DIY : Review ganti extra fan AC Aerio dengan Karimun radiator fan gen 1 {Aditia Ekalaya}

 gambar 1 - ganti motor berikut fan dan shroud karimun
 http://otodiy.blogspot.com 
review radiator fan karimun gen 1.
Iseng pasang radiator fan karimun gen 1 yg tadinya buat dipasang di VW buat ngegantiin kondensor fan AC. Radiator fan Aerio udah bagus, jadi saya ga berniat ngeganti rad fan nya karena udah dual speed. Jadi kondensor fan AC yg jadi korban saya upgrade pake radiator fan punya Karimun gen 1. Dari Suzuki, buat Suzuki. 
Kebetulan ada trayek ke merak jadi skalian ngetes performa nya. Selama di tol Cilegon timur - Merak suhu stabil di 80c malah kadang kurang dari itu. Radiator fan juga jarang aktif karena suhu stabil.
make sense karena high speed cruising jadi banyak udara yg masuk ke engine bay.

Pas keluar di Merak mulai ketemu macet, nah ini tes yg sebenernya..kondisi stop and go dengan suhu panas disiang hari bikin kedua electric fan kerja keras. So far, jarum temperatur menunjuk angka dikisaran 82c - 86c. Hanya sesekali jarum menunjuk angka 90c yg dibarengi dengan aktifnya indikator rad fan tanda terbuka nya thermostat yg dibarengi aktifnya radiator fan.
Sebelum ganti kondensor fan, jarum temperatur sering nunjuk ke angka 90c bahkan kadang sampe ke angka 100c.
Pengalaman dulu engine swap mesin Estilo D16 ke K20, performa electric fan karimun gen 1 setelah dibandingin dengan beberapa electric fan lain setara dengan electric fan merk SPAL seharga 2jtan.

this electric fan is so recommended.

 gambar 2 - posisi fan dari atas
dudukan motor fan ke shroud fan nya beda euy..toh shroud radiator fan karimun dari besi jadi bisa dimodif. rubah dudukan baut aja, bisa..bawa aja ke tukang las. bongkar kondensor fan lama biar jadi contoh.  harga fan mumun gen 1 800rban kondisi baru.
di tangomotor skitar 780rb.
second biasanya diangka 500rb - 700rban

 gambar 3 - temperatur display
gambar 4 - LED untuk indikator fan radiator menyala
LED indikator nyomot dari lampu sein motor, konek langsung ke arus power dari kabel fan radiator cuman diamanin ama dioda dan sekering.

by Aditia Ekalaya
sumber : FB AIC

Comments

most read in a week

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : Mengatasi DVD Player Mati setelah Ganti HU (Buat Livina HWS/Ultimate) {luki2022}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G