Langsung ke konten utama

Postingan

Menampilkan postingan dari Maret, 2013

Ganti CKP, fuel pump dan koil setelah Aerio mati mendadak di jalan {Riehaan}

gambar 1 - CKP Sensor

Lapor gan, berawal dari mendadak matinya mesin di jalan akhirnya ane ke bengkel buat periksa mobil. Sempet sampe nginep, sudah diganti koil dan fuel pump, setelah dites ternyata masih aja kejadian mati-mati . Montirnya bingung juga akhirnya scan mesin, baru ketauan penyebabnya katanya kena di sensor CKP.

DIY : Pembetulan rembes sambungan selang radiator

 gambar 1 - Bekas coolant yang mengering

Pada Des 2012 lalu dilakukan penggantian radiator, tapi selama hampir 4 bulan ini didapati air reservoir berkurang hampir 2 cm, hal ini dipastikan bahwa ada kebocoran pada system pendingin aerio. Untungnya karena menggunakan coolant, maka terdeteksi titik terjadinya rembesan. Dalam hal ini terjadi pada sambungan selang radiator yang ke mesin bagian atas, dekat dengan sensor ECT Sensor (Engine Coolant Temperature Sensor).
Karena rembesannya sangat minim, tidak terlihat tetesan air maupun basah karena rembesan langsung menguap terkena panas. Untungnya karena penggunaan coolant, rembesan yang menguap secara berulang-ulang mengakibatkan timbulnya noda coklat kemerahan seperti terlihat di Gambar 1. Karena rembesan sempet newbie biarkan agak lama, terlihat bukan hanya di sekitar ECT Sensor tapi juga menetes ke bawahnya ke area rumah kopling dan turun ke bawah.

DIY : Ganti drive belt / fan belt Aerio

 gambar 1 - Belt ac dan power steering yang super aus
Pagi hari starter mobil terdengar suara seperti bearing kering berputar, dari pengalaman sebelumnya di Next G newbie menduga kalau suara karena belt sudah waktunya ganti, apalagi di Aerio belt sudah berumur kurang lebih 45rb KM sejak penggantian terakhir. Setelah membeli kedua belt tersebut di Suzuki Motor Kedungdoro, sabtu 30 Maret 2013 di KM 95rb-an diputuskan untuk dikerjakan.

Review kacamata menyetir siang hari dan malam hari

 gambar 1 - Smart View Elite
Iseng beli kacamata buat menyetir di Ace Hardware, dengan menebus 42rb untuk Smart View Elite mendapatkan 2 buah kacamata dan 1 visor klip.

Berikut tertulis di satu-satunya lembaran kertas yang ada di dalam kemasannya :
Smart View EliteTM Night Vision glasses are to be used during night time when light levels are low - these are greate for night driving as they increase the available level of light while reducing glare
Smart View EliteTM Day Vision glassess are to be used under normal daily lighting conditions. Please use caution when wearing these glassess - do not stare directly into the sun for prolonged periods of time. Never wear your Smart View EliteTM glassess as protective eyewear. Do not use the Smart View EliteTM Day Vision glasses during night or in the darkness while driving, please use the Smart View EliteTM Night Vision glassess for darkness.

Ganti shockbreaker depan dengan KYB Excel G {Arian}

gambar 1 - KYB Excel G

Maunya ke Kediri cuman pindah tidur sama kuliner, iseng lewat bengkel kaki-kaki langganan ortu, eh buka.. Ya udah skalian benerin aerioku. Mumpung buka, abis di surabaya bengkel-bengkel kalau tanggal merah pada tutup semua si.

Ganti Shock belakang Aerio dengan KYB Premium {Herman AIC-326}

gambar 1 - Kardus KYB Premium


Shockbreaker belakang Aerio, beli di kedungdoro toko Raya Persada Utama seharga 750rb / pasang. Pemasang di maspian kedungsari.. Ongkos pasang 100rb


by Herman AIC-326
sumber : Group BB

Share CVT belt dressing motor matic untuk mengatasi bunyi belt Aerio {Bobi Indrajaya}

gambar 1 - CVT Belt Conditioner

ini buat lengket ( grib ) belt , biasanya di pake di motor matic , ane sebelum ganti belt kan sering slip, semprot ini 13rb an sekaleng

DIY : Design dashboard cover Aerio 1st gen {Heri Suryajaya}

 gambar 1 - Design awal


Pagiiii All ........ Di awali dari sering bermasalahnya Dashboard mobil aerio terutama New mode, coba berfikir untuk ngantisipasinya dengan buat karpet Dashboard, karena saya punya aerio 03 (Oldmode) jadi pola dibentuk pake dashboard aerio 03, tampilan dashboard jadi rapih, ngurangin silau dari pantulan matahari, ini masih percobaan masih hrs ada perubahan sedikit polanya, maklum pola dibuat sendiri. Bahan karpet biasa aja.

