Postingan

Menampilkan postingan dari Maret, 2014

DIY : ganti oli transmisi manual Aerio, ganti filter oli mesin dan oli mesin Aerio

 gambar 1 - lubang kuras oli transmisi manual
Abis tune up kemarin, dilanjutkan ganti semua oli baik transmisi maupun mesin, termasuk ganti filter olinya. Dulu pernah bikin tutorialnya sih di sini, buat lagi deh. Yang perlu diperhatikan juga adalah mesin dijalankan dulu dan dibawa jalan-jalan, sehingga semua oli tersirkulasi, harapannya dengan tersirkulasinya oli maka endapan-endapan kotoran dapat tercampur oli sehingga saat oli dibuang akan turut terbuang. Cuman memang kudu hati-hati dengan oli panas.

Untuk menguras Oli transmisi manual Aerio, harus memakai pangkal kunci sok yang bentuknya kotak 5/8". Tinggal ngolong dan putar bautnya yang ada di sisi kiri transmisi (gambar 1)

DIY : bersihkan injector dengan ultrasonic, usir kerak karbon di ruang bakar dan intake valve

 gambar 1 - injector direndam bensin dan di-ultrasonic cleaning
Aerio udah jalan sekitar 9000 / 9 bulanan-an dari tune up dan ganti oli mesin terakhir, Odometer udah 105402 km. Mau tune up mumpung libur, kepikir sekalian aja nyobain mesin ultrasonic buat bersihkan injector. Kali ini ga foto-foto cara bukanya, udah pernah newbie bikin di sini.

DIY : modifikasi kunci filter oli adjustable untuk filter oli 63 mm

 gambar 1 - kunci filter oli - auto adjust
Dulu banget sempat beli kunci filter oli yang auto adjustable untuk besarnya. Merk Jason, harga seingatku di kisaran 50rb-an, lupa pastinya. Sayangnya ukuran terkecilnya masih terlalu besar untuk filter oli Aerio / Next G yang diameternya sekitar 63 mm. Akhirnya kunci filter oli ini tidak terpakai dan terpaksa beli kunci filter oli model belt. Kelemahan dari model belt adalah stang kuncinya harus di posisi sejajar dengan filternya agar bisa memutar filter oli yang mau dipasang/dilepas. Sedangkan bila menggunakan kunci oli adjustable ini, bisa ditambahkan ekstensi kunci sok dan memutarnya di bawah mobil yang lebih longgar, jadinya kunci bisa diputar lebih leluasa tidak mentok sana-sini.

Report ganti header 4-2-1 design by Aerio Indonesia Club {Arif Khoirudin}

 gambar 1 - Header 421 + Packing + Cover
Pesanan header AIC Jakarta sudah sampai di Gresik. Harga khusus member AIC 1.250 jt include packing dan cover header, ditambah ongkos kirim 100rb. Kamis kirim, selasa siang sampai gresik pakai Dakota Cargo.

DIY : ganti kaki-kaki, ganti Bushing Arm dengan Poly Urathane {Aditia Ekalaya}

 gambar 1 - kaki-kaki kiri dilepas
Keluhan Di chasis bunyi glotok2, Ama kalo kena lubang, mobil kaya mo nyelonong. Arm kiri (gambar 1) ternyata masih bagus... Sekarang masih bongkar... Prediksi sementara : tierod kena.

DIY : Pindahkan kunci Grand Livina ke Flip Key {zafor}

 gambar 1 - bahan-bahan dan alat
sedikit share untuk agan yang ada problem pasang flipkey (FK) berdasar pengalaman ane kemaren, siapin obeng (+) kecil, dan dobel tape (optional) 

buka kunci alarm, bisa dicukit pakai kuku atau cukitan lepas casing, anak kunci FK juga dilepas supaya memudahkan proses duplikat

DIY : Install pedal Set Mugen di Mobilio {papa3r}

 gambar 1 - selesai pemasangan
Happy day....
Just finished install my sporty pedal Set to day......

