Posts

Showing posts from January, 2014

DIY : Tips ubah Satuan Suhu Udara Luar dan Konsumsi Bahan Bakar di MID Ertiga {exofanboy}

 gambar 1 - MID Display Before
Mungkin agan-agan pernah liat di beberapa mobil yang beredar, satuan konsumsi bahan bakar yang tertera di MID ada yang menggunakan Km/L (seperti yang ada di neng Erti) atau L/100Km. Penasaran sama MID neng Erti bisa nggak diubah satuannya ternyata bisa. Bahkan satuan suhu luar yang biasanya Celsius (C) bisa diubah menjadi Fahrenheit (F).

DIY : tutorial bongkar bumper Ertiga dan pasang kawat grill {winclon}

 gambar 1 - persiapkan bahan dan ala
Pertama siapkan dulu bahan dan peralatannya

Keterangan:
1. Obeng (+) dan obeng (–)
2. Kawat nyamuk, 1 meter bisa buat 4 mobil
3. Lem bakar+lilin (buat pengganti gluegun) bisa pake double tape 3m (sesuai keinginan)
4. Gunting
5. Cat semprot (opsional)

Ganti laher dan magnetic clutch AC yang rusak akibat kena banjir {Indra Wijaya}

 gambar 1 - magnetic clutch complete, tidak bisa beli laher saja
abis ngebenerin bagian AC si aerio ane akibat nerabas banjir n sempet kerendem +/- 30 cm.. Masalahnya di laher / bearing AC yang bikin suara mesin jadi kasar, tapi karena sekarang udah jarang yang jual satuan (cuma lahernya aja) jadi terpaksa beli 1 set.
deskripsi harga:
- magnet cluth : 900ribu
- Isi Freon: 150ribu
- Ganti Oli n Vacuum AC : 150ribu
- Ongkos pasang : 100ribu

Total : 1,3juta

Share ganti upper radiator Aerio dengan cover plastik {Rumihat}

 gambar 1 - proses melepas cover upper radiator Aerio

sudah lama nih radiator si mehonk rembes, niatnya sih radiator diganti dengan dengan yang baru (biar afdol..) berhubung duidnya belum ada hehehe.. akhirnya saya putuskan untuk memperbaikinya dengan mengganti upper radiator plastik, kenapa plastik? newbie pikir kalau bahan plastik tidak akan kena karat dan hasilnya akan terlihat seperti aslinya, beda dengan bahan kuningan yang hasilnya pasti tidak serapih bahan plastik. bener ya?

DIY : update remote setir head unit dengan resistor SMD {syahrul73}

 gambar 1 - resistor SMD
sesuai judul disini nunitolisme akut sekedar share untuk update remote stir old livina untuk dikoneksikan pada headunit sony atau pioneer (prod 2013 ke bawah) yg memiliki fitur ready steering wheel remote input).

perbedaan dengan yang sebelumnya adalah :
- tidak diperlukan tambahan pcb untuk resistor
- lbh mudah pemasangannya krn plug n play
- lbh robust krn tidak banyak pakai kabel lagi

DIY : pasang I-Drive Throttle Controller di Grand Livina {luki2022}

 gambar 1 - I-Drive TC di dashboard
Sampai rumah iseng2 pasang I-Drive Throttle Control.

Share pasang center ring untuk velg aftermarket pada Grand Livina for safety {luki2022}

 gambar 1 - center ring untuk velg
Secara sempat ngobrol masalah velg ama om Ucup, karena velg udah ganti ring 18 (sebenarnya pas habis pasang digeber ama 110an masih belum goyang… tapi ada gejala dikit)
And dikasih advice (thanks Om ucup), biasanya kalau ganti pakai velg racing harus pakai Center Ring.

Modif pasang Engine hood damper Grand Livina {weka..}

 gambar 1 - engine hood dampernya
iseng - iseng masang racun dari om ucup..

