Postingan

Menampilkan postingan dari Juli, 2011

{indexia} Service AC Aerio di Wijaya (AC tidak dingin - membetulkan kebocoran)

sumber : kaskus
FR - Service AC My Golden Aira
Berawal dari hari Kamis dimana ane sama temen2 ane makan bareng pas jam istrirahat. Hari itu pakai mobil ane, nah yang ane rasakan hari itu adalah PANAS-nya minta ampun. Dalam hati ane berniat untuk memperbaiki AC ane akhir minggu nanti.

Nah pas hari ini ane masuk kantor tapi agak siangan dikit, jadi paginya ane sempetin ke bengkel. FYI, karena takut ke bengkel yang jelek, akhirnya ane nyari2 bengkel yang recomended di FJB kaskus. Akhirnya ane putuskan untuk ke bengkel di kaawasan Sunter. Nama bengkelnya WIJAYA. Silahkan KLIK DISINI untuk berkunjung ke threadnya!! Orangnya sih ramah2 gitu ...

Gambar 1 - Wijaya AC

Sampai disana, ane langsung markir mobil ane terus disamperin ma orang bengkel disana. Ane langsung bilang keluhan tentang AC ane.

Gambar 2 - Proses cek

Berdasarkan obrolan singkat tadi, akhirnya diputuskan untuk mengecek semua, mulai dari blower, evaporator, kondensor, dan selang.

{Agunk1986} Report pemakaian Car Air Purifier Oxygen Ionizer

Barang yang akhirnya ditunggu-tunggu akhirnya datang juga, hehehehe.... Tinggal di colokin deh ntar malem waktu pulang kerja, semoga aja bermanfaat *jadi gak mubazir*

Gambar 1 - Ionizer Pesanan

Penampakan ionizer ane setelah dipasang nie:
Gambar 2 - Ionizer terpasang

Review 1 : Dipake setengah jam perjalanan pulang dari kantor.
Yang ane rasakan, alat ini nyedot bau-bau tidak sedap di mobil, selain itu belum merasakan hal yang lain lagi, coba nanti pas keluar kota selama 2,5 jam baru bisa kerasa.

{agunk1986} Report pergantian Shockbreaker belakang, service tie rod dan kuras oli Power Steering Aerio

sumber : kaskus

Gambar 1 - Nota ACME

Mau laporan nie, tadi siang abis dari Acme Kedungsari Benerin kaki2 ama kuras olie power steering, nyampe jam 10an, dari jauh sudah lihat bengkel lagi sepi gak ada mobil yg masuk *seneng banged*, setelah nyampe langsung bilang mau cek kaki2, teknisi langsung kerja, nggak mau nunggu lama dan karena disana lagi sepi, sekalian bilang deh mau kuras olie power steering sekalian, trus dikasih 3 teknisi sekaligus, yg 1 nangani kuras ps, yang satu nyopot ban kiri, yg 1 nya lagi nyopot ban kanan. Alhasil gak perlu nunggu lama, jam setengah 12 udah kelar itu oreo ane, sekilas info aja rincian belanja nya:
-2 liter olie PS, mestinya kalo cuman seliter aja sie cukup, saking ini mau nguras sekalian ngebersihin bagian dalem2 nya, jadi pas ngisi oli sambil nyalain mesin, supaya yg lama yg kotor keluar semua, dan akhirnya sisa juga setengah botol, simpen aja siapa tau nanti butuh2 lagi, harga perbotol: 50.000
-Harga shocbreaker belakang pake yg merk Kayaba Lokal aja warna item, 775.000
-Reparasi tierod Stabil 4 kepala 140.000
-Biaya pasang shockbreaker+nguras olie power 155.000
Setelah selesai, langsung berangkat kerja, nyoba jalan gelombang, suara gludug2 sudah hilang, mak nyus deh....
Total pengeluaran hari ini:
1.170.000 T_T

by Agunk1986

DIY : {Galagajrut} Pasang Mudguard All New Jazz Facelift

sumber : kaskus

Karena sebal dan capek ngurusin kotoran yg nyepret di tepi pintu depan bagian bawah...akhirnya gw putusin buat nebus Mud guard khusus buat type S....gw nebusnya yg KW aja...murah meriah, dan ternyata bahan dan precision-nya jug bagus kok....nggak kalah sama Ori-nya .....