DIY : Cat caliper rem cakram dan tromol untuk dongkrak tampilan {Santoso}

 gambar 1 - Tromol dicat merah
kaleng cat murah meriah 17 rb,bkn pylox krn gk ada,merk oxxy pake 2 kaleng,dasarnya silver finish red yamaha....

Air reservoir radiator berkurang terus, radiator tiba-tiba bocor parah {jalanbuntu}

gambar 1 - Tiba-tiba bocor gede


Aneh nih, udah 4 hari air reservoir berkurang sedikit banget.
4 hari itu dalem kota plus jalan jakarta bandung
Pas panas air ada sekitar 0,75 cm diatas garis max
Pas dingin, air ada di skitar 0,75 cm dibawah garis max
Seminggu lalu saya isi pas di garis max
Liat report di otodiy yg ganti thermostat, gejalanya rada mirip.

Aku ganti radiator kmaren, tiba2 bocor gede ternyata...

DIY : Ganti Engine Mounting depan dan belakang Next G Matic

 gambar 1 - Crossmember beserta dua engine mounting
Sebenernya dah lama pembelian part engine mountingnya (24 Des 2012 - gambar 17). Lagi ga sempet aja ama males, mau dibawa ke PJS tapi gatel tangan pingin DIY, ya udah DIY aja dah daripada capek antri....

Alat-alat : Kunci no 14mm dalam berbagai model / bentuk (Sok, T, Ring). Yup cuman ukuran 14 mm aja yang dipake.

Tambal kebocoran thermostat case {Febrian Imansyah}

gambar 1 - Thermostat case boceo
Bad news om, bocor lagi sambungan pipa di bawah intake manifold, Jadi 1 ama housing belakang thermo....ini ada sparenya ga ya....tadi pas dibuka ada bekas lem besinya....tepok jidaaaat (baca report sebelumnya)

*Ada thermostat case namanya, harganya mayan di atas 400rb

DIY : Membetulkan panel tombol AC Aerio Facelift yang rusak {roodeyz}

 gambar 1 - Tombol di panel AC Rusak
Ditarik ma baby, skrg ditekan ga nyala AC nya, hanya hembusan angin tapi tidak dingin

Report Overheat dan ganti thermostat serta pipa selang radiator {Herman AIC-326}

 gambar 1 - Part-part lama yang diganti
Berawal waktu keluar di surabaya dan lampu indikator temperatur menyala merah, karena yang terdekat adalah UMC Basuki Rahmat maka mobil masuk ke sana dan akhirnya menginap karena sudah mau tutup.

Indikator Aki menyala dan radiator menjadi panas {Nova AIC-365}

 gambar 1 - Foto indikator aki menyala di panel dashboard

Dapat kiriman Foto (gambar 1) dari om Arian di BB dan di Group AIC Surabaya, ternyata aerionya om Nova AIC-365.


singachu:
Oreonya napa om?
Beltnya alternator ama waterpumpnya  ga lepas kah ?

Nova AIC-365:
Tadi bunyi chiit 2 trus om tak pakai aja jalan trus
Ada bunyi glodak2 jg gt kupikir sich kerikil aja mobil tetep jalan e
Cuma kok radiator langsung merah
Padahal kmrn tidak pernah merah baru kali ini om

singachu:
Sepertinya belt putus om, dan sepertinya itu belt yg belakang, belt itu muterin alternator ama waterpump
Belt aerio ada 2: yang depan gerakin ac sekaligus power steering. Yang belakang gerakin alternator sekaligus waterpump
Nah kliatannya yg belakang putus dari bunyi cit2 trus glodak itu beltnya ngipat....
Akibatnya alternator ga muter makanya indikator batery nyala soalnya ga charging. Waterpump ga muter akibatnya air ga sirkulasi, radiator panas

