Posts

Showing posts from December, 2011

{bramtiton} Report penggantian filter udara Aerio

sumber : kaskus

barusan aerio jajan filter udara. yang lama dah kotor
gambar 1 - filter udara lama

nyari ditoko onderdil wilayah kudus (Jawa Tengah) ga dapet, akhirnya ke dealer.

(PT Remaja Adidaya motor, Jl raya Kudus Pati km 3, (0291) 431448 kudus 59321)

price List 136.300 dapet potongan 6.800.
gambar 2 - Nota

gambar 3 - Part number

by
bramtiton


DIY : {zoeleeyadee} perbaikan switch power window patah pada Aerio / Next G

sumber : kaskus

kemarin2 baru aja dipusingin ama switch central PW bagian supir yang patah dibagian engsel (bisa dibilang bagian paling penting nih karena menahan beban pegas), ane lem tuh pake super glue merk loctite tapi cuma bertahan 2 hari dia patah lagi , mana pas lagi mau bayar parkir akhirnya terpaksa buka pintu dah, sampe dirumah langsung ane bongkar tuh switch.

asumsi ane ada 2 kenapa dia bisa patah lagi, yang pertama lem nya kurang kuat buat nahan sambungan, trus yang kedua gaya pegas terlalu kuat sehingga membebani terlalu kuat hasil sambungan nya, akhirnya ane putuskan asumsi yang kedua karena menurut ane nih lem cukup bisa diandalkan lagian males juga kalau harus cari lem lagi.

emang dasar sial ternyata pas ane bongkar bukan hasil sambungan aja yang patah lagi, ternyata batang warna putih sebagai pendorong pegas tombol juga patah yang lebih parah pas ane cabut tuh batang dia langsung loncat karena dorongan dari pernya, jadi dah hilang tuh batang dah dicari2 tapi ga nemu, ga tau tuh ngumpet dimana.

akhirnya puter otak, terpikir dah tuh batang cotton but (korekan kuping) untuk dijadikan pengganti batang putih yang hilang, sekarang tinggal mikirin bagaima caranya mengurangi gaya pegas dari pernya supaya tidak terlalu membebani engsel hasil sambungannya nanti biar ga patah lagi, puter otak lagi akhirnya dapat sebuah korek gas, ane bongkar tuh korek didalamnya ada per yang ukurannya mirip sama per asli cuma dia lebih panjang (lihat gambar) tapi ga apa2 kan bisa dipotong dan daya pegasnya juga ga sekuat per aslinya, ane potong dah sesuai ukuran per asli, mulai dah ane merangkai kembali tuh switch PW, dari hasil beberapa kali percobaan semua berjalan normal, tombol ditekannya lebih empuk dari sebelumnya dikarenakan daya pegas yang dikurangi, mudah2an dia ga kambuh lagi dah, pusing ane kalau dia patah lagi, terakhir tanya switch PW central kena 1.225 rb, pilihan terakhir kalau dia patah lagi paling ane tuker kabel tombol belakang kanan ke tombol bagian supir .

gambar 1 - tombol switch PW yang patah.

gambar 2 - patahan engsel, ini nih biang keroknya.


{Agunk1986} Report penggantian repair kit master rem atas Aerio yang sering masuk angin dan dipompa

sumber : kaskus

Pembelian dari Sentosa Motor. Belinya 370rb, ongkir Jkt-Sby 22rebu.
gambar 1 - Part Number Repair Kit

gambar 2 - Repair Kit baru

{3DT} Report Service AC dan Radiator serta ganti koil dan engine mounting Aerio

sumber : kaskus

Report Service AC dan Radiator serta ganti koil dan engine mounting Aerio

1. Service Radiator (tambal kisi2 atas) = Rp 185rb. Jasa = Rp 40rb
2. Service AC (bersihkan evaporator, blower dan ganti freon) = Rp 250rb.
Surya AC Jl.Surya Sumantri Bandung 
Service AC Kurang lebih cuma 1 jam-an Om..
Itu rujukan dari Kang Dikwan (owner ditechinjection), yang ternyata masih sodaranya. Surya14 ownernya Pak Jhoni.
Kerja mekanik-nya sih biasa aja, malah harus ditungguin, terakhir waktu pasang radiator, selang bawahnya kurang kenceng. Malah lepas waktu mobil dibawa ke rumah. Akhirnya aku telp minta montirnya ke rumah. Kalo ownernya sih baek orangnya.

3. Engine Mounting Depan : 276rb, Engine Mounting kanan : 558rb, jasa 130rb
4. Koil 400rb, jasa 65rb


gambar 1 - Sedang Ganti Freon

gambar 2 - Radiator bocor pada kisi-kisi

{Agunk1986} Report pemasangan Sensor parkir Magic Mirror

sumber : kaskus

Report pemasangan sensor parking Merk Golden Eye 4 titik plus magic mirror:

Kondisi pas malem magic mirrornya:
gambar 1

Kondisi pas siang magic mirrornya:
gambar 2

{indexia} Report ganti koil Aerio dengan koil APV


sumber : kaskus
[REPORT] Ganti Coil Aira
Laporan singkat aja nih brader semua,

bermula dari enjut-enjutan yang gw alamin dikala menaiki Aira. Akhirnya Sabtuk kemaren gw menyambangi beres. Setelah konsultasi, akhirnya disaranin tune up + ganti koil. Demi kenyamanan berkendara, langsung deh gw restuin hal tersebut. Berbekal pengetahuan yang gw dapat di forum ini, gw minta koil-nya jangan pake yang Aerio (mahal booookkk) harganya di beres 1,1 jeti, kebetulan koil yang rusak ada 2, kalau 2 x 1,1 jt kan lumayan juga tuh ...

