Jumat, 30 Agustus 2013

DIY : membetulkan sensor/switch pintu kiri belakang Next G

 gambar 1 - lokasi switch pintu
Kali ini DIY simpel aja, soalnya kalau pintu kiri belakang Next G di buka, lampu kabin kadang suka ga mau nyala sedangkan pintu yang lain ga masalah.

Share penggantian CMP dan CKP penyebab mesin pincang {wirasaja}

gambar 1 - Nota dan box CMP CKP
sore suhu2..
report penggantian sensor...
ada 2 buah.. posisinya kira2 diatas dan dibawah..

Gejala :
mobil ketika sudah mencapai suhu optimal..
dan ada load berlebih ( AC hidup )
putaran mesin tidak mau digas lebih dari 3K rpm..
dicoba ditekan gas lebih dalam, mesin tersendat pincang dan akhirnya batuk2 mesin mau mati..

awalnya dikira gejala trouble di pengapian or pompa bensin..
coba ulangi lagi.. cuma waktu kejadian, AC langsung saya matikan + rpm diturunkan hingga max 3K rpm ( jadi jalan gigi 2an ) mesin mau nurut..
begitu ditambah dikit melewati 3K rpm ndut2 dan mau mati2 lagi..

Membetulkan central lock Aerio yang macet {jwang}

 gambar 1 - pembuka pintu
Mau share hasil perbaiki central lock pintu kanan belakang oreo ane.

Berawal dari central lock pintu belakang yang gak ikut kunci/buka waktu tekan remote, trus ane sempat konsul dengan om Singachu dan dikasi link perbaikan central lock serta berbekal link petunjuk buka doortrim, akhirnya ane memberanikan diri untuk coba bongkar sendiri.
Ane mulai dari buka skrup di handle pembuka pintu (gambar 1)

Share ganti drain plug di blok mesin Aerio penyebab air raditor habis terus {dimas depe}

 gambar 1 - drain plug dan sisa kerak kebocoran
drain plug yang di blok mesin dua duanya keropos. mungkin ini yang bikin air habis terus. udah diganti.  kalo buka di epart suzuki dia ada di bagian cyilinder terus yang nomor 6 om. bentuknya kayak koin gitu. pas diganti dia ada bolong di bagian bawahnya jadi air nets dari sana. kalo butuh fotonya bagian blok mesin ane masih ada sisa sisa karat sama putih2 di deketnya bekas tetesan air yang keringnya dulu. kalo mau ane fotoin besok pagi ane potoin

Senin, 26 Agustus 2013

Ganti alarm bawaan Aerio dengan mGuard M1+

 gambar 1 - Isi kemasan
Beberapa bulan terakhir alarm rewel terus-terusan, sudah ganti baterai nya dengan yang baru hanya bertahan beberapa hari saja. Setiap kali di-reset alarm kembali normal tapi hitungan 1 atau 2 hari sudah ngadat kembali, kadang ga bisa buka kadang ga bisa tutup. Akhirnya pakai kunci manual tanpa aktifkan alarm. Cukup ribet dibandingkan cuman pencet tombol remote, dan lagi mobil tidak terlindungi oleh alarm. Akhirnya dari tanya sana-sini baca sana-sini cari referensi, diputuskan beli alarm mGuard M1+ seharga 540rb dengan garansi 5 tahun, belum termasuk pemasangan. Cukup mahal, tapi memang pingin cari yang bertahan cukup lama dan berkualitas, jaminan 5 tahun menjadi salah satu faktor pendorong untuk memakai alarm ini, selain beberapa komentar di forum-forum.

DIY : setel sensitiv sensor getar alarm Nissan Grand Livina {syahrul763}

 gambar 1 - kontrol sensor getar

Sebelumnya mohon maaf kalo repsol...Nubitolisme akut sekedar share tentang sensor getar livina family, dimana letak sensor dan setting sensitivnya yang mana ini merupakan faktor keamanan di mobil kita. Mumpung boil lagi dibajak interiornya, iseng" nyari sensor getarnya. Penampakan bisa dilihat di gambar 1 dan 2.