Perbaikan kaki-kaki Aerio {susanto AIC-250}

 gambar 1 - setelah perbaikan
keluhan yaitu bunyi pada saat ketemu jalan gelombang, agak kasar bunyinya dan kalo masuk lubang kecil lebih kasar lagi seperti tidak ada peredamnya.
part yang disiapkan adalah :
2 Bearing Shockbreaker @70rb = 140rb
4 karet tatakan bawah @25rb = 100rb
2 karet tatakan per atas belakang @50rb = 100rb
2 support shockbreaker depan @200rb = 400rb
2 support shockbreaker belakang @250rb = 500rb
2 karet tatakan per atas depan @60rb = 120rb
Total 1.360.000

daftar belanja, bisa dibalikin kalo gak dipake, sudah janji dulu sama bosnya heheh

DIY : pasang door seal karet balon pintu Honda Mobilio {papa3r}

gambar 1 - Karet balon
PASANG DOOR SEAL BALOON BAGIAN DALAM
Ane hari ini pasang juga, tapi mengunakan door seal baloon meteran.....kata tokonya seperti yg di gunakan di T*mor, Turokno dan *nova.....
harga per meter cuma 30K...tadi abis +- 6 meteran, total gak abis 200K
hasilnya terasa lebih kedap....

nutup pintu yang biasanya ringan dan bunyi GREAP!!!...jadi agak berat/antep daan berbunyi GLEGBBB!!!......

Komparasi Performance Kaca Film ala pengguna Ertiga kaskus S3RIOUS {dwdamarjati}

 gambar 1 - Infrared thermometer untuk pengukuran temperatur
Mumpung lagi pada ngumpul, pada sabtu kemarin bersamaan dengan pemasangan jaring, maka ane berkesempatan melakukan test performance dari KF.
Selama ini kita sebagai customer hanya disuguhi spesifikasi penjual, dan testimony dari rekan2, temen saudara pacar dll.
Ada yang bilang merek A adem, yg laen bilang panas. Karena panas atau dinginnya juga relative dan subjective tergantung dari perasaan si pemakai, dan merek & tipe mobil yang dipasang KF juga pasti berpengaruh. Papanjah yang dipasag KF Pikul belom tentu lebih adem dari Alpart yg pake KF abal2.

Oleh karena itu ane mo nyoba ngukur performance dari KF yang dipasang di mobil kesayangan kita bersama yaitu ERTIGA (mengERTI keluarGA)….. Yg ane compare adalah KF pada kaca depan, karena konon kaca depan adalah penyumbang panas terbesar.

Total ada 6 mobil dengan merk & tipe KF yang berbeda2.
Berikut adalah kontestannya :
Masterpiece Renzumint 45
3M Crystalline CR40
Masterpiece Ice Yuki 35
Perfection New Nickel 40
KF abal2 (ngakunya SG VIP)
3M BlackBeauty

DIY : buka door trim pintu belakang Ertiga dan tips menghilangkan bunyi di pintu {exofanboy}

 gambar 1 - door trim pintu belakang
Permisi sama mimin dan agan2 sekalian, ijin mau share tips membongkar doortrim belakang yaa. Berawal dari rasa kesal dg bunyi2an yg mengusik ketenangan dan kenyamanan berkendara, ane jd terdorong utk bongkar doortrim pintu belakang ini. Udah tiga kali dibawa ke Beres dan bilang kalo bunyi2 pintunya, bukan axle-beamnya, selalu mekaniknya kira ane mo komplain masalah axle-beam. Klo axle-beam kan bunyinya kaya besi beradu, nah ini bunyinya hanya tektektoktek, terdengar di balik pintu. Alhasil pulang gak diapa2in mobilnya, dan tetep bunyi. Mengganggu sekali terutama kalo lagi di jalan konblok/paving. Yaudah deh kerjain sendiri wong masih punya tangan ini hehe

Ternyata analisa ane tepat bunyi tektektoktek sumbernya dari kabel kelistrikan central lock yang ketika bergoyang mentok ke plat body bagian dalam. Ane akalin pake double tip tebal supaya ada ganjelannya dan selalu nempel. Hilang deh bunyinya, senyap. oya, ini merupakan kali kedua ane membongkar doortrim pintu belakang, sebelumnya pernah bongkar utk ngebenerin posisi clip holder doortrim yg jatuh, bikin bunyi2 juga. Haduh emang....

review ganti downpipe Agya TRD Matic {kyupe}

 gambar 1 - persiapan
ijin share agan-agan sekalian
pemakai agya TRD matic 2013 generasi pertama
poto mobil nyusul yah, belum dicuci masih jorok

sekarang mau share racun upgrade power engine dari agan raja_kerbau

review pemakaian busi iridium BKR6EIX-11 dan Autolite 985 di Aerio {Niladyo}

 gambar 1 - Perbedaan panjang Autolite 985 (kanan) vs NGK Iridium BKR6EIX-11 (kiri)
Review Reset ECU dan ganti busi Iridium NGK BKR6EIX-11.

