DIY : modif Cold Air Induction All New Avanza Xenia {marmut}

 gambar 1 - Air Intake
 http://otodiy.blogspot.com 

entah dengan avanza xenia yang lama, tapi setelah saya perhatikan ujung belalai air filter all new avanza xenia kok sepertinya ada yang salah ya? ujung belalainya menghisap udara panas dari ruang mesin.
iseng saya perhatikan sambil mikir-mikir begimana cara supaya xenia attivo yang biasa saya pakai sehari-hari bisa bernapas lega....
akhirnya saya lepas belalai (pipa fleksibel) air filter-nya dan menggunakan gunting seng (bisa juga menggunakan gergaji besi) saya potong ujungnya yang membelok ke arah kanan.

 gambar 2 - setelah dipotong menjadi seperti ini
 gambar 3 - setelah dipotong menjadi seperti ini

setelah selesai dipotong, jangan lupa bekas potongannya diamplas menggunakan amplas agak halus (nomer 400 atau 600) supaya rapih dan tidak meninggalkan sisi yang tajam.
beralih ke grille sisi kiri mobil, saya lihat ada yang menghalangi masuknya udara segar
 gambar 3 - penghalang di grill

bermodalkan 2 buah tespen dan sedikit tenaga (juga tangan yang kejepit), saya lepas 2 buah penghalang yang terbuat dari plastik itu.

ini dia biang keladinya mesin nggak bisa bernapas lega :
 gambar 4 - penutup grill
setelah penghalangnya dilepas, tampak dari depan akan seperti ini :
gambar 5 - setelah dilepas

jangan lupa untuk memasang kembali belalai air filternya ke tempat semula dan bautnya dikencangkan.
tahun-tahun pertama sewaktu mobil baru saja diantar dari dealer, saya agak kaget juga dengan FC-nya yang 1:10 s/d 1:11 (bahan bakar tjap koeda laoet RON 88, tengki isi full dan rute jakarta-bsd PP lewat tol). itu kaki kanan udah disekolahin... pernah 1:9 karena keki nggak sabar disusul bis melulu.
sekarang sudah masuk tahun ke 2 mobil saya pegang, setelah potong ujung belalai dan copot plastik penghalang di grille depan, FC saat ini menjadi 1:12,5 (tetap pakai tjap koeda laoet RON 88). pernah tembus 1:13,5 tapi maksimum 90 km/h dan nekan pedal gasnya pake kapas......


by marmut
sumber : serayamotor

Comments

Post a Comment

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

DIY : membuat dan memasang relay motor starter Aerio / Next G