DIY : pasang lampu LED kolong kabin Next G, nyala ikut lampu plafon

gambar 1 - Lampu LED menerangi kolong kabin baris kedua
Kali ini melanjutkan DIY terdahulu untuk pasang lampu LED kolong kabin. Kebetulan saja Next G sebenarnya mau pasang carpet dasar dan semi bekleed di rumah, jadi semua bangku dan console tengah udah newbie lepasin dulu, cuman karena ada musibah dengan tukangnya ga jadi datang. Ya udah sebelum pasang lagi sekalian aja dilanjut dengan pasang lampu LED.

DIY : pasang pembuka bagasi dengan remote alarm

gambar 1 - pembuka bagasi pakai remote alarm
Membuka bagasi sedan seperti Baleno Next G bisa menggunakan 2 cara, yaitu dengan memasukkan anak kunci ke bagasi atau menarik tuas bagasi yang ada di samping bangku supir. Seringkali saat selesai berbelanja dan menuju mobil, terasa lebih enak apabila bagasi bisa dibuka dengan remote. Kebetulan dari alarm merk blackjack ada output untuk membuka bagasi dengan cara menekan tombol buka pada remote selama 3 detik.

DIY : Membuat kompartemen baut mur dan pernak pernik kecil

 gambar 1 - tempat penyimpanan baut mur
Kali ini share DIY sederhana alakadar. Newbie punya banyak baut-mur dan komponen kecil-kecil lainnya seperti paku, fischer, fuse dsb. Udah punya sih dari beberapa tempat penyimpanan dari plastik. Enaknya dengan adanya sekat-sekat penyimpanan membuat pencarian komponen yang dibutuhkan lebih mudah ketimbang dicampur menjadi satu.

Nah kebetulan ada kotak bekas wadah kalender dan agenda tahun 2013. Kotaknya sih cukup menarik designnya meskipun hanya terbuat dari karton. Timbul ide untuk memanfaatkannya menjadi tempat penyimpanan baut-mur.

Ganti saringan bensin biang kerok Aerio brebet kehilangan tenaga tiba-tiba {Agung}

gambar 1 - saringan bensin
Biang kerok mobil brebet kehilangan tenaga tiba2..Ganti saringan bensin yg sudah berumur 10 tahun. Jos lagi dan lebih bertenaga...patut di coba. Agak lama emang bongkarnya om, saringan doang original kena 1 jt, pasang 150 rb soalnya agak susah.., kalo mau ganti 1 blok masih mahal 2,7 juta. Efeknya ndut-ndutan ma agak lemot ,usaha pertama saya coba ganti pertamax,ganti koil masih tetep akhirnya turun tangki kuras sama ganti saringan dah seminggu ngak ada lagi keluhan..

Mengganti motor extra fan AC Aerio 2003{Zainal Abidin}

Gambar 1 : extra-fan AC dibuka, untuk diganti dynamonya
Berawal dari firasat, bunyi mesin yang kasar dan FC (Fuel Consumption) yang jadi sangat boros.Waktu ke bengkel untuk service (ganti filter udara, periksa injection, etc). Ternyata kipas extra-fan untuk AC tidak normal alias tidak nyala, di sentuh baru nyala. Dan begitu setelah nyala, putaran kipasnya juga tidak begitu kencang.

Setelah browsing dan tanya di Grup BB & WA AIC Surabaya, ternyata banyak juga kasus seperti ini untuk Aerio dan Next-G. Well akhirnya referensi-referensi yang ada, saya membeli dynamo/power dari extra-fan AC mereka Panasonic di RPU (Raya Persada Utama - Kedungdoro - Surabaya) harga 350ribu.

Setel AFR / CO Aerio untuk mendapatkan hasil lebih irit BBM {Niladyo}

 gambar 1 - Ukur emisi gas buang melalui ujung knalpot

Awalnya sudah test CO di BERES UMC Sungkono, CO testernya belum calibrated, masih ragu hasilnya (gambar 2). Bacaan dari hasilnya terlihat settingan boros. Berikutnya test dan setel CO di GBT Jemursari

Share pembelian tutup tabung wiper Aerio yang hilang {Niladyo}

gambar 1 - Tutup tabung air wiper SGP baru
Beli tutup tabung air wiper, ori SGP, menggantikan tutup yang hilang. Gak tau entah jatuh ke ruang mesin atau di luar mobil ke bawah, kan stick penukurnya ga ada waktu itu, jadi hanya birunya saja, pas cuci mesin waktu itu di rumah. 

