Rabu, 26 September 2012

DIY : {Galagajrut} Ganti Fan Belt - Bearing Tensioner - Water Pump dan Timing Belt Katana

sumber : kaskus

gambar 1 - Detail part yang diganti 



Kali ini gw mau sharing dari hasil oprek Katana gw beberapa waktu yg lalu. Sudah saatnya ganti beberapa part : Fan belt, Timing belt,timing retentioner bearing dan water pump.

Penggantian parts ini disebabkan sudah mulai terdengar bunyi dari daerah timing belt karena sdh kendor dan roller-nya juga udah mulai oblak. Bearing yg ada di water pump juga sdh mulai berat berputar....jadi karena satu lokasi, akhirnya semua parts itu diganti saja biar sekalian beres masalahnya.....

Berikut Detailnya :

1. Membuka cover timing Belt Katana
Tapi sebelum membuka Cover ini, kita harus membuka kipas standar dulu karena kipas ini ada di ujung cover letaknya.
Kalau sdh terbuka bakal tampak seperti berikut :


 gambar 2 - Buka cover timing belt

Senin, 24 September 2012

DIY : Tambah lampu bagasi tambahan di Aerio agar pencahayaan makin luas

 gambar 1 - 1.tambahan lampu bagasi - 2.lampu off - 3.lampu standard on - 4.dua lampu on

Sebenernya ide pingin nambahin lampu tambahan buat bagasi dah lama, cuman baru sempet ngerjain setelah dapet lampu LED terang. Awalnya sih pas bagasi penuh dengan muatan dan akan mengambil salah satu muatan yang ada di sebelah kiri sedikit kesulitan. Kesulitannya karena suasana gelap, sinar lampu bagasi standard yang ada di kanan terhalang oleh barang lain, lampu dari plafon tengah terhalang oleh sandaran baris kedua; sehingga kondisi sebelah kiri cukup gelap sehingga memerlukan bantuan senter untuk cari barangnya. Hmmmm kalo misalnya ada cahaya tambahan di sebelah kiri, niscaya akan menambah tingkat kepraktisan.

Idenya adalah menambah lampu LED di sebelah kiri yang hidup / mati-nya bersamaan dengan lampu bagasi standard bawaan Aerio. Dengan demikian tidak bingung buat saklar lagi karena bisa di OFF mengikuti saklar bawaan, dan juga bisa Auto ON bila pintu bagasi dibuka dan Auto OFF bila pintu bagasi ditutup. Jadi bener-bener pingin otomatis biar praktis. Dipilih lampu LED karena cukup terang dengan daya yang hemat energi sehingga tidak menguras listrik aki - ingat kita sering membuka pintu bagasi untuk proses naik-turunkan barang dengan kondisi mesin mati.

Senin, 17 September 2012

DIY : Membersihkan sisa lem aica aibon dan double tape dari talang air pintu mobil

 gambar 1 - Prestone Carb Cleaner mantap buat ilangin bekas lem
gambar 2 - Plastic Cleaner untuk poles noda
Hmmm talang air yang dulu newbie lem di tahun 2007 sekarang lepas untuk bagian pintu depan sisi supir. Masalahnya dulu newbie tambahin lem aica aibon pada double tapenya, sekarang bekas lem tersebut susah dihilangkan. Newbie coba pake bensin, cukup membantu tetapi beberapa bagian tetap tidak bisa dihilangkan, mungkin lem terlalu tebal dan mengeras. Newbie teringat kalau Carb & Choke Cleaner Prestone cukup keras buat karet-karet dan bikin melar.... Akhirnya coba semprot dan scrub pakai plastik bekas. Hasilnya tokcer.... cuman hati-hati dengan lelehan cairannya karena menimbulkan cacat / noda yang tidak hilang meskipun dicuci pakai sabun detergen sekalipun. Newbie coba pakai Waxco Plastic Lamp Cover Cleaner, cukup apply ke spons bawaannya dan gosok pakai tangan.....Kinclong lagi, noda hilang. Sepertinya cara ini jangan dilakukan untuk bagian pada panel pintunya, mending pakai bensin saja, karena Carb Cleaner dikuatirkan merusak cat, bahkan bisa kena ke karet pintu, malah timbul masalah baru lagi ntar.... That's it.

regards,
singachu

DIY : {Firdhaus} Ganti karet kaca / wheatherstrip luar dengan beludru universal

sumber : BB Group (post by Firdhaus Aerio Medan Club / AMC)
 gambar 1 - Wheather Strip Luar, karet kacanya turun
 gambar 2 - Wheather Strip Luar dilepas

Karet kaca luar sudah turun / rusak / robek. Penggantian dengan part orisinil cukup mahal, meski begitu bisa menggunakan karet universal, cukup disesuaikan saja panjangnya, dan diambil beludru dalam yang bersentuhan dengan kaca untuk direkatkan pada batang karet orisinil. Part universal tersebut seharga 35rb sepasang (kanan kiri) dan jasa pengerjaannya 20rb, total 55rb. Sangat menghemat.

