{beersweeling} Report pergantian Radiator dan Pipa Radiator Aerio Matic

sumber : kaskus dan kaskus

Cerita awal dari masalah berkurangnya air radiator yang tidak normal :

Permisi suhu2 dan rekan2 aerio dan baleno
sori baru muncul lagi disini kbtln abis ke luar kota dl beberapa bulan ini
saya mau sedikit share tentang oreo 2003 matic
ada beberapa hal yg ingin saya tanyakan, mungkin rekan2 dan suhu2 di sini bs kasih masukan.


Kemarin smpt coba pulang kampung ke Sumedang, sehari sebelum brkt sy coba untuk kuras radiator, karena dari beli 2nd blm pernah di kuras, dan memang air di radiatornya sendiri sdh sangat kotor, dan akhirnya saya bawa ke bengkel radiator dengan niatan mau di kuras dan di isi dengan radiator coolant, tp ternyata menurut mekaniknya radiator nya sdh pernah di service dan ada 3 sekat yg sdh di matikan karena pernah ada kebocoran, jadi tidak bisa di isi dengan radiator coolant.
Setelah sdh beres semua ke esokan hari nya saya berangkat menuju Sumedang
pada awal nya di tol cikampek masih tidak ada masalah, tetapi ketika masuk tol cipularang lampu overheat menyala, dan sy pinggirkan mobil ke bahu jalan, dan tunggu smp panas nya turun, setelah itu sy cek radiatornya ternyata airnya habis sekali, sya isi kembali dan saya memtuskan utk jalan pelan saja sesampai nya di Sumedang saya cek kembali air radiator, dan smpt isi lagi sedikit.
Pada saat pulang kembali ke Jakarta pun saya berulang kali harus mengisi air radiator tersebut , sampai harus membawa 5 botol aqua 1 ltr buat jaga2
Sampai di jakarta di cek lagi tidak bermasalah, sampai saat ini kl buat jalan di dalam kota gak ada masalah.tetapi tiap pagi hari saat akan memanaskan mobil, harus tambah air radiator, apakh ini normal ??
atau sepertinya memang harus ganti radiator


mungkin rekan2 ada masukan atau punya case seperti saya


thanks

Dicurigai masalah berasal kebocoran pipa yang berkarat :
Gambar 1 - Pipa yang berkarat

Gambar 2 - Mulut pengisian radiator

Gambar 3 - Oli mesin aman tidak tercampur air


Hari ini (8 Agustus 2011) ada report :

Selamat siang rekan2 dan suhu2 semua. Mau kasih report habis ganti radiator dan pipa kemarin hari sabtu. Setelah bikin janji dengan mekanik bengkel akhirnya di setujui buat ganti radiator dengan yg baru di karenakan radiator yg lama sdh tidak layak pakai dan memang sudah sewajarnya di ganti

Gambar 4 - Radiator lama

dan ini radiator yg baru taiwan punya

Gambar 5 - Radiator baru made in Taiwan

Gambar 6 - Radiator baru made in Taiwan

dan ini penampakan pipa yg keropos yg menimbulkan rembesan air

Gambar 7 - Pipa lama yang keropos

dan di ganti sama yg baru

Gambar 8 - Pipa baru yang kinclong

Gambar 9 - Terpasang

setealah semua terpasang dan saya isi pakai radiator coolant di coba di nyalakan semua berfungsi cooling fan hidup sebagai mana mestinya, dan setelah itu sy kembali menuju rumah (bengkel di priok rumah di tebet) tetapi setelah sampai dirumah, saya cek lagi ternyata air dalam penampungan membludak seperti air mendidih, ternyata masalah radiator blm selesai sampai disini

Hari minggu saya minta pendapat kedua dari bengkel dekat rumah, coba di cek thermostat nya ternyata thermostat tidak terpasang , jadi harus beli, setelah terpasang dan di nyalakan di cek cooling fan semua normal
sampai tadi pagi saat mau jalan sy cek juga masih normal

Masalah ada lagi saat mau berangkat ke ktr air radiator menyembur lagi akhirnya minta pendapat sama om sixth langsung sms dan di tlp sama si om
thanks ya om buat masukan dan saran2 nya

mau coba bawa mobil ke Beres yg di serpong buat final option

Total Pembelanjaan dan ongkos kerja
DeskripsiHarga
RadiatorRp 1.290.000
Pipa RadiatorRp 125.000
TermostatRp 150.000
Ongkos KerjaRp 300.000

Radiator ane beli sama bokap mertua, kbtlan beliau ada toko sparepart kecil2an, Tokonya ada di Tj Priok, jakarta utara,cm almt pastinya ane lupa , no tlp nya bisa hub ane aja om 0818-977066, kl buat harga ane liat2 di blog nya om singachu jadi bisa buat patokan.

by beersweeling

sumber : kaskus

mau report om kemarin oreo udah dibawa ke beres Serpong, stlah di cek ternyata dynamo extra fan sdh gosong, jadi extra fan nya lemah putaran anginnya kecil, itu yg menyebabkan suhu radiator tinggi.

karena udah kepalang tanggung udah smp di beres jadi langsung ganti pakai punya APV, harga 580 rb (motor extra fan saja tidak termasuk baling-baling), kl punya oreo ori bisa 1 jt an

setelah semua terpasang dan mesin dinyalakan smp extra fan nya muter, lalu di tes jalan ke luar muter2 serpong smp 2 kali, gak ada gejala2 OH lagi, akhirnya memutuskan buat balik ke rumah.

Dijalan pulang juga gak ada tanda2 OH, sampai dirumah cek ke radiator Alhamdulilah air nya udah gak nyembur lagi , tapi masih mau di tes jalan lagi hari ini, mudah2an penyakitnya sdh sembuh

Untuk tutup radiator ane mau beliin yg bagusan om, kayaknya yg sekarang ane pakai kurang bagus

by beersweeling

Comments

most read in a week

DIY : mendongkrak Grand New Kijang Innova

Mencari tau fungsi Relay di fusebox Aerio

DIY : Mengatasi DVD Player Mati setelah Ganti HU (Buat Livina HWS/Ultimate) {luki2022}

DIY : Bikin label fungsi fuse dan relay Aerio / Next G