Reparasi kaki-kaki / understel Aerio di Maspian Arjuno {Andi DS}

 gambar 1 - Operasi di Maspian Arjuno
Lagi operasi kaki-kaki di Maspian jalan Arjuno, datang jam 8 pagi langsung dikerjai. Shockbreaker kiri depan didapati bocor, karet-karet sobek, kampas tipis. Kokel (CV Joint) baru saja dibongkar, semoga tidak apa-apa hanya re-grease saja. 

Troubleshoot rpm Aerio naik turun {Wachid Suryadi}

gambar 1 - soket ISCV / IAC yang dibersihkan
Aerio rpm-nya naik turun sendiri. Sudah dibersihkan ISCV / IAC nya, buat jalan 2 km sudah tersedak lagi. Pagi ini (21 Jan 2014) sejak dipanasi, sudah 2 kali kurang lebih 1 jam batuk, setelah dibersihkan, belum ada setengah jam sudah kumat lagi. Sempat terpikir untuk beli ISCV copotan seperti report berikut ini.

DIY : pasang lampu kabin march di Grand Livina part 2 {The kopral}

 gambar 1 - kaki-kaki lampu
untuk pemasangan lampu kabin march mungkin sudah ada tutorial DIY nya terdahulu, kali ini ane cm menambahkan sedikit untuk yg mau pasang sendiri lampu kabin nissan march (kode part : 26430-BC00B) pada grand livina..

Setelah part diambil dengan mahar Rp.118.800,- di beres, ane mulai bingung nih untuk membuat soket yang akan dihubungkan dengan 3 kabel yg ada didalam pilar sebelah kanan (kuning,coklat,hitam), akhirnya berkonsultasi dgn prof. Syahrul dapatlah pencerahan untuk skema soketnya (gambar 1)

DIY : Mengatasi DVD Player Mati setelah Ganti HU (Buat Livina HWS/Ultimate) {luki2022}

gambar 1 - Foto tempat baut bawah yang sudah dilepas
Sekedar sharing khususnya buat yang punya Livina HWS/Ultimate Series, yang DVD player nya ada di laci dan monitor di head rest. Kejadiannya pas habis kopdar perdana di MGK, si Livi ganti HU (Head Unit) dari double din OEM yang hanya bisa dc/mp3/tuner ke HU aftermarket Kenwood. Nah Pas sampe rumah baru sadar, klo DVD player yang ada di laci ndak bisa nyala, seperti ndak ada power sama sekali, monitor head rest juga mati. Akhirnya main lagi deh ke MGK, minta tolong suhu/master di sini.

Ganti ISCV penyebab rpm mesin drop seperti tersedak {Iwan Kurnia}

gambar 1 - ISCV

Setelah lama mencari penyakit mesin seakan-akan mesin tersedak dan kalau pagi-pagi mesin batuk-batuk ternyata ini biang keroknya ampe montirnya puyeng...tuker ganti sensor...he..he...

DIY : Ganti kabel tuas transmisi Aerio yang putus {Firdhaus}

 gambar 1 - kabel transmisi dari Sentosa Motor sudah tiba
Setelah kabel transmisi yang putus, dan pesanan dari Sentosa Motor datang, maka dilanjutkan pemasangannya. Pemasangan dilakukan dari kabin engine dengan cara memasukkan ke dalam lubangnya (Udah ada jalurnya tinggal dorong aja bisa sampai ke bawah tuas transmisi) lalu kunci dengan 2 baut ukuran 10 mm. 