DIY : membersihkan Oil Catch Tank {Febrian Imansyah}


gambar 1 - Oli yang tertangkap
Kelanjutan dari pemasangan sebelumnya,  berikut report pembersihannya.

Senin, 19 Agustus 2013

Tutorial DIY Carbon Clean Nissan Grand Livina {515635}

 gambar 1 - tools
Kemarin liburan mumpung bisa santai di rumah dan ada waktu buat bongkar mobil, ane carbon clean livi ogut pake cara RSJM. Carbon clean RSJM sebenernya bisa dilakukan sendiri, cuma bedanya reset ECU pakai cara manual (kecuali punya Consult III). Bedanya reset manual vs consult, kalo reset manual timing harus pas + olahraga kaki, consult tinggal klak klik aja Untuk idle air learning, kalau pakai consult jika ada parameter yang belum tercapai, dikasi tau...misalnya temperatur coolant belum panas, kalo manual harus kira-kira sendiri. Langsung aja ini dokumentasi dan tutorialnya....

Pembetulan thermostat case yang jadi sumber kebocoran air radiator {dity168}

 gambar 1 - thermostat case sumber kebocoran
Berawal dari seringnya air radiator berkurang di tabung cadangan. Dalam seminggu bisa berkurang setengah tabung. Setelah beberapa hari mencari-cari sumber kebocoran akhirnya ketemu juga. sumber bocor berasal dari Case comp thermostat dan selang yang menuju heater dibagian belakang water pump dibawah intake manifold.

Jumat, 16 Agustus 2013

DIY : melepas jam dashboard Aerio Facelift {erste2612}

 gambar 1 - Jam yang hendak dilepas
Angkat saja penutupnya sehingga nampak seperti gambar 2

Relokasi condensor spray cooling tank

 gambar 1 - Bikin braket
Dari modifikasi bikin semprotan condensor AC, ternyata ada kelemahan di air yang terus menetes karena lokasi tabung lebih tinggi dari lokasi nozzle semprotannya. So pingin coba lagi pasang di dekat tetesan buangan air AC. Akhirnya senin 12 agustus 2013 kemaren mumpung masih libur, coba bikin braket dari plat no bekas untuk bisa diselipkan di dudukan tabung wiper (gambar 1 dan gambar 2).

Share ganti link stabilizer alternatif merk Heiker untuk Aerio Facelift {mkramahdan}

 gambar 1 - Joint aftermarke merk Heiker
Kemarin cari joint stabil depan karena udah oblak jadi bunyi gluduk-gluduk buat aerio new model...tanya-tanya yang SGP punya...harganya lumayan..Rp. 280 rb/pcs
Gak tau keluaran Suzukinya sendiri atau bukan yg di bandrol SGP.
Cari di forum sebelah yang KW untuk part ini...ternyata ada yang make merek Heiker untuk Grand Vitara...
Akhirnya coba cari buat aerio...ternyata dapat juga hehehe...

Selasa, 13 Agustus 2013

DIY : membersihkan filter udara aftermarket Simota Grand Livina {aquaplus}

 gambar 1 - bahan

hola, pas liburan ada waktu luang untuk membersihkan air filter aftermarket merk simota. Degreaser Astonish harga 29rb an, dan oli matic multipurposes harga 65rb an, semua belinya di toko perangkat keras terkemuka. Kalau beli yang cleaner + oil merk dari produsen air filter, costnya sekitar 2.5x lebih mahal

Jumat, 09 Agustus 2013

DIY : Pasang Hood Insulator Veloz di All New Avanza {Jendraljack}

 gambar 1 - kap mesin tanpa hood isulator
kemarin ane abis pasang insulator hood gan aka peredam kap mesin, secara ANA gak dapet peredam kap mesin enggak kayak veloz..

langsung aja pamer penampakan..