Nova AIC-365:
Benar om
Aki posisi skr drop bener2 hbz

singachu:
Kalau aki mah gampang om, dicharging beres

Nova AIC-365:
Untung pas sampai lokasi
Tp besok mogok nich

Report service AC Aerio dan ganti termistor manual {Komplonk86}


gambar 1 - Freon Kuras total

Kuras total om...biar dinggin sprt baru.... Sekarang kaca ngembun smua..wkwk. Evap, kondensor, blower turun smua. Ganti filter dryer, expansion ama switch manual.
Lepas dryer ga buka bumper cuma lepas radiator. Sekarang jalan di padang pasir sok lah..wantun ayena mah

DIY : Troubleshoot membetulkan overheat Aerio {Ronny Mossad Suatan}

gambar 1 - Pipe radiator yang rapuh diganti ori.Mahal nya, Duh

Hasil penggantian IC Regulator = Indikator battery sudah normal, engine throttle sudah responsif, power naik dikit .... Tapi masih Overheat.

Ada yang bisa berikan informasi gak yah normalnya Main Fan Radiator dan Extra Fan Radiator normalnya gimana yah ?
Kejadian pada Oreo gw :
1. Saat mesin idle (dingin) kedua fan mati
2. Saat mesin idle (panas) main fan radiator hidup extra fan mati
3. Extra fan hidup hanya bila A/C dinyalakan
Thanks

singachu : Fan-nya memang normal begitu. Overheatnya pas kondisi gmn ? Coba ECT sensor dibersihkan dulu, trus coba dibleeding lagi radiatornya

Ganti Radiator Aerio dengan alternatif buatan Taiwan {3DT}

 gambar 1 - Radiator Original rusak/bocor bagian cover atas/dekat tutup radiator

Lama tidak mampir, sekedar memenuhi hutang ke Om Singa yang tertunda setelah hampir 1 tahun. Radiator Aerio Manual Facelift buatan Taiwan Rp 900rb beli di Banceuy Bandung (gambar 3)

NB: Penggantian dilakukan pada bulan Juni 2012, dan sampai sekarang Maret 2013, radiator dan temperatur mobil tidak bermasalah!... Lumayan modalnya Rp 900rb, kalo harga yang ORI kala itu Rp 2,3jt-an.

Report pergantian thermostat karena reservoir berkurang terus {Febrian Imansyah}

 gambar 1 - Thermostat lama


Gejala :
Berawal dari sebulanan yang lalu, perasaan kok ga enak ya, ruang mesin terasa lebih panas pas dibuka. Terus di reservoir setelah abis dipake jalan 60km-an kok nambahnya banyak, dan pas mesin dingin berkurang sekitas 3-5 cm.

Troubleshoot :
  • Suspect awal di radiatornya problem, terus ngikutin saran om singachu semprot-semprot bagian depan radiator kali aja keluar cairan ijo a.k.a coolant. Ternyata ga ada, berarti radiator ga bocor.
  • Suspect 2 tutup radiator rusak, tapi kalau liat perilakunya kok ga ada masalah...maksudnya kalau panas aer lari ke reservoir, kalau mesin dingin aer disedot kembali ke radiator.
  • Suspect 3 fan radiator rusak, coba ikutin saran oto diy dengan test di bypass...no problemo, fan muter kuenceeng. 
  • Suspect 4 ada rusak di cylinder, tapi ga ada gelembung aer atau air muncrat.
  • Suspect 5 thermostat rusak, ternyata ketika manasin mesin pagi hari, setelah 20 menit lebih, hose radiator bagian bawah tetap dingin. Setelah diliat perilaku si reservoir cenderung panas dan berasap. Dan maen logika kalau ngasep terus gini ya tentu saja aer bakalan berkurang.

FYI, ndak ada tanda-tanda overheat. Akhirnya coba colek suspect ke 5, yang paling keliatan abnormal dengan cara ganti thermostat.