Share kabel transmisi Aerio (untuk pindah gigi) putus {Firdhaus}

 gambar 1 - kabel transmisi yang putus di ruang mesin

Kabel transmisi putus, gejala awalnya susah masuk gigi, susah melakukan perpindahan gigi, tuas transmisi serasa aneh saat masuk gigi. Akhirnya tidak terasa masuk gigi meskipun mesin mati, sedangkan pedal kopling terasa normal ada tekanan.

DIY : bersihkan PCB main power window Aerio, penyebab kaca ngadat-ngadat

 gambar 1 - perbandingan power window switch Aerio dan Next G
Setelah 3 tahun lebih perbaikan switch power window Aerio yang patah, Aerio newbie kembali terdapat kendala pada jendela power window, sering macet-macetan. Karena siang sudah harus dimasukkan ke bengkel asuransi untuk body repair, maka newbie mencoba melakukan quick fix.

DIY : ganti kapasitor Power Washer penyebab motor susah berputar

 gambar 1 - High Pressure Cleaner aka Power Washer
Dari hasil perbaikan dengan pembokaran yang lalu, Power Washer milik newbie masih sering macet-macetan. Berikutnya karena dah putus asa, newbie buka dari cangkangnya dan sewaktu macet bantu pakai tangan nyentuh kipas plastiknya dan Power Washer aka High Pressure Cleaner (HPC) bisa dipakai. Ntar kalau nozzle nya ditutup dan motor HPC berhenti, ada kemungkinan macet dan harus dibantu putar lagi.

Kesempatan berikutnya bincang dengan teman soal pompa listrik untuk sumur dangkal, dari pembicaraan disebutkan capacitor / kapasitor yang lemah dan perlu diganti. Gejala sama yaitu ada bunyi dengung saja tapi motor tidak bergerak. Setelah googling ternyata semua mengarah hal yang sama, tapi googlingnya tentang motor pompa air, hmmm sepertinya cara kerjanya dan gejalanya sama dengan HPC newbie nih.....

Bungkus dashboard Aerio facelift yang retak dan pemasangan dashboard kembali {Firdhaus}

 gambar 1 - proses pemasangan mb-tech pada dashboard

Melihat dashboard Aerio Facelift (2004-2007) retak bukanlah pemandangan yang enak dimata, apalagi retakannya semakin lama semakin menjalar bak sungai yang penuh cabang dari hulu ke hilir, pemandangan ini selalu terlihat karena kita akan terus berhadapan dengan dashboard saat menyetir. untuk memperbaikinya, cukup di bungkus ulang dengan kain MBtech camarro kode 9002. (Lanjutan cerita melepas dashboard)

DIY : membuat dan memasang relay motor starter Aerio / Next G

 gambar 1 - Relay untuk motor starter
Beberapa minggu / bulan terakhir sempat kejadian gagal starter dan motor starter tidak nampak ada pergerakan sama sekali. Dikata dari aki, power window dan perangkat kelistrikan lainnya masih bisa dijalankan, dan setelah didiamkan beberapa saat, Next G matic bisa distrater lagi. Problem intermittent, Dari beberapa kasus yang pernah dilaporkan di Aerio Indonesia Club, kebanyakan disolusi dengan penambahan relay. Sepertinya di Next G newbie (dan Aerio juga sih, cuman blom sempet ngerjain) terjadi kasus yang sama, kalau gitu ditambahkan relay saja agar kerugian arus di kabel bisa diminimalisir sehingga listrik yang diterima oleh motor starter lebih kuat.

DIY : membetulkan karet dudukan per dan support shock penyebab bunyi saat belok

 gambar 1 - karet dudukan per keluar dari jalurnya
Beberapa minggu terakhir suara di baleno next g semakin parah, bunyi klek klak macet-macet deh suaranya dan kencang sekali, bunyi umumnya timbul saat belok atau dari belok ke lurus dengan diikuti putaran roda. Akan tetapi bunyi intermitent alias kadang keluar kadang enggak keluar. Newbie sempat bingung antara bunyi dari cv joint atau dari per, mencari apakah bunyi frekuensinya mengikuti putaran roda atau tidak.

