Report pergantian thermostat karena reservoir berkurang terus {Febrian Imansyah}

 gambar 1 - Thermostat lama


Gejala :
Berawal dari sebulanan yang lalu, perasaan kok ga enak ya, ruang mesin terasa lebih panas pas dibuka. Terus di reservoir setelah abis dipake jalan 60km-an kok nambahnya banyak, dan pas mesin dingin berkurang sekitas 3-5 cm.

Troubleshoot :
  • Suspect awal di radiatornya problem, terus ngikutin saran om singachu semprot-semprot bagian depan radiator kali aja keluar cairan ijo a.k.a coolant. Ternyata ga ada, berarti radiator ga bocor.
  • Suspect 2 tutup radiator rusak, tapi kalau liat perilakunya kok ga ada masalah...maksudnya kalau panas aer lari ke reservoir, kalau mesin dingin aer disedot kembali ke radiator.
  • Suspect 3 fan radiator rusak, coba ikutin saran oto diy dengan test di bypass...no problemo, fan muter kuenceeng. 
  • Suspect 4 ada rusak di cylinder, tapi ga ada gelembung aer atau air muncrat.
  • Suspect 5 thermostat rusak, ternyata ketika manasin mesin pagi hari, setelah 20 menit lebih, hose radiator bagian bawah tetap dingin. Setelah diliat perilaku si reservoir cenderung panas dan berasap. Dan maen logika kalau ngasep terus gini ya tentu saja aer bakalan berkurang.

FYI, ndak ada tanda-tanda overheat. Akhirnya coba colek suspect ke 5, yang paling keliatan abnormal dengan cara ganti thermostat.


Tindakan :
Dapet di suzuki perdana malang, nebus 156rb,ongkos pasang 200rb. Sekalian ganti packing intake manifold 43,5rb biar lebih pede, soalnya pas dicopot ada kelihatan karat di packing intake manifoldnya gitu. 
Thermo lama dari visual masih okay, hanya saja spring nya kayaknya tidak normal, keras banget movementnya dibanding yg baru.
Pas udah dipasang semua, mesin dinyalain...eehh malah ngocor coolant dr daerah thermostat..ga keliatan sumbernya. Bongkar lagi tuh intake manifold, ternyata ada hose menuju termostat yang udah getas, mungin pas reparasi kesenggol mekanik jadi pecah...ganti deh...Berhubung ga ada ex aerio, akhirnya pakai ex swift lebih panjang dan berkelok-kelok, trus di potong bagian yang lurus supaya fit ama koneksi di aerio, kena harga 50rban untuk selangnya.

Waktu pengerjaan : 
Tanggal 16 Maret 2013, masuk bengkel 8:30, kelar pasang pertama 11:30. Bongkar lagi karena ngocor, selesai jam 14:00.

Hasilnya :
Sekarang setelah ganti thermostat, reservoir jadi lebih dingin, ga keluar asap. Dan setelah jalan jauh, ga ada air meluap ke reservoir. Sekarang masih tahap recovery coolant radiator (masih banyak udara kejebak), jadi masih ngisi reservoir tapi kayaknya udah sip...amiin (Setiap hari aerio-ku PP Batu-Pasuruan sekitar 110 km per hari)


gambar 2 - Packing manifold yang berkarat 
gambar 3 -Thermostat berkarat
Secara karetnya thermostat masih utuh,tapi springnya udah kerasss sekali, sehingga susah buka. Thermostat yang baru lebih kenyal dan gampang ditekannya, sedangkan thermostat yang lama keraaasss sampe jempol sakit (gambar 1)

 gambar 4 - bentuk asli hose ex swift, dipotong bagian yang lurus/tengah supaya fit ama aerio
 gambar 5 - Biang kerok ngocor, karena udah getas, pas kesenggol mekaniknya langsung crack

Kalau ga salah itu selang heaternya swift om, kalau di aeri kan ada koneksi besinya, kalau di swift langsung dari TB menuju heater pake hose.


gambar 6 - Sealer merah merupakan hose yang diganti ex Swift

by Febrian Imansyah
sumber : Whatsapp

Comments

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : step by step pasang Foglamp Universal di Karimun Wagon R {gevarasyarif}

DIY : melepas head unit Kijang Innova tipe G

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

share Titik pemasangan Ground Wire Innova VVT-i matic {ipah2.0v}

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G