Ganti bearing tensioner Aerio dengan alternatif bearing luarnya {den.bagood}

gambar 1 - Bagian tengah bearing tensioner

Sekitar 1 bulan lalu Aerio ane berenang gan alias kebanjiran ... skitar 50cm. setelah melakukan pembersihan total terutama interior ane beranikan diri tuk menyalakan mesinnya. dan alhamdulilah bisa menyala tapi ada terdengar suara aneh di mesin. Montir mencoba tuk mencari sumber bunyi dan ternyata biang keladi suara aneh adalah bearing tensioner. Ane putuskan tuk membongkar dan ternyata memang setelah di bongkar dan di nyalahkan mesinnya suaranya lembut. Ane coba hunting barang itu di beres. kata orang beres harga barangnya 800rb dan inden 1 minggu. waaw mahal amir ... dalem ati ane malu kalo teriak ke doi gan. Ane balik lagi ke montir tuk mencari alternatif laen mengingat kantong cekak pasca kebanjiran. ada beberapa solusi gan yaitu :

  1. Membuang bearing tsb dan hasilnya adalah mesin berjalan tanpa ada AC dan power stearing dan di jamin mesin alus dan tarikan kenceng. waduh ... nga deh .. opsi ke 1 ane buang jauh - jauh.
  2. Mempertahankan bearing yang lama .. tapi melakukan pembedahan di dalam roda2 besi di dalamnya. dengan cara merendam bearing di dalam bensin lalu memberikan grease spesial untuk bearing.
  3. Mengganti hanya bearingnya saja. berarti membongkar sisi luar dan dalam bearing. lalu memasukan bearing baru.
Setelah melakukan semedi dan memohon petunjuk kepada Nya akhirnya ane putuskan tuk mengambil opsi ke 3.

Ganti motor power window sisi supir Aerio dengan ex Side Kick {Ichrom Sneijder}

gambar 1 - Motor power Window Aerio terbakar

Lapor motor power window sebelah kanan ane ganti pake ex-side kick jadinya. Langsung pasang setelah nego kena 450rebong...Pemasangan langsung plek gak pake ngakalin dudukan, tapi jadinya gak automatis jadi manual..kalo nutup ama buka kaca mesti di teken gak pake dilepas..


by Ichrom Sneijder
sumber : facebook aic

DIY : mengatasi kedipan LED Sein yang terlalu cepat {syahrul763}

gambar 1 - Diagram pemasangan resistor

selamat sore Klikers......
nubitolisme akut nyoba share lagi tentang pemasangan resistor pada lampu LED baik yang dipakai sebagai lampu kabin, lampu senja, lampu rem, lampu sein dkk yang memiliki gejala" sebagai berikut :

  1. flicker yang terlalu ngebut (cepat berkedip) buat lampu sein LED
  2. Lampu Led yang sering cepat mati
  3. Lampu LED yang tidak mau nyala saat dipakai sebagai lampu sein.
Cukup sediakan resistor 100ohm yang terpasang paralel dengan lampu LED nya seperti tampak pada diagram gambar 1


DIY : Modif jalur camera mundur agar bisa mode AUTO / ALWAYS ON / OFF

 gambar 1 - Testing Camera Mundur
Sekalian betulin sambungan kabel camera yang longgar, sekalian pasang saklar modifikasi. Bila normalnya camera akan hidup saat tuas transmisi diarahkan ke mundur dan mati saat transmisi pindah ke maju / netral / park, maka dengan modifikasi ini dibuat 3 Mode :

  1. Auto Mode (Head Unit akan menampilkan Camera apabila tuas pindah ke mundur, dan Camera off apabila pindahin tuas transmisi ke Netral / Maju / Park)
  2. Always Off (Head Unit tetap di tampilan awal - misalnya mati atau setel lagu - dan camera tidak akan aktif biarpun tuas transmisi dipindahkan ke Mundur)
  3. Always On (Head Unit akan selalu menampilkan Camera tanpa perduli tuas transmisi maju / mundur / netral / park)

Latar belakang dibuat Always On :

  • Bila Head Unit sudah dalam kondisi menyala, perpindahan ke mode Camera akan cepat, tetapi apabila Head Unit dalam kondisi mati ada waktu jeda yang kadang kerasa mengganggu.
  • Bila perlu maju mundur beberapa kali saat parkir, lebih menyenangkan apabila Head Unit selalu menampilkan Camera mundur
  • For Fun :D misalnya pas macet-macetan ada yang mepet-mepet belakang, bisa diintip lewat Head Unit tanpa tuas dipindahkan ke mundur :D


DIY : Membetulkan kebocoran bagasi Next G

 gambar 1 - Ada air di dalam lampu mundur Next G
Sewaktu mengganti ban serep, didapati lantai bagasi kembali tergenang air (sebelumnya juga sudah ditemui karat di sana). Awal dugaan dari baut plat nomer, cek di sana udah kering, sewaktu sehabis hujan tidak sengaja menemukan di area kunci bagasi bagian dalam terasa ada air..... hmmm sepertinya datangnya dari lampu mundur yang ada di bagasi khusunya bagian kanan yang ada lubang kuncinya. Diputuskan untuk coba lepas dan memperbaikinya, berhubung waktu terbatas karena mau berangkat ke kantor maka liat secara cepat aja.

