Posts

Showing posts from October, 2012

DIY : {the andry} Tutorial Pasang Peredam Pintu Avanza Xenia for BEGINNER

sumber : kaskus

Berhubung lagi cuti kerja, ane buat tutorial ini buat RR sekalian
semoga bermanfaat

Step 0 : sebelum melepas doortrim, harap kaca diturunkan terlebih dahulu, agar kaca film terlindungi dr benda2 tajam (ex; obeng)


 step 0 : turunkan kaca
 step 1 : putar doorknob berlawanan arah jarum jam untuk membukanya

{Andi Fachry} Report ganti cover radiator Aerio dengan kuningan

sumber : milis aerioindonesia@yahoogroups.com
Ganti cover highpressure radiator dikarenakan yang asli sudah pecah mau ganti cari cover atas yang fiber asli juga untuk suzuki gak kluarin jadi gua ganti yang kuningan. Sekian laporan saya. 450rb om di bengkel langganan daerah kebayoran lama.


 gambar 1 - Cover radiator kuningan vs plastic orisinil
gambar 2 - Proses pemasangan

by -AIC_314- andi fachry

DIY : {the andry} Bungkus pipa AC Avanza/Xenia supaya makin nyosss

sumber : kaskus
Bungkus pipa ac supaya makin nyosss....
gambar 1 - lapisan pertama

gambar 2 - lapisan kedua

{Niladyo} Review Lastest Generation of Tyre Finish Balancing

sumber : BB Group

 gambar 1 - Mesin Finish Balance dengan Roller Bundar untuk memutar ban mensimulasikan Road Force

Sesuai judul, Finish Balancing udah kuno. Kemarin Finish Balance di GBT Jemur Sari, malah lari ke kiri, padahal sebelumnya sudah sembuh di GBT Raden Saleh. Jadi mesin Finish Balance terbaru ini menggunakan sensor infra red, kondisi ban ada steel belt putus atau benjol atau gak klop di rim guard akan terbaca semua, khusus untuk low sampai high speed dan top speed, alat ini akurat sekali


Pada mesin Finish Balancing sebelumnya (4 dan 5), penempatan Jack Stand kurang hati-hati dilakukan, sewaktu naikin ban supaya mesin finish balancenya bisa memutar roda depan, sehingga membuat wheel alignmentnya berubah. Kalau rekan-rekan selesai melakukan Finish Balance, maka sensor ABS dan handbrake akan menyala (EBD), Tidak usah kuatir, jalankan saja 500meter akan hilang sendiri.

Jadi hubungan antara Finish Balance dengan aligment yang berubah, saat akan Finish Balance, pertama dongkrak buaya, nah jack stand yang dipasang bukan permanent seperti yang biasa kaki segitiga di chasssis, tapi base roda dengan bentuk segitiga, bertangkai, dan plate penyangga mirip pelana kuda, nah waktu dia turunkan dongkrak buaya, glek mendadak body jatuh ke pelana penyangga jack stand ini. Jatuhnya pas ke A-Arm Ball jointnya, ntah karena hentakan yang gak presisi ini suspect perlakuan abnormal. Sebelumnya di GBT Solo, masangnya hati-hati semua, dongkra, jack stand permanent, bukan ala segitiga dengan roda dan lumayan OK.
gambar 2 - Mesin menginstruksikan supaya ban digeser sekian derajat dari velg
Jadi dengan mesin Finish Balance (gambar 1 dan 2) ini memakai simulasi permukaan jalan atau aspal di roller satunya, seolah-olah ban menapak dengan "aspal"; semua data lengkap langsung terbaca posisi roda dan velg, keausan, sampai-sampai mesin bisa baca posisi karet ban ke velg kurang "bundar". Mesin akan melakukan compensate, kasih instruksi supaya ban dibuka dari velgnya dan digeser posisi sekian derajat karet ke velg-nya supaya mencapai "kebundaran 100%" alias optimum.

Pada gambar 2 nampak simulasi instruksi garis mana yang harus sesuai dengan ban velg-nya.

