Postingan

Menampilkan postingan dari Maret, 2011

DIY : {kinoy} Buka switch power window Grand Livina 1.8

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=396284542#post396284542

cara buka switch power window....
rasa nya buat yg mau buka door trim, ngerasa susah nya pas ngebuka switch power window....
ditarik koq ga gerak2.... harus diapain sey ntuh switch nya biar bisa kebuka

alat2 nya:
1. tespen
2. obeng kembang
3. kartu atm (tapi disaranin jangan make kartu atm atau kartu kredit )... kalo patah berabe soale.....
jangan juga pake kartu remi.... ga bisa

berikut merupakan langkah2 nya hasil keisengan gue semalem
1. buka penutup baut yg ada di tengah ntuh....
gambar 1

2. keliatan baut nya.... buka pake obeng kembang
gambar 2

{taufik} Ganti koil APV serta perbandingan koil asli dan aspal

sumber : milis aerioindonesia@yahoogroups.com

Dear Om.

Barusan Oshin ganti Coil, Satu pcs.
Gejalanya, sedikit tersendat di tarikan awal, terutama di RPM Rendah saat lepas kopling.
Dibawa ke Beres, dibuka Busi, dibersihkan, kabel Busi ditest pake Multitester, Hasilnya OK.
Trus Busi dibersihkan, Pasang kembali Busi dan Koil. Mesin dihidupkan, digas-gas sebentar
sambil dipegangi kabel businya.
Divonis Coil kena satu pcs.

Ditawari 2 macem Koil, yaitu Koil Asli Oreo di Harga Rp. 1.250.000 (Belum Opas dan PPN).
Dan Koil APV di harga Rp. 380.000 + Rp. 20.000 (Opas).

Menurut Owner dan Ka Bengkel-nya, ada 2 Koil APV dengan Bungkus "ORI".
Saya minta ditunjukan yang ASLI dan yang ASPAL, dan saya Foto.

gambar 1 - koil asli vs aspal

Bedanya yg Asli dan ASPAL :
1. Warna Soketnya ASLI lebih Gelap daripada yg ASPAL (Ditandai dengan Lingkaran)
2. Pelat Besi Coil ASLI Warna Hitamnya agak Buram/ Tidak Sehitam yg ASPAL.(Ditandai Garis Merah)
3. Harga ASPAL dibawah Rp. 250.000.

Demikian, Semoga Bermanfaat.

by Taufik - AIC 253

T-Up aka Touch-Up Paint : Oles cat untuk baret dalam

Gambar 1 - T-Up Cat Oles

Gambar 2 - khusus Suzuki Aerio Hitam

Pembelian dah lama banget, di ACE Hardware, harga lupa-lupa ingat berkisar 45 - 60rb. Pastikan warna catnya sesuai dengan mobil, cocokan dengan label yang ada di bungkus kemasan (gambar 2). Cukup berguna untuk mengisi baret dalam di mobil yang mencapai cat mobil bukan hanya di lapisan clear coat.

Kalau menurut website T-Up :
T-Up adalah sintesa Nitrocellulose Acrylic Epoxy yang merupakan perpaduan bahan dasar original cat mobil dan epoxy (bahan dasar dempul).
Perpaduan ini menghasilkan komposisi kimiawi yang mampu menutup lecet/baret pada bodi mobil, yang dalam sekalipun, serta langsung memberinya warna sesuai warna original.
T-Up menyediakan lebih dari 100 warna original mobil2 produksi dalam negeri [CKD] dari tahun 1997 - sekarang.

DIY : {oopsadhit} Ganti Foglamp Aerio

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=393986205#post393986205

setelah mengolong2 bermaksud mencari cara agar tidak turun bemper alhasil tetep harus turun bemper.

ini report ganti headlamp dan foglamp.

klo headlamp ga da foto2nya.
gampang cuman cabut kabel yg ke headlamp trs buka tutupnya yg kaya karet itu trs cabut pengait lampunya trs ganti yg baru.

foglamp :
1. turun bemper dulu

gambar 1 - turun bumper

gambar 2 - foglamp terlihat

{zuhri_isa} Ganti kopling dan Selang Power Steering Aerio

sumber : milis aerioindonesia@yahoogroups.com

gambar 1 - Selang High Pressure Power Steering

gambar 2 - Kopling set bekas

Pagi menuju siang om n tante skalian. Sekedar mw laporan aja nii mengenai penggantian spare part aerio saya.
Awalnya selang power steering high pressurenya bocor, krn kopling jg uda berat ya sklian ganti. Pembelian spare part sesuai petunjuk anggota AIC lain di atrium senen di sentosa motor. Kebetulan yg beli smua spare part bokap, krn saya lg ada krjaan yg ga bisa ditinggal. Spare part yg diperluin kt org bengkelnya cm kopling set n selang power steering high pressure, penggantian dlakukan di bengkel langganan di daerah pasar genjing, pramuka. Keluhannya:
1. Kopling uda keras yg bikin betis sblh kiri hampir cacat krn ga seimbang besarny sm betis kanan hehehehe
2. Selang power steering high pressure bocor, yg menyebabkn oli hampir habis.
3. Rem sblh kanan dpn bunyi klo di injek pas lg jln, klo lg berhenti ga bunyi.
4. Kaki dpn sblh kiri bunyi klotok2 klo jln di jln yg ga rata.

