Postingan

Menampilkan postingan dari Agustus, 2012

DIY : {anakcumiasin} Cara ganti lampu plat nomer Aerio

sumber : kaskus
Berikut tips dan trik buat mengganti lampu plat nomer belakang

 gambar 1 - Lampu penerangan plat nomer yang hendak diganti
gambar 2 - Tip dan trik mengganti

by anakcumiasin

{anakcumiasin} Report penggantian selang AC Aerio dengan selang custom


sumber : kaskus
td gw benerin selang AC mobil nyang uda gendut2....
kena 487rb saja

selang AC dari kompresor kemana ga tau uda gendut + berminyak...
pantesan gw baru isi freon kok uda panas lg aja mbl...

alhasil ganti deh
Selang Modifikasi 295rb
isi freon 150rb
cuci mobil 35rb
minum pullpy orange 7rb (aus brur nunggunya bete)
totalan gesek credit card 487rb...
menyelesaikan masalah dengan masalah creditcard is the best

harga asli selangnya didealer 600rb lom termasuk ongkos pasangnya....
begh... cari yg rakitan tapi rapih aja dah... dijamin jg ama ngkoh2nya...

ini hasil alakadar penggantian selang AC mobil yang dimodifikasi
untuk saat ini AC mobil mengigil walaupun matahari yang menyinari dunia melotot sebegitu besarnya....
pasti bentuknya beda sama original agan2 punya...
maklum beli yg original mahal bgt jadi ya yg bgini aja cukup....
gambar 1 - Hasil selang AC

DIY : {Yan318} Tambah lampu sein pada Spion Aerio dengan Soft Turn LED


sumber : milis aerioindonesia@yahoogroups.com
gambar 1 - Soft Turn LED

just share...

Kalau mau murah meriah, seperti yang saya lakukan, tempel saja SOFT TURN LED, cuma ya hasilnya tidak semewah mobil2 sekarang tapi ya overall kalau malam gak kalah sama spion sein mobil2 terbaru he he he, lagian nyari spion sein yang buat oreo gak nemu-nemu nih.

  1. Cari di google dengan keyword "Soft Turn LED", saya kebetulan beli di supermarket (39K)
  2. Pasang di spion, double tip saya ganti dengan lem karena saya tekuk mengikuti spion(10K)
  3. Perkuat pinggirannya dengan Rubber Silicon Clear (yang rapi ya..)
  4. Sambungin kabelnya ke sein samping melalui spion
  5. Lebih bagus mungkin beli cover spion chrome yang dipotong sesuai alur led nya..jadi gak kelihatan tempelannya..


yang agak susah nyembunyiin kabelnya, saya males bongkar spion jadi masih ada kelihatan kabelnya...

Sekalian om dan suhu2 AIC minta infonya step by step melepas spion oreo kalau ada..

Gambar 1 adalah foto spion+soft turn led nya...jangan dicela ya om, murah meriah pengen gaya tp pas-pasan...

Cuma ditempel,ga pake bor,ga pake buka spion,kabel nlusup dibelakang cermin trus nlusup lewat lis karet pintu nyambung ke sein samping. Lednya flexible terbungkus karet clear tebal,jadi ga mudah pecah,itu aslinya agak lurus,saya paksa nekuk ikut body spion..

gambar 2 - Soft Turn Led pada Aerio milik Ar13f

salam nubie
YAN318-Cikarang

DIY : merangkai Capacitor untuk membuat Volt Stabilizer

Sebenernya iseng aja pas mudik ke Malang, kebetulan di dekat rumah ortu ada toko elektronik, jalan kaki ke sana dan iseng aja beli capacitor buat dirangkai jadi Volt Stabilizer. Ga terlalu berharap banyak dengan Volt Stabilizer ini karena bedanya ngandalkan feel saja, harapannya Capacitornya dapat menyerap ripple atau riak voltase, baik yang disebabkan listrik yang terpakai injector, fuel pump, ignition   dan sebagainya, maupun karena alternator itu sendiri sebagai penghasil listrik yang tidak 100% menghasilkan listrik yang rata. Ya namanya iseng, total biaya kurang dari 50rb.
Volt Stabilizer yang dibuat di sini cukup sederhana yaitu dengan merangkai Capacitor secara pararel. Capacitor dengan nilai kapasitansi rendah dapat memfilter noise pada frequensi tinggi, sedangkan Capacitor dengan nilai kapasitansi lebih tinggi dapat menstabilkan kebutuhan listrik dengan Arus lebih tinggi. Sehingga perlu kombinasi rangkaian Capasitor dengan nilai kapasitansi rendah. Kapasitansi yang dipakai disini dalam satuan micro Farad (uF).

