Rabu, 27 Februari 2013

Share : Tipe Batere CR1616 untuk kunci remote APV Arena {Sop pedes}

gambar 1 - Batere CR1616 untuk remote APV Arena


Kunci remote APV Arena ane pake type CR 1616. biasanya beli di gramedia harganya sekitar 10rb. Pas battery nya udah mulai ngadat, memang kadang bisa buka, kadang susah banget walaupun jarak dekat. udah ganti, langsung tokcer walaupun dari jarak jauh.


by Sop Pedes
sumber : kaskus

DIY : Polish Headlamp Aerio yang buram menguning {Habibie} {DIX}

 gambar 1 - Kiri atas sebelum, kanan atas sesudah compound, bawah kiri kanan setelah polish

Mika headlamp seiring usia dan terjemur matahari menjadi menguning karena lapisannya teroksidasi, untuk itu perlu diangkat lapisan yang mati tersebut supaya mika headlamp kembali jernih bin kinclong.

Bahan :

  • Amplas halus grid 1000 atau grid 2000
  • Kain kaos bekas
  • Rubbing Compound Rp10rb-an
  • KIT WAX motor


Jumat, 22 Februari 2013

{Rofiki} Share Engine Mounting KW untuk Aerio

Ganti emon karena dah pecah dan dah turun banyak..waktu nanya ke Sentosa motor, emon ori 480rb, yang kw1 275rb, kw2 150 rb. Akhirnya ambil yang kw1 275+ongkir. Penampakan emon kalau dari karetnya cukup bagus, hanya saja finishingnya kelihatan kasar.

 gambar 1 - Penampakan emon lama yg dah pecah

{Firdhaus} membuat cover spion Sein LED untuk Aerio dari fiberglass

 gambar 1 - Custom Cover Spion dengan Sein LED untuk Aerio
Total Rp.600K-an, sudah termasuk lampu LED 2 warna, biru dan kuning. Bahan dari fiberglass.

DIY : {exp|red} Share poles kaca Grand Livina yang berjamur

 gambar 1 - jamur kaca before vs after
hallo.. baru aja kemaren nyoba sendiri poles kaca skalian pake pelapis biar jadi efek daun talas.. akhirnya...
mau coba share aja.. semoga berguna..
simple ternyata.. cuman ya emang pegel.. hihihi terutama buat si glass scrub nya..

Senin, 18 Februari 2013

{therockisme} pasang filter kabin Aerio dan ganti evaporator (merk MG) AC bocor


AC tiba-tiba nggak dingin ... bawa ke bengkel AC yang kebetulan buka di cek ternyata freon habis, karena buru buru jadinya cuma tambah freon aja kena 100rb dengan harapan semoga cuma bocor halus aja, jadi masih bisa dipake beberapa saat.
Setelah di tambah freon ..duingin ... nah malem harinya pas mau dipake pulang kerumah AC udah nggak dingin lagi... nah pasti bukan bocor halus lagi nih.

ya udah kemarin pagi dibawa ke bengkel AC yang denger-denger sih OK sekalian pasang filter kabin original aerio yang kebetulan sudah beli di mbak nengsih di sentosa atrium senen seharga 240 rebu
Filter kabin ini pas presisi ..sudah ada tempatnya cuma musti dibolongin pake cutter
 gambar 1 - Proses Pemasangan Filter

Jumat, 15 Februari 2013

{anakcumiasin} Ganti arm balljoint aerio dengan KW dan spooring di GBT karena narik


alkisah...
ane pagi-pagi, hari sabtu dikarenakan mobil ane narik terus kekiri ...
ane bawa ke bengkel langganan (AMS)... tapi direkomendasiin spooring ke GBT, orang bengkel langganan ane bilang "klo chek kaki-kaki di sana masternya, kalo mao spooring tapi kaki-kaki ada yang bermasalah pasti ditolak disuruh benerin dulu ama GBT"

nah... jam 10 pagi ane kesana deh... udah antri ke-7...gokill.... pagi gitu udah antri 7 mobil buat spooring doank....setelah giliran ane...chess.... bener aja , mobil ane ditolak buat dispooring ama GBT dikarenakan balljoint oblak ... GBT ga mao terima kalo ada kaki-kaki rusak, ane disuru kebengkel langganan ane, buat ganti tuh balljoint...dibengkel langganan ane...

