Postingan

Menampilkan postingan dari Desember, 2010

DIY : {ardy} bersihkan injector Grand Escudo 2004

sumber : email dari bro Ardy
mobil : Suzuki Escudo (Grand Escudo) 2004

gambar 1 - Suzuki Grand Escudo 2004

Akhirnya, setelah sekian lama menanti, kemaren pas tanggal merah sepulang dari ibadah natal, menyempatkan waktu untuk bebersih.. sedikit memaksa melakukan ini, karena penasaran dan juga persiapan (kalo jadi tahun depan plat hitam ganti pertamax, itu kalo jadi) biar bahan bakar lancar, ga tersendat - sendat karena kotoran(kerak) bensin yang menumpuk di injector dan filter bensin.

Saya menggunakan bahan NULON Foaming Air Intake Cleaner (made in Australia) untuk membersihkan injector.

Saya dapet NULON dari surfing-surfing di internet, yang jual sama dengan penjual DCS. Kata penjual nya produk NULON ini juga di pakai pada service toyota (Auto 2000).

pertama, membuka filter bensin, pada filter bensin nya tersebut salah satu merek terkenal di dunia pengabutan bahan bakar, Mikuni Corp.
setelah dilepas, lanjut di bersihkan.
hanya di bersihkan menggunakan bensin dan di tekan pompa supaya bener-bener kotoran ya keluar, tidak terlalu kotor pada filter nya.

kedua, membuka injector, ini yang rada ribet (lumayan susah) karena belum pernah di buka untuk dibersihkan dari sejak pertama beli. tapi untung nya ngga sesusah itu membuka baut-baut nya. kemudian cabut selang nya, ini lumayan susah, karena rapet banget. ada 2 selang dibagian belakang agak di bawah manifold (lupa di foto), baru bisa terlepas tu injector nya. keliatan pada foto dimana injector nya udah kotor, walaupun belum terlalu parah (sampe menutup lubang nya).

nah disini yang mulai agak kesulitan, karena injector harus dialiri listrik (dari aki) untuk membuka katup solenoid nya (solenoid valve), supaya katup terbuka dan siap di semprot oleh injector cleaner. pertama di semprot berbentuk busa (foam) dan berwarna putih kemudian berubah jadi kuning kecoklatan (kotoran nya rontok yah) :D

setelah di semprot ke empat injector nya saya diamkan kemudian saya semprot luar nya (maksud nya supaya bersih luar dalem) ternyata itu sedikit bahaya karena mengakibatkan kotoran halus yang tadi nya ada di luar jadi terdorong masuk lagi ke dalam. itu sempat terjadi pada saya, akhirnya saya harus pakai bensin dan di pompa (tentu nya setelah solenoid valve nya di aliri listrik supaya terbuka), baru kemudian keluar lagi secara normal.

finally, bersih semua deh.. :D lanjut pasang satu persatu, yang pertama di pasang filter bensin nya, kemudian pasang satu persatu injector nya. supaya masuk nya lancar dan tidak merusak seal karet yang ada di situ saya kasih POMADE - TANCHO (minyak rambut yang warna hijau mirip balsem) :D...
lancar deh, masuk nya mudah.

setelah semua terpasang kembali seperti sedia kala, mulai di nyalakan, hasil nya lumayan berasa, mesin suara nya halus, tenaga bener - bener keluar, ga ada nahan nya.

Note : Air Filter tidak saya bersihkan seharus nya sudah waktu nya mencuci filter tersebut, karena sudah kotor. Throttle Body tidak saya bersihkan juga, karena masih bersih sampai di masukin lap di dorong dengan obeng untuk cek di dalam nya kotor apa tidak, ternyata masih bersih.
pada injector (socket nya ) tertulis LICENSED BOSCH, satu kesalahan lagi tidak saya tulis tipe dari injector tersebut :(

berikut foto nya ya....

gambar 2 - Filter bensin

DIY : {Zindro} ukur nilai resistansi CO Adjuster untuk patokan setel CO Aerio

sumber Diskusi di kaskus : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=337207627#post337207627
lanjutan dari : DIY Setel CO / Lamda Aerio

Tambahan:
Setelan CO menggunakan VR 50K (3 pin) dengan jumlah putaran 20~22.

Setelan Beres.
Ukur VR ujung ke ujung dengan multimeter 51,2K. Cabut setelan & diukur dg tester 11,9K dan 39,8K. (kait menghadap ke bawah).

Putar ke kanan 3 x 360 derajat
18K dan 33,8K.

Hasil pengukuran kurang akurat krn memakai multimeter murahan.
1. 11,9+39,8 = 51,7K
2. 18 + 33,8 = 51,8K

18-11.9= 6,1 (3 putaran)
Berarti 1 putaran penuh setara 2,03K
Dikonversikan ke putaran berarti ada sekitar 24 putaran.

