DIY : {mr.Chaos} Peredam kap mesin Avanza, niru AVS, memakai aluminium foil atap rumah

sumber : kaskus

Ijin share DIYan yg simple2 doang bole kan om om sesepuh

soalnya kebetulan di rumah abis upgrade genteng pake baja ringan, sekalian beli alumunium foil biar panasnya matahari gak merambat masuk ke dalem rumah..

jadi dibeli lah barang ini:

gambar 1 - Aluminium peredam panas atap rumah 

nah, sebelum eksekusi, ane intip mobil om EYB, dan di tunjukkin lah bentuk peredam AVS tuh kayak apa, dan kancing2nya

 gambar 2 - Peredam di AVS

akhirnya datenglah hari sabtu, jadi mulailah ane ambil2 penggaris, gunting, spidol permanen buat ngukur dan nandain spot2 lobang di kap mesin.. jadinya kayak gini:


 gambar 3 - patron

itu setelah ane draw beberapa line buat jadi patokan ukuran, sama posisi lobang kancingnya..

nah soal kancing, kemarin ane pas beli kancing di atrium senen, ane tanya sama yg jualan.. ternyata klo model yg kayak di AVS itu, gak bisa di copot pasang

jadi ane putusin buat pake kancing yg bisa di buka lagi.. bisa dibuka lagi dengan modal obeng kembang (cuman ga ane poto)

jadinya gini deh skrg mobil ane:

gambar 4 - terpasang


Review pribadi ane:

Suara: gak banyak perubahan, suara mesin (dari luar mobil) terdengar lebih alus, cuman terdengar suara kompresor AC doang

dari dalem? sama aje! klo ga mau denger suara mesin musti pasang di firewall juga.. cuman keknya ribet

Panas: sepulang dari jalan2 semalem, pas pulang, ane pegang tuh kap dan amazed banget.. adem! bahkan ga ada anget2nya sama sekali..

meskipun gak rapih2 amat kerjaan ane, tapi klo DIY ternyata ada kepuasan tersendiri klo dah sukses

DC:

  • alumunium foil bubble, beli 800rb/roll, asumsi pake 2 meter (2/30 x 800rb) = 53.333
  • kancing² 13 x 2rb = 26.000
  • alumunium tape merk sansui 1 roll = 30.000 (padahal kepakenya 2 meter doang ) mayan sisanya buat emak ane nambel panci klo bocor
  • parkir beli kancing, beli alu foil, alu tape = 10rb

total: 119.333 + roko 1 batang = 120.000

bahan & alat yg diperluin:

  • aluminium foil bubble
  • aluminium tape
  • gunting
  • obeng
  • penggaris

special thanks to om yoga, buat kasi ane contoh kancingnya, kasi tau lokasi toko kancingnya, dan bole intip kap mesinnya

trims juga buat om phytagoras, karena ane pake rumus phytagoras buat ngukur titik2 yg mau ane lobangin 


by Mr.Chaos

Comments

  1. Kancingnya bagaimana y??? Saya cari dionline kesulitan, ada kancing buat bemper, ama kancing pintu

    ReplyDelete
    Replies
    1. dicari yang pas aja ama besar lubangnya, yang penting bisa gigit. Yang ngeshare ga foto kancingnya

      Delete
  2. Kira2 klo kena air gimana oom? Klo pasang di dalam kabin mobil bahaya gak?

    ReplyDelete

Post a Comment

most read in a week

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

DIY : Fix jok baris kedua Mobilio yang tidak mau melipat ke depan {andyles}

Letak fan double blower, evaporator dan pembuangan air AC Innova {ipah2.0v}