DIY : {niladyo} Clean Up Throttle Body Aerio (lepas Throttle Body - bongkar ISCV)

sumber : milis aerioindonesia@yahoogroups.com

Sebelumnya sudah niatan untuk CC dan sekalian turunkan TB dan clean up juga. Tapi kunci sok-nya terlalu tebal utk buka 4 baut (ukuran 12) TB - terpaksa yg gampang ke Ace cari kunci no. 12 dengan bibir tipis.


 gambar 1 - tools

Gb.1 tools secukupnya..:). - termasuk bensin 2 liter utk cuci TB dan clean up sekitaran cylinder head, impact driver (obeng getok)..:). Engine conditioner Nulon, oh ya - plus parts gasket TB yg batal terpakai (2 macam), gak ikut kefoto. Ternyata gasket TB masih utuh.


 gambar 2 - clamp hose

Gb.2 cara lepas clamp hose yg lumayan susah, semprot engine conditioner sedikit, dan WD40, tunggu sebentar, dan lumayan bereaksi. Sepertinya lebih mudah buka 2 hose kecil tsb setelah terbuka 4 baut "pemegang" TB, sedikit angkat, maka akan lumayan space utk membuka 2 hose tsb dengan menggeser ala buka throttle gas motor (dengan tang ujung runcing) pelan2 dan halus. Oh ya ada soket 2 buah : tekan klip di badan soket baru angkat.

 gambar 3

Gb. 3 - 7 hasil proses cuci TB bersihkan kerak bagian bawah diseputaran leher butterfly valve dengan Nulon, lumayan, seharusnya TB masih bisa dibuka lagi menjadi 2 bagian utama, hanya 4 mur kecil yg gak tega membukanya dengan impact driver, hanya 1 mur yg bisa terbuka..:)., ya sudah lain kali aja. Hose kecil juga sikat2 pakai sikat kawat, kerak dari air radiator lumayan disana.


 gambar 4
 gambar 5
 gambar 6
 gambar 7
 gambar 8 - hasil

Gb. 8 lumayan clean up kuas2 dan semprot pakai carb cleaner generik 26rb an, tapi bagus dan kuat sekali spray-nya - lebih kuat ketimbang STP. Alur lubang kecil di leher TB - ISCV juga spray dengan Nulon sedikit, lumayan ada kerak carbon meleleh keluar, dan bilas dengan carb jet, pastikan di 2 muara ISCV tsb saling keluar in and out semua gum dan sebaliknya (tanpa dismantle TB menjadi 2 bagian)...:). 


 gambar 9 - Complete

Gb. 9 completely assembled termasuk dipstick yg patah kemarin. Sayang tanpa foto sewaktu proses bilas, spray, TB dengan Carb jet, kuas2 sekaligus spray Nulon engine conditioner di bottom side TB.   

Setelah rongga ruang intake di bawah TB base di-spray jet sekalian, dan akhirnya kelihatan bening kembali, dan wipe dengan tissue.
Akhirnya - start 2 kali, putaran mesin terasa halus, dan selama pengerjaan cabut 2 kutub aki (sekalian isi air aki juga), berhubung kutub positif musti dibuka, ganti yg lebih besar, ala gold plated, jadi mirip2 reset ECU...:).
Bonus pinggang bungkuk..:).


gambar 10 - Packing Throttle Body dan Packing Idle Speed Control Valve (ISCV)


ini foto parts gasket 2 macam yg belum kepakai..:).
Gasket base TB Lebih mirip ala karet berserat mirip2 braided - agak melunak, no sealer at all.
Kencangkan bertahap perlahan 4 titik ala silang kencangkan velg..:).  




Lumayan2, ternyata ndut2an hilang, sejauh ini ala langsam, pelan2 di rpm 1500-2000 setelah masuk tikungan, dan keluar tikungan gas dikit, biasanya mulai ndut2an. 
Bisa jadi carbon di ruang bakar yg numpuk - TB dll, ada "self ignited" dari bara carbon yg nyala, jadi rada2 mirip idel up ac on, atau fuel cut..ndut2annya.:). 
Ini padahal tangki bensin belum clean up dari dulu. 
Pedal gas ngisi terus, lebih halus, dan asik lah, lumayan puasnya...:).  


Salam,
Niladyo®

Comments

most read in a week

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

DIY : Fix jok baris kedua Mobilio yang tidak mau melipat ke depan {andyles}