DIY : melepas dashboard Aerio facelift / new model untuk dibungkus {Firdhaus}

 gambar 1 - Dashboard Aerio Facelift
cerita soal dashboard retak, bukan hanya aerio facelift yang mengalaminya, Toyota Harrier dan camry yang dikenal mobil berkelas juga mengalami dashboard retak karena material yang digunakan tidak dikondisikan untuk tempat/daerah beriklim tropis seperti Indonesia. nah, bagi aerio facelift (2004-2007) dashboard retak bukan lah masalah baru, keretakan ini mulai menunjukkan wujudnya ketika mobil sudah berumur diatas 3thn dan disaat itu pula Suzuki Indonesia selaku ATPM tidak lagi memproduksi mobil Aerio, sehingga sulit bagi konsumen untuk melakukan klaim atau recall.bicara soal solusi? sebenarnya tidak sesulit atau semahal yang kita bayangkan jika kita berani melespas sendiri dashboardnya.

DIY : perbaiki bunyi tek saat pindah gigi 1 ke 2 di Ertiga {centraltech8}

 gambar 1 - buka caliper rem
sejak serah terima unit bulan juli 2013 sudah terasa pas pindah gigi 1 ke 2 seperti ada yg longgar gitu bunyi tekkkkk gitu... pas servis KM1000 sudah komplain, mekanik menduga as roda, tapi setelah di cek ternyata bukan, akhirnya mekanik BERES menyimpulkan hanya jarak gigi di as roda nya, masi normal katanya. Sebelumnya saya sudah mencoba memberi saran memperbaiki kedudukan spring kampas rem depan, tapi mekanik nya sepertinya gak berpikiran sama dengan saya. Saya bisa berasumsi kalo itu dudukan spring kampas rem, karena saya dulu pernah ngalami di mobil yang lama. Akhirnya tiba saat servis 5000KM di bulan desember2014, saya klaim kasus yang sama, hasilnya tetap sama mekanik gak menemukan sumber masalah, mereka juga bilang apa kemungkinan gearbox, coba di tes dulu

Share service velg yang peyang karena menghajar lubang {Mas Tangguh}

 gambar 1 - velg yang peyang
Korban jalur Pantura.. Gilaaa lobangnya parah..!
Kena di jalur Pamanukan - Indramayu R16 195/55  velg lebar 7 inch

DIY : menyalakan Tail Lamp Grand Livina bagian bawah {cocomeo72}

gambar 1 - Bagian bawah Tail Lamp juga menyala
mo laporan nih oms... hari minggu kemaren ane iseng2 nyoba DIY nyalain tail lamp GL yg bagian bawah.
berikut step2 yang ane lakuin:
STEP 1: persiapan alat2 n bahan

DIY : mengganti bohlam lampu headlamp Ertiga {dwdamarjati}

 gambar 1 - Trio lampu pilihan
Permisi agan-agan semua, numpang posting agak panjangan nih.

Tentu kita semua sebagai pemilik ataupun pengguna neng erti merasakan bahwa bohlam bawaan si eneng masih kurang mumpuni dalam membelah kegelapan malam, terutama yang sering berpergian ke luar kota yang jalannya minim penerangan. Terlebih lagi jika kaca depan dipasan kaca film yg gelap dan diiringi hujan deras, dijamin pandangan kedepan sangat terbatas.

Untuk mengatasinya banyak yang mengganti bohlam standard bawaan dengan yang lain yang lebih terang. Nah pada kali ini ane mo membahas cara mengganti sendiri bohlam lampu bawaan dengan lampu merek lain dengan watt standar yang diklaim pembuatnya menghasilkan cahaya yang jauh lebih terang dari aslinya. Tentunya dengan menggunakan lampu dengan watt yang sama pergantian dapat dilakukan dengan mudah dan aman tanpa perlu merubah atau menambah system kelistrikan yg ada.


