Perbandingan odometer Grand Livina dan Innova

 gambar 1 - foto-foto tripmeter Grand Livina vs Innova
 http://otodiy.blogspot.com
Kebetulan suatu saat newbie dipinjami Grand Livina selama 3 hari, dan suatu saat teringat dulu pernah baca kalau odometer Grand Livina terlalu cepat / overread. Saat itu sedang melaju di tol sidoarjo menuju tol waru dan langsung coba bandingkan dengan penunjuk KM di jalan tol, ternyata memang ada perbedaan, saat petunjuk KM di tol terlewati 5 km (dari KM 27.6 s/d KM 22.6), di tripmeter terhitung 5.4 km, sedangkan saat KM di tol terlewati 9 km (dari KM 27.6 s/d KM 18.6), di tripmeter Grand Livina terhitung 9.7 km. Dan saat pulang dari kantor ke rumah ternyata tripmeter menunjukkan angka lebih besar dibandingkan waktu bawa Aerio ataupun Innova.
Akhirnya iseng coba reset trip meter untuk membandingkan tripmeter / odometer Grand Livina vs Innova untuk mengukur titik ke titik tertentu dengan rute yang sama persis, selisih mungkin bisa sekitar 0.1 km apabila terdapat pindah-pindah lane/lajur apabila hendak mendahului mobil lain.

Hasilnya seperti nampak di gambar 1 :
a. Kantor - Rumah, GL : 16.7 km vs Innova : 15.5 km, selisih 1.2 km (7.74%)
b. Rumah ke Sekolah Anak : 13.8 km vs 12.8 km, selisih 1.0 km (7.81%)
c. Gerbang Tol sidoarjo - Gerbang tol waru : 13.5 km vs 12.5 km, selisih 1.0 km (8.00%)
d. Gerbang Tol Sidoarjo - kantor : 22.9 km vs 21.3 km, selisih 1.6 km (7.51%)

Dari 4 rute di atas, selisih sekitar 7 - 8%. Saat Innova lewat tol, newbie coba bandingkan dengan petunjuk KM di tol, hasilnya sampai dengan 10 km terhitung di tripmeter juga 10.0 km, cukup akurat.
Ban yang dipakai sama-sama standard ukuran pabrikan. Innova yang dipakai tahun 2014 type G bensin. Sedangkan Grand Livina yang dipakai tipe XV matic tahun 2010.

Hasil percobaan ini alakadarnya bukan bermaksud apa-apa dan sekedar memenuhi rasa penasaran saja, speed tidak dibandingkan.
 gambar 2 - matic
gambar 3 - tahun 2010

regards,
singachu

Comments

most read in a week

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

DIY : Fix jok baris kedua Mobilio yang tidak mau melipat ke depan {andyles}