 gambar 1 - Kondisi terpasang pada aki
 gambar 2 - Tampak atas hasil rangkaian

DIY : mengganti selang radiator atas Next G yang menggembung

Karena selang radiator atas Next G menggembung, langsung kepikir buat ganti aja daripada kenapa-kenapa dijalan. Pembelian di Sanwa Kedungdoro seharga 77rb ori SGP.

 gambar 1 - Selang baru

 gambar 2 - Part Number

{Arian} Install Filter Udara Open Air K&N, billion dan flexible pipe pada Aerio

gambar 1 - Lubangi bumper depan dan pasang billion air funnel 
gambar 2 - Open Filter dan pipa flexible

K&N Open Air Filter Carbon (Taiwan), Pipa filter sensor (IAT) custom, pipa flexible pakai 2 (1 ke mesin, 1 ke billion), billion air funnel
Gas enteng, tarikan beda pastinya hehehe

{indrag} Ganti per belakang Aerio dengan per Vios


sumber : milis aerioindonesia@yahoogroups.com
Dear all..

gambar 1 - per aerio vs per Vios

Pagi jelang siang ini lagi ganti per belakang...
Ganti pake punya vios yg katanya sama juga dg aerio..
Total cost Rp800rebu.
Gak tau deh kemahalan gak, karna itu juga udah pake bilang tau tuh bengkel dr temen.
Posisi bengkel di jalan baru, bogor.. Yanto per namanya..

Per yg lama ampun deh.. Maksa banget.. :(

Regards,
indrag

DIY : {kinoy} Penempatan pemasangan lampu rem F1 pada Avanza

 gambar 1 - rem off
gambar 2 - rem on

knalpot kiri, ban serep tengah...sisa kanan
Kalo ban serep diturunin... Pasti kena lampu F1 pas ngeluarin ban serep dari tempatnya, Kalo naek turun nya ban serep sih aman.
Kabel lewat sisi kanan, di balik bemper


by kinoy

DIY : {kinoy} Pasang klakson kapal pada Avanza


Pas liburan, gue ganti klakson keong ke asli nya, tapi ga bertahan lama..suara nya kecil X_X
Maen2 ke jameson... Liat klakson kapal (tulisan nya) :p Bentuk mirip nautilus
Gue tes disana... Wew... Lumayan kenceng suara nya Beli deh... Harga 90 rb

Tadi pagi baru gue pasang

 gambar 1 - Klakson kapal
gambar 2 - Wiring relay

Berhubung dulu udah pernah ganti klakson... Jalur kabel nya udah gue pindah. Jadi Ga usah buka bemper :D (Link penggantian klakson keong yang lalu)

Udah dipasang... Kalo pake remote alarm... Silent jadi nya =D Cuman cetak cetek suara relay Waktu buka tutup pintu. Tapi kalo alarm nya aktif... Kenceng bener suara nya =))
Nah segitu buat klakson :D

DIY : {nenglivi} Pencegahan baut spoiler aftermarket Grand Livina jadi berkarat

sumber : kaskus

Pulang mudik nyuci jeunglivi,pas nyuci bagian atapnya tutup baut spoiler udah ga nempel lagi lemnya, setelah di buka ternyata bautnya udah berkarat walaupun udah di lem sealant...berikut pnampakannya.
gambar 1 - Lubang baut

didalam bulatan itu air masuk dari sela2 bikin karat bautnya.
 
gambar 2 - Lubang baut kiri dan kanan

baut spoiler kanan kiri yang berkarat,walaupun udah ditutup lem sealant.

gambar 3 - ditutup lubang bautnya

sebelum ditutup pake lakban joyko lubang baut kiri kanan ane kasih gemuk terlebih dahulu biar ga karat lagi.
gambar 4 - tutup lagi bautnya

setelah baut di kasih gemuk, terus dilapisin lakban joyko...tutup bautnya ane lakban lagi pake dobel tip 3M biar nempel rapet.
gambar 5 -  setelah di lem

setelah rampung didobel tip 3M ane guyur aer,ngembang ga masuk aernya...sembur pake angin dari mulut sedikit kering...di lap pake lap micro langsung hilang aernya.