Setelah reset ECU/ECM yg kedua kalinya, pertama, sekedar bersihkan filter udara, tanpa sentuh apapun, hasilnya memang smooth idle, cabut fuse EPI/EFI, selama kurang lebih dari 3 jam, amplas halus, pasang lagi. Belum clean up TB, gejala bbm boros, belum terasa perubahan berarti juga.

Reset ECU ke 2, selang 2 hari saking penasaran kadang idle masih susah turun, dan fuel cut, rpm masih terasa hunting, kadang 5 bar di kecepatan 16 kpj gigi 2. Saat itu sudah niatan utk clean up TB, dan berhasil diturunkan, bersih2, semprot pelunak carbon Nulon. Pasang lagi Autolite 985 yg umur pakai 9 bln, tp lupa catat km tempuh. Sembari menunggu engine kembali "normal", ECM pada tahap proses learning curve, mempelajari kebiasaan mengemudi.

share tune up Aerio di Hengky Motor {Wahyu Widarta}

 gambar 1 - di Hengky Motor
Jasa tune up : 200rb include engine scanner
1/2 Kaleng GZOC : 75rb
Didiskon untuk AIC Surabaya total menjadi 245rb

DIY : pasang selang pembuangan AC di ayla / agya agar tidak menimbulkan karat {rafiz}

 gambar 1 - penampakan sambungan selang
Baru pagi ini keturutan pasang sambungan selang ac.
Pake selang bangunan ukuran 5/8", ukuran pas, tapi takut melorot, jadi ane iket dengan tali plastik.

DIY : buka door trim Agya Ayla {YDF}

 gambar 1 - bongkar
Pekerjaan masih Progress maklum banyak urusan

Share claim intermediate shaft setir Mazda M2 yang bunyi-bunyi

gambar 1 - intermediate shaft bekas

Selamat malam bro/sis, salam zoom zoom,

Saya pengguna Mazda 2 HB S A/T black mica dari November 2011.

Sejujurnya saya sudah lama gak main ke forum ini, namun baca-baca dari awal sampe akhir, saya ingin melakukan sharing sedikit mengenai isu-isu mazda 2 teman-teman disini:

1. @walla dan ziraveIsu mengenai bunyi duk-duk/buk-buk ketika mazda 2 anda di belokan ke kiri maupun ke kanan (baik sambil maju maupun >mundur)-- kalau tidak salah yg dialami oleh bro zirave di posting halaman 83
- Sebelum saya sharing mengenai hal ini, saya pernah mengalami hal ini sampai bulak balik servis 3x ke BERES mazda, dan saat ini bunyi tersebut sudah sembuh
Penyebab bunyi tersebut: intermediate shaft (gambar 1)


DIY : copot knob Air Condition Mazda M2, modif ganti model {the_sixth_sense}

 gambar 1 - kondisi awal model knob orisinil Mazda M2
peralatan:
  • obeng minus
  • tissue atau kain katun
1. Kondisi awal seperti terilhat di gambar 1

DIY : pasang filter kabin / filter AC Honda Mobilio {amenxkaskus}

 gambar 1 - buka laci, tarik kaitnya
yang mau pasang filter Ac gak sampai 5 menit, hari ini datang filter ac... pasang aja sendiri man..... bener gak sampai 5 ternyata...

  1. siapin filter beli di fjb om...
  2. buka laci .. tekan salah satu kait penahan tarik mundur ... begitu juga salah satunya
  3. tarik konsol engsel bawah agar terlepas ..keduanya.
  4. beri alur di area persegi tempat ac denga curter berulang sampai tembus...( sisi atas dan samping aja ya ( bawah biar fungsi engsel tar)
  5. cukit sisi atas dengan obeng atau cuter sampai ke buka
  6. masukan fiter.... tutup kembali... beres dah


Porting and Polish Agya Ayla for performance {raja_kerbau}

 gambar 1 - Cylinder Head baru......langsung kami process.
Update...buat yang merasa kurang tenaga
saat ini kami sedang progress PnP (port polish) cylinder head Agya di kilometer 3xxx :
Berikut penampakanya :

DIY : Switch CAI v2.0 di Grand Livina {saajpc}

 gambar 1 - bahan-bahan
Sebelum memulai, ane punya masalah dengan penempatan switch CAI 2.0. Setelah ditempel, ternyata switch tersebut suka begeser, sehingga perlu injakan gas agak dalam untuk mengaktifkan switch tersebut......