dikasi 3 pilihan...:

  1. Original harga Rp1.550.000,-
  2. KW 1 harga Rp 590.000,-
  3. KW 2 harga Rp 450.000,-

Atas recomendasi bengkel ane ganti KW1 590rb x 2 = Rp1.180.000
dikasi diskon jadi Rp1.150.000 + ongkos pasang 150rb = 1.3jt
langsung ditanginin 3 orang (2 montir 1 owner turun tangan) biar cepet selesainya, supaya bisa balik lagi ke GBT soalnya jam 5 tutup....

gambar 1 - dongkrak dulu...

Kamis, 14 Februari 2013

DIY : {NGB} Mengganti Engine Mounting APV

8 tahun bukan usia yang sebentar buat sebuah mobil, terlebih mobil tersebut jika dipakai untuk travelan.
Gejala engine mounting bermasalah :
ketika di stater terasa goyangan berlebihan dibagian mesin mobil, dan seperti bunyi samar2 dug dug dug..
Setelah di analisa kemungkinan 90% adalah engine mounting.
Perkiraan tersebut diperkuat oleh pemilik toko spare part mengatakan: unutk APV sebagian besar yang bermasalah adalah engine mounting sebelah kiri,
Karena mesin lebih berat kekiri.
Tahap2 penggantian.engine sebelah kiri:
  1. Dongkrak dan ganjal mobil apabila dirasa kolong kurang tinggi.
  2. Dongkak mesin sampai terangkat keatas.

gambar 1 - dongkrak mesin

DIY : {NGB} Pemasangan Power Steering untuk APV tipe A

Share dikit buat agan2:
Pemasangan ini di dasari dari komplain yg rental mobil ane mengeluhkan stir berat.Mungkin karena terbiasa Ane jadi ga ngerasa berat.
Baru kerasa setelah bawa city tour tamu dari arab selama 10 hari. Badan cape sekali, terutama tangan pegel2 banget ga karuan.
Selesai urusan dengan tamu, perburuan power steering pun dimulai.
Tanya2 di Jakarta dan Bandung bahkan telpon ke Semarang, jawaban hampir sama. Harga power steering APV kisaran 5 - 6 jutaan. Jika serius didiskon 500rb. mentok di 5,5jt.
Coba tanya pake copotan ex singapur, ternyata bukan orisinil APV, tapi rata2 pake punya kijang kapsul. Harga kisaran 2,5 sampai 3,5jt, terima jadi.
Setelah dihitung2 dan pikir2, akhirnya pilihan jatuh beli part semua baru dengan pertimbangan, harga cuma beda 500rb. tapi semua part orisinal dan baru, serta bergaransi tukar baru bila ada masalah, dan umur pakai yang bisa bertahan hingga tahunan. Pemasangan diputuskan dilakukan sendiri,

Berikut adalah daftar belanjaan power steering yang baru:
  1. Power steering rack. (ori u/ tipe SDX)
  2. Pompa power steering.(ori)
  3. Selang bertekanan tinggi (beli di tango motor (kw1), harga kurang 1/4nya, Ori rp. 672.200)
  4. Selang kembali/return hose (ori)
  5. Tangki Oli (ori)
  6. Bracket untuk tangki oli ada 2 buah. (ori)
  7. Bracket untuk pompa oli (ori)
  8. 2 (dua) buah gasket pressure terbuat dari kuningan (ori)
  9. Selang hisap (ori)
  10. 2 (dua) buah Union (baut berlubang) (ori)
  11. Pipe return gear side. (ori) seperti pipa dengan mur, panjang +/- 7,5cm
  12. water pump belt. Sabuk p/s lebih panjang dari yang non p/s
  13. baut2 ukuran kunci 10, 12, dan 14.
  14. klamp2 untuk pengencang selang.
  15. 4 (empat) botol oli power steering ukuran 300ml.
  16. Tipseal untuk sambungan pipa.