Ada beberapa merek lampu yang populer dan banyak dipakai oleh pengguna ertiga. Di gambar 1 ada contoh beberapa diantaranya. Yang masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Ane gak mau membahas komparasi ketiga merek itu lebih lanjut. Mungkin di posting lainnya, atau kalo ada yang punya ketiga lampu itu mari kita test & review bareng2.


OK, beginilah cara pergantian bohlam lampu yang bisa dilakukan sendiri dirumah.

Cara menghilangkan noda di atap plafon (interior) {luki2022}

 gambar 1 - noda
Sekedar pingin berbagi pengalaman, tanpa bermaksud mengiklan.
Berawal jalan bareng sama anak2, and mereka makan dim-sum dimobil, nah pas mau buka sausnya ternyata ada yang muncrat dan mengenai atap livina, jadi deh kayak gini..

Lama-lama ndak enak juga dilihat.. jadi kotor and gimana gitu
Pergi deh ke Ac*, dan ketemu salah satu product yang cukup terjangkau, it’s only 34rb.
Cukup murah untuk kelas import, ragu juga awalnya, takut barang murah yang malah bikin rusak.
Tapi niat and berdo’a, mudah2an produk ini bisa as good as competitornya.
gambar 2 - product
Sampai rumah, langsung cobain deh ke noda bekas saus.
gambar 3 - Proses
Caranya:
- Cukup semprot ke bagian noda, biarkan meresap 30detik, habis itu di totol-totol pakai handuk 3M
- Bairkan mengering..
Dan hasilnya :
gambar 4 - after
Noda hilang tanpa bekas… ternyata ini produk murah yang gak murahan
Sekian small tips untuk menghilangkan noda diatap, sapa tahu ada yang mengalami nasib serupa.
Semoga berguna….

by luki2022
sumber : kaskus KLIK

Perbaiki kaca depan / windshild Aerio yang bocor {Aditia Ekalaya}

gambar 1 - bocor ke kabin dari sela-sela kaca
kasus bocor kabin..
pas tes dikasih air ternyata bocor dari sela2 kaca.
ga ada keropos tapi kaca kurang nempel jadi sedikit goyang..
kesimpulan: kondisi sealant sudah buruk.
akibatnya ketika kena getaran, sealant kaca yang diujung kaca atas lepas.

Service / Bersihkan motor starter Aerio agar start mesin tokcer {Firwandy Satio}

gambar 1 - motor starter di service
Bersihin dinamo starter Oreo....biar tokcerrrr saat starter...

Share carbon clean mengembalikan performa mesin Next G di Deilmar Jogja {wirasaja}

 gambar 1 - Kopdar Next G - Aerio di Deilmar Jogja

Ini report dari carbon clean next G pagi ini.. sekalian ganti busi 2 biji ( bocor 2 busi) cuma dapetnya denso.. nggak seperti NGK seri bkr bawaan aslinya ( moga tidak ada efwk negatif ) , busi denso 2biji @18rb total 36k.. carbon clean 200k.. lokasi bengkel Dilmar jogja.. hasil sangat luar biasa.. performa mesin kembali ke tahun 2004.. ngelitik 100% hilang.. di gas mendadak dari jalan pelan, respon mesin sangat mantab.. ho2.. sekian report dari jogja sebelum mobil pindah ke pemilik baru..

Review Gantungan kunci multi fungsi Swiss Micro-Tech 6 in 1

gambar 1 - Swiss+Tech, Micro-Tech  6 in 1
Lagi-lagi lapar mata, jalan-jalan di Mall Olimpic Garden Malang, mampir di Ace Hardware buat cuci mata, eh nemu tools yang bisa jadi gantungan kunci, buatan Swiss+Tech. Pilih-pilih akhirnya beli Micro-Tech 6 in 1 (gambar 1) seharga Rp 77.200,-
Iseng foto-foto pingin post ke blog dengan sedikit review, sekalian cari informasi dari website pembuatnya yang tercantum di kemasan. Berikut copy paste isinya :

The original Micro-Tool that took the nation by storm! This durable and precision crafted 6-in-1 tool includes pliers, wire cutter, wire stripper, sheet shear, and both Phillips and flat screwdrivers and weighs in at only 1.6 oz. The tool makes minor repairs, assemblies, installations, and hundreds of jobs an easy undertaking. The patented quick-release self-locking jaws keep this tool tightly secured to any key ring, eliminating the need for a belt holster. With a quick down turn of the legs, it’s released for use. This tool comes in handy on the road and at home!