Gambar 1 - Mudguard

Gambar 2 - Mudguard

pemasangan sangat mudah...gw pasang sendiri kok...plug and play saja ....

Bahan dan alat :
Mud guard Hitam standar ANJ type S : rp 200 rb depan belakang.
12 pcs Mur lancip dan 12 pcs ring ukuran 10mm ( udah ada di set barang)
Screw driver Bintang
Seperti biasa...Roko dan Coca cola Dingin ....

Perbandingan kalau beli mudguard ori :
Mudguard depan : rp 480.000
Belakang : Rp 635.000

by Galagajrut

DIY : {DIX} Ganti balljoint Aerio dengan produk KW

sumber : forum AIC
Gambar 1 - Proses penggantian Arm Balljoint

Penasaran ama part yang ini, soalnya harganya mahal :shock: :shock:
SGP oldmod sekitar 1 juta, yg numod sedikit lebih murah. Kenapa beda? Karena yg oldmod ada dudukan joint stabil, bahan arm dari besi cor. Arm numod pake bahan pelat di press. Dari penampakan sih lebih kokoh arm punya oldmod, numod bisa pake juga kok.

Ternyata balljoint oreo udah dibuat paten nempel di arm, ga bisa dilepas. Kalo rusak ya diganti semua, mahal... :cry: :cry: Beda ama mobil2 lama, balljoint bisa dilepas pake baut. Bahkan beberapa mobil juga bisa ganti balljoint aja, pake model press.

Ada ga sih alternatif balljoint? Ternyata ada!!! Secara fisik hampir ga kelihatan bedanya, apalagi yang ga pernah menjajah toko onderdil... :mrgreen: :mrgreen:

Ini bocoran bedanya:
- Arm Kw cuma pake plastik polos aja, kadang ditambah stiker part number tanpa logo Suzuki. Arm SGP plastik pembungkusnya lengkap, plus ujung balljoint dan bushing arm belakang dibungkus kertas anti karat.
- Permukaan bodi arm yg Kw lebih kasar dan sedikit kurang rapi.
- Kode 54G di bagian bawah arm.

Harga arm Kw beda jauh ama SGP, cukup 350rb aja. Kalo mau arm SGP tapi harga miring, monggo dijapri...

Gambar 2 - Bagian bawah arm

{freak_hn} Report penggantian karet boot as roda Aerio

sumber : kaskus

part 1.

report om.. kmrn kejadiannya ada bunyi kret" gitu dari arah bawah kanan ban. akhirnya ngolong pas mesin udah adem. ternyata didapati boot as roda kanan pecah. Akhirnya bingung jg soalnya uda mau berangkat ultah temen sorenya. akhirnya pesen dlu ama ba ningsih. pesen sekalian buat boot dalam sama luar bagian kanan:

Gambar 1 - Karet Boot

tapi kok di thread otodiy pas om kijang beli yg luar beda kode yah? td konfirm ama mbak ningsih dia bilang sama aja nih... emang beda ukuran yah om kijang?


DIY : {Galagajrut} Simple at Home Detailing

Gambar 1 - Bahan detailing

Mumpung lagi weekend...daripada bengong mending ngerjain mobil. Hari ini jadwal-nya Bersih bersih Body dan Cat. Mumpung Bahan dan alat make up sudah lengkap...Let's get Bussy ! .....