gambar 1 - part-part yang dibeli
gambar 2 - part-part yang dibeli

{NGB} Share perawatan, perbaikan dan modifikasi APV tipe A selama lebih dari 8 tahun 240ribu KM


Halo gan, ikut nimbrung... selama ini cuma baca2 aja.

Sedikit share punya ane ya..
APV ane tipe A 2005, beli dari baru, selama hampir 8 tahun, ini mobil ga pernah rewel, belum ada keluhan yg berarti. KM sudah 240.000 lebih.
Mobil di gunakan untuk rental/travelan.
Selama 8 tahun yang pernah diganti :

  • 1x motor kipas pd 2011 diganti pake original
  • 1x bos plastik di steering rack pd november 2012 diganti pake original (mobil ane masih steering with power bukan power steering )
  • 1x long tie rod sebelah kanan pd 2011 diganti pake original
  • 2x ganti timing belt (lupa tahunnya) selalu diganti original
  • 2x ganti freon (lupa tahunnya) di bengkel ac
  • oli pake prima XP 10w-40 diganti tiap 10.000 km, kadang suka lewat sampai 13.000-an
  • filter oli diganti kalo lagi inget diganti pake ori
  • filter udara (sakura) diganti kalo udah item, treatmentnya cuma ditiup kompresor aja.
  • tune up di BERES cuma pas gratis aja, selebihnya DIY (manual/ tidak pernah cek pake komputer)
  • 1x stel klep di 2011, karena udah kedenger berisik aja.
  • Kampas rem (ga ke itung) tapi selalu diganti pake Ori
  • 2x ganti plat kopling + mataharinya. (selalu Ori)
  • 1x ganti bearing depan kiri di 2010 (pake Ori)
  • 1x ganti bearing depan kanan di februari 2013. ( nyoba pake kw 2) katanya banyak yang pake dan awet. merk UNIFAR
  • 1x ganti oli rem secara keseluruhan sekalian dibersihkan selang2nya di 2011
  • 2x di cekokin. ( katanya ini cara di amerika untuk bersihin karbon di ruang pembakaran pake oli rem, dimasukin ke ruang bakar dengan RPM tinggi, ini kata org yg pernah di amrik) dan sudah coba ternyata oke.
  • Busi lupa berapa kali ganti


Modifikasi :

  • Ganti kaca belakang kiri kanan dan kaca bagasi sama kaca besar.
  • Shockbreaker depan pake kayaba ultra, belakang pake taruna (kalo ga salah)
  • per depan potong 1 lingkaran.
  • berhubung tipe A joknya ga bisa dilipat, (sering kesulitan kalo muat barang banyak) jok tengah dan belakang diganti pake jok luxio yg dijadiin ambulan. harga jok apv GX 1 baris bisa dapet 2 baris jok luxio , sehingga harus membuat dudukan baru buat jok Luxio tsb. Diganti Januari 2013.

gambar 1 - Jok Luxio dipasang di APV tipe A





Rabu, 13 Februari 2013

{Bobi Indrajaya} Pasang Sticker di headlamp Aerio untuk merubah penampilan

 gambar 1 - Zoom in Sticker headlamp


Sticker di sisi luar headlamp, nutupin housing yg sudah kuning merona (mika headlamp menguning), hehehe
Hitamnya menggunakan smoke hitam transparan, orange-nya juga sticker, jauhjenic, kalo close up kliatan deh stickernya (gambar 1) hehehe

Senin, 11 Februari 2013

DIY : {Frans-AIC 283} Membersihkan daun-daun di cowl ventilator Aerio penyebab bocor air ke kabin


Akibat sering parkir di bawah pohon



AIC'ers

Singkat cerita, karpet bawah supir suka basah dan lembab gitu.

