DIY : mensiasati Klakson Livina yang mati sebelah kayak pusingnya migrain {kedensa}

 gambar 1
http://otodiy.blogspot.com
berawal dari sejak pertama kali pegang ni GL... setelah beberapa bulan pake tiba2 klakson Mati.. dan anehnya matinya itu hanya sebelah... alias kalu steer di putar ke kanan klakson Nyala.. tapi posisis tengah dan belok ke kiri, Klakson tidak nyala...
akhirnya saya biarkan sampe sekarang yang udah berbulan2.
juga sempet nanya ke Jasmin yg katanya harus di Solder ulang alias pindah jalur katanya.. itu kena Ongkos 130rb kalu gak salah inget saya.

Akhirnya kemaren pas hari libur nyoba bongkar2 Steer.. dan nyoba ilmu baru dari Om Suud ... "tanpa solder menyolder"

1. Seperti biasa bongkar cover kalson. hati2 ada kabel kalsonnya
2. Buka baut Steer pake kunci Shock 19. dan copot Steernya.

3. mari perhatikan gambar 1 di atas
Dari gambar 1 : terdapat bandul yang di lingkar merah itu dudukan posisi yg masuk ke lobang Cover steer bagian belakang. posisi bandul ini yang saya puter 360 derajat* atau satu kali puter se arah jarum jam. lalu saya coba pasang steer seadanya tanpa di baut.. dan saya pasang kabel kalsonnya, lalu saya coba ambil posisi belok ke kiri.. saya tes tempelin kabel klakson tadi ke body besi steer.. ternyata bunyi .. trs coba posisi tengah... bunyi juga.. lalu belok kanan bunyi juga.. yeeee seneng rasanya..
lanjut ke gambar berikut karna penasaran hahahahaha

4. gambar selanjutnya
 gambar 2
dari gambar 2 : dibagian bawah Fleksibelnya agak kekiri sedikit ada sebuah tanda panah segitiga.(didalam lingkar merah). karna saya penasaran saya coba puter bandul Fleksibel tadi ke arah kanan sampe mentok, posisi terakhir bandul itu tepat pada posisi tanda segita yang didalam lingkar merah tadi.. lalu saya coba puter mentok ke kiri.. posisi tidak tepat sampe ke tanda segitiga tadi.. akhirnya saya itung balik posisi semula lalu puter sekali lagi searah jarum jam. lalu pasang steer...
NB : jarak putaran Fleksibel nya ini bisa 2 setengah lebih putaran sampe mentok di banding steer yg hanya 2X puter kurang lebih sudah mentok

5. lanjut gan...
 gambar 3 - cover klakson
dari gambar 3 : dikarenkan baru pertama kali saya copot kalson ini alhasil besi plat yang dibalik cover kalson ini sebagian pengikatnya lepas.. karna hanya di solder plastik.. dan saya nyoba untuk solder ulang ternyata kurang kuat dan gak mau nempel.. lanjut nyoba ke Lem besi Korea. di coba di oles di posisis dalemnya.. aaahhh aman kuat dan gak lepas..

6. setelah beres lalu pasang ulang kembali ke posisi semula.
gambar 4 - steer
lalu tes belok ke kanan tengah dan belok ke kiri sambil di kalson... " NYALA COY..... "
Lumayan hemat 130rb kalu ke BERES dan di suruh ganti dan lumayan mahal
sorenya jalan2 ke ancol kwkwkw... sambil klakson2 norak
dah ah.. sekian dulu Tutornye...
dan terima kasih banyak buat Om Suud yang dia udah mencoba duluan dengan penyakit yg tiba kalsonnya gak bunyi juga. THX om.

Salam Klik GL 2007 SV M/T langka
by kedensa
sumber : kaskus KLIK

Comments

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : step by step pasang Foglamp Universal di Karimun Wagon R {gevarasyarif}

DIY : melepas head unit Kijang Innova tipe G

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

share Titik pemasangan Ground Wire Innova VVT-i matic {ipah2.0v}