SHARE Bongkar multi-switch handel kanan [Sein,Headlamp,Passing] {sinxa}

 gambar 1 - kondisi satu set switch sebelah kanan kemudi


Perbaikan multi-switch handel kanan [Sein,Headlamp,Passing].

Berawal dari masalah berupa lampu DIM (Passing Beam) alias `lampu jauh sesaat` yang tidak mau menyala saat lampu utama tidak dinyalakan. Akan tetapi jika lampu utama dinyalakan, passing beam (tarik handle) dan juga high beam (dorong handle) juga bisa di nyalakan tanpa masalah.


Ini adalah kondisi satu set switch yg ada di sebelah kanan kemudi (gambar 1).



gambar 2 - dugaan awal 


Dugaan awal, saya pikir gara-2 celah kutub2 ini yang berkerak dan kotor. No.1.switch-high-beam. No.2.switch-low-beam. No.3.switch-pass-beam.


gambar 3 - busa double tape 


Dan tindakan awal saya tadi adalah membersihkan kutub2 switch tersebut dengan sedikit memaksa mencongkelnya ke sisi luar. Setelah saya bersihkan, saya baru sadar ternyata plat tembaga ini tidak mau kembali ke posisi yang seharusnya. Bingung gimana lagi mau balikinnya, soalnya satu set ini tidak bisa dibongkar, semua dihubungkan dengan keling tembaga.

Akhirnya untuk mengakalinya terpaksa saya kasih doubletape busa rangkap lima yang saya tumpuk seperti posisi berikut ini untuk membantu menekan plat nomor 1 dan 2. dan jaraknya saya atur sedemikian rupa agar keduanya tidak saling bersinggungan. Kenapa ini hanya saya pasangkan pada plat nomor 1 dan 2? karena baru 2 plat itu yang saya paksa tekuk keluar untuk saya bersihkan keraknya. Setelah sadar ternyata cara saya salah, akhirnya tidak saya teruskan untuk plat nomor 3. Alhasil plat nomor 3 masih bisa bekerja dengan baik.

Jadi buat temen2 yg mo nyoba bersihin kerak di kutub2 ini, jangan terlalu memaksa agar elastisitas plat tersebut tidak rusak/keluar dari travel yg diharuskan.

Akhirnya setelah coba bongkar pasang 2 kali dan dicoba-2, ketemulah masalah sebenernya ternyata ada disini.


gambar 4


Bagian yang leleh membentuk coakan yang berasal dari tekanan switch tembaga yg mungkin cukup panas ketika headlamp menyala. Coakan itulah yg membuat switch tembaga tidak jadi menempel kepada kutub yang seharusnya untuk menghantarkan arus. Akhirnya luka ini saya bangun ulang agar kira2 bentuknya kembali menyerupai sisi sebelahnya.

Akhirnya fungsi kembali seperti sedia kala. Silahkan di coba untuk yang mengalami masalah serupa dan hindari kesalahan yg sudah saya lakukan.


by sinxa
sumber : kaskus

owh... om singachu sendiri ya??? dah klir masalahnya om??? hehe.... (singachu : sudah sampe skarang ok)



Dan juga untuk kasus saya diatas juga ada sedikit update. Trnyata ganjal berupa busa doubletape memiliki kelemahan berupa respon elastis yg sangat kurang.
Akhirnya siang ini terpaksa klem/keling pengikat 3 plat switch itu saya congkel paksa agar saya bisa meluruskan kembali plat tersebut. Dan sebagai gantinya untuk memasang ulang, saya kasih baut dari bekas casing DVD player, alhamdulillah ukurannya pas.

Fotonya menyusul yaakkk.....

gambar 5 - klem dilepas, plat diluruskan dan dipasang kembali

ini keterangannya adalah plat switch headlamp-highbeam-passingbeam. tadinya dah terlanjur ketekuk dan ga bisa kembali seperti semula. untuk membetulkannya terpaksa klem/keling tembaga aku congkel dgn sedikit demi sedikit di iris pake pisau... makan waktu hampir 1,5jam buat nyabut klem tsb. dan alhamdulillah nemu baut yg ukurannya sangat pas sebagai gantinya setelah aku luruskan kembali ketiga plat tersebut. sekarang hasilnya lancar 99%, worthed lah drpd kudu beli satu set 1,2jt itupun kalo barange ready. thx....

by sinxa
sumber : kaskus

Comments

most read in a week

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

DIY : Fix jok baris kedua Mobilio yang tidak mau melipat ke depan {andyles}