Selang heater oreo ane udah di bypass, jadi kemungkinan besar bukan air radiator.
Ane perhatiin selang pembuangan air AC lancar dan letakanya disebelah kiri, jadi kalaupun mampet harusnya karpet sebelah kiri ikut basah juga.. :geek:

Hmmm... apa lagi lagi ye :?: ... Ane juga ga pernah ngompol dimobil :oops: .. berarti kemungkinan besar air dari luar nih :idea:

Test guyur air deh , pas ane guyur-guyur di bagian cowl ventilator (plastik hitam di bawah wiper), terlihat dek bawah supir jadi basah.
Hmm.. kayaknya ini tersangkanya. Ane intip banyak kotoran/ daun di bawah cowl ventilator, kemungkinan air jadi tergenang dan tidak ngalir ke tempat semestinya..

Akhirnya putusin buat buka cowl ventilator..
Thanks to om Singachu ;)

Berikut penampakan setelah cowl ventilator dibuka:
gambar 1 - Daun-daun penghambat air

{Modhie} Share pembelian Evaporator AC alternatif untuk Aerio


gambar 1 - Evaporator merk MG

Beli online di http://acherryautocool.com/
Evap kw 450rb + Ongkir

DIY {barricade} : How to lepas dan pasang foglamp Aerio facelift / new model

 gambar 1 - Foglamp berembun, dilepas dulu untuk dibersihkan

Berikut cara melepasnya :
Step 1 : Lewat lubang di bawah bumper (gambar 2), Dongkrak untuk akses foglamp dari dalam sana.

Sabtu, 09 Februari 2013

DIY : {centraltech8} tambah kebocoran heater core Next G dengan PC-Metal Putty

 gambar 1 - Tambalan awal dengan PC-Metal Putty

Heater samping kopling Next G bocor. Dilem pakai Putty Stick (PC-Metal), 5 menit saja sudah jadi lem besi. Kuat tapi masih bocor dikit karena kurang kena di ujungnya. Awalnya sampai ngocor kek botol susu, sempat heran kok di kolong mobil netes-netes air radiator padahal ga ada lubang. Kok bisa nembus ke bawah yah...heran juga. Kerjainnya juga buru-buru 30 menit ga sampai.

Kamis, 07 Februari 2013

{Zindro} Ganti rotor power window aerio yang terbakar


gambar 1 - rotor power window gosong dan penggantinya

Ngomong2 gosong, motor PW ane tiba-tiba bau kebakar n kemarin dibongkar pada gosong. Alhasil harus diganti kena 250rb, otomatis di non aktifkan.

Rabu, 06 Februari 2013

{Ronald} Ganti selang karet dan press ulang selang low pressure AC Aerio


gambar 1 - Selang lowpressure AC Aerio

Oms/tans,

Saya lagi ke bengkel ac, dengan keluhan ac ga dingin blas. Kata montirnya selang lowpress yang bermasalah (gambar 1). Klo yg hi-press belum lama diganti.

1. Pertanyaan saya, yang diganti selang karetnya saja, ato sekaligus pipa besinya juga?
2. Harganya brp ?

Ditunggu info/sharing dr oms/tans skalian. TQB4...


Best Regard,
ronald|H|N|
AIC-006/T451A

Report suntik shockbreaker kanan belakang Aerio di PJS dan spooring di RAF

 gambar 1 - masuk di bengkel PJS 

Setelah shockbreaker kiri belakang yang tahun lalu disuntik di PJS, giliran shockbreaker kanan belakang iri dan rembes, suntik deh.