DIY : {the andry} Pasang insulator pada kap mesin, peredam panas dan suara pada plafon dan pintu avanza xenia


sumber : kaskus
Sekedar sharing gan, iseng2 di hari libur, nga ada kerjaan, daripada bengong ane oprek2 mobil, ane fokus ke peredaman suara n panas pada body mobil & kap mesin

PASANG INSULATOR HOOD
gambar 1 - insulator hood 1
gambar 2 - insulator hood2

REVIEW : Di test malam hari, dengan jarak perjalanan yang jauh, kap mesin ane yang ada malah dingin, kena angin malam, tapi begitu stop, uap panas mulai naik ke kap mesin, kap jadi hangat, panas berkurang signifikan di bag. Kap mesin

{h4rt4} Foto Posisi Nomor Rangka Nissan Grand Livina

sumber : kaskus
Posisi Nomor Rangka Grand Livina di sini gan.. Buka tutupnya (tarik atasnya dulu) then, terawang no rangkanya di dalam kegelapan..
gambar 1 - Foto posisi nomor rangka


Kalo liat orang gesekin lmayan susah..
Tu stiker samsat ditempelin dikit di kayu agak panjang.. Pelan2 masukin tu kayu ke tempat no rangka itu.. Setelah posisi pas, ambil pensil panjang tuk rekatin tu stiker ke no rangka.. Then, item2in deh tu stiker pake pensil n dapet tuh no rangka.. Copot stikernya pelan2 n jadi deh..


by h4rt4

DIY : {centraltech8} Perbaiki knock sensor penyebab rembesan oli pada Next G (lepas intake manifold)


sumber : kaskus

gambar 1 - Intake manifold

berawal dari keinginan melepas knok sensor karena terjadi rembes oli, tapi posisi nya yang sempit mengharuskan melepas intake manipold ini dulu

sebelum dilepaskan disarankan melepas kutub aki negatif dulu, soalnya harus melepas sensor sensor,

gambar 2 - Fuel Rail dan Injector

Sebelum intake dilepas mesti melepas fuel rail injector dulu  cara melepas bisa lihat disini (buka dan bersihkan injector), lakukan injector cleaning juga sebelum di pasang kembali

DIY : {wawan5361} Repair Cylinder Head Jimny yang keropos

sumber : kaskus

cylinder head keropos...
sharing pengalaman nih gan, minggu lalu jimun saya ngadat waktu
di daerah peg.dieng bag barat, jadi kerja gak maksimal mikirin nih gerobak, gejalanya , radiator selalu meluap ke reservoir,tiap jalan 1 jam air di reservoir dah penuh,sampe ganti cap radiator 3 kali tetap sama, baca-baca di mbah google dan tanya benkelers itu karena gasket cylinder head terbakar, dan kompresi bocor ke sistem pendingin, saya cek di reservoir diganti pake botol air kemasan terlihat gelembung-gelembung udara keluar dari selang reservoir itu...wah..wah bakalan ribet nih pikir ane...
akhirnya gerobak saya tinggal di kampung di tengah hutan petungkriono,
satu minggu...,setelah kerjaan selesai,mikirin bawa pulang ni gerobak ke jogja, akhirnya nekat aja, tiap satu jam berenti cek air radiator, untungnya
cuaca bersahabat banget, hujan sepanjang perjalanan dari pekalongan
sampe magelang...jadi adem deh radiator.. sampe jogja....siapin peralatan dan doa-doa...ha..ha..akhirnya saya bongkar sendiri tuh mesin, baca-baca disini untuk panduannya..
maklum newbie...bongkar cylinder head dari jam 2 siang sampe malam ha..ha..
setelah bisa di bongkar ternyata cylinder headnya udah parah banget
sperti ini nih...

