Pos

Menampilkan postingan dari April, 2013

Share overheat setelah pergantian thermostat dan vonis turun mesin {miketoyota}

gambar 1 - Nota Awal

Jadi ceritanya habis tune up, ganti busi, oli, dll di BIT (Buana Indomobil Trada) di jalan Diponegoro Surabaya yang merupakan rekanan AIC (Aerio Indonesia Club) dengan mendapatkan fasilitas diskon 15% jasa dan 15% part. Trus terdapat keluhan air radiator berkurang 2cm an kalau dipakai 1 bulan, jadi radiator dilepas dan dibersihkan. Thermostat didapati harus ganti, Jadi diganti sekalian.

Setelah servis ± 1 minggu-an waktu dipakai jalan macet tiba-tiba timbul gejala overheat fan 2 speed jalan terus dan mesin waktu posisi idle getar keras seperti mau mati kalau ga digas. Waktu dah dingin dicoba pakai jalan lagi ± 8 km posisi jalan lancar, sampai di tujuan di BIT mesin di matikan, kemudian ditest kunci kontak putar di ON tanpa hidupkan mesin tiba-tiba lampu warning Overheat menyala..
Ditest kompresi katanya silinder 2 dan 3 ga rata, Vonis awal harus di scrub, tapi ga ada ciri2 air mau meluber dari reservoir.

Share ganti engine mounting depan Aerio matic {jalanbuntu}

 gambar 1 - perbandingan emon depan
Share aja. Kemarin malam ngintip emon depan lewat sela-sela, kliatan ada yang reatk, akhirnya beli emon baru di sentosa motor atrium seharga 235 rb.
Tadi sore bongkar emon depan, ternyata kondisi memprihatinkan. Abis ganti getaran saat di D, brenti (injak rem) dan kompresor AC hidup masih ada getar meski berkurang. Curiga ada emon  lain yang harus diganti nih (emon kanan udah diganti).
Getaran yang terjadi cukup kerasa, misal tanpa AC, dari N pindah ke D smooth ga ada getaran, tapi begitu kompresor AC hidup, getaran kerasa.

share bubut disc cakram Grand Livina untuk menghilangkan getar pengereman {nissanlovers}

gambar 1 - bubut disc brake Grand Livina

Tempat start tyre muara karang, Bubut Rem Disc 175rb sepasang. Hasilnya rata kembali, stir geter ilang, rem nancep, disc makin tipiz


by nissanlovers
sumber : kaskus

DIY : Pasang Rear Camera di Grand Livina {ezluvty}

 gambar 1 - Rear Camera terpasang di Grand Livina

pertama Bongkar wood panel terlebih dahulu (baca di sini)

DIY : Buka dan bersihkan konsol tengah AC belakang Grand Livina {starwagon}


Atas petunjuk dari agan gayungtambunan, ane nekad membongkar sendiri konsol tengah AC belakang yg disembur muntahan anak ane. Yg bikin parah, posisi dia berdiri tepat di atas lubang kisi2 AC belakang, sehingga semua isi perut dia nyembur masuk ke dalam kisi2 AC dan sisanya mleber tumpah ke sela jok depan. Harumnya jangan ditanya gan...

Berikut cara bongkar, siapa tau ada yg alami nantinya hehehe

gambar 1 - Bagian-bagian console tengah AC belakang Grand Livina

Share pentingnya service rem Avanza - ganti minyak rem {azmech}

gambar 1 - ane di foto bokap lagi nyetel rem
Gan..ane mau share barusan habis servis rem boil bokap ane, avanza juga boilnya. Boilnya tuh jarang banget dipake...dari 2007 sampai skrg km-nya aja baru 39000-an....nah bokap bilang boilnya remnya kurang pakem. Ya udah barusan ane coba servis sendiri, ternyata kondisinya cukup memprihatinkan :