Singkat cerita, koil yang tertanam di Aerio gw sekarang adalah koil milik APV, yang katanya orang Beres cuma bakal bertahan 3 bulan. berikut dokumentasi yang sempat gw abadikan ...
gambar 1
gambar 2

DIY : {kinoy} Ganti shockbreaker belakang Avanza

sumber : kaskus

1. kunci 17mm (2 biji)
2. shock belakang yg baru (ori = 350.000)
3. kunci roda + dongkrak

dimulai dr sebelah kanan... soale di garasi ogut yg kanan lebih lega

inih kondisi sok asli nya
gambar 1

kendorin dulu bagian atas nya (jangan ampe lepas )
terus buka baut bagian bawah nya.... pake kunci 17mm... yg 1 nahan, yg satu nya ngebuka....
buat buka, ogut pake kunci sok 17mm.... buat nahan nya pake kunci roda palang 4
gambar 2

DIY : {kinoy} Ganti bushing lateral rod Avanza


sumber : kaskus
tools:
1. bushing lateral rod yg baru (harga 20.000)
2. kunci 19mm
3. dongkrak + kunci roda (kalo ori pake kunci 21 mm)

inih iseng2 genti... kalo ditanya kenapa... gue juga binun kenapa genti
yg mo genti ntuh sok belakang kiri kanan.... pas nanya2 bushing lateral rod (yg melintang di gardan).... koq murah... ya udah beli deh
karet umur 6 taon ama yg baru, pasti beda
jadilah genti

awal ngerjain, gue tadi nya berpikir bisa dr kolong... emang males dongkrak soale
jadi cuman nurunin ban serep doank....
begituh ban serep turun... gue ngolong... ternyata tenaga ogut ga cukup kuat buat buka ntuh baut lateral rod nya
akhir nya dongkrak ban belakang kanan dah....
lebih cepet juga ngebuka ban belakang ntuh dibanding nurunin ban serep

buka baut lateral rod nya pake kunci 19mm
gambar 1

inih waktu baut nya udah kebuka
gambar 2

DIY : {centraltech8} Ganti piston set master rem Next G / Aerio yang bermasalah

sumber : chat in Blackberry
centraltech8: Bingung.. Mau buka master dibawah tabung..
centraltech8: Tp takut karet2nya gk ada.. Soalnya tanya2 piston 1 set sama per2 nya 400rb an X_X
centraltech8: Master 1 set 1,5jt disini .. Smua inden X_X
singachu: Weh...

[another day]


centraltech8: Om gw barusan bongkar master rem atas.. Ada bbrp poto.. Mau gk om ? Gk sempet ol kaskus :'(
singachu: ok om
singachu: Gmn hasilnya tyt?
centraltech8: Keknya mesti ganti 1 set piston dan per nya 360rb
centraltech8: Td ragu.. Mau pesen sm sentosa.. Jd gw ke bengkel pura2 cek..
centraltech8: Ternyata hasilnya.. Sama :D
centraltech8: Cuma malah dianjurkan mreka ganti 1 set 1,7jt :'( pdhl di jkt cuma 1,2jt
centraltech8: Uda tu mekaniknya tau.. "Gw bongkar sendiri ya barusan =)). Soalnya ketauan bekas bongkar masi bersih
singachu: Hahahahaha :D
centraltech8:
gambar 1

singachu: Ada kliatan aus / robek kah om??
centraltech8: Ada 8 poto om.. Lemod bb gw .. X_X
centraltech8:
gambar 2

centraltech8:
gambar 3

DIY : {zoeleeyadee} Ganti relay kompresor AC yang suka mati sendiri

sumber : kaskus
melanjutkan post ane tentang permasalahan kompresor ac yang suka mati sendiri dan ga mau hidup lagi, dicurigai permasalahan ada di relay kompresor, di bantu info dari om singa tentang posisi relay kompresor ac, cari2 relay yang merk denso tetapi gak nemu, akhirnya ditawarin merk lain yang universal yang penting berkaki empat dapat harga 45 rb, langsung deh ane ganti, ane tunggu beberapa hari untuk memastikan ternyata ac berjalan normal, kompresor bekerja seperti biasa.

gambar 1 - pic relay yang udah rusak

gambar 2 - pic box relay yang baru

gambar 3 - pic relay baru terpasang,
kurang sedap dipandang, ga apa deh yang penting fungsinya

nama tokonya "pilip motor", lokasinya di ruko kebun bunga jalan kol. H. burlian KM. 9 Palembang

by
zoeleeyadee