gambar 1 - cylinder head kropos:

sambil cari inpo mbenerin cylinderheadnya, beli baru ato second gak mungkin karena lagi bokek.. tanya sanasini, bengkelers dan sopir angkot di kampung yang pake mesin F10A, ternyata ada solusi cylinder head bisa di perbaiki lagi, dengan cara di cor ulang/bagian atasnya itu trus dibikin lubang-lagi..wah..wah..smakin mumez ndate iki.. agak gak percaya sih bisa dibaikin seperti itu...tapi dari denger testimoni bengkelers dan sopir angkot itu saya ikutin tuh sarannya.. tau sendiri kan angkot di kampung itu kayak apa ha..ha..powerfull..angkut apaaja ayoh ae..
nah sampe disini yang bisa perbaiki cylinder head dimana?ternyata harus
ke solo, di palur tempatnya, nama bengkelnya Rakimin, meluncur deh kesana
...wooooo ternyata disana..sudah antri tuh orang bawa cylindr head..blok mesin..pelek, dll... sempet saya tungguin tuh cara kerjanya gmana, jadi cylinder head di bersihin...trus disiapin bahan2 untuk bikin cor alumuniumnya..yaitu pake piston2 bekas yang di lelehin pake las karbit...wouuuuuzzzzzz...trus di tuang ke cylinder head yang kropos itu masih pake las juga...kemudian setelah tertutup kira-kira tebalnya itu jadi kurang lebih 0.5-1cm,kecuali di tempat klep itu tidak di tutup cor alumunium..
singkatnya dirapikan kemudian di papas pake mesin...
gambar 2 - cylinder head lagi di kerjain

DIY : {takewerkewer} Pasang Spion Electric pada Avanza E

sumber : kaskus
 gambar 1 - Spion set beserta tombolnya
gambar 2 - Pemasangan kabel

Akhirnya spion elektrik sudah terpasang dengan DIY

Step2 yg newbie lakukan:

  1. Lepasin door trim ki-ka.
  2. Karena ada plastic nya di balik door trim, gw lepasin speaker depan.
  3. Copot spion lama & pasang spion yg baru (3 baut)
  4. Sisipin kabel ke lubang, posisi kabel harus di belakang jalur kaca. Lalu masukan kabel ke dalem karet yg menghubungkan ke kabin (iket kabel pake kawat)
  5. Setelah semua nya terpasang, pastikan kabel dari spion cocok dengan kabel yg ada di soket pengaturan…. Kata om EYB pake multitester ajah… tandai kabel untuk spion kiri dan kanan. Putih= naik turun, coklat/merah=kiri kanan, kuning=massa.
  6. Urutan kabel di soket (posisi doket menghadap ke depan) = (dari kiri) merah, hitam, kuning, coklat(r), putih(r), putih (L), coklat(L)….. warna kabel bisa berbeda… soalnya warna yg gw dapet dr om eyb beda sama yg gw punya… dan skema nya beda juga spt nya.
  7. Kalo udah semua cocok tinggal solatip sambungan kabel. Dan solatip kuat2 soket nya atau bisa juga di lem pake lem plastic yg di panasin.
  8. Untuk kabel positif ambil langsung dari positif perkabelan kabin, jadi power akan on apabila kunci kontak ON. Kabel negative nemplok di body (massa).
  9. Selesai…. akhirnya avanza E pake spion avanza G


Gampang ternyata asal sabar… yg lama itu masukin kabel ke dalem lobang karet dr pintu ke kabin… perawan moden
Mungkin kalo soket + kabel dari beres sih lebih simple kali ya… ga kaya punya gw ini harus ngurut2in posisi kabel ke soket.

Kira2 begitu, sorry ga sempet foto detail
Efek samping DIY: sikring 10a spion putus, spt nya gw sempet salah nyolokin 


by takewerkewer

DIY : {mr.Chaos} Peredam kap mesin Avanza, niru AVS, memakai aluminium foil atap rumah

sumber : kaskus

Ijin share DIYan yg simple2 doang bole kan om om sesepuh

soalnya kebetulan di rumah abis upgrade genteng pake baja ringan, sekalian beli alumunium foil biar panasnya matahari gak merambat masuk ke dalem rumah..

