Pos

Menampilkan postingan dari Januari, 2013

DIY : {eyb} tester mini CAI untuk Avanza Xenia

sumber : kaskus

 gambar 1 - mini cai

DIY : {ankgagreck} Bungkus pengait bagasi untuk menghilangkan bunyi glodakan di pintu bagasi Grand Livina

Quote:Original Posted By ainkmahendra
permisi gan,mau numpang nanya donk,apa GL agan2 ada yg pintu belakangnya bunyi glodak glodak kayak ada yang kurang kenceng kalo lewat jalan yang bergelombang?soalnya GL ane pintu belakangnya bunyi glodak glodak nih gan..

udah lama di bahas ni om..
coba dengan yg ini om mungkin bisa gk glodak glodak lg


gambar 1 - Kulit kabel untuk selongsong kaitan bagasi

{Reiza} Report pergantian intermediate shaft KW dan inner cv joint NTN

gambar 1 - Intermediate shaft, bearing intermediate dan inner cv joint NTN

Setelah 2 kali percobaan perbaikan yang pertama dengan cara di las yang gagal, dan dicoba untuk memberikan coakan dan hendak dipasak tetapi gagal melubangi batang intermediate, di Senin malam kembali intermediate shaft los lagi. Akhirnya diputuskan untuk diganti dengan baru dengan memesan dari Sentosa Motor - Atrium Senin.
Mengingat biaya derek apabila diperbaiki di bengkel yang mencapai 175rb, maka diputuskan menggunakan mekanik langganan kantor. Jasa pasang 150rb.

{oopsadhit} Sharing penggantian karet stabilizer penyebab bunyi duk duk

sumber : kaskus
 gambar 1 - karet stabilizer belakang orisinil

ganti karet stabil belakang,
harga karetnya 100rb sepasang pake yg ori sgp.

alhasil bunyi duk duk dr belakang ketika melewati jalan jelek hilang.

DIY : Turunkan dan bleeding master rem karena rem terasa seperti spons (spongy brake)

gambar 1 - Master rem atas Aerio

Di sini newbie tidak membahas DIY proses penggantian minyak rem dan minyak kopling, karena sebelumnya sudah pernah newbie ulas. Kamis lalu newbie melakukan penggantian minyak kopling dan minyak rem Aerio (Manual Transmission) dan Next G (Automatic Transmision). Karena sebelumnya udah pernah bikin blog tentang ini (click link di atas) maka cuman foto beberapa aja untuk diposting di twitter (@otodiy). Ternyata untuk rem Aerio mengalami kendala yaitu los atau ga pakem atau 'nggeluyur' kalau melakukan pengereman. Sedangkan kopling Aerio maupun rem Next G justru makin enak. Newbie coba kocok pedal rem dan tahan sewaktu mesin mati, ditunggu dan tidak turun lagi, kalau mesin dihidupkan baru turun dikit tapi ndak terus-terusan turun. Demikian juga kondisi mesin hidup dikocok sampai kerasa tinggi, tahan pedal rem, matikan mesin tidak terjadi perubahan ketinggian pedal rem.

{Dome} Penggantian karet support shockbreaker depan Aerio dengan KW

sumber : milis AIC
 gambar 1 - Karet Support Shockbreaker KW

Saatnya ganti lagi karet support depan, lumayan 1thnan bertahan..

Bentuk yg sekarang lebih meyakinkan drpd yg dulu,harga kena 110rb/piece. Kata montir soni di senen jg blg ini lebih mirip ori..Harga @110rb ini non ori, kalau ori @350rb

indikasi ganti : Ini tersangka terakir kalau balljoint&shockbreaker masih bagus ya.. Bunyi dug gludug kalo kena jln bebatuan/rusak.. 

{Mirza} Bungkus dashboard Aerio facelift yang retak dengan Kulit Synthetic

sumber : Facebook AIC
 gambar 1 - bungkus kulit MBTech
Biaya 300 rb sudah termasuk bahan

{Reiza} Perbaikan intermediate shaft dengan cara las yang gagal

kelanjutan dari report sebelumnya.
Hari sabtu 19 Jan 2013, dibawa ke PJS lagi, bayar derek lagi 175 rb.
 gambar 1 - pertemuan splines intermediate dan inner cv joint yang aus
 gambar 2 - gigi splines intermediate yang aus

DIY : memperbaiki semprotan nozzle wiper depan Aerio yang mampet

 gambar 1 - Nozzle wiper depan Aerio

Well, Nozzle nya ga standard sih, maklum dulu beli aerio second hand dah diganti begini nozzlenya, asalnya sih mayan model chrome ama bening nyala biru ngikut lampu senja, tapi seiring usia chrome plastiknya pudar, beningnya kusem, lampu LED biru nya padam satu sampai akhirnya newbie cabut aja kabel LED nya. Cuman newbie senangnya model semprotannya yang nyebar merata, jadi bukan 2 titik per nozzle seperti bawaan, jadinya lebih bisa basahin kaca dengan lebih luas dan merata.