Berhubung ane cuma mampu beli spoiler after market,ane siasatin bautnya biar ga karatan lagi...semoga inponya brmanfaat bagi KLiKr yang pake spoiler non ori nissan,siapa tau ada yang ngalamin kaya gambar diatas....yang terpenting harus rajin sering di cek.

by nenglivi

DIY : {cocomeo72} Modif tambah nyala lampu belakang (tail lamp) Grand Livina

sumber : kaskus

mo laporan nih oms... hari minggu kemaren ane iseng2 nyoba DIY nyalain tail lamp GL yg bagian bawah.
berikut step2 yang ane lakuin

STEP 1: persiapan alat2 n bahan
 gambar 1 - persiapan alat dan bahan
STEP 2: lepas batok lampu. buka baut pake kunci 10, tarik batok lampu dr atas n congkel bagian bawah samping pake obeng besar dilapis kain. di GL 2012 dudukan soket sudah gak ada, gak spt GL 2011

 gambar 2 - lepas batok lampu

DIY : {niladyo} Clean Up Throttle Body Aerio (lepas Throttle Body - bongkar ISCV)

sumber : milis aerioindonesia@yahoogroups.com

Sebelumnya sudah niatan untuk CC dan sekalian turunkan TB dan clean up juga. Tapi kunci sok-nya terlalu tebal utk buka 4 baut (ukuran 12) TB - terpaksa yg gampang ke Ace cari kunci no. 12 dengan bibir tipis.


 gambar 1 - tools

Gb.1 tools secukupnya..:). - termasuk bensin 2 liter utk cuci TB dan clean up sekitaran cylinder head, impact driver (obeng getok)..:). Engine conditioner Nulon, oh ya - plus parts gasket TB yg batal terpakai (2 macam), gak ikut kefoto. Ternyata gasket TB masih utuh.


 gambar 2 - clamp hose

Gb.2 cara lepas clamp hose yg lumayan susah, semprot engine conditioner sedikit, dan WD40, tunggu sebentar, dan lumayan bereaksi. Sepertinya lebih mudah buka 2 hose kecil tsb setelah terbuka 4 baut "pemegang" TB, sedikit angkat, maka akan lumayan space utk membuka 2 hose tsb dengan menggeser ala buka throttle gas motor (dengan tang ujung runcing) pelan2 dan halus. Oh ya ada soket 2 buah : tekan klip di badan soket baru angkat.

{DIX} Tebet Time : Pasang Bilion Air Funnel untuk mendapatkan udara dingin (Cold Air Intake)

sumber : milis aerioindonesia@yahoogroups.com

 gambar 1 - Proses pemasangan
 gambar 2 - Proses pemasangan

{DIX} Ulasan perbedaan kopling Aerio dan Futura

gambar 1


sumber : milis aerioindonesia@yahoogroups.com

Kemaren kan ada yg sharing ganti kopling, selain SGP punya oreo ternyata juga ada alternatifnya pake SGP futura. Sama2 ori, sama2 asli SGP, dan bisa saling tuker tapi harga beda jauh terutama kampas. Harga ga bohong kok, kalo 700rb dapet SGP udah pasti dikasih punya futura. Harga kopling set SGP oreo udah sekitar 1jt lho.

Bedanya:
Dekrup, hampir ga ada bedanya, punya futura sedikit lebih berat. Harga dekrup oreo lebih mahal cuma 15rb aja.