jadi dibeli lah barang ini:

gambar 1 - Aluminium peredam panas atap rumah 

nah, sebelum eksekusi, ane intip mobil om EYB, dan di tunjukkin lah bentuk peredam AVS tuh kayak apa, dan kancing2nya

 gambar 2 - Peredam di AVS

akhirnya datenglah hari sabtu, jadi mulailah ane ambil2 penggaris, gunting, spidol permanen buat ngukur dan nandain spot2 lobang di kap mesin.. jadinya kayak gini:


 gambar 3 - patron

itu setelah ane draw beberapa line buat jadi patokan ukuran, sama posisi lobang kancingnya..

nah soal kancing, kemarin ane pas beli kancing di atrium senen, ane tanya sama yg jualan.. ternyata klo model yg kayak di AVS itu, gak bisa di copot pasang

jadi ane putusin buat pake kancing yg bisa di buka lagi.. bisa dibuka lagi dengan modal obeng kembang (cuman ga ane poto)

jadinya gini deh skrg mobil ane:

gambar 4 - terpasang


Review pribadi ane:

Suara: gak banyak perubahan, suara mesin (dari luar mobil) terdengar lebih alus, cuman terdengar suara kompresor AC doang

dari dalem? sama aje! klo ga mau denger suara mesin musti pasang di firewall juga.. cuman keknya ribet

Panas: sepulang dari jalan2 semalem, pas pulang, ane pegang tuh kap dan amazed banget.. adem! bahkan ga ada anget2nya sama sekali..

meskipun gak rapih2 amat kerjaan ane, tapi klo DIY ternyata ada kepuasan tersendiri klo dah sukses

DC:

  • alumunium foil bubble, beli 800rb/roll, asumsi pake 2 meter (2/30 x 800rb) = 53.333
  • kancing² 13 x 2rb = 26.000
  • alumunium tape merk sansui 1 roll = 30.000 (padahal kepakenya 2 meter doang ) mayan sisanya buat emak ane nambel panci klo bocor
  • parkir beli kancing, beli alu foil, alu tape = 10rb

total: 119.333 + roko 1 batang = 120.000

bahan & alat yg diperluin:

  • aluminium foil bubble
  • aluminium tape
  • gunting
  • obeng
  • penggaris

special thanks to om yoga, buat kasi ane contoh kancingnya, kasi tau lokasi toko kancingnya, dan bole intip kap mesinnya

trims juga buat om phytagoras, karena ane pake rumus phytagoras buat ngukur titik2 yg mau ane lobangin 


by Mr.Chaos

{reiza} Report Injector Cleaning di Hengky Motor Surabaya

Beberapa waktu lalu ada report dari om Reiza di BB, Injector Cleaning di Hengky Motor Surabaya, biaya 150rb. pembersihan dengan obat yang disalurkan via fuel rail dan injector, mobil dinyalakan dengan bahan bakar tersebut sekaligus membersihkan fuel rail, injector dan klep in

 gambar 1 - proses pembersihan
 gambar 2 - instalasi pada jalur bensin

DIY : service / regrease link stabilizer depan Aerio 1st gen penyebab bunyi kletokan

Berawal dari gejala bunyi kletek/klotokan pas depan menerjang lubang. Bila dua roda depan menerjang lubang bersamaan, bunyi nyaris tidak ada, tapi bila ban kanan saja yang masuk lubang maka bunyi terdengar cukup keras. Menerjang lubang dengan speed rendah di bawah 20 kpj.
Setelah dicek buka, ternyata memang terdapat karat di link stabil terutama yang mengikat Arm, batang link stabilnya juga terlihat termakan karat, sayang lagi cepet2an jadi cuman di grease ulang, lain waktu mau coba batangnya dibungkus selang.

Untuk membukanya, berikut step-stepnya :
1. Buka ban
2. Buka link stabil di bawah arm dengan kunci 12mm
3. Buka link stabil yang ke batang stabilizer dengan kunci 14mm, supaya bonggol link stabil tidak berputar terus pakai 2 kunci 14mm satu untuk menahan dan satu lagi untuk memutar

 gambar 1. Pakai 2 kunci 14mm
 gambar 2 - pakai 2 kunci 14 mm

DIY : membersihkan Filter AC Custom - 3M Allergen Reduction Filter - pada Aerio dan Next G