Ternyata..... I'm not the only one.. Ternyata ada beberapa rekan di sini yang punya masalah ini. Setelah ane sedikit curhat dengan Om Rio dan om Yusuf, ternyata mereka punya posisi switch yang pas... semakin galau karena ane nggk dapet2 posisi switch.

Dan muncul ide dari om Suud..
Konsepnya adalah suapaya switch di setting di NC (Normally Closed)
Jadi saat pedal gas tidak diinjek, dia akan menekan switch. Saat switch ini ditekan, maka solenoid akan nonaktif. Saat pedal gas diinjek, switch akan lepas namun akan mengaktifkan solenoid valve.
Teorinya, akan hanya memerlukan injakan pedal gas yang sangat sedikit untuk melepas switch dan mengaktifkan solenoid.

DIY : troubleshoot dan bersihkan rotor power window yang macet

 gambar 1 - biang kerok penyebab macetnya power window

Sejak penambahan relay untuk power window Aerio di 2 Feb 2014, newbie tidak mengalami kendala lagi soal macetnya power window sisi supir. Tapi ternyata di 14 Mar 2014 malam hari tiba-tiba kaca tidak bisa dibuka lagi. Di sela-sela kesibukan coba test cepat-cepat di tanggal 15 Mar 2014, yang ditest pertama kali adalah relay karena itu modifikasi terakhir. Hasilnya relay berjalan baik saat tombol power window ditekan, coba tarik kabel langsung dari aki menuju motor Power Window, tidak ada respon. Curiga dari motornya. Minggu 16 Maret di sore hari baru sempat ngecek lagi, kali ini langsung test rotor power windownya, karena dulu di tahun 2010 pernah bermasalah di sana. Hasilnya langsung terlihat di gambar 1, kotor hitam dan sepertinya ini biang keroknya, listrik tidak mengalir ke rotor motor power window.

DIY : Ganti klakson Mobilio dengan horn keong {papa3r}

 gambar 1 - remove socket dengan bor
Ane ganti horn mobilio yg cempreng pake klakson keong Hella hitam 110db...
ane ganti bareng dengan retrofit Head lamp karena prosesnya sama harus bongkar bumper......
Untuk menghindari gagal klaim garansi elektrikal, maka pemasangan tanpa merubah wiring dan soket2nya....
Horn std ane lepas soket2nya kemudian dipasang di horn keong yg baru....

berikut step-step-nya:
1. Bumper sudah harus dilepas...(prosedurnye....next time ).
2. Lepaskan klason std mobilio (kunci 12mm)

3. remove kedua female soket yang ada di klakson std menggunakan bor 4mm (gambar 1)

Review custom downpipe Agya {neo019vanza}

 gambar 1 - downpipe custom untuk Agya
Malem agan-agan..ane mau review bentar ni habis beli downpipe dari agan raja_kerbau..

Pas awal pemasangan butuh sedikit penyesuaian di ujung downpipenya karna sedikit kpanjangan..jadi di potong dkit oleh tukang knalpotnya..

Ganti water pump, pipa thermostat Aerio yang bocor dan keropos {resa AIC345}

 gambar 1 - part-part yang diganti

Ternyata kebocoran air radiator berasal dari sini (gambar 1), diganti semua pipa, rumah termostat berikut thermostatnya dan waterpump juga. Total 4 juta di UMC Mayjend Sungkono.

Ganti shockbreaker aerio yang patah dengan KYB Excel G Malaysia {Iwan}

 gambar 1 - KYB Excel G made in malaysia

KYB Excel G made in Malaysia, harga 1 juta pas di Karunia Abadi. Nanya di Raya Persada Utama sekarang udah 1.4 juta untuk KYB Excel G made in Jepang.

DIY : modif membuat 3rd stop lamp di spoiler Aerio berkedip-kedip {Hera Enoong}

video 1 - blinking high mount stop lamp in action

Beli variasi lampu LED kedap-kedip buat motor seharga 30 ribuan, saya ambil modulnya aja, bentuknya kecil. Gambar 1 merupakan modulnya sebelum modulnya sebelum dibongkar.