Kampas, lumayan banyak dan keliatan. Material kampas oreo lebih tebal dan banyak seratnya, kampas futura lebih polos. Per peredam futura ada 4 dan semua dobel per di dalamnya, sedangkan punya oreo juga 4 tapi cuma 2 yg dobel per dan yg 2 lagi pake peredam karet/plastik. Beda harga lumayan banget hampir 300rb.

Biar ga penasaran ini ada fotonya, kiri SGP futura kanan SGP oreo.



trims

- DiX -
AIC 198



Persamaan kopling oreo tuh dengan swift dan sx4, mesin sama dan harga part juga sama.

Alternatifnya pake futura yg mesin 1300. Futura 1500 punya diameter kopling lebih besar, ga masuk.

Kopling baleno 1600/1500 malah lebih kecil dari oreo, walopun basis mesin sama kayak apv ato futura 1500.


Sent from DiX Mail on Android

{centraltech8} Headlamp alternatif untuk Next G, merk Depo made in taiwan

Beli di sentosa motor, berat 3 kg. Merk Depo Made In Taiwan Harga 625rb beli di Sentosa Motor, orisinil harga 1.3 jt. Ongkir ke Harco Mangga Dua 25rb, dari Harco ke Jambi pakai MEX kena 25 rb karena berat 3 kg.

 gambar 1 - Lampu ori yang baret
 gambar 2 - Lampu Depo sebagai alternatif

{centraltech8} Letak sensor temperatur udara luar Aerio / Next G Facelift

Di Aerio / Next G Facelift terdapat display temperatur udara luar, Letak sensor temperaturnya di balik besi belakang bumper. Berikut foto letaknya.

 gambar 1 - letak sensor temperatur
gambar 2 - letak sensor temperatur

by centraltech8

{Ar13f} Sharing penggantian Kopling Aerio 202 dengan Futura 1.3


sumber : milis AerioIndonesia@yahoogroups.com
Selamat Pagi,
Laporan penggantian kopling aerio 2002 dengan Futura 1.3 (SGP) (thx to om Dix & forum aerio indonesia) harga jauhhhh lebih murah dari yg ori aerio….
Pengerjaan lamaaa banget jam 9 pagi baru kelar jam 5 sore L (bengkel langganan) soalnya montir cuma sendirian asistennya saya sendiri J
 gambar 1 - proses penggantian kopling
gambar 2 - proses penggantian kopling

DIY : {tonny_penjahat} Membungkus aki Avanza untuk meredam panas


sumber : kaskus
selamat pagi axcom

mau share DIY lagi ahh

berawal dari pembicaraan dahulu kala sama om yoga tentang aki yang kepanasan di engine bay..
faktanya, kalo aki kepanasan dapat mengurangi umur aki.
biasanya CCA (Cranking Cycle Ampere) nya turun ketika panas. CMIIW

nah kemaren abis liat liat engine bay punya avanza veloz..
pas diliat akinya , ada sarungnya lagi , mungkin ya biar ga kena panas mesin langsung.
materialnya ane liat cuma terbuat dari semacam fiber yg kaya buat pager atau kanopi.
tapi rapih juga jadinya tuh aki
gambar 1 - aki avanza veloz

alhasil, ane coba bikin cover sederhana buat aki AVS ane .
bahannya cuma fiber sisa kanopi.
gambar 2 - bahan bahan

DIY : {Nihilos} Poles Engine Head Cover Katana

sumber : kaskus

gambar 1


Mohon Ijin Sharing :

Dimulai dengan bongkar2 ToolBox , nemu batu "ijo" atau Langsol sisa moles Binter Mercy di tahun 90-an, langsung terbersit ide untuk coba2 moles di mesin Jimny...

bahan :
1. Lap Katun Bersih.
2. Langsol ( bli di Toko Kimia, dulu Rp. 20 rebu, segede batu bata )
3. Minyak tanah seperlunya
4. Bor PCB dan mata sikatnya (kalo ada )

Langkah pengerjaan :
1. bersihkan bagian yang akan dipoles dari kotoran, keringkan
2. gerus sedikit langsol , campurkan kedalam wadah berisi sedikit minyak tanah. secukupnya saja.
3. oleskan, ratakan pada permukaan yang akan dipoles , biarkan sebentar.
4. Gosok dengan Kain Katun sampai mengkilat atau gunakan mata bor dari kain tadi.
5. ulangi sampai kinclong spt kaca.