Lanjutan dari custom filter pakai 3M Room Air Condition Filter buat dipakai di Aerio dan Next G, maka sekarang proses cucinya setelah kurang lebih hampir 5 bulan pemakaian. Paling terasa di Aerio kalau nyalakan AC pertama ada kesan kurang segar hembusan anginnya, bukan bau acem atau bau busuk tapi kerasa seperti berdebu. Dan benar saja ternyata kondisi filternya sudah sangat kotor, apalagi bila dibandingkan dengan yang ada di Next G, cuman karena sekalian inget skalian cuci aja.

 gambar 1 - Bagian bawah 3M Filter
 gambar 2 - Filter Aquarium yang diletakkan sebelum 3M Filter

{zuhri_isa} Report pergantian sensor VVT (OCV) Aerio penyebab kebocoran oli

sumber : milis Aerio Indonesia club - aerioindonesia@yahoogroups.com

Problem awal ada bocor oli prnh nambah skli nambah 1 liter lbh. Begitu di cek ada bocor di sblh emon kanan bagian supir. Beli spare partnya di setiajaya Rp. 650rb (Rp.630rb sensor vvt + Rp.20rb seal karet). Ongkos Rp.200rb seklian td ngerjain swift ganti koil.

 gambar 1 - Lokasi kebocoroan
gambar 2 - Sensor VVT


by Zuhri_Isa

{anakcumiasin} Report Aerio berasap karena konsleting kabel variasi

sumber : kaskus

barusan ini malem....
ane ke gandaria city.. sehabis ntn ama dadar guling bermesraan
rangkul2an pelukan...
pas niat mao pulang... di parkiran.... pas panasin mbl...
didalem dasbord ane penuh dengan asepp gann......
ane ama dadar guling ane kluar dr mobil lsng...
asepnya kek org bakar sampah + bau menyengat dr dalem dasbord yg depan...
ane panikk
kluar dr mobil lsng...
ane pikir mao meledak itu mobil oreo ane....

ternyata..
konslet pada kabel variasi yg dipasang sama pengguna oreo ane sebelumnya...
anjritt....
itu kabel buat variasi lampu dipedal yg sudah tidak nyala
tp tetep tersambung listrikk....

ane msk lg ke ACEhardWARE beli obeng+gunting+solasiban
ane gunting itu kabel + ane solasiban dah...
alhamdulilah sampe rmh dengan selamat walau bau menyengat bekas kabel kebakar masi kecium...

barang bukti yg bikin konslet + bikin asep + bikin heboh parkiran....


 gambar 1 - Kabel variasi
gambar 2 - kabel variasi

by anakcumiasin

{anakcumiasin} Report perbaikan rembes oli Aerio dari Oil Control Valve

sumber : kaskus

laporan minggu ini...
hari kamis - sabtu
mobil ane nginep dibengkel buat mencari rembesan oli
sangat sulid mencarinya...
ternyata egh ternyata...
klep control oil'nya yg bocor netes2 sampe vanbelt kececeran oli jg...
untuk saat ini vanbelt uda kering...
and klep control oli + seal vtec diganti...
 gambar 1 - damage cost

Seal V-Tec Rp45.000,-
Klep Control Oli Rp787.500,-
 gambar 2 - OCV yang diganti

DIY : {sinxa} Ganti warna LED speedometer Aerio Facelift menjadi putih

sumber : kaskus

Berawal dari keinginan untuk ganti suasana di dalam kabin, ane berniat untuk merubah warna cahaya panel speedometer.
Berbekal dari DIY postingan om CT di blognya om Singachu, akhirnya ane beranikan bongkar, minimal untuk mengetahui anatominya terlebih dahulu. Namun dalam kesempatan ini blom brani untuk merubah (mengganti lampu LED) karena selain blom tau dimana belinya LED SUPER FLUX seperti itu, ane juga blom yakin bisa membuat solderan yg sekecil itu. Tapi sekedar untuk membuktikan bahwa sebenarnya keinginan saya ini bisa dilaksanakan, okelah ane sampaikan hasil bongkar2nya.
 gambar 1 - Ritual Bongkar

