Share DIY ganti pompa Power Steering Aerio dengan orisinil APV {Yogi Mukti}

 gambar 1 - pompa power steering APV terpasang di Aerio
misi om,tante,abang dll...

report pergantian pompa power stering oero pake pompa PS suzuki APV...atas saran om singachu.... makasih infonya om.
pompa PS apv ori sgp1,3jt diskon jadi 1jt
kebetulan bongkar pasang sendiri jd ga ngaluarin biaya, cuma kopi,rokok.
lubang pangkon buat dudukan PS dikikir dikit. alhasil pompa PS terpasang dengan sempurna. waktu bongkar pasang ga sempet foto...

 gambar 2 - Aerio

step bongkar pasang PS

  1. buka box filter, 
  2. lanjut angkat/dongkrak +bongkar roda kanan, 
  3. dongkrak/tahan bak oli bawah buat nahan,
  4. lanjut buka mounting kanan atas.
  5. kendurkan baud tensioner,
  6. terus kalo dah kendur vbelt dan buka baud PSnya,
  7. lanjut kikir dikit lobang pangkon PS
  8. pasang PS apv baru
  9. kencangkan baud PS baru
  10. Kencangkan baud tensioner vbelt
  11. pasang mounting atas (kencangkan)
  12. isi oli PS ( keadaan roda depan terangkat 2'2nya)
  13. kemudian nyalakan mesin sambil cek oli PS(sambil diisi) sambil stir mobil di putar kanan kiri. 
  14. lanjut kalo stir udah ringan di putar, tinggal pasang kembali box filter, mounting,roda, turunkan penahan bawah yang tadi nahan bak oli bawah..

 gambar 3 - ini pompa PS oreo lama, drat buat lubang oli aus
gambar 4 - terlihat drat baud sah aus, ga bisa di selamatkan, pulley dah oblak pula

cerita'a oreo tabrakan. jd posisi selang oli PS yg masuk ke pompa PS ke tekan sama kipas AC dan radiator, jg baud Oli PS secara ga langsung ditekan paksa om.pulley pompa PS oblak.
Setelah sipasang, lumayan enak seperti baru aja. putar setir pun makin enteng.

by Yogi Mukti Purnama
sumber : FB AIC

Comments

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

cara parkir dengan transmisi netral di Honda HRV matic {gun2016}