  1. Minyak rem udah butek, ane kuras gan di ke-4 bannya, yang aneh pas nguras nepel ban belakang kanan, itu keluarnya cuma sedikit sedikit banget, gak kayak yang lain ngocornya deres....cuma ane kocok kocok aja trus....sampe keluar cairan minyak yang item pekat banget....setelah itu keluar...eeh baru mau ngocor gan kayak yang lainnya....minyak rem nya abis 1 literan, yang DOT 3
  2. Kampas depan sudah tipis banget, akhirnya ane ganti baru, dapet bendix 225rb. Cuma bendix itu agak beda ama kampas oem TDW standardnya....kalo kampas TDW baru permukaannya rata semua kalo kampas bendix baru di tengah rata ke pinggirnya menurun
  3. Kampas belakang masih tebel aman, cuma ane amplasin, semprotin brake cleaner, grease, ama setel celahnya aja.


Tutup lubang di fender Grand Livina untuk mencegah lumpur / air masuk ruang mesin {nenglivi}

Original Posted By vinague ►
ternyata XV baru 2 minggu masih bisa masuk lumpur ke dalam kap mesin...
udah pernah dibahas kah agan" ???
 gambar 1 - Lumpur masuk ruang mesin

Share pentingnya periksa waktu produksi ban sewaktu beli ban baru {mysoul6000}


Sore semua,,
Maap uda lama ga hadir,,
Ternyata uda pindah rumah menyedihkan telatnyee,,

Ane mw share aja nih pengalaman yg baru terjadi sminggu yg lalu,,
Tapi sblmnya maap ni klo mungkin uda pernah di bahas, kali aja ada yg blm tau gitu,,
Ane baru tw trnyata deteksi taon produksi pembuatan ban bisa di lihat di dinding ban-nya .
Sminggu lalu ke PMK nyari dop velg ane terbang ntah kmana. Sasaran utama adalah toko tempat ane beli. Uda nanya katanya ga ada, mau pesan pun ga bisa dan malah lepas tangan ga mau bantuin.
Akhirnya keliling2 tmpt lain ga dpt juga. Sangking susah nyari dop-nya akhirnya TT di toko laen (klo laper mata gini nih ).
Rencana awal TT velg doang, ternyata pas di liat2 dinding ban ane 4-4nye retak.
 gambar 1 - Retak

DIY : Ganti Radiator Aerio {Ramdhan Zul}

 gambar 1 - Radiator taiwan baru beli di sentosa harga (950 rb)

 gambar 2 - Alat yang dipake

Service bunyi gluduk saat lepas kopling - Part One {Mas Tangguh}

gambar 1 - Tersangka Gigi satelit di differential gear



Bro and Sis miliser AIC,

Penyakit awalnya Oreo MT saya bunyi "gluduk" saat lepas kopling. Suara "gluduk' nya lumayan keras dan koplingnya berat bikin betis keram. Saya bawa Oreo saya untuk General Check UP di Beres Suzuki Dewi Sartika, dan hasil diagnosa katanya kena As Roda Dalam dan As Intermediate nya udah aus, Engine Mounting Depan/Belakang juga harus ganti, Plat Kopling juga sudah tipis. 
Total estimasi biaya di Beres : Spare Part 8 jutaan + ongkos jasa 1,5 juta = 9,5 juta. Saya minta daftar spare part dan kode part nya yang harus diganti.

Ganti arm - balljoint aerio KW Super di PJS {Herman AIC-326}

 arm ori vs kw

Keluhan awal ada bunyi-bunyian kayak benda berat diseret2. Baru 3 hari lalu. Pas mau belok bunyinya lebih jelas. Perkiraan aja itu penyakit kaki2 oreo yg dah 10 tahun. Setelah dibongkar emang balljointnya dah parah kayak mau lepas.
Balljoint sepasang 600rb (Arm kanan kiri KW super). Pasang stoper 20rb. Gantai karet stabilizer 4 buah (@5rb) = 20rb juga. Ongkos bongkar pasang total 60rb
Bunyi2 ilang total termasuk bunyi uang di kantong juga ilang X_X

Custom Front Bumper Cap Aerio Facelift menggunakan metal plat {Febrian Imansyah}

 gambar 1 - Custom Metal Front Cap
Front Bumper Cap depan Aerio Facelift sudah lepas. Aslinya 379 ribu,inden lagi...belum ketambahan nge cat....
Supaya awet, bikin Front Bumber Cap/Cover dari plat logam... Pemasangannya dibolt ke bumper....aman wis...anti lepas.
Proses Difabrikasi ama bokap... Secara dulu pernah punya bengkel...las,cat,repair....wkww..diberdayakan aja.....hehehe...