How To : {Aditia Ekalaya} DIY membuat EyeLids mobil

gambar 1 - EYE LID pada Headlamp mobil


PERKENALAN
Mempercantik kendaraan kesayangan kadang tidak membutuhkan biaya besar.
Yang anda butuhkan hanya kreativitas.
Buat apa beli jika kita mampu membuatnya sendiri ?
Mobil anda adalah teman anda dan bukan teman kartu kredit anda hehehe.
Alasan saya membuat DIY ini hanyalah sekedar sharing knowledge yang kebetulan saya dapatkan dari pengalaman di tempat usaha saya.

SAFETY FIRST !


Resin dan serat kaca/fibre glass adalah racun jika memasuki saluran pernafasan.
Serbuk resin dan serat kaca/fibre glass juga akan menimbulkan rasa gatal jika menempel dikulit.
So pake masker atau minimal kain yang dibasahkan untuk menutupi saluran pernafasan anda.
Kenakan kacamata kerja agar debu serat kaca tak menempel pada mata anda karena worst case scenario, bisa menyebabkan kebutaan jika anda tidak berhati-hati.
Gunakan sarung tangan, pakaian yang mampu menutupi sebagian besar tubuh anda dan selalu bekerja di ruangan dengan ventilasi yang baik.
Selalu bekerja dengan ditemani oleh seorang rekan!
Tapi please jangan minta ditemani oleh pacar atau anak balita yaa :D
Saya tidak bertanggung jawab jika ada sesuatu yang salah atau kecelakaan yang terjadi dari pekerjaan fiberglass yang berdasarkan panduan DIY saya ini.
Pendek kata, resiko tanggung masing-masing yaaa.


Selasa, 05 Februari 2013

{515635} Pasang K & N Apollo dan Light weight Crank Pulley di Livina


sumber : kaskus
Nyobain maenan baru buat livi...K & N Apollo, Lightweight crank pulley
 gambar 1 - Lightweight crank pulley dan open air K&N Apollo

Senin, 04 Februari 2013

DIY : {Endy Sagita} Pasang Mudguard orisinil Aerio

sumber : FB AIC
gambar 1 - Mudguard depan orisinil Aerio

Jadi, inilah pesanan saiah dari Om Dix yang dikirimkan via TIKI JNE hari Jumat lalu. Sampai di Kantor tepat jam makan siang, saiah sempatkan ke BeRes, dan ternyata......ukuran ban 205 ituh masih terlalu LEBAR&%$#x@!*. Tapi sedikitnya membantu lah, supaya nggak terlalu tinggi cipratan airnya. Trims Om Dix! Senang berbisnis dengan beliau nih.

Jumat, 01 Februari 2013

{Martinus} Report penggantian intermediate shaft KW - Bearing Intermediate SGP - inner CV Joint NKN

gambar 1 - intermediate shaft + bearing, inner cv joint kanan
Karena intermediate shaft aus dan mutar di tempat, maka dibutuhkan pergantian
1. Joint Assy Diff side RH. parts no. : 44117-54610

2. Shaft Assy Drive Intermediate . parts no : 27800-54640

Saya tinggal di Kudus 50 km sebelah timur Semarang. Saya sdh tanya ke toko onderdil yang ada di semarang, namun mereka tidak pada punya.

{Mirza} Ganjal support shock untuk menambah ground clearance Aerio

sumber : Facebook AIC
 gambar 1 - Peletakan karet pengganjal Support Shockbreaker


Aerio sudah ditinggiin belakang naik 4 cm dan depan 2 cm, insaya allah aman bemper ngga cium aspal lagi.....kenyamanan nyari aman hehehe,  daripada gasruk2...., habis biaya ngecat bumper depan trus.


Cara peninggan dengan tambahin karet modifikasi ban luar alat berat bolduser dipotong sesuai atasan per dudukannya disesuaikan ukurannya saya minta 4 cm blakang depan 2 cm....pasangnya agak ribet biaya 400 ribu sama pasang...