Nah sekarang wipernya kok ndak lancar, terutama yang sisi kanan / pengemudi. Ntuh kiri kanan pompa wipernya jadi satu kok, jadi bukan masalah pompanya, paling di ujung nozzlenya aja kotor. Newbie bersihin pakai jarum dan lancar kembali.... sip.

Eh ga tahan lama, yang kanan ga nyemprot sama sekali, ngandalin kiri aja sedikit, itupun ga lama yang kiri ikutan ngaco gara-gara buntet juga..... Ya udah putusin buat buka total dah. Kalau ntar masih mampet lagi....ya terpaksa kudu lepas tabungnya dan kuras bersih, mungkin banyak lumut / algae di sana....

Nah berikut cara lepasnya :

DIY : Membetulkan switch lampu Next G penyebab lampu DIM tidak mau menyala

gambar 1 - Tuas switch lampu Next G dan Aerio sama persis

Bermula saat di parkiran Tunjungan Plaza dan butuh menge-"DIM" alias menarik tuas lampu agar lampu jauh menyala, Eh ternyata kok ndak ada kilatan lampu DIM aka lampu jauhnya ?? Kondisi saat itu tanpa menyalakan lampu utama / headlight / headlamp karena masih terang suasananya. Coba hidupkan lampu utama ternyata menyala, tarik tuas DIM ternyata bisa, coba lampu jauh / High Beam, bisa juga.... coba matikan headlamp dan tarik tuas DIM, kembali tidak ada kilatan cahaya, setelah dicoba beberapa kali ternyata masih seperti itu, wah jadi Pe-er buat cari troublenya nih, ada-ada aja x_x. Kudu dibetulin nih secara kalau siang hari ada kalanya menyalakan lampu DIM sebagai media komunikasi dengan pengendara yang lain, baik saat U Turn ataupun perlu untuk mendahului / meminta jalan.
Sampai di rumah langsung test di Aerio, weleh kondisi kunci off pun dan langsung tarik tuas DIM langsung menyala kok lampu jauhnya....Hmmm, dari bohlam jelas bukan, dari relay lampu MX11 ? Coba bypass relay-nya ternyata masih sama aja.... Cek semua fuse dan relay, ga ada yang putus / bermasalah. Akhirnya dugaan mengarah ke Switch Lampu.... hadeh x_x.
gambar 2 - Panduan cara switch lampu

{danee120} Pasang moonrood / panoramic roof pada atap Suzuki Aerio

sumber : fb AIC
 gambar 1 - Moon Roof
gambar 2 - Moon roof pada Aerio

DIY : {Aditia Ekalaya} Menurunkan intake manifold dan memperbaiki kebocoran coolan di area Thermostat Aerio

sumber : FB AIC
 gambar 1 - Intake manifold sudah terlepas


Akhirnya setelah penuh perjuangan...
Intake manifold bisa lepas dari retainer nya.
Ternyata lebih gampang bongkar baut retainer nya dari bawah.
Langsung cek kebocoran air radiator yg ternyata cuma selang yg nyambung pipa rumah thermostat rembes..
Solusi sementara ( atau sementahun? ) kebetulan ada selang yg ukurannya sama jadi langsung pasang aja.

{Firdhaus} Cabut baut tutup deksel (cylinder head cover) yang patah

sumber : BB Group
gambar 1 - baut tutup deksel sudah dikeluarkan

Cabut manual pakai las listrik karena dalam patahannya. Kejadian setahun lalu waktu tune up, mungkin kekencangan diikatnya, tune up pertama di beres, tapi orang beres ga ngaku, kemarin itu baru sempat cabut bautnya. 1 tahun dibiarkan, mesin kotor, rembes, imbasnya seal tutup deksel mati, busi basah