Selamat mencoba dan GBU


by Nihilos

DIY : {puspita.batik} {galagajrut} Memajukan bumper depan Katana agar tidak gasruk ban besar

sumber : kaskus dan kaskus
Pertanyaan :
Originally Posted by yogi1303 View Post
ane mau majuin bemper depan nih, biar klo pake ban agak gedhe gak gasruk
(sekarang pake 205/70, klo posisi belok, jarak ujung ban dengan dudukan bemper cuma 2 jari...)

kira2 gimana caranya ya? bikin lobang baru / motong dudukan bemper trus dimajukan / ?


Kalu gw sih kemarin waktu ganti ban lebar dan tebel...cuman pakai jurus sederhana dan ringan om...... cuman memindah dudukan mur Bumper lebih kedepan sekitar 3-4 cm.

Cukup pakai Bor dan matanya ukuran 12mm....

Ini model akhirnya :
 gambar 1 - Modif bumper depan
dengan majunya bumper.....berarti ada sisa jarak sekitar segini lah :
gambar 2 - Hasil memajukan bumper depan


selamat mencoba om .....
by Galagajrut

DIY : melepas lugnut roda yang dol / slek

Newbie mengalami lugnut roda belakang next g yang dol, sehingga tidak bisa dikencangkan, maupun tidak bisa dilepas, cuman muter-muter aja di tempat. Setelah ngobrol-ngobrol ama teman, newbie putuskan untuk coba dipanasin supaya lugnut bisa ngembang dan bisa dicabut/dilepas, baru setelah itu lepas velg dan ganti bautnya dengan yang baru. Caranya arahkan apinya ke lugnut, jepit lugnutnya dengan tang jepit, putar sambil tarik. Lakukan pemanasan lagi dan seterusnya, butuh ketelatenan. Untung akhirnya terlepas....fiuuhh....

 gambar 1 - tools pemanas dan tang jepit
 gambar 2 - Drat dol

Ganti Aki Next G matic dan test output Relay Headlamp MX11 Pro


Aki Next G sudah minta ganti padahal usianya baru sekitar 19 bulan. Tipe aki Maintenance Free sehingga tidak bisa cek specific gravity nya. Voltase awal atau pagi hari 12.6 volt, seakan-akan dalam kondisi penuh, tapi nyatanya tidak kuat starter dan sampai perlu dijumper, terutama bila 2 hari mobil tidak dipakai sama sekali. Setelah test beberapa kali untuk memastikan bahwa memang aki-nya yang bermasalah maka diputuskan untuk menggantinya.

 Gambar 1 - Aki baru masih tersegel

 Gambar 2 - Kardus aki baru

DIY : {tazmania79} Cara Crimping Kabel - Cable Lug / Skun untuk Cable Ground

sumber : kaskus
 gambar 1 - tools
 gambar 2 - kabel 10mm2 

DIY : {Nihilos} Ganto Spion Standard katana dengan Spion Suzuki Futura

sumber : kaskus



gambar 1 - Cara

bahan :
1. satu set spion Futura kiri kanan, baru boleh , bekas juga boleh , mana yang lebih murah aja.
2. kunci ring / pas / shock / atau kunci T nomor 10
3. lap kering yang bersih
4. teh botol

Langkah Pengerjaan :

  1. Bongkar tuh Spion TJ-asli yang pernah ente beli dari bodi katana
  2. Ambil spion Katan lama , bongkar spion dengan membuka baut 10 dari tangkai spion, awas pernya jangan sampai hilang.
  3. Bongkar Spion Futura , langkahnya sama , bongkar mur 10nya , ambil pernya , dan simpan.
  4. Pasang Daun spion Futura kedalam dudukan besi spion katana beserta jeroan dari Futura , pernya Futura dipasang aja , karena lebih panjang pegasnya.
  5. Pasang Spion modipan anda ke bodi katana , kencang-kan
  6. ambil lap kering , bersihkan spion yang anda baru pasang , atau lap muka anda yg penuh keringat.
  7. minum teh botol

by Nihilos