DIY : cara setel ketinggian sorot headlamp All New Avanza / Xenia {Ejecutar}

gambar 1 - setelan sorot cahaya headlamp
Mobil ane (Xenia) dan ipar ane (Avanza) setelan headlamp-nya ketinggian.
Kalo di Jakarta, hampir gak ada yang nge-dim ketika berpapasan dengan ane. Tapi giliran dibawa ke daerah, buanyak banget yang nge-dim. Setelah meminta wejangan dari suhu HID aka om TJ dan sedikit trial and error, akhirnya ane bisa juga menyetel headlamp yang ketinggian.
Sebelum menyetel, cari lokasi yang ada temboknya dan sebaiknya di malam hari. Kemudian nyalakan lampu pendek ke arah tembok utk melihat sama/tidaknya setelan headlamp kiri dan kanan.

DIY : Tutorial Instalasi Filter Kabin AC All New Avanza/Xenia {pwr_maenps}

 gambar 1 - pemasangan filter kabin / blower AC All New Avanza

Share sparepart filter cabin All New Avanza / Xenia {mylaff}

gambar 1 - nota
Semoga membantu untuk yang ingin cari filter cabin untuk Veloz/New Xenia.
P/N dan harga serta penampakan nya.

DIY : membetulkan bumper All New Avanza yang penyok {Ejecutar}

gambar 1 - foto pengerjaan
Iseng-iseng, pagi ini ane coba menghilangkan penyok bemper belakang karena diseruduk motor. Kemarin tanya sama orang bengkel sebelah ane, dibilangin 'coba aja pake hairdryer trus diketok2'. Ane praktekkin ketok-ketok pake palu, ternyata susah buanget.

DIY : Cara membuka panel Head Unit All New Avanza {Jendraljack}

 gambar 1 - lepas bagian atas
Berhubung ada beberapa nexa ranger yang menanyakan cara membuka panel HU, maka ane iseng iseng bikin tutorialnya..semoga berkenan
Tutorial Membuka panel Head unit dashboard

Alat yang dibutuhkan :
1. Obeng Plus (+) atau sebutan lainnya obeng kembang
2. tangan

pertama yang harus dilakukan adalah :
1. tempelkan jari tangan ke kisi kisi AC bagian atas, dan jempol tangan di bagian depan kisi kisi AC, lalu tarik perlahan dan pasti ke arah seperti terlihat pada panah yang ada pada gambar 1.

DIY : pasang pilar / garnish Veloz di All New Avanza {jendraljack}

 gambar 1 - part
share lagi ahh..pasang pilar/ garnish veloz di All New Avanza

Kamis, 08 Agustus 2013

DIY : Modif pasang condensor spray cooling

 gambar 1 - bahan-bahan
Terinspirasi dari om Aditia Ekalaya di FB AIC Group, pingin pasang juga semprotan wiper ke Condensor AC biar AC lebih cepat dingin, terutama saat mobil abis kejemur pinginnya AC kerja lebih cepat untuk mendinginkan ruangan. Teorinya karena AC sistemnya adalah memindahkan kalor dari kabin melalui evaporator dan melepaskan panasnya lewat condensor, maka bila condensor semakin cepat melepas panas maka kerja AC mentranfer/menyerap panas kabin juga lebih cepat. Selain dengan kipas salah satu caranya dengan menyemprotkan air.... silahkan saja dicoba saat mobil kejemur kepanasan, semprot condensor depan dengan selang air, AC akan lebih cepat dingin, hanya saja cara tersebut tidak selalu aplicable. Dari sana dasar ide menyemprotkan air pakai nozzle wiper timbul

DIY : pasang jam dashboard phanter di Aerio

 gambar 1 - Jam dashboard yang menyala dalam kegelapan
Iseng-iseng sebelum "mudik", pesenan datang dari tangomotor.com. 