Ganti deklaher penyebab bunyi saat kopling Next G diinjak {sinxa}

 gambar 1 - Part lama

sejak 2 minggu trakhir, nextG ane ada gejala aneh.
kalo nginjak kopling (mesin nyala), ada bunyi yg kira2 suaranya mirip kalo mobil jalan mundur.... kebayang kan maksud saya??
suara ini muncul setiap kali injak kopling walopun cm separuh ato dikit aja. jadi klo bru mo jalan kan setengah kopling, atau pas jalan macet, ato mo parkir, atau pas pindah gigi. dan kalo saya perhatikan suaranya ngikut ma RPM, bukan ma kecepatan roda.
kalo dari dalam kabin ga begitu jelas suaranya om.... tp kalo dari luar lumayan jelas. saya sering denger pas kalo lagi parkir, jendela di buka... tuh suara kan mantul dari tembok.
dah kucoba gigi netral, injak kopling, lepas, injak, lepas, suaranya ya muncul pas di injak sedalam setelah pedal lewat jarak bebasnya...
sementara itu aku gak nemu gejala perubahan performance, misalkan seperti kopling aus atau apa. mnurut saya masih bagus, dan blom brubah jarak makannya sejak aku beli 3thn yg lalu. oh iya... km hampir 70rb.
Di atas adalah keluhan awal.


Pergantian Emon depan kanan (RH) dan Belt Aerio {Tri AIC311}

gambar 1 - Emon lama vs baru
Sore Om semua,

Mo share hasil penggantian Emon Depan kanan(RH) dan Belt
1. Emon depan kanan
Terlihat sebelah Kiri retak- sebelah kanan baru (gambar 1)
Beli di Sentosa Motor Plaza Atrium = 270 rb (KW)
Setelah diganti emon kanan depan (RH) oreo terasa nyaman om

Penurunan efisiensi Internal Busi membuat konsumsi BBM jadi boros

 gambar 1 - Autolite 985

Autolite 985 pertama dipasang di Jan 2012, sewaktu troubleshoot drop vacuum. Setelah pemakaian hampir 15ribu Km, di Maret 2013 terasa konsumsi BBM terasa boros ketika 2 kali berturut-turut melakukan pengisian BBM, biasanya berkisar 1:12 menjadi 1:10 lebih. Tidak ada gejala penurunan performance atau gejala aneh lainnya, hanya pemakaian bensin yang biasanya bertahan 8-9 hari, menjadi lebih cepat.

DIY : rangkain Capasitor untuk Volt Stabilizer (part 2)

 gambar 1 - Merangkai capacitor
Ini percobaan bikin Volt Stabilizer yang kedua (report yang pertama). Pembelian komponen dah lama, cuman ga sempet-sempet aja bikinnya. Ini bikin juga gara-gara sekalian pingin testing Butane Solder.

Review 3 in 1 Mini Torch, Hot Blower, Iron Solder berbahan bakar Butane

 gambar 1 - Roburn Soldering Iron Torch DIY
Kali ini rada menyimpang dari otomotif, cuman sedikit excited aja pingin latihan moto-moto macro ama ngereview, setidaknya ada kaitan ama DIY, dan mungkin bisa buat DIY bikin Volt Stabilizer buat mobil, jadi nyerempet otomotif lah (maksa dot com hehehehe). Well kalau mau solder menyolder di mobil ga bingung ngolor kabel buat pasang Solder Listrik, jadi mayan berguna buat DIY otomotif.... halah maksanya dilanjut....wakakakakakak.
Barang dibeli di Ace Hardware Galaxy Mall Surabaya, kebetulan ada diskon 50% harganya jadi 122rb, sempet pikir-pikir, akhirnya hajar deh.

