DIY : {zoeleeyadee} perbaikan switch power window patah pada Aerio / Next G

sumber : kaskus

kemarin2 baru aja dipusingin ama switch central PW bagian supir yang patah dibagian engsel (bisa dibilang bagian paling penting nih karena menahan beban pegas), ane lem tuh pake super glue merk loctite tapi cuma bertahan 2 hari dia patah lagi , mana pas lagi mau bayar parkir akhirnya terpaksa buka pintu dah, sampe dirumah langsung ane bongkar tuh switch.

asumsi ane ada 2 kenapa dia bisa patah lagi, yang pertama lem nya kurang kuat buat nahan sambungan, trus yang kedua gaya pegas terlalu kuat sehingga membebani terlalu kuat hasil sambungan nya, akhirnya ane putuskan asumsi yang kedua karena menurut ane nih lem cukup bisa diandalkan lagian males juga kalau harus cari lem lagi.

emang dasar sial ternyata pas ane bongkar bukan hasil sambungan aja yang patah lagi, ternyata batang warna putih sebagai pendorong pegas tombol juga patah yang lebih parah pas ane cabut tuh batang dia langsung loncat karena dorongan dari pernya, jadi dah hilang tuh batang dah dicari2 tapi ga nemu, ga tau tuh ngumpet dimana.

akhirnya puter otak, terpikir dah tuh batang cotton but (korekan kuping) untuk dijadikan pengganti batang putih yang hilang, sekarang tinggal mikirin bagaima caranya mengurangi gaya pegas dari pernya supaya tidak terlalu membebani engsel hasil sambungannya nanti biar ga patah lagi, puter otak lagi akhirnya dapat sebuah korek gas, ane bongkar tuh korek didalamnya ada per yang ukurannya mirip sama per asli cuma dia lebih panjang (lihat gambar) tapi ga apa2 kan bisa dipotong dan daya pegasnya juga ga sekuat per aslinya, ane potong dah sesuai ukuran per asli, mulai dah ane merangkai kembali tuh switch PW, dari hasil beberapa kali percobaan semua berjalan normal, tombol ditekannya lebih empuk dari sebelumnya dikarenakan daya pegas yang dikurangi, mudah2an dia ga kambuh lagi dah, pusing ane kalau dia patah lagi, terakhir tanya switch PW central kena 1.225 rb, pilihan terakhir kalau dia patah lagi paling ane tuker kabel tombol belakang kanan ke tombol bagian supir .

gambar 1 - tombol switch PW yang patah.

gambar 2 - patahan engsel, ini nih biang keroknya.



gambar 3 - lem

gambar lem yang ane pake, beli di ace hardware palembang, harga 28 rb kalau ga salah, lupa2 ingat soalnya.
gambar 4 - cotton but dan per korek gas

gambar sang penolong ane, cotton but dan korek gas yang jadi korban, per yang pendek itu per aslinya kalau yang panjang itu per korek gas yang akan ane potong nantinya.



 
gambar 5 - switch yang sudah dirangkai dan dipasang kembali


mohon maaf kalau dari penjelasan ane dan foto nya ga lengkap, ngerjainnya buru2 soalnya.

by zoeleeyadee

Comments

most read in a week

Socket Connector / Wiring Diagram Head Unit Fujitsu Ten

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : step by step pasang Foglamp Universal di Karimun Wagon R {gevarasyarif}

DIY : melepas head unit Kijang Innova tipe G

Service ASC dibutuhkan, ganti bearing roda dengan magnet ABS Xpander dengan merk NTN {Lay Joseph}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G

share Titik pemasangan Ground Wire Innova VVT-i matic {ipah2.0v}