Sekedar tips, dari petunjuk om CT untuk mencabut jarum penunjuk kecepatan, tacho, bahan bakar, dan temperatur disarankan untuk menggunakan pinset. Tapi ternyata dengan tangan kosongpun bisa dengan mudah dilepas. Caranya dengan menarik pelan2 sambil memutar berlawanan arah jarum jam (kecuali jarum penunjuk bahan bakar muternya searah jarum jam). Dengan demikian jarum akan mudah sekali dilepaskan.

 gambar 2 - cek nyala LED


DIY : {amd57} Buat sendiri Oil Catch Can di Innova menggunakan rantang stainless

sumber : kaskus

karena belum mendapatkan OCT D1Spek yang nozzlenya 15mm untuk Innova Diesel maka pas ane ke Giant melati-serpong lihat rantang 2 susun kecil, trus pikiran ke arah ini.

Jadilah OCT ini dengan Cost sbb:
  • Rantang 2 susun stainless made in china, idr 39,900.00
  • Pipa stainless dia 15mm (beli minimum 1mt), idr 25,000.00
  • Selang air 3/4 inch, 1mt idr ........
  • Las stainless, idr 60,000.00
  • Busa / Kawat stainless buat cuci piring, 4 bungkus, idr 10,000.00



 gambar 1 - Rantang susun dan bahan-bahan

 gambar 2 - Skema perakitan

{Niladyo} Report ganti seal pulley crankshaft, seal OCV penyebab bocor oli, pergantian engine mounting, belt dan tensioner bearing

sumber : milis AIC
gambar 1 - Early Suspect dikira oil pan - Rembesan di sisi kanan mesin
Gara-gara penasaran oli rembes di sekitaran bagian samping oil pan kanan atas, radarada curiga jangan-jangan seal crank shaft (gambar 1), OCV (gambar 7 dan 10) seperti yang rekan-rekan pernah alami sebelumnya.
Diagnosa service advisor Beres UMC Waru Surabaya rupanya salah, saat free general check up sebelumnya, suspect rembesan dari oil pan, jadi ada rencana overhaul oil pan.
Ternyata kejadian seal-seal di atas betulan semua kecurigaan tersebut. Ketambahan satu bearing tensioner atau "Pulley Belt Tension" full heavy metal yang sudah kering dan bersuara kasar saat diputar (serasa berpasir) (gambar 9).
Setelah car lifted, ketahuan semua, 2 engine mounting depan belakang musti pensiun (gambar 5), emon kanan retak rambut (gambar 12), masih bisa dipakai sih - tapi mulai turun, setelah ditimbang-timbang akhirnya ganti semua 3 (depan, belakang, kanan). Fan belt udah 4 tahun kali belum diganti, ha2..hanya retak-retak, masih utuh jahitannya..(gambar 2 dan 14) :), begitu juga seal OCV-nya saja yg diganti (gambar 10).

 gambar 2 - Belt water pump yang retak

DIY : {Galagajrut} Dongkrak tampilan dengan Sticker Carbon Shroud Foglamp Esuse Honda All New Jazz

sumber : kaskus
 gambar 1 - Shroud asli bawaan Foglamp ESUSE 


kayaknya sih culun banget ini shroud.... kurang nendhang gituh.
Modal 15 rebong.... ditambah sedikit niat.... jadi dah .....voilllaaaaa !! ...


 gambar 2 - Sticker Carbon

Lumayan lah buat tukang sticker amatiran kayak gw .....

DIY : {Galagajrut} Upgrade Sistem Kabel Klakson Honda All New Jazz


sumber : kaskus
Mohon Ijin Ngejunk lagi yak om .....

