Pos

Menampilkan postingan dari Mei, 2012

DIY : {kodok_ngorek} Tutorial Membuka dan Mengganti Filter AC Suzuki Ertiga


Salam Ertiganz,

Kebetulan Minggu kemaren, kebetulan lagi senggang dan ada waktu buat mengoprek My Silvier...dan kali ini yang kena sasaran adalah Filter AC, karena walau barang ini murah dan sepele tapi sangat berguna untuk menyaring udara AC.

Langkah-langkah untuk menambahin atau mengganti Filter AC Suzuki Ertiga adalah Sebagai Berikut :
1. Buka Laci penumpang sebelah sopir
gambar 1 - Laci yang harus dibuka

2. Copot laci tersebut dari sebelah kanan dan setelah laci berhasil dicopot, maka akan tampak tempat cartridge filter AC.
gambar 2 - Tempat Filter AC

{Arian} Report ganti O Ring Oil Control Valve (OCV) di Aerio

 gambar 1 - Opname di Hengky Suzuki
gambar 2 - O Ring OCV
Aerio opname di Henky Suzuki karena bunyi "cit" pas rpm tinggi kalo pas jalan. Ternyata ada oli rembes dari O Ring Oil Control Valve yang mengatur kerja VVT.

by Arian

DIY : buat sendiri filter blower AC dengan bahan 3M Allergen Reduction FilterFilter

 gambar 1 - Filter lama dan Filter 3M Room Air Conditioner Filter
 gambar 2 - 3M Filtrete - Allergen Reduction Filter

Wah dah lama nih lupa ga cuci filter blower AC. Ternyata wuih kotornya. Di gambar 1 filter terlihat hitam padahal dah sempet di bilas air sampai airnya hitam.
Hmmm sekalian coba 3M Filter buat AC rumah yang dulu sempat dibeli di website tigaem.com ah.... Ow ternyata kemasannya dah beda, isi dan ukuran masih sama, dulu beli seingatku ga sampe 50rb deh, ya mungkin dah naik.
Mayan deh buat coba-coba dulu, secara bisa dipotong-potong bisa dipakai beberapa kali. Di kemasan tertulis max penggunaan 2 bulan dan ga ada tulisan bisa dicuci jadi maen ganti.

{ErwinHerdiawan} Ganti karet cv joint Next G yang sobek

 gambar 1 - karet boot Outer CV Joint Kanan sobek
gambar 2 - karet boot Outer CV Joint Kiri juga sobek
Bengkel di Magelang : 4 karet boot 100rb, Grease Top 1 35rb, klem 12rb, jasa 50rb

by ErwinHerdiawan

{Agunk1986} Ganti shockbreaker depan Aerio yang patah dan pasang karet stopper

 gambar 1 - Shockbreaker patah di ulir
 gambar 2 - Patahan

{the_sixth_sense} Report tambal radiator dan pergantian radiator Avanza S 2005 (matic) dengan radiator Avanza S 2007

sumber : kaskus

sabtu kemaren ogut ke sukabumi... nganter mertua ogut sekalian jalan2
inih pake papanja matik

pagi nya pas ngecek mobil udah ngerasa radiator bermasalah
soale nambah nya segayung... yg biasa nya ga pernah nambah

berangkat dr bsd jam 7 pagi.... nyampe sukabumi pas jam 12 siang.... 5 jam perjalanan nya
temperatur sempet naek di 3/4
di tempat tujuan, ogut ngademin mobil duluw....
90 menit di situh deh... sekalian nunggu urusan mertua beres

pas nambah aer.... ealah... ngocor nya gede bener
tanya2 di situh, ogut bawa deh ke bengkel sekitar situh yg cukup baik... mampir ke baros jaya motor deh....
di situh ogut jelasin kronologis nya.... inti nya masalah utama nya di radiator nya.... jadi minta diturunin ajah ntuh radiator nya....
papanja matic ternyata aluminium ntuh radiator nya... termasuk kepala atas bawah nya

3 jam pengerjaan (ngelas aluminium ntuh)..... jam 1/2 5 sore meluncur balik ke jakarta via cianjur puncak...
masalah radiator blom sepenuh nya kelar.... dalem arti cuman diakalin yg penting bisa pulang
jadi ogut masih memperkirakan, masalah nya bakal keluar di jarak tempuh atau lama nya perjalanan.... inih yg ogut blom tau
berhubung udah tau rute nya.... jadi diniatin buat makan malem di sekitaran cipayung (saung kuring).... jadi mobil bisa istirahat sambil ogut cek sebelum masuk tol jagorawi (estimasi dr saung kuring ampe tol sekitaran 10 menit kalo ga macet)

perjalanan dr sukabumi ke saung kuring sekitaran 2.5 jam.... menjelang saung kuring (tersendat dikit) temperatur mulai naek dikit dr 1/2
pas deh ama lokasi berenti nya

maem duluw.... selesei maem cek radiator.... ngisi lumayan banyak.... sekitaran 1.7 literan
lanjut lagi perjalanan..... 40 menit kemudian nyampe rest area cimanggis (sebelum bayar tol)... cek di situh lagee....
berenti 20 menit buat ngecek terakhir sebelum sampe meruya
nambah sekitaran 700 ml (separo nya botol aer mineral 1.5 liter )
40 menit kemudian nyampe rumah deh.....

kecepatan rata2 di tol cuman 80 km/h ajah
kondisi lancar jaya di tol nya....

dan hari inih baru mo beresin radiator nya nih

inih pic radiator yg ditambal sementara
gambar 1 - bocor di 4 tempat

gambar 2 - rembesan dikit di konektor pipa oil cooler transmisi

DIY : {Galagajrut} Modif pasang cincin Ferrite merk TDK di kabel busi Suzuki Katana

sumber : kaskus

Sory di weekend yg cerah...cocok banget buat nyuci mobil dan oprek sedikit.