Dari kiri ke kanan :
Sponge Bob
Turtle Wash
Turtle Wax
Turtle Polish
Astonish Rubber and Tires
Armour All Dashboard Shines.
Kit wiper Fluid
Micro Fiber tower ( 0Range )
Puff Micro fiber ( Orange bulat)

DIY : {Centraltech8} Tambal tangki bensin dan ganti fuel filter Next G

sumber : kaskus

Gambar 1 - Tangki bensin berkarat

Gambar 2 - Patri timah tangki bensin

Karena ada rembesan di tangki makanya tadi terpaksa nurunin tangki lagi. Kek nya terakhir kuras tangki udah 1 tahun atau gak nyampe. Filter celup sekalian ganti karena uda kotor lage filter kedua (filter setelah fuelpump) cuma gua bersihinm hasilnya lumayan kotor juga. Cara bersihin pake gzoc/carb cleaner, trus dituang bensin sambil kocok2 n tiup, kalo ada kompresor lebih mantep lagi.. kalo gw cuma pake suntikan gede isi bensin ulang2 sampe bersih keluarannya.

DIY : membuka sekrup tromol belakang yang dol dan membersihkan rem belakang

Hemmmm niatnya mau ngebersihin rem tromol belakang, eh terhalang lagi oleh sekrup penahan tromol yang dol kembangannya, sampe butuh waktu lama coba-coba dan semprot-semprot, akhirnya terpaksa dirusak deh biar bisa kebuka, kudu segera cari pengganti deh. Berikut beberapa dokumentasinya.

Gambar 1 - Sekrup yang diambil dan alat

Gambar 1 diambil setelah sukses membuka tromol sebelah kanan, baru setelah mencoba ke roda sebelah kiri newbie lakukan sesi pemotretan. Tampak pada gambar 2 dan 3 sekrup yang masih terpasang. Dari warna sekrupnya newbie menduga pernah dilakukan pergantian sekrup, kondisi masih mendingan dibanding yang kanan yang berkarat parah.

Gambar 2 - Kepala Sekrup Dol

Membandingkan Lugnut velg standard Aerio / Next G dengan Toyota Yaris

Kebetulan Next G yang baru dibeli velgnya sudah diganti dengan velg Yaris, ternyata terdapat perbedaan pada lugnut kedua velg tersebut yang tidak bisa saling tukar. Salah satu masalah yang ada yaitu untuk ban serep Next G yang masih standard tentu saja tidak bisa menggunakan Lugnut yang terpasang karena beda tipe Lugnutnya, so mesti bawa lugnut yang sesuai bila memang ingin memasang ban cadangan. Berikut newbie sedikit melakukan dokumentasi perbandingannya.

Gambar 1 - tengah lugnut velg Aerio/Next G vs lugnut velg Yaris

Gambar 2 - kiri lugnut velg Yaris, kanan lugnut velg Aerio/Next G

Terlihat dari gambar 1 dan 2 perbandingan lugnut untuk velg Aerio / Next G dengan Yaris. Ilustrasi gambar juga bisa dilihat di gambar 3. Terlihat bahwa lugnut untuk velg Yaris sebagian masuk sebagai pengisi celah antara lubang velg dengan baut roda yang terpasang. Bila memaksakan menggunakan lugnut standard Aerio/Next G pada velg Yaris maka selain resiko velg oblak karena ada celah kosong juga beda pada seat / dudukan velg Yaris yang rata vs lugnut yang tirus. Sebaliknya bila memaksa menggunakan lugnut velg Yaris pada standard velg Aerio/Next G maka seat / dudukan yang berbeda menyebabkan velg tidak tertekan sempurna sehingga ditakutkan lepas, belum lagi drat yang bisa dipegang makin sedikit.
Pada gambar 1 dan 2 nampak pada body lugnut terukir tulisan 12x1.25 yang menandakan ukuran drat yang sama, ukuran drat yang berbeda tentu saja tidak dapat dipasang pada baut dan bila dipaksa akan merusak drat baut roda. Angka 12 menunjukkan ukuran baut atau ukuran lubang dalam lugnut sebesar 12 milimeter, sedangkan angka 1.25 menunjukkan jarak antar drat / ulir adalah 1.15 milimeter.