Report pergantian kaca pintu kiri depan Aerio yang pecah {Zenwalker}

 gambar 1 - Kaca pintu yang dipecah pencuri

sementara kaca ditutup dulu dengan mika tebal yang di plester transparan ke panel pintu, agak berisik dijalan belum lagi diperhatiin orang-orang. tapi gak papah yang penting tetep bisa pake AC. Sempet berhenti di rest area tol karena ada plester yang lepas jadinya angin masuk kekabin

DIY : Pasang blindspot mirror di Next G

 gambar 1 - Blind Spot Mirror 3R

Kali ini pasang blind spot mirror di Next G, tentang cermin semacam ini pernah diulas di sini. Hanya kali ini sedikit beda di teknis mekanisme adjustmentnya aja. Harga 22rb di ACE Hardware

Share ganti thermostat dan tutup radiator Aerio {susanto AIC-250}

 gambar 1 - Thermostat


Kemaren (Kamis 4 Maret 2013) akhirnya thermostat baru terpasang (report sebelumnya), fisik thermostat lama masih ok sih dan masih rapet nutupnya, lupa foto dan gak dibawah pulang lagi :(
karena pengerjaan sore hari, jadi serba susah untuk dokumentasi, tangan juga kotor karena ikut bantuin :D
lama pengerjaan kurang lebih 4 jam #tepok jidat
dari jam 3 sore selesai jam 7 malam, orang bengkelnya berdua, bengkel deket rumah juga

hal yang perlu disiapkan dan diminta ke bengkelnya adalah :
  • siapin packing TB dan manifold (kalo rusak, punya saya gak rusak cuma tetep saya ganti :D)
  • minta sekalian bersihin injector, fuel rail, manifold, dan lubang blok mesin semua minta dibersihkan, karena pasti numpuk tuh karbon item :)
  • selang radiator ukuran kecil (kurleb uk 1/2"), karena punya ane dah ngembung, jadi diganti

Share rekondisi tierod dan regrease cv joint dan pergantian karet boot cv join {jalanbuntu}

 gambar 1 - tierod rekondisi dan karet boot robek


Itu gambar sekalian ngeliatin tie rod hasil rekondisi, tadi mau ngefoto tie rod. Hehe, malah ketauan boot as roda sobek.

Terakhir service tie rod di Marahton, tierod end dan long tierod, ki ka kena 330 rb. Di Marathon spesialis rebuild joint. Hasil rebuild jauh lebih awet dari press. Harga rekondisi untuk joint kecil cuma 35ribuan, jadi utk complete set tierod kiri kanan cuma kena 140rb. Yang rada mahal di bengkel itu adalah obgkos bongkar pasang. Yang dipotong adalah bagian bawah dari bonggolnya, dikasi teflon, lalu di las lagi. Hasilnya cukup rapih kok (gambar 1).

Sharing DIY ganti engine mounting kanan dan depan Aerio {Martono}

 gambar 1 - emon depan baru vs lama

Selamat malem,
Mau sharing dikit kemaren long weekend iseng2 ganti emon sendiri. Emonnya sendiri sudah dibeli minggu yang lalu di senntosa atrium. Emon kanan beli yg KW seharga Rp.275rb, kalo emon depan beli yg ori Rp.235rb.

Setelah dapat petunjuk dari Sumas Dix akhir dicobalah DIY *Tks om Dix*.
Bermodal dongkrak hidrolik dan kunci 14 akhirnya berhasil dibuka emon kanan.
Tidak ada masalah yang berarti hanya agak keras aja tuh baut2nya.
Masalah muncul waktu pemasangan, ternyata satu lubang baut disasis slek.
Awalnya dikira bautnya yang slek, setelah diganti baut baru ketahuan yang slek ternyata lubang bautnya. Sempet bingung akhirnya tetap dipasang dengan 2 baut, dengan pertimbangan si emon ditopang oleh sasis, jadi fungsi bautnya hanya menjaga agar emon tidak bergeser (bener gak ya analisanya??).
Apakah ada yang pernah mengalami hal seperti ini? mohon sharingnya.