DIY : cat kaliper rem cakram {frans AIC283}

 gambar 1 - penampakan pada saat ban terpasang
Lagi iseng... mendingan ane sharring DIY ngecat kaliper aja kali ye hehehe.
Bahan-bahan:
1. Cat semprot (ane pakai yang murmer aja 'Diton' harga ga sampe 20rb)
2. Koran
3. Selotip
4. Tissue

Report service kompresor AC Aerio yang tidak dingin {demonicearth99}

 gambar 1 - Part-part yang diganti

Berawal dari berisiknya ruang mesin saat AC dinyalakan, nubie hari ini ke bengkel bokapnya temen, pas diperiksa, ternyata kompressor ac udah lemah, kalau ganti kompressor, lihat harga di eparts hampir 4 juta...wew...bisa puasa sebulan nih...akhirnya diputuskan untuk di servis saja...

Ganti IC Regulator Alternator Aerio dengan Aftermarket {Ronny Mossad Suatan}

gambar 1 - IC regulator aftermarket NewEra IVR543, yang benar IVR546

Terjadi masalah indikator battery nyala trus. Gw pikir Battery masalah jadi battery ganti baru.... tapi masih nyala terus indikatornya. Kira2 apa masalahanya yah ?

LAPOR test voltase :
Pas ada teman pinjamin AVO (analog), setelah test :
Mesin mati : 12.x
Mesin Hidup : 14.x
Mesin hidup dengan beban main diantara 13 s/d 14.x (Paling tinggi 14.5)
Batery 50A GS
Indikator battery nyala terus.

‎(LAPOR) .... Ternyata egh ternyata indikator battery nyala terus di akibatkan karena IC regulator yg tidak sesuai. Berkat attachment email Om SingaChu jadi aman dech (Thanks).

Service Motor Extra Fan Ac Aerio yang lemah dengan carbon brush Suzuki Carry {Ronny Mossad Suatan}

gambar 1 - Extra Fan dibuka, 2 carbon brush sudah tipis

Didapati putaran extra fan AC Aerio emang udah lemah, trus coba di buka ternyata brush carbonnya udah tipis 2 buah. Karna beli motor fan aerio mahalnya minta ampun akhirnya putuskan ganti brush carbonya aja pake punyanya suzuki carry 1000. Modal 8k daripada beli motor fan baru 600k.... Hasilnya : Putaran extra fan menjadi kuenceng sekali.

DIY : memperbaiki sorotan HID proyektor KIT {syahrul763}

om"...mas"...mastah"...suhu"....nubitolisme ijin share lagi....
Setelah beberapa hari menggunakan headlamp projie Eagle Eyes + hid replacement kit (lihat laporan di bawah), baru merasakan ada sesuatu yang salah dengan instalasinya. Tampak bayangan hitam dari sinarnya dan cahaya kurang bersih seperti gambar 1 berikut :


 gambar 1 - penampakan bayangan hitam (setan....hehehe)

Ganti Tuas setir Grand Livina dengan Foglamp switch {nenglivi}


sedikit inpo omasganbero.
Berhubung GL (Grand Livina) ane Matic 2010, belum ada lampu foglampnya...ane berencana pasang dan ternyata om robbydoranico dirut PALUGADA inpoin kalo GL matic ternyata sudah disediain sama Nissan jalur kabel foglampnya (mungkin nissan lupa pasang lampunya kali) jadi ga perlu narik kabel lagi...akhirnya ane pasang dah dan dipasangin anak buah om robb.

pertama : kendorin dulu baut bawah setir buat cabut tuas bawaan

 gambar 1 - kendorin baut bawah setir

Ganti Shockbreaker KYB Malaysia dan Support Shock KW {nakacimi}

 gambar 1 - KYB made in malaysia

Harga Shockbreaker KYB made in malaysia untuk depan Aerio / Next G : 850rb / pasang di Sentosa Motor.
Harga Support shock KW 120rb/pcs (kalau ori SGP 300rb).
Diganti karena bunyi gluduk-gluduk..sebelumnya udah ganti balljoin, tierod, longtie, link stabil (bunyi udah mendingan daripada sebelumnya). Waktu genti balljoint dkk , ane disuruh ganti support shock, cuman ane mau coba dulu, ternyata masih bunyi meski mendingan.