{kirana01} ganti blade fan radiator

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6716096&page=397

Blade fan radiator Aerio oblak dan bahkan kena sirip-sirip radiator, ternyata as tengahnya oblak. Harga blade fan radiator Rp 200ribu, di toko sohib motor

gambar 1 - blade fan radiator

gambar 2 - as tengah blade oblak

by kirana01

4 April 2011 sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=398934266#post398934266

Td malem,pas lampu merah.ac kaga dingin lg,pas jalan dingin lg.tebakan langsung ngarah ke fan.pas di rumah,dicek bener ternyata.baling2 fan radiator oblak lg .padahal baru ganti loh .

Pagi tadi dibawa ke bengkel lg,gr2 gw ga punya lemnya
Klo ke atrium lg,mau nyetok threebond ah.sebijinya Rp 20ribu

gambar 3

gambar 4

by kirana01

{kirana01} alternatif kampas rem belakang Aerio pakai Baleno

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6716096&page=397

gambar 1 - kampas rem belakang baleno

gambar 2 - kampas rem belakang baleno

Kampas Rem belakang Baleno bisa dipakai sebagai alternatif di Aerio.
Harga kampas rem belakang baleno Rp 95ribu, di toko sentosa motor.

DIY : {taufik} membersihkan ECT Sensor untuk menormalkan putaran fan radiator

sumber : milis aerioindonesia@yahoogroups.com

gambar 1 - ECT Sensor sebelum dibersihkan

gambar 2 - ECT Sensor setelah dibersihkan

18 Maret 2011
Dear Para Suhu,
Setelah kurang lebih 1 Minggu ga dipakai, hari ini Oshin keluar Kandang. Namun AC kok kerasa ga dingin yaah.
Penasaran, Sy turun, buka Kap Mesin. Saya perhatiin kurang lebih 15 dengan mesin hidup. Fan AC (didepan Header) Hidup, tapi Fan Radiator (yg ada Selang Radiatornya) ga hidup/ alias Mati).
Renc mw sy bawa ke bengkel. Kemungkinan ganti Motornya atw gimana niey? Klo Ganti Motornya ajah, klo ga salah Merk Panasonic yah?? DC berapaan yah??
Thanks atas Infonya.
Oshin / B 2893 OM / AIC 253

{kinoy} Ganti kampas rem depan Grand Livina dengan merk Paraut

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=388989433#post388989433

report lagee ah....
jumat malem abis genti rem depan pake merk paraut

inih gambar beda nya yg ori baru, ori yg udah kepake 72.000 km ama paraut (warna biru)

gambar 1 - ori baru vs ori used vs paraut biru

ini kardus paraut nya
gambar 2 - kemasan rem paraut

harga = 225.000
jasa = 50.000
total = 275.000

toko arena di bsd autopart
lebih pakem dari bawaan nya yg udah aus
kalo sama2 baru.... gue ga tau beda nya

untuk gl1.5 &1.8 kampas rem sama ajah om.... dari kaki2 ampe rem nya
kalo livina, ga tau bentuk per belakang nya.... tapi shock nya mah sama

by kinoy

{kirana01} Ganti End Tie Rod, Bearing roda belakang, Bearing roda depan Aerio Facelift

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6716096&page=364
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6716096&page=376

harga2nya dl aja yah :
- End tie rod ori @Rp190ribu 2 pieces Rp 380ribu (Toko Sentosa)--- yang ini belinya dah lama
- Bearing roda belakang Merk NTN @Rp 250ribu 2 pieces Rp 500ribu (Toko sentosa)
- Bearing roda depan merk Koyo @Rp 190ribu 1 piece Rp 190ribu (Toko sentosa)
- Grease Kyodo yushi @Rp 30ribu 1 kaleng Rp 30ribu (Toko sentral mas motor yg jaga namanya koh ayung)

Ngerjainnya di phoenix yang di GAC, Ongkos jasanya Rp 150ribu om

gambar 1 - end tierod

gambar 2 - grease kyodoyushi

{kirana01} Finish Balance Aerio

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=387854738#post387854738

Kemarin abis ganti arm+bearing roda dll nyoba2 finish balans (tp ban depan doang).
Hasilnya lumayan,pagi ini nyoba2 nembus 130 kpj,alhamdulillah dah ga geter lg

gambar 1 - proses finish balance

finish balans 100ribu/ban

Nama bengkelnya Warna Warni Autocarz
Alamat :
Gunung Sahari Raya no.2
Telp : 021-6299111 - 021-6390281
Buka senin -sabtu : 08.30 - 18.00
Minggu : 11.00 - 18.00

Warung buncit raya no.7
Telp : 021-79197155 - 021-7940183
Buka senin-sabtu 08.30 - 18.00
Minggu : 08.30-16.00

by kirana01

{commoner89} Tip dan Trik buka mika Headlamp

Di kaskus, newbie coba tanya-tanya tip dan trik cara buka headlamp, langsung saja disimak :

Quote:
Originally Posted by singachu View Post
master-master semua, newbie mo nimba ilmu dikit nih boleh ya ?

pingin tau soal bongkar pasang mika aja :
1. Cara bongkar mika ntuh pake pemanas apa ? pake hair dryer keknya kurang panas yah ? tip triks biar mika ga pecah gmn ?