DIY : {DIX} Pasang Water Temp Indikator merk Autogauge pada Aerio 1st gen

sumber : milis AIC

Gambar 1 - Water Temp, Dudukan, Adaptor - Sender
Akhirnya, setelah sekian lama tertunda...

Barang yang dipake Autogauge ukuran 2" warna silver, ada juga yg hitam tapi lebih mahal. Dudukan indikator juga dari Autogauge. Nah yang agak repot tuh bikin adaptor sensor ke selang, hasil kerajinan tangan sendiri. Soalnya kalo beli jadi kemahalan, hampir seharga indikator!!!

Pasang adaptor ga susah kok tinggal potong selang heater, asal mesin ga panas (gambar 3). Yang agak repot ngulur kabel ke dalem.

Ini dia yang mau liat hasil terpasang. Awalnya pengan pasang di ujung kanan dashboard tapi sedikit mengganggu tweeter, akhirnya ditaro diatas aja. Ntar kalo bosen tinggal pindah aja.

Gambar 2 - Indikator Terpasang

{aken_adika} Pergantian Master Kopling penyebab tidak bisa pindah gigi transmisi + Carbon Clean

sumber : kaskus

Seminggu yang lalu mobil ane mogok karena ganasnya macet dari tol merak ke bekasi. Aerio ane ngadat ga mau masuk gigi, ane pikir karena panas saja, trus ane dinginin se-jam-an.. tapi masih ga mau juga... akhirnya ane masukin dulu gigi nya baru di starter.. dari tebet jam 12 malam ampe bekasi 1.30
pake gigi 3 terus gan..

besoknya ane bawa ke twin garage (sekre/bengkel BCI) bekasi <== dapat alamat dari inet kena master kopling atas kata mekaniknya... (belanja lagi neh oreo ) sekalian carbon clean dan bersihin Throttle Body rinciannya : 
  1. Master kopling atas ==> 600rb cuma dapet diskon 5% dari harga bandrol epart.
  2. CC pake AMB ==> 250rb
  3. Tune up (tapi itemnya cuma bersihin TB) ==> 100rb
  4. engine conditioner (lupa merk nya ) ==> 65rb kalo ga salah
  5. Hose radiator atas ==> 110rb
  6. Coolant merah wurth ==> 75rb
  7. Packing TB ==> 40rb
  8. ongkos pasang Master kopling + minyak seiken ==> 40rb

Gambar 1 - Master Kopling atas (screen dump epart)

Gambar 2 - Carbon di ruang bakar disedot

{mugi} Laporan perbaikan bearing tensioner Power Steering dan Power Steering Unit

sumber : milis AIC

Gambar 1 - Bearing Tensioner

Gejala : bunyi agak mengganggu dibawah air filter (dari laher tensioner yang kering) dan ada rembesan oli power stering (di steering unit).
Setelah diteliti akhir diputuskan utk diganti tensioner karena takut macet mendadak. Harga tensioner lumayan mahal 660 ribu dan selang power stering 95 ribu. Yang agak menghawatirkan adalah di power steering karena seal2 di power stering tidak ada dipasaran dan harus ganti 1 set dengan harga 5.8 jt.
Dengan kesabaran mekanik akhirnya tensioner dan power stering bisa terpasang kembali tanpa penggantian 1 set.
Untuk perbaikan power steering dan penggantian tensioner jasanya 250 ribu dilakukan di rumah saja karena ada mekanik langganan, oh ya kebetulan rumah di bandung.
Maaf ya ini hanya sekedar info saja, semoga bermanfaat dan barangkali ada gejala yg sama.

Gambar 2 - Gigi pada steering unit

{Niladyo} Ultrasonic Injector Cleaning Aerio di Shop N Drive Surabaya

sumber : milis AIC

Gambar 1 - Tes semprotan injector apakah sudah rata

Gambar 2 - Ultrasonic Injector Cleaning

Injector Cleaner, jadi Nozzle injection-nya dilepas - Aerio ada 4.
Foto close up ada soket hijau untuk aliri listrik di rpm stationer simulasi at 750rpm (Gambar 2 dan 3).
Ujung nozzle ada 4 lubang sebesar jarum, yang harus bagus saat injected fuel ke combustion chamber atau ruang bakar (gambar 4).