Sengaja pilih jam tipe ini dibanding jam digital LCD Display karena selain lebih tahan panas ketika mobil terjemur matahari (LCD Display cenderung menghitam ketika kepanasan), juga karena display angkanya merupakan cahaya yang berpendar sehingga nampak jelas di kegelapan dan mudah dibaca dari berbagai sudut. Selain itu untuk menyimpan jam cukup dari aki tidak perlu battery terpisah jadi tidak repot beli dan ganti batere terpisah.
Barang ini adalah jam dashboard phanter kotak seharga Rp85.000,- Dilihat sepintas sepertinya produk KW. kemasan kotak putih polos, tidak ada kertas petunjuk, tidak ada logo tidak ada tulisan apa-apa. Satu-satunya petunjuk hanya di sticker yang menempel di balik produknya (gambar 2). Built quality terlihat kasar, bahkan saat mengeluarkan dari kotak pertama kali, mika penutupnya lepas sehingga terlihat rangkaian di dalamnya, untungnya bisa dipasang lagi cuman ditekan aja sistim kuncian. No problem lah..... 

Senin, 05 Agustus 2013

Ganti shock KYB Excel G dan kencangkan baut caliper cakram {komplonk86}

 gambar 1 - pengerjaan di Ari Suzuki BSD Autopart
Bunyi gluduk-gluduk di Aerio, sumber dari shockbreaker. Lagi ganti shock nih di bang Ari.

Share ganti cover radiator yang bocor, engine mounting, ban dunlop LM 703 {Herman Antoni}

 gambar 1 - kepala radiator diganti kuningan

Radiator bocor, dicek di BIT Diponegoro Surabaya, ternyata bocor di cover plastiknya. Disarankan ganti cover dengan kuningan, kena 600rb. Pengerjaan dengan bengkel rekanan - Original radiator - 031.70128745. Pengerjaan include cuci dan coolant.

Share membetulkan motor power window Aerio yang macet {Halim Eka}

 gambar 1 - Proses buka casing di pintu supir
Kaca jendela sisi supir Aerio sempat beberapa kali macet, di bawa ke Arjuno - Surabaya untuk diservice dan hasilnya lancar kembali.

Jumat, 02 Agustus 2013

Share pergantian outer cv joint LKS untuk Aerio matic {jalanbuntu}

 gambar 1 - CV Joint LKS
Kalau belok ada kadang bunyi tek tek, Beli di sentosa motor, 170rb, LKS
Ongpas 100rb di bengkel deket rumah

DIY : Ganti lampu laci duit Aerio facelift yang putus {Febrian Imansyah}

 gambar 1 - Lampu kecil tempat duit sudah menyala kembali

Lampu kecil sudah bisa menuala lagi, minta diganti ternyata. Kecil banget ternyata (gambar 2), lampunya 2000an. Ternyata agak susah juga membukanya

DIY : Perbaiki piston rem cakram Aerio yang macet {Aditia Ekalaya}

 gambar 1 - Piston caliper rem yang bikin macet
ack...pagi2 udah harus bongkar kalipet rem. macet euy. biang keladinya gambar 1. mo saya ganti aja... karatnya parah, tapi ga nemu.... nyusul aja deh ganti piston nya entar..
gejalanya : mobil terasa berat, konsumsi bensin jadi rakus. velg panas dan bau hangit.

Kamis, 01 Agustus 2013

DIY : Sealing lubang depan kiri roda depan Grand Livina {yale}

 gambar 1 - 3M Extreme Sealing Tapes
sore gan,
mau share, ane kemaren iseng-iseng cuci mata di ace kebetulan nemu sealing tapes punya 3M penampakannya seperti gambar 1. Langsung kepikiran celah depan kiri yang belum sempet ditutup, krn emang dari minggu lalu mau service 1000km di beres ngantrenya masyaAlloh
akhirnya langsung ane bayarin walopun DCnya mayan juga 65k, tapi ane pikir bakal bagus nih kan sealent pasti waterproof, dan gampang dibersihinnya kalo nanti mau dilepas. buru-buru ane capcus mandiin kolongnya si neng livi