Kamis, 13 September 2012

{DIX} NPW Water Pump alternatif untuk Aerio

sumber : Forum AIC
gambar 1 - Tampak Depan

Sebenarnya part ini jarang bermasalah. Biasanya sumber masalah water pump ini karena 2 hal, korosi yaitu karena tidak pakai coolant dan/atau tidak rutin dikuras, juga karena pengencangan belt yang berlebih. Malah ada tulisan di boxnya supaya tidak memasang belt terlalu kencang, kalah di seal yang di dalam bearing ke puli dan tidak bisa dibongkar. Paket water pump ini tidak dikasih seal kit, harus pake sealer lagi.

Secara fisik kualitas barang bagus, sangat mirip dengan water pump ori. Harga part ori sekitar 500rb, sementara NPW ini sekitar 325rb dan masih buatan Jepang. Rekomen lah.. :D


 gambar 2 - Tampak belakang

{DIX} Macam-macam alternatif kampas rem depan Aerio / Next G

sumber : Forum AIC

Setiap mobil pasti punya rem, apapun jenisnya. Buat oreo, apalagi matik, tentu udah banyak yang pernah ganti kampas depan. Selain part ori juga ada lho beberapa kampas alternatif, buat referensi aja beberapa merk yang lumayan banyak beredar.

1. Kampas SGP / ori
Kampas Sgp awet banget, rata2 tahan diatas 100rb km. Kalo di oreo matik paling 80rb udah habis. Kelebihan kampas Sgp selain performa dan tahan lama, juga ga bunyi2 dan tanpa debu. Ini barang paling rekomen karena kualitasnya yahud, masalahnya harganya juga yahud sekitar 700rb. Sangat rekomen buat oreo matik yang doyan ngerem.

gambar 1 - atas SGP, bawah IND

Jangan lupa kalo beli kampas SGP minta yg produk baru, kode SC07 warna biru. Kadang toko masih ada stok lama yg SC06 warna hijau. (tentang kode baca di sini)

2. Kampas Alternatif / KW
Bisa dibedakan jadi 2 kelas, medium dan low end. Paling gampang liat aja di internet, kampas yg bagus ada alamat produsen jelas.

gambar 2 - kiri RJ, kanan Bendix Metal King

Rabu, 12 September 2012

DIY : Pasang FX2000JET Inline Power Noise Suppressor untuk menghilangkan storing pada Head Unit China

 gambar 1 - New FX 2000 JET - Auto Noise Filter
gambar 2- Head Unit MP3 China merk Hollywood


Berawal dari Head Unit JVC bawaan Next G yang ngacau.... Tombol volume ga bener, fungsi pencari gelombang radio ga bener, CD audio ga fungsi, cassete tape juga macet-macetan, bahkan puncaknya Head Unit bisa tau-tau nyala sendiri meski tidak dihidupkan sama sekali X_X....Kebetulan juga ada yang nawarin head unit china dikasi label Hollywood dengan fitur MP3 via SD Card dan USB, FM Radio dan Aux IN dengan harga 225rb. Ya sudah samber aja deh mayan bisa play MP3 langsung, jarang pakai tape ama CD soalnya....sekedar bunyi dengerin music aja.... 

Lakukan testing pakai Aki bekas ama speaker bekas komputer, mayan lah....bisa USB, bahkan support Card Reader. Cuman untuk praktisnya biar ga nongol tancepin SD Card aja.... Sampe tahap ini OK, Lepas Head Unit JVC yang rusak, ambil harness cable bawaan, pasang sini situ dan pasang di mobil, everything is still OK. Suara ya memang asal bunyi lah. Tapi.... pas kontak di ON bahkan saat mesin menyala, engine noise atau storing atau bunyi melengking yang mengikuti rpm mesin muncul dengan luar biasa di speaker..... pusing kepala euy....

Rabu, 05 September 2012

DIY : {oopsadhit} perbaiki kisi-kisi ac aerio yang patah dengan kartu asuransi


Pengerjaan wkt hari sabtu kmren, mw share di forum tp inet lemot jd dimilis aja.