Hasilnya enak, stationer lebih tenang, tadi coba jalan bentar udah kerasa tendangannya, ringan sekali. Biasanya rpm 2000 keatas lemot, sekarang udah enak. Ini standar semua ya.
Ini di SND (Shop N Drive) deket Ubaya Tenggilis (Surabaya), biaya cleaning injector 250rb, dan setelah drop in JFC kerasa enak, ganti busi Denso - serinya lupa, enak sekali untuk langsam, gigi 4 di 50kpj juga. Smooth..

Gambar 3 - Proses pemasangan injector pada cleaner

Gambar 4 - Injector

Gambar 5 - Kotoran pada bak Ultrasonic Injector Cleaner

Ada penunjukan bekas kotoran yg diproses via "ultrasonic vibration", ujung jari sebagai penunjuk (Gambar 5), dan nozzle yang saya pegang (Gambar 4).

by Niladyo - AIC

{indexia} FR penggantian Velg my Golden Aira ( Aerio )

Sumber : kaskus, kelanjutan cerita perbaikan velg

Gambar 1 - Hasil Pergantian Velg

nubie mau lapor nih oom ... kemaren ane nyari2 bengkel untuk perbaiki Aira ane ... jalan ngalor-ngidul ketemulah ane bengkel WW Autocarz di kawasan Gn. Sahari .. yang pertama-tama ane minta di spooring 3D dulu coz kemiringan ban belakang Aerio ane -3 derajat untuk yang sebelah kiri dan -1 derajat untuk yang sebelah kanan. (berdasarkan perhitungan komputer)

Gambar 2 - Spooring

Ane juga minta untuk ban belakang kiri untuk diperiksa, ternyata velg bekas las-an gak bertahan lama dan sudah ada bocoran lagi (Ane kirain, selesai spooring masalah terselesaikan ...)

How To : Sorting / Buat Playlist lagu pada Flash Disc / SD Card untuk diplay pada MP3 FM Transmitter

Gambar 1 - FM Transmitter dan Flash Disc

Gambar 2 - FM Transmitter dan Flash Disc

Tidak seperti Player MP3 dari USB, ternyata FM Transmitter tidak melakukan proses play lagu sesuai urutan nama lagu / nama file. FM Transmitter ternyata melakukan urutan play list berdasarkan urutan fisik file yang masuk ke flash disc, atau bahasa teknisnya tergantung urutan file tercatat pada index table file structur di flash disc (MBR : Master Boot Record). Untuk mengaturnya terpaksa harus dilakukan proses copy ulang dengan urutan mengcopy disesuaikan dengan playlist lagu. Newbie punya Active speaker yang bisa play dari flash disc (gambar 3) ternyata juga melakukan play list persis seperti FM Transmitter. Hmmmm repot neh apalagi flash disc nya dipake juga buat simpan file data.

Tapi jangan kuatir, ada kok software untuk mengatur playlist tanpa harus hapus atau copy ulang filenya. Idenya adalah mengatur urutan daftar file yang tercatat di Master Boot Record alias MBR. Weleh ruwet dong..... ? tenang softwarenya tinggal pakai kok, ga perlu ngerti soal teknis penyimpanan. O iya ini juga berlaku juga buat SD Card kok. So berikut newbie buat tutorialnya....

DIY : Apply Noverok pembunuh dan anti karat pada dasar bagasi Next G

29 Juni 2011 sewaktu melakukan pengecekan dan perawatan ban serep Next G, newbie mendapati adanya karat yang termasuk parah pada dasar bagasi tempat ban serep dikaitkan. Newbie coba bersihkan karatnya dan apply Noverox untuk menghentikan laju karat dan mencegah karat datang kembali.

Gambar 1 - Noverox botol kecil

Gambar 2 - Zoom in Karat pada dasar bagasi Next G