Shockbreaker bikinan malaysia..tipe sama seperti made in jepun (KYB Excel G - tipe gas). Pada gambar 2 terlihat ada grafiran + PN , made in malaysia (kalo di zoom, soalnya item)..


Engine Mounting penyebab getar dan bunyi grek {Dion}

 gambar 1 - Persiapan pergantian Engine Mounting Kanan

Gejala :
  • Getaran Mesin Sampe Masuk Ke Dalam Kabin
  • Ditambah Kemarin Senin, Kalo Buat Jalan Agak Kenceng, Bunyi Grek Greknya Pas Rpm Rendah Om...Kayak Suara Besi Gesekan Gitu..sumber bunyi dari depan kanan, depan sopir persis...
Engine mounting Kanan di RPU (Raya Persada Utama - Kedungdoro Surabaya) 585.500 Diskon 20%, Aku langsung sekalian beli di Hengky Motor...Karena kalau dihitung-hitung hampir sama...So Daripada ribet, Mending Skalian di Hengky Motor...:D Di Hengky Kena 500 + 80 (Biaya Pasang)...Total 580 :D
Ini Masih Diganti Yang Kanan Depan Dulu, Soal'e Kata Ko Ronald, Biasanya Aerio Itu Selalu Kanan Depan Yang Kalah...Yang Lama Wis Sobek...X_X
Sekarang udah ga geter dam Ga Ada bunyi Grek2nya Om...\=D/ Maknyusss...Wusssss...\=D/

Review Convertible Car Seat (Rear + Forward Facing Car Seat)

 gambar 1 - Convertible Car Seat

Secara ga sengaja aja dapet Convertible Car Seat ini. Awalnya tidak berencana untuk membelinya, kebetulan waktu di Tunjungan Plaza Surabaya nganter anak liat acara Kungfu Panda, saat menunggu acara dimulai newbie sekeluarga menuju Ace Hardware untuk perpanjangan kartu anggota sekalian cuci mata menunggu acara Kungfu Panda dimulai. Saat melewati deretan rak Car Seat, istri newbie iseng mau liat harga car seatnya, karena kebelutan juga Infant Car Seat untuk anak bungsu newbie udah mayan press kalau ga mau dibilang kekecilan (gambar 19 paling bawah). Karena tidak ada label harga yang tertera, newbie iseng aja tanya ke karyawan Ace Hardware, mulanya untuk perbandingan harga aja, setelah dicek di komputer ternyata ada 2 macam harga, dari Rp.710.200,- didiskon menjadi 490rb dan Rp329.000,- (Newbie ambil yang Rp 329.000,- after discount sebesar Rp381.200,- alias 53%). 
Wow murah nih..... Ga niat beli sih awalnya, toh iseng aja memang, tapi karena newbie konsen ke keselamatan anak-anak terutama saat istri bepergian dengan anak-anak saja, maka anak-anak wajib duduk di car seat supaya lebih aman. Keselamatan datang dari Tuhan, tapi manusia wajib mengupayakan yang terbaik, apalagi buat anak, better safe dan sorry. Beli deh buat pengganti Infant Car Seat yang lama untuk si kecil, dan untuk si sulung masih memakai Car Seat Boaster 3 in 1 yang ada. Memang dibalik diskon ini ada "harga" yang harus dibayar, yaitu tidak ada buku petunjuknya, jadi cara pakainya ya sedikit mengira-ngira ama bantuan internet :D No problem...
Baru sempet foto-foto, newbie coba review sedikit mengenai Convertible Car Seat ini.

Ganti ban cadangan space saver dengan velg standard

gambar 1 - Space Saver Tire ditumpuk pada Velg Orisinil Aerio

Waktu beli Suzuki Baleno Next G pada 2010 yang lalu, didapati bahwa velg orisinil-nya sudah diganti dengan velg Yaris / Vios. Untungnya ukuran velgnya nyaris sama yaitu diameter 15 inch Offset 45, hanya lebarnya saja yang sedikit sempit yaitu 5.5 inch dibanding velg standard yang lebarnya 6 inch, sehingga bukan suatu masalah berarti kecuali bentuk lugnutnya saja  (pernah newbie singgung soal lugnut nya yang beda).