DIY: cara irit buat karet pintu lebih kedap saat tutup buka pintu {batosai1983}

 gambar 1 - alat-alat
halo suhu-suhu nubi numpang coret2 hasil DIY....
karena pas taon baru ane ga ada acara jadilah si jeng livi (Nissan Grand Livina) ane utak atik, karena liat post salah satu suhu di KLik yg habis ganti karet pintu biar lebih kedap,trus ada yang bilang pake selang aquarium bisa nah dari situ ane coba2, pake cara yang murah.....biaya cuma beli selang aquarium 1000/meter irit....
yang perlu disiapin...

  1. selang aquarium yang kenyal sekitar 16 meter buat 4 pintu (kalo mau di dobel lebih bagus)
  2. kawat tembaga yang dari bekas kabel listrik sekitar 2 meter (ini buat narik selang masuk ke dalam karet)
  3. tali rafia
  4. gunting
  5. silikon spray buat karet bisa beli di hypermart
  6. tang buat narik kawatnya kalau susah...

di gambar 1 adalah picture alat2nya, sorry di picture ane pake aer sabun karena silikon spray ketinggalan, lebih gampang pake silikon daripada sabun...

Carbon Clean ala N'Cus, metal top piston sampai terlihat {Niladyo}

 gambar 1 - permukaan top piston cling
Baru kali ini bisa lihat permukaan top piston cling-cling. Puas!

Tadi setelah geber-geber, buka busi lagi, semprot lagi, jadi 2 kali, gara-gara kain tipis panjang robekan kaos masuk ketinggalan di dalam, sekalian kenapa gak dibersihkan pakai Nila's stick.... (N'cus) halah....

Video getaran mesin Next G, Engine Mounting yang rusak {sinxa}

video 1 - getaran mesin Next G
Om om sekalian... ane ngerasa beberapa bulan trakhir getaran mesinnya terasa banget. Ini video rekamannya (video 1), ane taruh gelas berisi air di atas mesin. Kira2 masih wajarkah riakan airnya?? Thx....
Baru ganti emon depan blom ada setaon sih. yang blakang juga ane liat (liat aja soalnya ga bisa nglepas :P) juga masih solid... kalo kanan kiri gak kliatan, rencana klo ada waktu mo ke beres...

General checkup, bersihkan Throttle Body, Injector, busi, ganti packing cylinder head cover {Febi Arfiyanto}

 gambar 1 - jalur air radiator di Throttle Body
Abis tragedi memalukan ngadat di cipularang akhirnya maen ke beres dewi sartika (2 Jan 2013) buat general check up. So far mesin masih ok, langsung aja tune up bersihin TB (throttle body), injector, Busi. Sekalian ganti paking silinder head cover sama paking TB diakhiri dengan setel emisi


Habis 800rban om diskon spare part aja karena booking service. Kalo ada member bisa dapet diskon lagi buat jasa

Tanpa termostat, Suzuki Next G overheat di jalan tol {Febi Arfiyanto}

gambar 1 - pipa air, thermostat dan tutup radiator

Pada 29 Des 2013 : para suhu, mohon info bengkel rekomen terdekat dari km 90 tol cipularang. Oreo sedan ane overheat sampe lepas selang radiator atas. Radiator, selang atas baru semua nih. Sekarang ane lagi benerin, untung ada petugas yg baik. Semoga kuat nyampe padalarang
Question : Hmmm brarti ini kondisi saat thermostat ga terpasang ya? Dan overheat justru di jalan tol yg lancar?
Iya om (thermostat tidak terpasang). Pas lagi kickdown nanjak di cipularang