DIY : Ganti Engine Mounting depan dan belakang Next G Matic

 gambar 1 - Crossmember beserta dua engine mounting
Sebenernya dah lama pembelian part engine mountingnya (24 Des 2012 - gambar 17). Lagi ga sempet aja ama males, mau dibawa ke PJS tapi gatel tangan pingin DIY, ya udah DIY aja dah daripada capek antri....

Alat-alat : Kunci no 14mm dalam berbagai model / bentuk (Sok, T, Ring). Yup cuman ukuran 14 mm aja yang dipake.


 gambar 2 - Letak baut untuk crossmember bagian belakang
Step-step :

  • Tentu pertama didongkrak trus pasang jackstand biar aman.
  • Selanjutnya kendorkan semua baut-baut dan mur-mur di step berikutnya, setelah semua kendor nantinya tinggal lepasin satu per satu
  • Pertama baut crossmember bagian belakang (gambar 2, gambar 3, gambar 4)

 gambar 3 - Zoom letak baut untuk crossmember belakang
 gambar 4 - Mur bagian atas tahan pake kunci ring, bawahnya puter pake soket

  • Kendorkan dua baut untuk crossmember bagian depan (gambar 5)
  • Kendorkan sepasang baut mur untuk engine mounting depan (gambar 6)
  • Kendorkan sepasang baut mur untuk engine mounting belakang (gambar 7)

 gambar 5 - baut crossmember bagian depan
 gambar 6 - Baut mur engine mounting depan
 gambar 7 - Baut mur engine mounting belakang

  • Lepas semua baut-baut dan mur-murnya, sehingga cross member terlepas beserta kedua engine mountingnya (gambar 1)
  • Lepas engine mounting depan dengan melepas 2 mur di bawah crossmember (gambar 8)
  • Lepas engine mounting belakang dengan melepas 2 mur di bawah crossmember (gambar 9)
  • Semua baut mur bisa dioles grease supaya menekan pertumbuhan karat (gambar 10)
  • Pasang dengan proses kebalikannya.
  • Selesai

 gambar 8 - mur engine mounting depan
 gambar 9 - mur engine mounting belakang
 gambar 10 - baut mur engine mounting dan crossmember
 gambar 11 - Engine mounting depan lama vs baru
 gambar 12 - Engine mounting depan udah patah / sobek
 gambar 13 - Debus pake kertas
 gambar 14 - Engine mounting belakang lama vs baru
 gambar 15 - Engine Mounting belakang
 gambar 16 - Sedikit retak, ga perlu ganti mestinya
gambar 17 - Nota pembelian

Harga emon depan : 231rb, belakang 285rb
Setelah pergantian, bener-bener halus, tahan transmisi matic di D / R dan injak rem bener-bener halus, sebelumnya benar-benar kerasa getaran yang tidak nyaman.

regards,
singachu

Comments

  1. Untuk dongkrak dtahan dmanakah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu melepas, mesin sudah ga perlu ditahan lagi, asal emon kanan dan kiri tetap terpasang.
      Kalau mau dibantu dongkrak tetap bisa dibantu di pan oli, tapi kasih alas kayu biar ga penyok pan nya

      Delete

Post a Comment

most read in a week

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

DIY : step by step pasang Foglamp Universal di Karimun Wagon R {gevarasyarif}

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

share Titik pemasangan Ground Wire Innova VVT-i matic {ipah2.0v}

DIY : Test pasang Camera Mundur di Head Unit Orisinil Innova type G