{Endy Sagita} Review 3M All Purpose Cleaner untuk membersihkan interior mobil


sumber : facebook Aerio Indonesia Club
gambar 1 - 3M All Purpose Cleaner
Info untuk penyuka interior resik, berdasarkan pengalaman saya, belikan 1 botol All Purpose Cleaner. Dan mulailah menyikat bagian demi bagian interior dari mulai dashboard, jok, door trim, dan semua bagian yang kotor dengan sikat baju yang halus atau dengan sikat gigi kalau mau lebih bersih+tambah repot. Hasilnya cetar membahana! Sampai sandal pun ikut disikat dan ikutan kinclong. Harga RM 10 lah..
gambar 2 - Hasil All Purpose+sikat baju pada jok

DIY : {Pendrizal} Cara cek TPS (Throttle Position Sensor) masih dalam kondisi bagus atau tidak

sumber : Facebook Aerio Indonesia Club
cara cek TPS dg avometer pada saat terpasang di TB (mobil dalam keadaan mati), buka konektor TPS, pasang salah satu probe avometer pada kaki tengah yang satu pada kaki sebelah kiri (posisi 1K, plus minus diabaikan). putar perlahan bukaan gas sampai full, perhatikan jarum avometer. apabila jarum bergerak stabil kekanan berarti TPS tidak bermasalah. bila saat bukaan tertentu jarum bergerak kekiri atau bahkan balik ketitik nol kiri berarti TPS bermasalah. ini disebabkan karena plat tipis didalam TPS tidak konek ( sudah aus karena gesekan). cara kerja dan rangkaian didalam TPS sama persis dengan Potensiometer volume tape recorder.

gambar 1 - TPS pada Throttle Body
by Pendrizal Datuk Sari Mole

DIY : {Tedjo Siswantoro} ganti bearing roda belakang Aerio dengan merk Unifar

sumber : facebook Aerio Indonesia Club
 gambar 1 - Bearing roda belakang merk Unifar
gambar 2 - Proses pemasangan Bearing Unifar

Bearing Belakang Merk Unifar..dengung di sekitar roda hilang...cek harga di Bengkel Suzuki 1,35jt. Dapet diluar Harga 250rb Brow..
Modal 250rb dijamin dengung Hilang.. Pasang Sendiri cuma Perlu tambahan Kunci Ring "30 buat buka Baut Pengunci Bearing.....

DIY : Membersihkan kerak dan noda membandel bekas side skirt spoiler

gambar 1 - Belakang ban kanan depan - Before vs After
Side skirt spoiler yang telah lama terpasang, apabila dilepas ternyata meninggalkan kerak dan noda yang menempel pada cat di bawahnya. Hal ini karena bagian tersebut tidak terjangkau oleh proses pembersihan. Akibatnya kerak / noda tersebut menjadi membandel dan tidak tidak bisa hilang dengan pencucian biasa.


gambar 2 - Proses pemberian Bug And Tar Remover serta "Amunisi" yang dipakai


{van80} Share scan manual book alarm Suzuki APV GX

sumber : kaskus

gambar 1 - Buku petunjuk penggunaan option alarm MG 615 SZ

DIY : {wawan5161} Bongkar steering gearbox SJ410'85

sumber : kaskus

Kali ini nubie nekat lagi bongkar gearbox stir grobak ane gan, ada kata2 bijak begini “cari masalah dan bikin kekacauan itu adalah cara terbaik untuk mempelajari sesuatu” he..he...total waktu pengerjaan, 10 jam ha..ha..gejalanya kok stir rasanya mbelok ke kiri, apalagi kecepatan di atas 20 km/jam, keluhan lain udah lama kalo belok patah dan penuh ada suara tek-tek tek gitu gak tau dari mana??trus stir kadang gak mau balik sendiri kalo waktu jalan dan belok penuh (gerobak ane kagak ada power stiringnya)

Pertama, baca service manual yang samurai punya, pasti agan2 udah punya yang ini, dulu download juga tapi udah lupa dari mana linknya, selanjutnya karena grobak ane udah kagak ada bempernya langsung keliatan tuh gearbox stir, tujuannya adalah angkat gearbox dan bongkar setelah lepas,

siapkan doa dan kunci2, 2 dongkrak untuk 2 roda ,ada baut tiga di chasis coba di kendorin dl,
trus yang dari as yang dari stir yang ada karetnya (rubber joint)itu juga di lepas, gak ada masalah..trus liat di gearbox ada yang namanya pitman arm kalo di buku, mulai nih ke kacauan ...keras banget ampun deh bautnya, udah di kasih wd40 gak bergeming juga,coba buka baut di tie rod bisa, masalah lagi ternyata tie rodnya lengket banget gak bisa dilepas juga dari pitman arm, stuck disini lama...ampir putus asa panggil bengkelers..., di ketok2 pake palu juga gak bisa, ternyata liat di manual harus pake special tool,” tie rod remover”...akhirnya nemu alat ini di tetangga sebelah ...stelah pake alat ini mudah banget nyopot tierodnya dari pitman arm.
gambar 1 - tie rod remover

