Pos

Menampilkan postingan dari November, 2012

DIY : Ganti Lugnut Topi Panjang ke pendek 12 x 1.25mm

Kelanjutan dari perbandingan Lugnut untuk Velg Yaris / Vios yang terpasang pada Suzuki Baleno Next G, ternyata memang agak susah mencari velg model toyota tapi dengan ukuran drat 1.25 mm, kebanyakan berukuran 12 x 1.5 mm. Akhirnya newbie putuskan untuk beli second punya teman. Berikut perbandingannya.


gambar 1 - Lugnut sudah datang
gambar 2 - Perbandingan lugnut lama dengan baru

Penjelasan gambar 2 dari kiri ke kanan :
1 : terlihat Lugnut model panjang dengan ring dilepas sama sekali.
2 : lugnut diberi 3 ring, seharusnya hanya satu ring saja. Panjang sisa yang masuk ke lubang PCD velg dengan 3 Ring adalah 1.238 mm, sedangkan bila 1 Ring saja sisanya adalah 1.648 mm
3 : lugnut baru, seperti ada topinya dan ring yang tidak bisa dilepas. Panjang sisa yang masuk ke lubang velg PCD velg adalah 1.198 mm
4 : lugnut baru, dicoba dratnya dengan dipasangkan ke baut roda SGP

DIY : {Santoso} ganti lugnut model L, cat velg dan skotlight strip untuk modif tampilan

sumber : BB
 gambar 1 - Pemapakan Velg setelah dicat hitam dan diberi sticker biru
gambar 2 - Lugnut kunci L
Lugnut biru pakai kunci L, harga 200rb / 16 pcs di Streetmotorsport CITO Sidoarjo. Velg orisinil Aerio facelift di cat hitam. Plus diberi scoth light biru 4mm x 5 meter, harga sticker 6rb/roll.

by Santoso

DIY : {oopsadhit} Pasang heat wrap header 4-2 Aerio

sumber : aerioindonesia@yahoogroups.com

gambar 1 - Penampakan bungkus header

Ini penampakan hasil wrap seadanya. :d
Engga jadi di copot headernya (Header Galvanis).
Males bongkarnya. :d
Beli 10m sisa 1m an (harga 12.500/meter)
Di bungkus 4-2 aja, bawahnya engga. Atas saran sumas dix dan sumas bobi.
Wrap direndam air dulu sebelum dipasang, pakai sarung tangan karena gatal-gatal.
Hehe

by oopsadhit

{Ervan} Report penggantian Engine mounting kanan kiri Aerio Matic

sumber : BB
 gambar 1 - Engine Mounting kiri baru sisi transmisi matic
 gambar 2 - Engine Mounting kanan baru sisi transmisi

Belanja di Timur Jaya (Muzatek Pecenongan, Jakarta Pusat)

{Ervan} Report penggantian bushing arm depan Aerio facelift dan potong per depan

sumber : BB
 gambar 1 - Bushing arm belakang kiri
gambar 2 - Bushing arm belakang kiri
Mau share report penggantian bushing arm dpn sebelah kiri
Arm depan aerio ada 2 bushing, depan dan belakang. Yang pecah sebelah kiri belakang (dalam), Arm nya tdk diganti, ganti bushing nya saja. 
Harga bushing arm belakang 118rb, depan 150rb, part orisinil.
Gejalanya bushing pecah : Kalau posisi mobil sedang jalan, mobil kalau kena polisi tidur atau sambungan jalan tol layang.. Setirnya bunyi gluduk2. Kalau posisi mobil sedang mau parkir, trus setirnya kita mentokin kiri atau kanan sampai habis. Trus kita rem, ada bunyi seperti besi beradu di kaki-kaki depan.

{Dome} Ganti shockbreaker Aerio dengan merk IKYBI

sumber : milis aerioindonesia@yahoogroups.com
gambar 1 - Shockbreaker IKYBI

Hunting2 akirnya ke imanuel suzuki, di rekomen merk IKYBI (thailand) bisa buat old/newmod..

Damage cost Rp 550rb special price kata si apin..

AIC190• AT'06 - B1049WJ


Update 12 Jan 2013 di Facebook AIC :
FYI..Shockbrker merk IKYBI yang pernah gw posting sangat ngak cocok buat aerio yang ceper karena blum ada 3 bulan pasang buat BELAKANG, salah satu shock bocor cooorrr dengan kondisi aerio pakai per eibach (pendek sampe jari aje susah masuk)...kalau buat kondisi standar yah bolehlah... #hikssDompetmenangis jadi beli shock lageh

Review Permaglass Window Renew pelumas Power Window

Kebetulan silicon spray newbie habis dan di Lottemart ada promo PG Power Window untuk pelumas karet channel kaca jendela. Pingin coba tebus dengan harga 27rb.

 gambar 1 - Kemasan PG Window Renew
gambar 2 - Coba diaplikasikan ke karet jalur kaca