Gw ada cincin Ferrite dari computer gw.....gw cabut lalu gw pindahin ke kabel busi Mobil.

Fungsi Cincin ferrite ini biayanya buat mencegah arus menerobos keluar Kabel....spikes arus dan storing.
Kalu di komputer gw pasang di Jalur kabel Soundcard.

Gw lihat sdh banyak model serupa terutma 9power buat performance kabel busi di mobil....kalau punya gw merk-nya TDK...dulu beli di toko elektronik sekitar 15 rb / pcs.

Ini hasilnya :

 gambar 1 - Cincin Ferrite merk TDK
gambar 2 - Terpasang pada kabel busi


by Galagajrut

sumber : kaskus

Testi sedikit Ttg Magnet TDK Ferrite

ini banyak dipasang di kabel jaringan Komputer terutama dari Server ke Hub, TDK untuk mobil berbeda ukuran chasingnya dgn untuk motor , bedanya di ukuran diameternya , modelnya cuma dijepitkan di kabel busi, dan akan lebih baik lagi bila dipasangkan insulock agar tdk gampang jatuh dan hilang, dulu saya sempet pasang di motor V-twin jadul, satu di dekat kepala busi , satu dekat koil , terpasang dua saja gas jadi responsive sekali , tetapi begitu pasang 3 untuk satu kabel , bunyi lontaran api busi sampe terdengar ke luar silinder motor ( motor nya jelek kali ya ) , akhirnya pasang 2 saja perkabel. Harganya jauh lebih murah dari 9Power, tergantung re_seller-nya , kalo beli TDK ini di kaskus pilih yang termurah , soalnya banyak yg mengaku importirnya tapi ternyata cuma Re-seller. Importirnya org Indosat dan tdk pernah pasang harga di kaskus..., huehehehe

kesimpulan : boleh dicoba lah , mantab kok

 gambar 3 - Ferite TDK
gambar 4 - Honda V Twin

by Nihilos

DIY : {wirasaja} Fix sambungan intake suction ke filter box penyebab lag / sendat Aerio di putaran bawah

sumber : kaskus

siang suhu2..
mo nambah report aja ya suhu2

kebiasaan mekanik BERES kalo abis servis bersih2 box filter..
selalu aja bagian yg di gambar ini selalu lepas/menganga..
hal tsb ane temukan 2x sewaktu repair membetulkan lampu depan..
 gambar 1 - Sambungan intake suction ke filter box
gambar 2 - Celah pada sambungan intake suction ke filter box


DIY : {Martono} Carbon clean Aerio dengan DCS dan carbon disedot dengan penyedot sabun cair

sumber : aerioindonesia@yahoogroups.com
gambar 1 - result and tools
Sharing dikit carbon clean sendiri pake alat2 ala kadarnya :D.
Minggu lalu sehabis cek aki di s n d liat ada jual DCS jadi tertarik pengen coba carbon clean sendiri. Udah lama pengen nyoba blom kesampean, akhirnya beli sebotol, abis itu plg nyari selang plastik kecil utk masukin dcs ke lobang busi karena sedotannya pendek, sekalian untuk nyedot hasil cc nya. Untuk nyedot dipake bekas penyedot sabun cair yg disambung ke selang plastik.

Langkah2nya:
  • buka coil dan busi, pake kunci standar bawaan mobil
  • semprot cairan dcs ke masing2 lubang busi menggunakan selang plastik.
  • diamkan kurleb 20mnt (perkiraan, gak liat jam), sambil nunggu, bersihin busi pake cairan sisa cuci TB bulan lalu.
  • setelah itu sedot pake bekas penyedot sabun cair yg disambung selang, hasilnya dari lubang busi pertama sampe ke4 semuanya hitam pekat.
  • pasang kembali keempat busi dan coil. Pertama kali idupin mesin agak susah idup karena msh ada sisa cairan yg gak kesedot, setelah idup kasih keluar asap putih sedikit. Test jalan, selesai.
Terlampir gambar seadanya, foto pake bb  ampe bbnya belepotan, hehehe.
gambar 2 - Prepare mesin

DIY : Modif box filter udara Aerio

Iseng nambahin cone dipasang di filter box udara, selain menambah panjang jalur udara yang terhisap juga ditambah efek bellmouth. Harapannya kecepatan udara masuk makin bertambah dan menambah torsi di rpm bawah, tetapi negatifnya mengurangi torsi di rpm atas.

 gambar 1 - Box Filter udara atas
 gambar 2 - Cone bekas box kabel Ethernet