Setelah Front Bumper jazz berhasil copot dari tempat dia nongkrong..... kayaknya kok bakal kurang kalau tidak disertai acara bersih bersih dan upgrade beberapa titik point yg gw anggap kurang sreg dan bisa jadi potensi bahaya di kemudian hari.
gambar 1 - Front Bumper

Setelah ketahuan gambaran utuh di balik front bumper.... gw spot satu titik point yg perlu di upgrade segera..... yaitu cabling dari set Klakson Hella super tone.
Cabling-nya sungguh suck banget.... kagak rapi dan berpotensi Short cut nantinya..... akhirnya gw putusin buat upgrade sistem cabling ini.

gambar 2 - Hella Supper Tone

DIY : {Galagajrut} Membuka Bumper Depan Honda All New Jazz facelift


sumber : kaskus
Pengin Nyopot Bumper All new Jazz secara "Do It YourSelf" ? ..... mengapa tidak ? .... gampang Kok .....Nenek gw juga bisa loh ....wkwkwkw....
gambar 1 - Bumper depan All New Jazz
Proses DIY Buka Bumper ini sebenarnya sudah gw lakuin weekend kemarin setelah proses buka Busi berhasil di eksekusi.

Karena Masih Gatel dan masih niat, akhirnya merambat sekalian ngebuka dan ngebersihin Bumper Depan Jazz.

Beberapa member sini sih sdh pernah buka Bumper Jazz.... tapi karena pada pelit share prosesnya disini.... ya gw aja deh yg share .....

Berikut merupakan step by step Buka front Bumper Honda All New Jazz Facelift :

1. Sediakan Tools yg tepat buat pekerjaan ini.
Gw sih masih setia menggunakan beberapa tools kesayangan gw.
yg dibutuhkan kira 2 : Tang Jepit pipih, Obeng Minus dan Plus, Set Kunci Socks, Kunci Pas 10"
gambar 2 - tools

{beersweeling} report pergantian Arm / balljoint Aerio dengan part KW

sumber : BB Group
Bunyi sudah parah glegek-glekgek, karet balljoint robek dah lama. Harga 580rb sepasang kanan kiri.

 gambar 1 - Arm baru KW atas dan bawah arm lama
 gambar 2 - sudah robek dan kering greasenya

DIY : {yanadhipra} Pasang MP3 AUX In Head Unit JVC Orisinil Aerio

sumber : forum aerio indonesia club

PASANG MP3 AUX-IN HU JVC ORI

Alasan pasang:
Capek gonta-ganti C.Disc.. pengen mp3 tp mau mempertahankan HU bawaan (dibaca=duit pas-pasan :lol:

Cara pasang:
Kasih double tape di clip mp3 player dan langsung tempel di depan bagian casette (kan udah ga dipake ntuh..)

Biaya:
MP3 Player Clip (30K) bisa cari model lain yang tombol besar dan mudah, line out, power in, slot card terpisah-pisah.
Charger multi untuk MP3 nya..sekaligus bisa gantiian buat BB, HP dll(35K)
Kabel audio 3mm stereo (comot dari remote internal TV tuner PC)
Suara lumayan lah, masih tercover kualitas HU JVC bawaan..
jangan lupa file mp3 di normalize dulu dan Equalizer HU di set juga Bass, Low, Mid dan High frekuensi dan levelnya.

Kekurangan:
1. MP3 playernya belum support folder, jadi bawa beberapa Card sesuai genre musiknya
2. Kabel kurang rapi

Foto terpasang:
gambar 1 - MP3 Aux In 

by yanadhipra

DIY : {yanadhipra} Pasang emblem dan reflector bumper pada Aerio

sumber : forum aerio indonesia club

PASANG EMBLEM DAN REFLECTOR

Alasan pasang:
Pengen terlihat beda aja...

Cara pasang:
Langsung tempel, udah ada double tape nya..

Biaya pasang:
Emblem Suzuki, 70rb an (CAMS)
Emblem Liana, 170rb an (eBay)
Clear Red sticker (ga tau..dikasih gratis ama temen..)
Letter emblem inisial dan no punggung AIC (12rb an/letter, Mustafa)
Emblem AT (punya Swift, 30K, CAMS)
Emblem Premium (195K, Autobacs)
Reflector (120rb an sepasang, Autobacs)

Kekurangan:
1. Ukuran font Suzuki, Liana dan AT menurut saya kagak seragam...
2. Reflector gak bisa di pinggir kanan kiri karena radius besar..

Foto terpasang:
 gambar 1 - Emblem Suzuki
 gambar 2 - Emblem Liana