Pos

Menampilkan postingan dari Desember, 2013

Share ganti klakson keong di Ertiga {anakcumiasin}

gambar 1 - posisi klakson orisinil dan posisi klakson keong
Ganti klakson keong denso + relay bosch klakson
hasilnya.... ajib....
Posisi klakson ori ane rubah karena klakson keong kalau dibawah takut kena air nanti rusak... 

ada sedikit trik+tips untuk pemasangan keong...

Share bubut disc brake Livina hilangkan gejala setir berguncang saat pengereman

gambar 1 - bubut disc brake Livina di Nawilis
walaupun udah ada yang pernah posting barang kali...tapi kali ini coba mengulas kembali dari gejala-gejala yang saya rasakan pada mobil saya sendiri...odometer sekarang 114975 km
Yang dirasakan udah terlalu lama mengganggu kenyamanan di saat pengereman..

  1. Di tol saat posisi di atas 100km terus mengerem... stir langsung berguncang sadis... kadang sampe pegang stir kenceng2.. bahkan terkadang suka lari posisi muka mobil ke kiri yang paling sering...
  2. Saat jalan pelan dan ngerem dalam kondisi santai. Terasa seperti ndut ndutan...


Share pergantian Coil APV untuk Aerio made in Hungary {Niladyo}

 gambar 1 - Bungkus kardus Coil
Sebelumnya dirasa kok boros banget, aneh, tekanan ban ok, ternyata filter kotor dan coil patah pas diangkat mau set celah busi. Gak ada brebet sih, sempat tambal, tapi ada perasaan tarikan kok lemot, rupanya filter udara JFC pakai oli, jauh lebih cepat kotor, begitu cuci - tanpa oles-oles oli, keringan aja, beres dah..:). Suara mesin lebih halus, lebih ngisi, coil umur aja, jadi sekarang dua-dua-nya pakai ala coil ini, sebetulnya ada lagi coil yang harganya 270rb - di bawah ini cuman buatannya jelek dan gak meyakinkan. Ambil yang ini, SGP import oleh Indoparts, dari Hungary, yang jadi salah satu basisnya pabrik Suzuki di Eropa.

DIY : Pasang repair kit master rem atas Aerio, sembuhkan rem kadang tidak pakem

gambar 1 - repair kit dan master rem atas Aerio
Rem beberapa minggu belakangan kadang ga pakem sama sekali dan mesti dikocok rem-nya baru dapet pakem-nya. Langkah pertama dicoba bleeding, hasil ok untuk 1 kali jalan, berikutnya udah kambuh lagi. Langkah kedua turunkan master rem, bersihkan, bleeding lagi, hasilnya 1 hari ok dan terasa lebih pakem, besoknya udah kambuh lagi. 

Share penggantian Throttle Position Sensor Aerio penyebab sendat mesin {Firwandy Satio}

gambar 1 - TPS

Dear all Oreo lovers...share penggantian TPS Oreo, beruntung dpt copotan ori nya Rp 350rb..
Klo baru diatas Rp 1,1jt, dan ini link fungsi TPS pd umumnya...http://agungwibowo92.blogspot.com/2013/05/semua-tentang-throttle-position-sensor.html?m=1
(atau link berikut)

DIY : ganti per belakang Grand Livina dengan Eibach Pro Kit {nissanlovers}

 gambar 1 - Eibach pro kit
Bila agan-agan yang ingin mengganti per belakang aftermarket masih bisa dilakukan sendiri loh ( atau berdua dibantu temen )
Kalo per depan sih susah booo.

Gambar 1 : per belakang yang kecil ( 2 per gambar yang tengah )

DIY : cuci / poles mika headlamp Grand Livina yang butek dan kuning

 gambar 1 - bahan-bahan
amunisi : compon 3m, amplas 2500, amplas 1000, air, sabun colek, kain

Share beli wheather strip KW Aerio, KYB Excel G Jepang, karet support shock {Ahmad Arief}

gambar 1 - belanjaan

Akhirnya mesti belanja shock belakang KYB excel G yg jepun (Rp 1,170jt) + karet support (@Rp 250rb) + weather strip depan kiri kanan imitasi tp brbarcode SGP (@Rp 150rb) di sentosa motor... thx to Oom Aditia Ekalaya N Oom M Rokhman buat info almt toko n rekomen nya hehehe... #nb : weather strip langsung pasang sendiri pas sampe rumah... paling gampang soalny ;))

DIY : Review Soft 99 Glass Refresh untuk pembersih jamur kaca Ertiga {solid_gear}

 gambar 1 - Pembersih jamur kaca, Glass Refresh by Soft99
Selamat siang, agan agan kembali ane mau review pembersih Jamur kaca, kali ini produk yang ane gunakan Glass Refresh dari Soft99, bisa di beli di Ace Hardware dengan harga 210K. langsung aja ya gan Cekidot.


Paket disediakan 1 buah botol berisi cairan pembersih dengan kapasitas 80ml dan 1 buah aplikator pad khusus (gambar 1).