{Reiza} Share perbaikan intermediate shaft Aerio yang aus dengan cara Las

sumber : BB
gambar 1 - Nota PJS


Reiza anggota AIC mengalami intermediate shaft yang aus sehingga mobil tidak bisa jalan. Akhirnya dibawa ke PJS untuk di Las.

Untuk gejala nya baru terasa 2 minggu terakhir ini.. Pasca banyak genangan,, dan oreo sering lewatin genangan air yg agak tinggi. Gejala nya adalaha pada saat mau jalan setelah parkir aga lama.. Begitu masuk gigi 1 lepas kopling dan injek gas bunyi dug. Begitu juga pada saat mau mundur bunyi seperti itu. Seminggu belakangan semakin parah (yg aku cerita di group ‎​ввм™) hampir pasti setelah berenti dilampu merah dan mau masuk gigi1 lepas koplin injek gas pasti bunyi dug itu terdengar meski tidak sekencang bila berenti atau parkir yg agak lama.
Kalo dr gigi 1 ke 2 dst tdk ada bunyi. Hanya tenaga nya saja yg terasa berkurang.
Oh iyah bunyi dug itu terkadang ilang kalo gas nya aga besar aku injek..
Terakhir pas mau brgkt gathering jg bunyi seperti itu, namun syukurnya sampe di UMC. Sampe akhirnya aku minta om martin buat nyoba sampe akhirnya dol di UMC

{BramTiton} Review ganti busi Duration KR5TC11SU pada aerio dx at 2003

sumber : facebook
gambar 1 - Busi Duration KR5TC11SU


Review ganti busi Duration KR5TC11SU pada aerio dx at 2003
ya pasti lebih enak dibanding busi bawaan.....lha wong baru businya he3x......
Busi buatan Top 1. pake nama dagang duration...ya diujicoba dulu Om..di Oreo...tahan lama atau enggak. Harga @17500


by Bram Titon

DIY : {BramTiton} Praktek tips biar kaca depan Aerio tidak berembun

sumber : facebook
gambar 1 - Lubang kisi AC ditutup flakban

Praktek Tips biar kaca depan ga ngembun. dapet tips dari grup aerio Kaskus Om Singa....
Lubang yang ditutup : Lubang hembusan angin ac, di puteran ac yg kanan kan ada logo kek kaca, kalo itu dipilih maka ada hembusan ac ke kaca depan... Masalahnya spons/seal nya rusak dimakan usia, jadi biarpun ga dipilih ke sana jg tetep keluar anginnya



by BramTiton

{BramTiton} Share penggantian Kampas Rem Depan Aerio dengan Bendix General CT

sumber : Facebook AIC

gambar 1 - Bendix vs Ori


saya dapatnya kemahalan gan. 300rb 1 set. pas searcing di internet ada yg jual lebih murah lagi. ya butuh cepetnya saja mas....soalnya keburu dipasang...sekalian ganti laker roda depan di beres...

{BramTiton} Share pergantian Bearing / Laher Depan Aerio dengan Aftermarket merk Koyo

sumber : Facebook AIC
gambar 1 - Bearing roda depan merk Koyo

akhirnya nemu juga ditoko spare part
laher depan aerio
merk koyo
yg sgp saya tanyakan kemaren kena 402rb....yg ini cuman 275rb
pas sdh beli terus searching di internet malah ada yg dapet 190rb juga...walagh

DIY : {Niladyo} Cara puas kuras radiator dan gelontor heater dan block mesin / water jacket Aerio

sumber : BB
 gambar 1 - Itu dua hose untuk gelontor radiator
gambar 2 - Corong tempat guyur, jari telunjuk keluarnya gelontoran, puas..puas :)


