Share perbaikan Alternator Aerio dan ganti shockbreaker dengan Baleno {AgenDunia}

 gambar 1 - alternator siap dipasang
Fr gan,
Kemaren ganti alternator di bengkel dekat pertigaan yang mau ke Vila dago tol.
Rencananya mau ke tempat si Ari di BSD, tapi mobil mogok pas banget di depan ini bengkel. *Emang rezeki ga kemana..

Setelah dibongkar, ternyata hanya body alternator doank yang masih bisa dipake .. Sisanya diganti pake bekas punya honda tapi ga tau tipe apa.


Nego2 akhrinya deal di harga 950rb plus bongkar pasang. Berikut prikitiuwnya:

 gambar 2 - Waktu dibongkar
 gambar 3 - gulungan udah bocel2 kabelnya
 gambar 4 - jeroan alternator
Berhubung bengkel ini juga ada jasa perbaikan per dan teman2nya, ane iseng aja nanya kalau mau nambah tinggi per belakang berapa biayanya sekaligus minta cek sok sebelah kiri kenapa bunyi2. Terus dia kasi harga 150rb termasuk pasang.

Akhirnya dibongkarlah per ane, setelah dibongkar dan mau dikasi ganjel ternyata bautnya pendek dan stok baut dia lagi kosong. Udah gitu shock sebelah kiri ane ternyata olinya udah kemana2. Sama dia ditawarin shock punya baleno second harga 350rb. Yaudah akhrinya niat buat nambah tinggi ane pending dan jadinya malah ganti pake shock ini buat sementara. Soalnya kadung dibongkar.

gambar 5 -  shock lama vs shock baleno 2nd
Ringkasan:
Biaya reparasi + bongkar pasang alternator = 950rb
Biaya ganti shock 2nd = 350rb
Total Jenderal = 1300rb
Total waktu pengerjaan = 10.00-19.00 = 9 Jam

Sekarang masih ditest. Perubahan yang paling berasa adalah lampu indikator sudah mati dan genjotan serta bunyian2 di bagian roda belakang sudah oke dan ga berisik lagi.
Sama satu lagi ada yg masih dalam tahap investigasi, putaran fan AC lebih lambat dari biasanya. Apakah ada hubungannya dengan perbaikan alternator ini?


Sekian laporan dari ane. 

Cerita sebelumnya : 
Selamat malam om,,
Mau numpang curhat lagi niy..
Kemaren ane ada keperluan belanja di sebuah supermarket yang kira2 10KM dari rumah ane. Pas berangkat ga ada problem sama sekali. Kira2 udah mau nyampe tujuan, tiba2 lampu indikator aki nyala. Karena udah deket ane ignore dulu aja itu lampu. Sampe disini masih blm ada gangguan berarti, semua masih normal seperti AC, wiper, dll.
Pas mau balik, ane udah deg2an mobil bisa nyala ato nggak. Pas distart ternyata masih bisa. Ga pake lama, ane langsung nuju pulang. Pas dijalan satu persatu alat2 mulai seperti kehilangan daya. AC udah lemah hembusannya, terus ane matiin, wiper kyk gemeteran lemes gitu, terpaksa ane set di mode interval, padahal hujan lumayan gede. Terus yang paling parah lampu utama lama2 redup.. .. Kira2 1 km dari rumah ane, itu lampu udah ga ada nyala sama sekali.. Tapi alhamdulillah ane sampe juga dirumah dengan keadaan aki kosong sampe2 kaca jendela sama spion udah ga bisa nutup lagi.
Tadi pagi ane coba bersihin katup +/- aki sama sekalian liat2 apa ada kabel yang copot. Abis itu nyoba start ternyata bisa nyala. Tapi indikator aki masih nyala.
Kira2 problemnya apa ya om? kalau aki lemah bisa picu lampu indikator nyala juga ga? ato emang alternatornya yang dah rusak?
maap om kepanjangan curhatnya 

sumber : kaskus

Comments

most read in a week

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

DIY : Fix jok baris kedua Mobilio yang tidak mau melipat ke depan {andyles}

DIY : Modif jalur camera mundur agar bisa mode AUTO / ALWAYS ON / OFF