Review wiper moon hybrid di ERTIGA {solid_gear}

 gambar 1 - penampakan wiper moon hybrid
Siang agan - agan, ane mau sedikit review tentang wiper bawaaan ertiga, karena beberapa hari hujan lebat pake wiper standar di neng erti ane bener2 ngga nyaman, jeda waktu setelah sapuannya kaca burem ya walaupun akan hilang, tapi lebih parahnya lagi dalam kondisi macet makin burem sapuannya siwer dah mata ane.

kebetulan kemarin jalan2 ke Ace, nemu wiper merk Moon Hybrid dengan ukuran 14" dan 22" langsung deh ane tebus dan pasang saat itu juga, setelah keluar kebetulan hujan dan ane coba alhasil puas banget sapuan kaca jauh lebih baik dibanding wiper standar, mulus....lusss.... semulus paha Luna Maya gan....


Bagi temen-teman yang mau ganti wiper, Moon Hybrid ini bisa dijadikan alternatif dengan harga sepasang 140.000 (2 buah ukuran 14" dan 22").

DIY : kunci Suzuki Next G menyatu dengan remote alarm blackjack

 gambar 1 - kunci Next G menyatu dengan remote alarm Blackjack
Udah lama sih sebenernya pasang alarm ini, di Next G alarmnya juga ngaco, kebetulan ada alarm Blackjack di teman, harga super murah karena harga teman. Ya namanya murah fiturnya juga alakadar untuk buka tutup pintu, plus ada output untuk anti starter, ga ada sensor getarnya. Kali ini tidak review pemasangan alarmnya karena simpel bener dibanding pemasangan alarm mGuard+, pengkabelan juga tinggal niru pemasangan di Aerio.

Remote alarm Blackjack ada kunci menyatunya, sebenernya bisa dibawa ke tukang kunci untuk dibuat duplikatnya. Kebetulan Next G cuman dapat 1 kunci + remote saja, dan dapat 1 kunci duplikat non ori. Nah kunci duplikat non ori ini yang newbie coba oprek biar bisa dipasang di remote alarm Blackjack.

Ganti radiator Next G dengan alternatif {wirasaja}

gambar 1 - radiator baru
Akhirnya datang juga.. kiriman dari sentosa suzuki.. 1250k sampai jogja, radiator, karet support atas 2, bawah 2, selang outlet radiator 1, but sayangnya part pendukung selain radiator salah kirim semua ( kodepart keliru 1 huruf semua ) , walah..
memang diminta untuk retur.. cuma berhubung keterbatasan waktu juga.. sementara pakai yg lama dulu, n part pengganti dibalikin uang dulu.. 

DIY : Pasang Tire Pressure Monitoring System - TPMS - pada Grand Livina {syahrul763}

 gambar 1 - TPMS OEM Nissan
Nubitolisme akut ijin sekedar share.....

Berawal dari kurang rajinnya seorang nubitolisme akut untuk melakukan cek tekanan ban secara rutin, akhirnya memilih jalan pintas dan instan walopun harus merogoh kocek lebih dalam
Selain itu mengikuti petunjuk suhu" dan mastah" disini intuk melengkapi fitur dari boil kita dan tidak hanya mengeluh fitur yang diberikan oleh pabrikan ....Talk Less Do More klo kata sponsor


Alhamdulillah akhirnya TPMS OEM Fit Nissan dengan sensor eksternal bisa nancap di dashboard si Dark Red cupu aliran modif selow. Disini ogut juga tidak berniat melakukan promo produk tertentu (bukan sales ) tapi hanya lebih pada cara pemasangan yg dilakukan sendiri (DIY).

DIY: Isi Freon R134a Kaleng {Daniel Setiawan}

 gambar 1 - Freon R134a KLEA
Problem AC tidak dingin ini sebenernya sudah sejak Oktober'13 lalu, saat itu langsung dibawah ke bengkel dan saran bengkel ditambah freon saja, dan kata bengkel ada bocor halus. tapi baru satu bulan ditambah freon AC sudah tidak dingin lagi, so.. sudah pasti di system AC ada yang bocor.
Hasil inspeksi visual pipa2, kompresor, condenser, tabung filter dryer semuanya kering tidak terlihat basah oli. (cuma evap yang belum di cek krn susah bongkarnya)
untuk menutupi rasa penasaran, akhirnya diputuskan untuk nyoba ngisi freon sendiri. berikut bahan2 dan cara pengisian freon di Baleno Next-G a.k.a LIANA:
1. Freon R134a kemasan Kaleng 390gram. (gambar 1)

DIY : Bubble/Vapor Injection untuk Aerio {Aditia Ekalaya}

 gambar 1 - diagram bubble/vapor injection
kang... iseng-iseng bikin vapor injection nih.
Efek yang kerasa sih tarikan bawah ada peningkatan tapi kayaknya cuaca ikut berpengaruh.. FC (fuel consumption) blom diukur.
liquid yang udah dicoba..  : premium dan air suling. Pakai bensin malah bikin campuran bensin terlampau rich.. air suling terasa lebih baik. Mesin lebih halus dan tarikan bawah nya ada peningkatan. Blom coba kl campuran air + alkohol...kalo pure alkohol kayaknya ntar mirip bensin... terlampau cepet abis menguap

