DIY : menyambung cop busi Aerio yang patah dari koil {nee_tja}

gambar 1 - koil yang patah
Kejadian di pagi hari. Rencana mo nge cek busi, tau-tau pas buka koil.. ehhh.. copott daahhh... rpanya bekas ngelemm ntuhh koil..

yang harus disiapkan :

  1. koilnya (gambar 2)
  2. epoxy (gambar 3)
  3. silicon seal (gambar 4). Ane pilihnya yang putih buat aquarium karena ane beli auto seal yang merah, kek nya gak yakin bagus. jadi ane pake aja dah yang putih silicon-nya yang biasa buat aquarium
  4. cutter

gambar 2 - epoxy
gambar 3 - silicon seal
Bersihkan kedua permukaannya dengan menggunakan cutter, di kikis pelan-pelan sisa sealant sama lem yang dulu nya
gambar 4 - siapkan koil
gambar 5 - bersihkan dari sisa sealant lama
berikan silikon pada salah satu permukaan terlebih dahulu sebelum mengaduk lem epoxy, karena silikon mengering lebih lama (sekitar 1 jam), silikon diberikan di area terluar diratakan pake pipet aq*a gelas, tujuan silikon sebagai isolator aja.
gambar 6 - pengeleman
epoxy ny di-aduk, tuang secukupnya, gerak nya agak diper-quick karna nii lem cepet amir keringnya (sekitar 5 menit setelah diaduk)
gambar 7 - siapkan epoxy
berikan lem epoxy pada sisi koil lainnya pada area dalam (dekat konduktor) tujuan, d harapkan agar arus yang ada gak bocor dan melewati epoxy.
gambar 8 - beri expocy
rekatkan kedua permukaan, atur posisi seperti bentuk awal koil sebelum rusak. pastikan konduktor di dalem gak tertutup epoxy yaa gan.. 
gambar 9 - rekatkan
setelah direkatkan, ane nahan diposisi gitu ampe kurang lebih 30 menir dgn asumsi epoxy d dalem dahh mulai keras. lumayan pegel sih megangin gituan
gambar 10 - menunggu kering
gambar 11 - setelah 30 menit
Abis nahan 30 menit, ane pasang aja tuhh koil d tempatnya sambil d bautin supaya posisi ny fix n buat pengeringan lebih lanjut.
gambar 12 - dilanjutkan pengeringan kondisi terpasang
setelah sekitar 4 jam ane biarin, trus ane cabut lagi tuhh koil buat ngeliat hasilnya.
gambar 13 - setelah 4 jam

taraaaa!!! ini hasil kerjaan ane//
selanjutnya ane pasangin ke oreo, coba d start, alhamdulillahh nyalaa...
sekian laporan dari ane, semoga membantu yang senasip sama ane

by nee_tja
sumber : kaskus

Comments

most read in a week

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

DIY : Fix jok baris kedua Mobilio yang tidak mau melipat ke depan {andyles}