Gara2 lubang baut slek, akhirnya penggantian emon depan tertunda besoknya.
Penggantian emon depan relatif lebih mudah dari emon kanan.

Share jajan aerio ane (ganti radiator - selang radiator lepas) {Susanto AIC-250}

 gambar 1 - Radiator Aerio matic merk TIP
Toko Tri star motor, sawah besar :
  • Radiator assy matik merk TIP (katanya thailand punya) 1,2jt
  • Selang radiator atas 85rb
Sawah besar baru, sawah besar :
  • Engine mounting depan kanan 475rb
  • klip bamper @ 20rb beli 4 = 80rb, masih sisa 2 neh :D
  • thermostat nyusul baru hari ini beli 140rb, menurut ane sih ini penyebab selang rad lepas melolo CMIIW
kalo spare part lebih murah sawah besar baru, diskonya 19% kalo tri cuma 17,5%, tmp laen ane gak tau, senen mungkin lebih murah.
untuk radiator tristar lebih murah, rad merk cina 700rb seperti om tri punya :D
cuma kata andi binti kendi di senen lebih murah lg rad matiknya 1 jt kalo gak salah :D

DIY : troubleshoot mesin pincang karena kebocoran koil {Jalanbuntu}

 gambar 1 - bikin pola untuk bagian tengah
Bermula dari ganti busi dari Autolite 985 yang sudah berumur 20 km ke NGK BKR 6E-11, hasilnya kerasa bertenaga dan lebih smooth,  tetapi begitu kompresor AC menyala, mesin menjadi rada pincang. Akhirnya balik ke Autolite dan normal kembali. Udah reset ECU tidak pengaruh, celah busi diatur juga tidak pengaruh. Tetapi lama-lama dengan busi Autolite juga merasakan pincang mesin. Disinyalir terdapat kebocoran kelistrikan terutama di koil yang menuju ke busi.

Share Foldable Cone untuk segitiga pengaman

 gambar 1 - Foldable Cone dalam kemasan
Di Baleno Next G yang newbie beli second hampir 2 tahun lalu memang kelengkapan mobilnya banyak yang tidak ada, salah satunya adalah segitiga pengaman. Penting ga penting sih, tapi pas butuh melakukan pergantian ban atau kondisi darurat lainnya, ada baiknya ditempatkan segitiga pengaman sedikit menjauh sebelum posisi kita sebagai tanda bagi pengguna jalan lain bahwa ada kondisi darurat. Dengan begitu diharapkan kejadian yang tidak diinginkan dapat dihindari, semisal kita pas jongkok ganti ban tau-tau diseruduk kendaraan lain yang kurang aware dengan keberadaan kita.

DIY : Ganti batere dan resynchronize remote Alarm Aerio

 gambar 1 - Baterai Energizer A23 bekas

Setelah penggantian battery remote Alarm setahun lalu, ternyata remote Aerio kembali tidak mau dipakai untuk buka-tutup pintu padahal indikator LED merah di remotenya masih menyala cukup terang. Beberapa cara seperti reset alarm, cabut negatif aki, buka dan bersihkan remote sudah dilakukan tetapi tetap tidak mau juga. Mau ganti baterainya tapi cadangan baterai di rumah dicari-cari tidak ketemu juga sampai terpaksa pakai anak kunci untuk buka tutup pintu selama kurang lebih 3 mingguan.
Sewaktu ke Giant Waru dibelilah Energizer A23 seharga 11rb lebih, agak mahal tapi ya sudah lah mumpung inget dan sempet. Setelah sampai rumah test pasang di remote, warna LED di remote kurang lebih saja dengan sebelum ganti. Test buka / tutup alarm, walah..... kok ndak bisa :(