Permasalahan lainnya yang cukup mengganggu adalah velg cadangan dimana pada Next G seharusnya full size tire dengan velg alloy yang sama persis dengan keempat roda lainnya diganti dengan velg space saver yang kecil yang biasanya diperuntukkan menghemat ruang bagasi. Useless untuk di Next G karena ukuran bagasinya yang muat dengan full size tire, dan juga ukuran yang lebih kecil dari velg lainnya selain itu juga harus diberi tekanan 60 psi ! Sungguh susah memaintain tekanan cadangan. Itupun disarankan penggunaan tidak melebihi kecepatan 80 kpj.

Cara murmer menaikkan ketinggian shock belakang Aerio {Santo}

gambar 1 - Karet pengganjal

Cara sama dengan arsip yang ini.

by Susanto Adi - AIC250
sumber : milis aerioindonesia@yahoogroups.com

DIY : Lepas spion tengah Grand Livina {vanpear}


awal buka klip yang berada didekat kaca agar terlihat posisi klip yang mengait spion dengan kaca.

gambar 1 - posisi klip

Share pemakaian per APM di Grand Livina {adic7}

gambar 1 - Per depan merk APM

Sharing pengalaman pake pir depan APM..........
Dulu beli pir ini gara-gara pengen moncong Livi tampak lebih rendah dari bagian belakang,sebab setelah ganti pir Eibach depan-belakang ternyata penampakannya jadi lebih tinggi depan, gara-garanya ada beban audio yang berat di bagasi.
Pas ada waktu senggang saya pergi ke bengkel pir recommended di MLG, pir depan Eibach dilepas dan diganti dengan pir depan APM.......

DIY : Poles Headlamp Aerio yang menguning {Niladyo}

 gambar 1 - headlamp menguning

Bahan-bahan
Beli di toko cat, one stop shopping, hemat waktu, biaya - total gak sampai 16rb itu semua, amplas grit 1200 2 lembar, compound sewarna tanah (berpasir), compound finishing - halus (putih), kain 1 ons, seharga @3800 saja. 
Semua bahan di gambar 2 berikut 2 macam compound beli di toko cat di Solo.:) @Rp.3800,-, sekecil tutup lap Kanebo, nota di mobil kali ya, Meguiar's duluu banget belinya, di Ace, 90 atau 120rb ya lupa. Kalau langsung poles pakai Meguiar's belum sebening

Press balljoint, tie rod end dan link stabilizer Aerio di PJS

Dari spooring terakhir didapati balljoint kanan udah oblak. Menunggu waktu baru 2 Maret 2013 kemarin nyempetin ke PJS, soalnya badan dah pegel-pegel dan lagi males bongkar-bongkar sendiri, mending nge-bengkel aja secara murmer daripada ongkos pijet hehehehe.
Keluhan : Balljoint kanan kletekan kalau melewati jalan ga rata, baik jalan lurus ataupun belok. Kadang dari kiri ada bunyi kletek pas belok tapi ndak selalu. Belok full mentok ga ada suara. Berhenti di tanjakan dan maju lagi kadang ada bunyi kletek kletek, tapi ndak selalu. Parkir mundur sambil belok kadang juga bunyi kletek tapi lagi-lagi ga selalu.

So dilakukan pengecekan total (setelah manyun nungguin giliran antri)

 gambar 1 - kiri diperiksa

Press ulang selang highpressure Power Steering Aerio dan ganti long tie rod {Santoso}

 gambar 1 - Selang Power Steering press ulang dengan hose baru dan long tie rod

Press ulang selang power steering, hanya selangnya saja yang diganti sedangkan pipa logamnya tetap memakai original. Press di depan GBT Raden Saleh, toko SDA, toko bearing peralatan hose. Selang ganti semua panjang 20 cm dan 47 cm, total selang plus press 182 rb, kalau sebiji 100an.