Share Shift lock Honda Mobilio CVT agar bisa dinetralkan saat parkir pararel {Yonie}

gambar 1 - shift lock

Setelah bertanya2 apa fungsi lubang di samping persnelling (kirain usb port hehe) ternyata lubang itu berfungsi untuk memposisikan kendaraan ke posisi netral apabila parkir paralel.

Share pasang In dash TV, GPS Tracker dan Filter Kabin Honda Mobilio

 gambar 1 - pembongkaran dashboard
Update lagi gan...
Sabtu kemarin sempetin pasang in dash TV (Double Din) pindahan dari mobil Xenia sebelumnya ke Lio dan JVC bawaan pabrik masuk box hehe...

DIY : Treatment aki dengan cara charge

gambar 1 - voltase aki diukur pagi hari
Newbie masih cukup jengkel dengan aki yang baru terbeli maret lalu. Voltase aki akhir-akhir ini hanya 12.3 volt saja. Pernah coba charge dan ukur specific gravitynya, sempat menuduh volt stabilizer sampai pasang relay, sempat OK, tapi toh di januari 2014 mulai terukur hanya 12.3 volt.
Sempat terpikir beli charger CTEK yang katanya bisa desulfatasi dan bisa rekondisi kondisi aki, cuman terkendala di harga. Mau pakai Na-EDTA juga males, dulu pernah pakai tapi ga ada efeknya.

DIY : Pasang kabel ground di Toyota Corolla EE80 85 {alifullohazhar}

 gambar 1 - aki ke body samping kiri
Melihat testi bahwa penambahan kabel ground terutama pada mobil lawas berdampak cukup signifikan, saya coba terapin di mobil saya yang udah lumayan tua, seumuran saya si corolla se 85
Sebenarnya saya awam banget soal perangkat perkabelan, skun itu apaan aja ga tau hehehe. Setelah beberapa kali googling akhirnya nemu artikel agan Taz yang cukup detil dalam menjelaskan instalasinya.
bahan:
1. kabel NYAF 10 mm2 ==> 14rb / meter
2. skun 10/6
3. skun 25/8
5. selang bakar (kalau ga salah itu namanya)
alat :
1. tang kakak tua, g punya tang skun, mo beli mahal banget
2. pisau dapur
3. gunting kabel
4. korek api

Anti karat dan peredam suara Ayla {G.I. Joe}

 gambar 1 - sertifikat
Pada beberapa posting terakhir ada yang menanyakan soal anti karat pada neng Ayla.
Masih perlukah peredam suara tambahan pada neng Ayla?
Masih perlu kah pemberian anti karat pada neng Ayla?
Bukankah sudah ada sertfikat anti karat nya?
Untuk menjawab pertanyaan diatas mari kita lihat sertifikatnya (gambar 1)

DIY : Pasang water temp / voltmeter 2 in 1 di Aerio

 gambar 1 - water temperature display terpasang
Dari hasil pembelian yang lalu, hari ini sempatin pasang. Kemarin sudah beli hose clamp, cuman untuk selang radiatornya memanfaatkan selang bekas radiator atas Next G yang sudah menggembung, mestinya mau cari-cari selang lagi tapi ga sempet. Selang yang ada ternyata terlalu longgar, newbie coba tambahkan sealer yang cukup banyak untuk mengisi celah, kemudian menguncinya dengan klem selang ulir secara double untuk double proteksi kebocoran. Let see kedepannya setahan apa terhadap kebocoran.

DIY : install steering remote Audio di Grand Livina ber- Air Bag {chiminx}

 gambar 1 - klakson ber-air bag
Melanjutkan pemasangan remot stir punya Prof.syahrul , kali ini ane akan berbagi cara pasang remot stir yang berbalon ( airbag ).
Pertama-tama lepas kabel aki kutub negatif ( kabel warna hitam ) yang berada di aki.
note : Logikanya airbag akan mengembang apabila sensor airbag yang terkena impact dan mengirimkan signal berupa tegangan ke pemicu internal airbag yang berada di klakson.


yang ada lingkaran merah adalah soket untuk airbag, dan soket tidak perlu di lepas dari airbagnya untuk pemasangan remotnya.