2. Lem mika lampu ke batoknya ntuh bisa dipanasin dan dipake ulang ato kudu ganti lem lagi ? Kalo misal terpaksa ganti Lem, Lem nya tipe apaan yah ? kl mau beli istilah "toko" untuk nama lemnya apa ?

3. tip & trik pasang mika lagi supaya ga berembun gmn ?

thanks in advance

regards,
singachu
met gabung gan...

klo lepas mika headlamp pake heat gun biasanya gan... agak mahal an dikit sih gan dibandingin hair drier... biasa beli di carefour sekitar 140-150rb an.... cara biar gampang n ga rusak: panasin dulu sekeliling mika nya 10-15 menit gan... abis gitu dibuka pelan2... klo panasnya udah cukup lama biasanya lemnya lentur banget n gampang bukanya....

lem yg asli bisa dipake lagi gan... ntar klo udah ditutup, disela2 sambungannya mika ama badan headlamp biasanya diisi silicon RTV ato rubber butyl.... klo mau bener2 bagus, lem yg lama dikelontok semua sampe bersih, trus dikasih lem lg gan bentuknya kyk gini:


gambar 1

biasanya cari di kedungdoro gan klo di surabaya... yg murah 60rb semeter...

setau gua gitu gan...

Quote:
Originally Posted by singachu View Post
mangstap :

kalo tip trik biar ga berembun itu apa cuman masalah sealer nya aja kudu rapet ?
kalo udah sealer rapet ternyata kliatan ada embun, apa yang mesti dilakukan ?

regards,
singachu
yg penting sealed gan udah beres.... klo mau jaga2 kasih silica gel gan didalem headlampnya...

by commoner89

{kinoy} pasang strutbar 4 titik pada Grand Livina 1.8 XV

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=385940892#post385940892

lapor lagee ah
kemaren abis masang strut bar, masang ga 1/2 jam
beli di : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6148224

gambar 1 - strutbar 4 titik

efek nya.... bantingan jadi keras
tapi goyangan kiri kanan depan nya jadi sama
overall.... manteb

info penjual :
id kaskus : alfonsin577
081316172222 atau PIN BB 20DCD5D3
YM : alfonsin577@yahoo.com

Gambar 2

{kijangtua} Alternatif subsitusi antena Suzuki Aerio dan Honda All New Jazz

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6716096&page=351

sedikit share aja ah... ternyata antena radio oreo itu 100% sama persis sama ANJ...

gambar 1 - antena aerio

gambar 2 - antena all new jazz

{kinoy} ganti shockbreaker paraut dan link stabiliser pada Grand Livina 1.8 XV

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=385018378#post385018378

Mobil, Grand Livina 1800cc XV manual 6 speed baru 71.700 km ++, tapi udah nyaris 4 taon

tadi sore (12 Maret 2011) abis jalan2 ke bsd autopart (yg samping pom bensin, bukan yg di atas)
seperti biasa.... cuman nanya2 doank
gue mampir ke arena yg khusus jualan parts nissan....

nanya2 merk paraut buat shock ama kampas rem depan
shock depan = 950.000 sepasang
shock belakang = 750.000 sepasang
kampas rem depan = 225.000 sepasang

semua cuman parts nya.... jasa nya ga nanya

kalo mo tanya2, kontek ajah:
arena
bsd autopart blok c no.20
bsd city
021-5315 2404

yg punya nya koh andy (0813 1419 5000)

report hari inih.... (13 Maret 2011)
tkp di arena, bsd autopart....
no telp revisi yak.... yg bener ntuh 5315 2404

dateng jam 1/2 12.... dikerjain baru jam 1/2 2
ada t30 ama c24 soale....
c24 beresin rem depan.... t30 beresin dinamo ampere

bongkar kaki2 depan.... keliatan kalo link stabilizer nya emang oblak
inih link lama nya :
gambar 1 - link lama

yg inih yg baru dan sekarang udah kepasang di mobil

gambar 2 - link baru

{kirana01} Carbon Clean di Sigma Speed

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6716096&page=337

tadi abis nyoba carbon clean di sigma speed.bengkelnya di hanggar seberang HERO gatot subroto..

nih potonya

gambar 1

abis carbon clean,berasa bgt tarikan makin enteng

ongkosnya Rp 350ribu

by kirana01