Berbeda dengan pelumas silicon model spray, PG Window Renew modelnya tube yang dipencet. Isinya kental sehingga tidak mudah menetes. Sayangnya cukup berat untuk mencetnya dan tadi sempet susah, akhirnya pakai trik abis pencet diberdirikan lagi dan pencet balik lagi begitu seterusnya. Isi sepertinya lebih dikit dibanding yang model kaleng, tapi karena pemakaian tepat sasaran karena tidak banyak terbuang seperti model spray maka lebih efisien juga, dari segi harga juga lebih murah. Setelah karet dikasi titik-titik aja, kaca dinaikkan supaya cairan kental lebih merata ke seluruh karet. Hasilnya kurang lebih mirip seperti silicon spray. Pada kemasan ditulis bisa merekondisi karet, well susah ngebuktiinnya, tapi yang penting dengan diberi rutin kerja power window bisa lebih enteng.

regards,
singachu

DIY : Perbaiki main switch power window Aerio yang tersendat-sendat

Hmmm kaca sisi supir Aerio lagi aneh nih, turun tersendat-sendat tapi naik lancar, udah coba bersihkan motor power window beserta jalur-jalurnya tapi tetep ga menolong banyak, setelah test tuker ama punya Next G langsung OK. Akhirnya coba bersihkan PCB nya dengan contact cleaner, udah test naik turunin kaca belasan kali, hasilnya OK, moga-moga awet.

 gambar 1 - Main Switch Power Window Aerio
 gambar 2 - Connector, lepas untuk akses PCB-nya
Proses bukanya pernah diulas di sini.

DIY : Modif dan perbaiki pompa angin kaki

Newbie kebetulan liat ada pompa kaki double tabung yang mirip dengan yang newbie punya sebelumnya. Mayan nih satu bisa dibawa-bawa satu bisa ditaro di rumah, sengaja pilih yang berupa tabung bukan batang besi untuk yang bisa keluar masuk, karena kalau yang batang besi sering kalah/pecah di bagian plastik pistonya dan tidak bisa diperbaiki lagi. Kebetulan murah harga pompa ini 50rb, tapi ternyata setelah dipakai untuk memompa berat dan angin tidak masuk.....
Akhirnya diputuskan untuk modif selangnya dan sekalian cop pentil/cop pompanya dengan yang bagus. Beli di toko sepeda pancal/ontel selang + cop seharga kurang dari 10rb, plus klem kira-kira 2xRp1500,-

 gambar 1 - Kiri Pompa double tabung, Kanan pompa lama yang masih Te O Pe Be Ge Te
 gambar 2 - Beda merk, setelah dibandingkan berjejer dengan pompa lama, kualitas menang pompa lama

DIY : cat cover exhause Next G dengan cat tahan panas

Langsung saja, kebetulan cover exhause / header Suzuki Baleno Next G dilepas dan pingin pasang lagi, sedangkan kondisinya berkarat dan kusam, iseng pingin dicat aja, kebetulan masih punya sisa cat tahan panas.

 gambar 1 - Exhause cover berkarat dan kusam
 gambar 2 - sikat / amplas, cuci bersih dan semprot cat
Sebelum dicat, bahan dibersihkan dari kotoran dan minyak, bagian berkarat bisa disikat dulu pakai sikat kawat atau diamplas dulu. Lakukan pengecatan tipis dulu, jangan langsung tebal karena justru mudah terkelupas. Setelah agak kering baru cat lagi lapisan berikutnya.

Ganti selang hi pressure Power Steering next G dengan selang aftermarket / kw

Next G Matic didapati ada tetesan di bagian bawah, setelah cek ternyata oli power steering, cek lagi ternyata bocor di selang hi pressurenya..... harga orisinilnya 900rb, pemakaian selang KW sampai saat ini dilaporkan ada dengung, tapi karena penasaran coba selang KW buatan tangomotor yang dikatakan tidak dengung, harga miring 160rb sebelum ongkos kirim.

 gambar 1 - terlihat basah

 gambar 2 - terlihat basah dari oli

{Ervan} Flexible Pipe untuk Exhause Aerio Matic, getaran berkurang

sumber : BBM
kiriman foto tambahan dari report penggantian full exhause sebelumnya.

 gambar 1 - Pipa flexible
gambar 2 - Pipa flexible

Dengan adanya pipa flexible ini, getaran exhause dan mesin tidak langsung tersalur ke body, meski ada karet gantungan exhause tapi dengan adanya flexible ini membuat getaran lebih teredam.

by Ervan GreenRazer

{Duckshit} Report pergantian Kopling Aerio

sumber : kaskus
 gambar 1 - Part
 gambar 2 - Proses pemasangan kopling


Malam om-om...
sekedar mau report dikit...
kemaren baru aja :
1. ganti kopling set (plat kopling, dekrup, deklahar, laher flyweel)>> 960rb
begitu bongkar bawa ke bengkel.. teman-teman nya ada yang minta di ganti juga :
2. Engine mounting(325), sil as roda(60rb) dan bubut flyweel (80rb)>> 465rb
3. ongkos pasang >> 250rb
4.stop per >> 40rb
5.tips,tehbotol,indomie dan hal" yg ga penting lain >> 150rb

Tapi puaaaaasss... kopling jadi makyus dijalan ga ngesrok and mentok lagi.. pokoke nice lah.. hehehe
Semua barang" sparepart diatas sih di klaim original.. dan memang gw juga maunya yang ori (bukan oriental lho) tapi ga tau juga kalo ternyata kena tipu mah... hahahaha berikut sedikit oleh"