DIY : Pasang Wireless Relay Immobilizer di Avanza Veloz {Mukidin}

 gambar 1 - Bungkus Wireless relay Immobilizer
Met malam agan-agan semua...Lama gak main dimari... Koq kayaknya agak sepi nih...

Oh ya, nubi mohon ijin untuk sharing ya... Berawal dari kekhawatiran bahwa mobil avanza itu (termasuk Veloz punya ane) kalo kata orang jawa “Cemolong“ ato favorit untuk diembat sama para maling mobil, dan juga mengingat nih Veloz ane beli dengan penuh perjuangan, jadi sejak awal ane berfikir bagaimana cara meningkatkan ato menambah fitur keamanan buat nih mobil, karena semua juga tau, kalo cuma mengandalkan alarm bawaan kayaknya jauh dari harapan...penginnya sih bisa dapet fitur immobilizer kayak kompetitor, tapi kayaknya yang bikin mobil masih pelit ngasih fitur itu...

Dari hasil sercing banyak pilihan tambahan keamanan yang bisa diaplikasikan, mulai dari yang mahal jutaan rupiah, sampai yang murah ga sampe 100rb, dari yang pasangnya rumit harus oleh tehnisi khusus sampe ke yang bisa dikerjain sendiri, dari yang pasang kunci di setir, ada yang pake sensor sentuh dan masih banyak lagi.

Akhirnya, berawal dari baca-baca artikel di situs otomotif online disini. ga tau kenapa koq ane langsung tertarik ama nih produk. Sesuai ama keinginan ane, ga terlalu mahal (relatif sih), ga harus pake acara potong-potong kabel bawaan, dan yang penting bisa dikerjain sendiri. So, ane coba deh kirim sms ke no telp di situ, tapi lama banget ga ada respon... Ane pikir ga niat jualan nih... Sampe akhirnya kemarin dibalas kalo barangnya dah ready, ternyata kemarin ga direspon karena barangnya kosong...
Setelah deal sama yang jual, sampailah barangnya ke ane tadi siang..
Nih penampakannya... (gambar 1)
 gambar 2 - Penampakan isi
 gambar 3 - Penampakan isi
 gambar 4 - Petunjuk pemasangan
 gambar 5 - Petunjuk pemasangan

Oh ya, nih alat bekerja dengan mengganti relay fuel pump bawaan, diganti dengan relay yang sudah dilengkapi dengan semacam transmiter (yang bentuknya bulet). Jadi secara sederhana, kalo transmiter tadi ga didekatin ke relay tadi maka tuh mobil ga bakal bisa hidup, karena koneksi ke fuel pump keputus. Suara stater sih masih bunyi, cuma mesin ga bisa hidup....

Langsung aja pulang kerja ane pasang tuh alat...
 gambar 6 - Sebelum dipasang
 gambar 7 - Setelah dipasang
gambar 8 - Transmitter gabung dengan kunci

Setelah kepasang, ane set tuh transmiter ke mode otomatis (karena ada juga mode manual yang tiap mau nyalain kudu ditekan tuh transmiter). Dengan mode otomatis berarti begitu transmiter ada di dalam mobil, secara otomatis meng-unlock relay fuel pump.

Kemudian ane coba dah... 
1. Stater mobil dengan tranmiter di dalam mobil : nyala
2. Lepas transmiter, taruh di dalam rumah, coba stater : ga bisa nyala
3. Masih dalam kondisi kontak On, transmiter dideketin ke dalam mobil langsung terdengar suara fuel pump nyala... Stater : nyala...

So, menurut ane ane sangat puas sama nih alat, paling tidak bisa menambah rasa aman dihati ane.

Demikian sedikit sharing dr nubi... Mohon maaf kalo terlalu panjang, ga bermaksud apa2, cuma pengin berbagi aja...

Transmiternya dikasih 2... Dan di petunjuknya dijelasin kalo bisa diganti batere, kalo ga salah hampir sama kek batere jam tangan. Ada juga indikator yang menunjukkan kalo nanti batere udah dalam kondisi lemah. Kalau soal rusak ane belum tau apa bisa di serpis apa kagak, cuma biar nanti misal tiba-tiba terjadi sesuatu atas transmiternya (kali aja rusak ato ngadat ato habis batre), yang membuat mobil ga bisa hidup, relay asli tetep ane taruh di dalam mobil Om, biar bisa langsung diganti. 

Reciever menyatu dengan relay, jadi relay yang baru jadi sdikit lebih besar, kalo ukuran panjang lebarnya sama, tapi ke atasnya yang lebih besar. 
Jarak terjauh receiver dan transmiter untuk tepatnya saya belum ukur, tapi pas kunci posisi ON, kemudian transmiter saya deketin ke mobil, kira-kira 1 meter dr pintu (kebetulan pintu saya buka) udah kedengeran bunyi fuel pump yang menyala... saya ga tau kalo pintu dalam keadaan tertutup. mungkin nanti pulang kerja bisa saya coba lagi buat tau jarak pas-nya. Kalo kontak gak ON ya tentu aja fuelpump mati, paling terasa kalo pas putar kunci kontak ke ON (tapi jangan langsung stater) akan terdengar suara seperti mendesis beberapa saat trus mati.
Kotak tipis di deket transmiter : itu sih petunjuk kecil untuk mengaktifkan transmiter ke mode otomatis atau mau dikembaliin ke mode manual. yang ini transmiternya juga ga bisa ditaruh didompet, terlalu tebel...
Lagipula kayaknya menurut ane lebih pas buat nemenin kunci dan tombol alarm bawaan...
Harga seperti yang ditulis di situs itu (500rb - 021-7034 0962), ane minta kurang ga bisa, malah nambah buat ongkir sampe ke kudus. 

Oh ya barusan ane coba nyalain mobil trus tuh transmiter ane bawa masuk ke dalem kamar, kirain mobil bakalan mati ternyata kagak... Hehe... kirain bisa secanggih fungsi keyless entry kek Grand Vitara punya Saudara ane....dan pas ane matiin trus coba langsung nyalain lagi koq bisa... Padahal transmiter ada di dalam kamar... Wah, ane pikir jangan-jangan nih alat udah ga berfungsi alias rusak... Ternyata, ane baca buku manualnya, tuh sistem baru bekerja (memutus arus fuelpump) setelah 30 detik sejak kunci kontak OFF, jadi meski transmiter jauh dari mobil tapi jika jarak OFF ke ON kurang dari 30 detik tuh mobil tetep bs di stater

sumber : kaskus NEXA

Comments

most read in a week

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

DIY : Fix jok baris kedua Mobilio yang tidak mau melipat ke depan {andyles}