya beli ngecer yang bekas potongan dapet panjang 210cm di kasih harga 10 ribu perak aja sama engko yang jual hehehehehe Kalo beli sebatang belom potongan panjangnya 6 meter.
  2. Aluminium adalah logam sehingga pasti lebih tahan panas dan lebih awet dibandingkan selang plastik / selang karet.
  3. Aluminium tahan korosi alias anti karatan.
  4. Aluminium cukup lunak bisa ditekuk tekuk sesuai keinginan kita.
  5. Diameter 10mm cukup pas, karena saat saya ukur dengan sigmat ternyata diameter dalam lubang selang AC adalah sekitar 9 mm.

DIY : buka door trim Ayla dan ganti speaker depan dengan 6 inch {rafiz}

 gambar 1 - speaker pengganti
Saya barusan tadi siang ganti speaker depan dengan merk lain gan, bawaan speaker ayla kecil banget, cuman 4" saya ganti dengan ukuran 6", tapi kelihatannya kurang besar, mungkin lebih pas kalo pake ukuran 6,5" gan. akhirnya saya bikinkan dudukan dari kayu parikel. Berikut penampakannya gan.

Speaker pengganti tipe coaxial merk Bos*on, harnya cuman 150.000, lumayan dari pada bawaannya (gambar 1).

pasang universal mudguard sedan di ayla dan custom seal plate {05072013}

 gambar 1 - mudguard universal terpasang di ayla
universal mudguard/mud flaps. gua beli di toko variasi daerah kedungdoro surabaya (nama toko anehnya gua ga pernah ngapalin nama tokonya nih ), dapet 1set (isi 2) harga 65ribu, jadi total 130ribu om, pasangnya mayan mudah, maksimal ngelepas roda aja, paling hanya potong" & lubangin karet mudguad buat ngepasin ama body agya ayla nya