Share cara melepas/ganti fuse utama 80 Ampere Aerio {Rofiki}

 gambar 1 - Fuse utama 80A
Nambahin cerita lucu nie..
Kemarin ganti aki karena dah soak, udah 2 tahun 9 bulan..cuman waktu pasang lagi salah pasang kabel-e (plus dan minus), akhire kornslet. Setelah tak pasang lagi malah mati pet…Setelah dicari-cari ketemu main fuse yang putus…..waktu saya coba cabut main fuse, ternyata susah sekali, sampai saya paksa. Tapi malah yang ketarik bodi nya aja, tembagan-mya masih nempel dibadan fusenya…karena bingung akhire beli fuse di BERES kena Rp. 35.300.di Beres nanya sama mekaniknya, ternyata ada baut nya..buka baut pake kunci 10 atau obeng plus biasa juga bisa. Pasang beres dech

Report ganti magnet kompresor AC Aerio {Rofiki}

 gambar 1 - socket magnet yang rusak

Mau report soal penggantian magnet clutch…Ceritanya dulu pernah ganti magnet set 650 rb (magnet, center piece+pulley)..baru 3 bulan mati-hidup lagi AC…setelah dicari-cari ketemu arus ga masuk, jadi socket yang ke magnet oblak (mungkin kesenggol mekanik waktu mbenerin Power Steering yang bocor). Untuk smentara saya klem aja pakai insulock, bertahan cukup lama sampe setahunan…akhirnya jebol juga tapi. Socket sampe keluar kayak gambar 1

Ganti radiator aerio dengan orisinil SGP {Ebot Feng}

 gambar 1 - proses pemasangan radiator baru

ganti set radiator orisinil SGP. saya titip teman untuk set radiator nya (entah kemahalan/tdk, maklum masih nubi) belanja 3,3jt + coolant 25rb + ongkos jasa bongkar pasang (sekalian cek ringan yang lain 100rb) total 3,425....plus serba serbi selama di bengkel (kopi+rokok+air mineral) 25rb....wkwkwkwk..

Share penyemprotan anti karat ziebart {kenutz}

gambar 1 - proses penyemprotan
Sama om, saya pake Ziebart di Semarang, bl Juli lalu, kena 1,4. (Mungkin pas promo)
Tidak pake acara nglobangi bodi, karena dilepas semua doortrim dll..

penampakannya Gan...

DIY : tambal ignition coil Grand Livina yang bocor {kedensa}

gambar 1 - Coil
Salam sejahtera agan2 suhu semuanya....
minggu kemaren baru kelar ganti kopling set...
eeehhhh adaaa lagi tiba2 mesin pincang.... mungkin karna ke enakan karna kopling set baru... kaki jadi kaga tahan maunya bejek terus.. hehehe sampe bensin berasa minum GLEK GLEH Aaaahhhhh
gak lama kemudian.. mesin langsung bergetar tiba-tiba.. coba dengerin di knalpot... iya ternyata kayak brebet... curiga antara Koil dan busi...
gak pake lama.. besoknya langsung saya coba bongkar.. dengan modal nekat tak preteli satu2.. paling kalau gak mau nyala ya Derek ke bengkel

Suara berdengung di bawah dasboard pada kecepatan 80 - 100 kpj akibat bearing roda Grand Livina {hendra.prasetyo}

gambar 1 - wheel hub
Dear Agan/aganwati KLIK'ers.
Ane mau sharing pengalaman ane kemarin. Ceritanya mobil ane ada suara berdengung di sekitaran depan bawah kabin di kecepatan 80-100kpj, suara berdengung tersebut sangat mengganggu. Setelah ane berowsing2 diinternet jarang ada review masalah tersebut untuk grand livina. dari hasil browsing adalah suara tersebut berasal dari :
1. Roda/ban yang kondisinya sudah tidak rata. ( actionnya : dipindah ban depan kebelakang. jika suara hilang berarti masalah dari ban yang ditukar )

Action ANE : Ane udah pindah2in ban tapi hasilnya masih sama . asumsi ane mungkin ban nya yang sudah getas padahal kembangnnya masih tebal.

Share : Ganti pompa Power Steering Aerio dengan APV {Diar}

gambar 1 - Pompa PS APV
Secara fisik besar pompa APV dan pompa Aerio sama.

Sebetulnya yang bingung cari penyebabnya, misal mobil kalau pagi keluar garasi, itu setir ringan. Terus empuk, selang beberapa lama dipakai kayak kaku dan agak berat. Setelah tanya-tanya ma mekaniknya akhirnya diputuskan beli pompa Power Steering APV. Mekaniknya sudah pernah rubah PS Aerio dengan APV pas mekaniknya masih ikut orang, sekarang dia usaha bengkel sendiri.

DIY : Apply Glaco Rain Repellant di kaca, air seperti di daun talas {niladyo}

gambar 1 - Glaco rain repellant
Cara pakai :
* gosok memutar (gambar 2)
* Tunggu kering sampai berkabut
* lap chamois semi damp
* lanjut tissue untuk bebas kabut di kaca bekas sapuan lap chamois.