  1. Lepas dua hose heater (gambar 1).
  2. Dengan corong guyur dengan air sampai keluarnya dari hose yang ditunjuk (gambar 2) bening, artinya heater core bersih.
  3. Pasang kembali hose yang ditunjuk.
  4. Dengan corong guyur dengan air sampai keluarnya air dari pipa tempat hose yang dipasangi corong benar-benar bening, artinya air dan kotoran di block mesin sudah tergelontor bersih
  5. Lepas corong dan pasang kembali hose-nya
  6. Puas

by Niladyo

{mkramadhan} Just Sharing, ternyata bersihin sensor ABS itu gampang juga

sumber : forum aerio indonesia

just sharing....ternyata bersihin sensor ABS itu gampang juga... :mrgreen:

Pas lg ganti karet boot as, lihat mekanik-nya bongkar roda depan...samping atas tromol ada baut yg ngadep ke atas kita2 ukuran 12 klo gak salah, tinggal buka, tarik keluar.....baru deh tuh sensor ABS bisa di copot n di bersihin....

gambar 1 - Sensor ABS roda kiri depan


by mkramadhan
AIC 221

DIY : {Galagajrut} Pasang Cover Brembo Replika di rem Cakram Mobil Honda All New Jazz


sumber : kaskus
Rasanya sudah lama sekali tidak melakukan kegiatan "Do It Yourself" dalam ngoprek Mobil. Kini saat yang tepat karena banyak liburan. Kali ini kita coba masang sendiri Cover Rem Brembo replika utk rem Cakram di Honda all new Jazz Facelift keluaran thn 2011.

Sebelum memasang cover brembo replika ini ada beberapa syarat yg perlu di penuhi agar cover bisa terpasang sempurna di rem Cakram.
Syarat-nya :

  1. Velg mesti mempunyai celah antara Pot cakram dan bilah velg minimum 3 cm. Bila velg tidak mempunyai celah minimum ini.... cover bakal tidak bisa dipasang karena cover akan mentok ke bilah velg.
  2. Kebanyakan velg dibawah ukuran 15"....mempunyai celah dibawah 3 cm.....jadi memasang cover brembo ini akan berhasil apabila dilakukan ke ukuran velg minimum 16" keatas ( walau kadang ada velg ukuran 15" yg mempunyai celah cukup lebar )

Ayo dimulai acara ngoprek-nya ..... :D

Peralatan dan bahan yg diperlukan sungguh simple..... tak perlu tools khusus. Cukup sediakan gunting, Sealant temp resist, gergaji besi ukuran kecil , Double tape 3M ( my Favourite bahan) dan tentu saja Heineken Dingin untuk teman setia Ngoprek .... :)

gambar 1 - bahan

Tentu saja Bahan cover rem brembo-nya donk ......
Cover brembo yang saya pakai ini hanya Replika berbahan Plastic (200rb untuk 2 pasang)....warna merah dan kebetulan dapat yang seri embos timbul dengan aksen Chrome ( dipasaran ada yang aksen warna putih embosnya)

gambar 2 - cover brembo

{MikeToyota} Ganti strainer / saringan transmisi matic dan packing pan matic Aerio

sumber : BB
 gambar 1 - Mobil diangkat, memudahkan proses ganti saringan oli dan packing matic
gambar 2 - Nota

Pembelian part packing dan oil strainer matic dilakukan di Raya Persada Utama Kedungdoro seharga 231rb untuk saringan matic dan 65rb untuk packing pan maticnya.

Bengkel penggantian oli di Diw Putra Jaya - Jl Kenjeran 183 Surabaya. Ongkos ganti saringan, packing sekalian kuras oli matic dengan mesin ATF Changer seharga 135rb. Oli menggunakan Idemitsu ATF yang dibeli dengan harga khusus karena rekanan dengan AIC (Aerio Indonesia Club) chapter Surabaya. Oli menghabiskan 10 liter totalnya. Sehabis pergantian, matic terasa lebih smooth.

Oli mesin diganti dengan Oli Mobil 2000 10w-40 seharga 260rb, gratis jasa dan gratis pencucian mobil.

by Miketoyota

{Arian} Ganti motor extra fan AC Aerio dengan panasonic di Star AC Kutai Surabaya

sumber : BB
Tanggal 26 Des 2012, om Arian - AIC Surabaya mengganti motor (orang kadang bilang dinamo) extra fan AC Aerio dengan merk Panasonic di star AC jl kutai Surabaya. Penggantian sebelumnya di kediri dengan motor extra fan tanpa merk.
gambar 1 - motor extra fan tanpa merk

Part : 320 rb, Jasa : 60 rb.

by Arian - AIC300