Modif shockbreaker dan menambah ketinggian ground clearance Aerio di Maspian {Niladyo}

gambar 1 - Dudukan mangkok bawah dinaikan

Sebelum - selipin jari fender belakang, 2,5 jari, sekarang 4.5 jari, jadi ± 3-4cm aja. Ada keloid disana..:) (gambar 1), mangkok asal gerinda, bawa keatas, las lagi di 3 titik sepangjang @3 cm, persis bawaan asli shock. Dudukan mangkok naik ±3.5-4cm, belum ngukur pakai penggaris. Shockbreaker belakang aja yang geser naik mangkoknya, depan dipasang spacer besi setebal 2cm apa ya, ini aneh, tiap kali kesana, kok susah lihat prosesnya detail, dulu yg ketutup, kemarin diajak ngbrol Bapak2 lamaaa, wah ketinggalan moment.:) 

{Anjik} Penggantian pompa power steering Aerio dengan bekas Toyota di Duta Stir

 gambar 1 - Lagi proses pengerjaan di Duta Stir

Aerio tempo hari terjadi rembes di steering rack dan tiba-tiba terasa berat. Dibetulkan di bengkel Deasa, jln Mastrip 421 Surabaya - sebrang AJBS mastrip sekitar 50 meter lagi bila dari arah Surabaya ke Gresik. Steering rack sudah tidak rembes lagi, tetapi service Pompa Power Steering ternyata masih bermasalah, total biaya 550rb. Selanjutnya diputuskan untuk service di Duta Stir Dukuh Kupang, Pompa Power Steering diganti dengan kepunyaan Toyota (ga tau tipe apa) dan ditambah pangkon baru, otomatis belt power steering diganti juga karena membutuhkan yang lebih panjang, biaya sekitar 1 juta-an

Report ganti Aki Aerio per 2 Maret 2013 di usia hampir 4 tahun

Setelah lama menunggu-nunggu aki aerio yang udah mulai menunjukkan tanda-tanda menjelang usianya, akhirnya sabtu 2 Maret 2013 kemarin waktu parkir di bengkel PJS Surabaya, Aerio gagal starter. Dari pagi sempat ke Samsat trus ke PJS tidak ada masalah, justru saat diminta memajukan parkir kendaraan malah gagal starter. Setelah dicoba jump start dengan aki lain dan ditunggu beberapa menit, akhirnya bisa starter lagi. Coba matikan, start lagi bisa, matikan start lagi bisa..... Hmmm tapi karena dah siap-siap untuk membeli aki akhirnya diputuskan untuk ganti Aki saja, mengingat Aerio tergantung banget dengan kelistrikan dan mengingat juga daripada napa-napa in middle of nowhere dan ga bisa starter....
 gambar 1 - Pembelian 23 Mei 2009

{Tri AIC311} Ganti radiator Aerio dengan KW baru di Tri Star Suzuki


Sore om semua,

Setelah sempet overheat, langsung deh nebet time, eh ternyata dah ada om philz. Setelah diterawang sama sumas dix diagnosa mengarah ke radiator sebagai tersangka utama. Berhubung pengen cepet selesai..sumas dix sarankan hunting di toko-toko ondrdil di wisma sawah besar. 

Setelah Hunting sana-sini untuk radiator dengan tipe tak bermerk harganya berkisar 900rb, 850rb dan 700rb.. Harga termurah dapet di toko tri star suzuki..langsung deh pasang kena ongkos 100rb

Berikut penampakannya, ga tau buatan mana ga ada merknya juga. harga 700rb
 gambar 1 - Perbandingan radiator KW dan ori

{Halim Eka} Share service motor starter Aerio di Mega Electro

Bermula dari starter yang susah terutama bila mesin baru dimatikan. Terdengar bunyi cik cik cik saja pada saaat gagal starter. Sudah ditest berdasarkan suara bahwa fuel pump bunyi. Mesin gagal diputar karena setelah dibandingkan dengan kondisi saat fuse fuel pump dicabut berbeda suaranya. Akhirnya diputuskan untuk mengecek sekaligus menservice motor starter atau kerap orang menyebut dengan dinamo starter ke bengkel specialis. Dipilih Mega Electro di daerah AJBS Ratna Surabaya berdasarkan info rekomendasi dari member AIC Surabaya lainnya.

Berikut proses perbaikan dynamo starter (motor starter) di Mega Elektro

 gambar 1 - Proses pembongkaran

1. Proses pembongkaran. Proses ini paling lama yaitu sekitar 1 jam untuk melepas motor starter karena berada ngumpet di balik mesin.

{Halim Eka} Share pergantian Kokel Aerio di PJS

 gambar 1 - Kokel lama

Nampak di gambar 1 adalah kokel aka outer cv joint lama. Penggantinya pakai KW 2 x 250rb, jasa pemasangan 60rb. Part beli di PJS dan jasa di PJS juga.