DIY : {Frans-AIC 283} Membersihkan daun-daun di cowl ventilator Aerio penyebab bocor air ke kabin


Akibat sering parkir di bawah pohon



AIC'ers

Singkat cerita, karpet bawah supir suka basah dan lembab gitu.

Selang heater oreo ane udah di bypass, jadi kemungkinan besar bukan air radiator.
Ane perhatiin selang pembuangan air AC lancar dan letakanya disebelah kiri, jadi kalaupun mampet harusnya karpet sebelah kiri ikut basah juga.. :geek:

Hmmm... apa lagi lagi ye :?: ... Ane juga ga pernah ngompol dimobil :oops: .. berarti kemungkinan besar air dari luar nih :idea:

Test guyur air deh , pas ane guyur-guyur di bagian cowl ventilator (plastik hitam di bawah wiper), terlihat dek bawah supir jadi basah.
Hmm.. kayaknya ini tersangkanya. Ane intip banyak kotoran/ daun di bawah cowl ventilator, kemungkinan air jadi tergenang dan tidak ngalir ke tempat semestinya..

Akhirnya putusin buat buka cowl ventilator..
Thanks to om Singachu ;)

Berikut penampakan setelah cowl ventilator dibuka:
gambar 1 - Daun-daun penghambat air


Buset deh.. lumpur/ daun busuknya banyak amat, kira2 ada kali 2 genggam tangan gw :shock: :shock:
Besi penggerak wiper juga sampai karatan gitu :(

Setelah bersih-bersih selesai, test guyur lagi... Terlihat air langsung mengalir deras ke bawah.
Mantab.. mudah-mudahan karpet ga bakal basah lagi deh :)

Soo.. saran bagi aerio yang sering nongkrong dibawah pohon, sekali-kali perlu dibuka cowl ventilatornya..


by Frans-AIC 283
sumber : Forum AIC

Comments

most read in a week

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

DIY : Fix jok baris kedua Mobilio yang tidak mau melipat ke depan {andyles}

Letak fan double blower, evaporator dan pembuangan air AC Innova {ipah2.0v}