Share titik dongkrak untuk penggantian ban Ertiga {ign4tius24}

 gambar 1 - titik dongkrak
Share penempatan dongkrak saat melakukan ganti ban Ertiga.
Mudah mudahan bermanfaat bagi rekan rekan semua.

Report ganti shockbreaker belakang Grand Livina {aquaplus}

 gambar 1 - shockbreaker Excel G untuk belakang Grand Livina
Habis ganti shock belakang. Bongkar pasang audio puasa dulu. Parts nissan masih asli jepang, kalau toyota banyak yang sudah thai/malay.
Shock RL matot, seperti pada foto ke 4
Shock RR lemot berat, 5 menit baru balik posisi semula
DC 740rb untuk sepasang shock + ongkos kerja 50rb, TKP di SNSD
Durasi nunggu 30 menit sajah
Result jadi empuk lagi kayak masih perawan

Share pembelian dan testing water temp LED 2 in 1 dari tangomotor

 gambar 1 - pembelian dari tangomotor
Kebetulan barang pesanan dari tangomotor.com di hari sabtu kemaren sudah datang. Beli watertemp 2 in 1 digital karena newbie punya water temp yang lama kurang akurat, bahkan akhir-akhir ini seringnya di 80 Celcius saja dan kalau macet-macetan di 90 Celcius. Sudah cukup lama mau beli lagi tapi barang kosong terus, jadinya begitu tau kalau stock sudah ada langsung cepet-cepet beli.

DIY : membuat backing plate 3 inch untuk rotary polisher KEN

 gambar 1 - convert hand polisher to rotary polisher
Mesin rotary polisher ini udah lama ga sempet makai, kendala yang dulu adalah di ukuran pad yang besar sehingga untuk bagian-bagian mobil yang kecil dan sempit agak susah molesnya. Cuman karena ada report backing plate untuk mata bor yang kecil akhirnya gatal tangan ingin melanjutkan "projek" lama yang belum kelar.

Share Glaco rain repellant vs Rain Clear

 gambar 1 - Rain Clear vs Glaco
Perbandingan yang newbie lakukan jauh dari sempurna dan jauh dari ilmiah. Newbie lakukan perbandingan sebagai user saja dan pengamatan, meski begitu tetap mencoba melakukan perbandingan seobyektif mungkin.
Glaco buatan SOFT99, newbie beli di tahun 2007, cukup awet sampai tahun ini baru habis, applynya jarang-jarang dan pas hujan aja sih..... dulu beli 100rb, sekarang harganya 181rb di Ace Hardware. Bentuknya cair, apply nya gampang tinggal tekan dan pad pada botol tinggal diputar-putar saja ke kaca.... tunggu sampai kering berkabut, lap pakai kain.

Rain Clear buatan Glass Science, newbie beli di tahun 2014 ini, seharga 100rb di Ace Hardware, hampir separo dari harga Glaco. Bentuknya gel, applynya kudu pakai aplikator terpisah. Putar-putar di kaca sampai rata dan kalau ada kelebihan dilap pakai kain.
Dari segi harga Rain Clear menang telak apalagi isi kemasannya lebih banyak dibanding Glaco.

DIY : radiator flush dan percobaan saringan coolant radiator

 gambar 1 - radiator flush dan saringan teh
Beberapa kali reservoir aerio ada endapan coklat di bagian bawah, sudah buang beberapa kali tapi masih terjadi. Newbie pikir mungkin perlu dilakukan flushing, dan sekalian pingin nyobain nambah filter atau lebih tepatnya saringan kotoran di coolant sebelum menuju ke radiator. Cari-cari prestone radiator flush tapi pada kosong, ya udah daripada ruwet puter-puter akhirnya beli super radiator flush merk Master seharga 20rb.

DIY : cuci filter JFC dan filter udara standard / OEM Aerio

 gambar 1 - Filter JFC replacement Filter
Baru sempet upload di blog, sebelumnya cuman via Twitter @otodiy saja. Sudah cukup lama belum cuci filter JFC, besok sabtu aerio ga dipakai, jadi disempatkan cuci filter. Kebetulan sedang hujan abu karena letusan gunung kelud, jadi sekalian deh dicuci dulu. Filter JFC ini cukup awet, newbie membelinya di akhir tahun 2007 dan kondisinya masih baik sampai dengan sekarang. Teringat juga sudah dua orang teman mengatakan filter standard OEM Aerio bisa dicuci juga, maka penasaran untuk mencobanya juga.