  1. Buka panel radio caranya congkel aja ato ga ngolong tangan dari bawah dashboard.
  2. Buka kisi2nya pake obeng +
  3. Lepasin kisi2nya satu2. Nah yg saya itu engsel kisi yg kiri ilang, yg kanan ada jadinya bikin engsel modifan pake kartu2 gt, pake kartu aic expired jg boleh tu :d hehe yg penting keras, bolongin sesuai sama engsel yg aslinya pake solder. Trs gunting ikutin pola spt engsel yg asli, foto terlampir
  4. pada ujung kisi2nya khan pada patah tu yg jendolan kecil kaya p*t*ng su2. Itu diganti pake cuttonbud. Caranya di bolongin dulu pake solder trs entar masukin cuttonbudnya supaya ga lepas cuttonbud nya kasih lem campur araldite dikit aja.
  5. Rangkai kembali trs masukin ke rumah kisi2nya. Tes akhrnya bergerak semuanya dah.


Lumayan harga kisi2 tengah oldmod yg baru 200an. Dengan diy dikit bisa berhemat. :d

 gambar 1 - peralatan
 gambar 2 - kartu asuransi tidak terpakai

Senin, 03 September 2012

Report tambal ban press dari dalam dan spooring balancing Aerio di GBT Diponegoro

Sabtu pagi, saat cuci mobil mendapati ban belakang aerio tertusuk paku hampir di pinggirannya. Newbie coba cabut dan ternyata angin langsung keluar dengan cepat, akhirnya newbie balikin dulu pakunya biar angin tidak berkurang dan segera membawa ke GBT Arjuno. Di sana dilakukan tambal press dari dalam dan dipanasi. Sekalian aja melakukan spooring dan balancing karena terakhir dilakukan adalah 10ribu km yang lalu atau sekitar 11 bulan yang lalu.

 gambar 1 - Paku biang kerok....... walah rada di pinggiran :(
 gambar 2 - segera dioperasi

Pasang sticker bening pelapis mika headlamp, smoke tail lamp + 3rd brake lamp dan stiker grill depan aerio

Kebetulan ke surabaya pas sabtu siang kemarin, jadi mampir ke depan Tunjungan Center untuk stickerin headlamp dengan warna bening dengan tujuan anti gores dan mengurangi kemungkinan menguning mikanya. Sekalian pasang stiker hitam di grill, smoke tail lamp dan 3rd brake lamp di spoiler. Harga 120rb.

 gambar 1 - mulai dioperasi

 gambar 2 - headlamp kanan dikerjakan dulu

{abeth} Report service AC dan pemasangan filter blower AC Aerio menggunakan sonic filter Swift

sumber : milis aerioindonesia@yahoogroups.com

Just share,
gambar 1 - Evaporator kotor

Kemaren abis service ac full turun blower segala macem perabotan lenongnya, hasilnya ac Dr lubang hawa bisa di -10' siang hari bolong.. Adem juga ni Suzuki Tp tetep ga bs ngalahin merk jepang laennya.. Karena cmn di Suzuki (aerio khususnya) yg kipas ac nya baru on setelah kondensor ac mencapai suhu tertentu.. Kata bengkel langganan, hal ini yg bikin Suzuki punya daya tahan lebih bagus buat hardware acnya..

Ga ada keluhan si sebelumnya tp emang Dr baru belum pernah di service aja tu ac.. Sekalian penasaran pengen nambah filter blower ac.. Versi toko onderdil, filter blower ac yg asli jepang 250rb, yg sakura sekitar 125rb.. Tp kmrn dibengkel dipakein sonic filter punya swift.. Ya sedikit modif untuk masukin filter sama nutup jalur filternya.. Trus ganti dryernya 150rb juga deh..

Emang si ni filter Ga bisa dicuci walaupun bisa dibersiin juga.. Dan bengkel klaim bisa pake diatas setahun tergantung kondisi.. Tp mengingat harga nya "cmn" 75 rb dan berbanding dengan sgp or sakura yah.. Worth to buy lah..

gambar 2 - Sonic Filter punya Swift

DIY : {oopsadhit} Modif bosskit untuk pasang setir Aftermarket Aerio supaya automatic sein off tetap berfungsi

sumber : BB

Berikut adalah DIY penggantian setir standard Aerio dengan setir aftermarket, didapati ternyata dudukan bosskit tidak pas, sehingga lampu sein tidak bisa otomatis off. Akhirnya memakai bosskit  HKB OU-26 karena dratnya bisa masuk, tetapi dengan modifikasi dibor tambah 3 lubang supaya sama dengan bosskit orisinilnya.

 gambar 1 - Baut di setir dilepas
 gambar 2 - Setir terlepas