Dg mengukur tahanan yg ada bisa dilakukan penyetelan lebih akurat dan dapat mengingat posisi awal shg jika kurang puas bisa dikembalikan ke posisi semula.
Zindro is offline Add to Zindro's Reputation Report Post Report Post

by Zindro

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=337531040#post337531040

ukur hambatan di setelan CO seperti om zindro..
cm gw masih bingung.. gak ada patokan...

gambar 1

gambar 2

{Zindro} Selang radiator dan pipa-pipa Aerio

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=337541589#post337541589

gambar 1 - selang radiator Aerio

Iya kalo di BERES maunya ganti aja, sampe2 gak dicek dah perlu ganti gak, main ganti aja. Kapan hari cek air radiator kurang, yg diganti banyak bene.Sampe2 selang yg baru ganti, diganti pula. Salahnya waktu di situ gak ngecek2 lagi.

by Zindro

DIY : {centraltech8} Cek dan Grease As Roda Kiri (CV Joint)

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=337044851#post337044851
blog om centraltech8 : http://centraltech-service.blogspot.com/2010/12/diy-cek-grease-as-roda-kiri.html
ini kerjaan maren pas libur.. ngecek as roda dalam dan luar kiri sekalian ganti grease nya.. ternyta masih oke.. kwalitas bawaan emang mantap

gambar 1


pertama kendorkan baut as nya dulu biar gampang kerja nya.. sebelum nya ketok buka dulu bibir baut yg bengkok..

gambar 2

lepas kan kaliper cakram dan sensor abs dan tierod end, baut as juga di lepas  sehingga tinggal as roda siap di cabut

DIY : bongkar tutup plastik setir untuk cari dan hilangkan sumber bunyi di setir

Belakangan ini terdengar suara cit seperti gesekan plastik / karet pada setir atau roda kemudi Aerio newbie. Suara terdengar pelan dan lirih terdengar serasa dekat dengan telinga. Bunyi yang terjadi kadang-kadang tapi makin hari lebih sering terdengar. Newbie coba cari kira-kira sumber bunyinya.

gambar 1 - tools

Tools yang dibutuhkan :
1. Obeng Plus dan Obeng Minus
2. Kunci Bintang T30
3. Tang
4. Grease

Newbie mulai dengan melepas dek bawah dashboard.

Hmmm apa ini rada gesekan yah, lepas dulu dan grease joint yang di dalamnya :

gambar 2 - tutup joint setir bawah

Kopi Darat 22 Des 2010 - thread Aerio / Next G @ Kaskus

Kopdar 22 Des 2010 jam 21:00 s/d 24:00 di Tebet Indrayana Square (TIS) Jakarta

Yang hadir :
  • the_sixth_sense
  • ndy2345
  • Angga aka Plat Nomer
  • AREC
  • kirana01
  • singachu

gambar 1 - Angga - Singachu

gambar 2 - AREC

gambar 3 : kirana - ndy2345

gambar 4 - the_sixth_sense kaus orange

gambar 5 - pasang busi


regards,
singachu

DIY : {kijangtua} tekuk spring dudukan brake pad untuk hilangkan bunyi

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6187369&page=221

gambar 1

dah konfirm nih.. setelah di tes ternyata bunyi tek2 itu dari brake pad yang longgar, jika brade pad disentuh pake jari akan terasa oblak dan ada bunyi tek..tek.. sekarang bunyinya hilang samasekali....

akhirnya lidah pelatnya gw bengkokin dikit, dan brake pad pun bisa duduk dengan mantap... kalo nanti suatu saat bunyi lagi akan gw ganjal pelat tsb pake pelat tipis yang kuat... (gambar 1).

{kirana01} Penggantian Fuel Pump Aerio

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6187369&page=202

gambar 1 - kotak bungkus fuelpump

gambar 2 - fuel pump include filter bensin

Pembelian di Sentosa motor - harga = Rp 560ribu

Ganti di beres pulogadung 247.500,ada yang lebih murah di beres bsd 165ribu,matraman 160ribu,paling murah ya DIY :D .tp krn gw kmrn disuruh ganti FPnya sm pulogadung,jd gw kesitu lg

report setelah pemasangan :
Tadi dah nyobain jalan2 sisil,tarikan yang berat di awal alhamdulillah dah ilang..dedet di tengah2 klo lg jalan juga ga terasa,mudah2an sih ilang beneran..
Tadi juga dah isi full tank sisil,nanti kita liat pengisian full tank berikutnya buat nyari nilai FC..
Kalo tarikan atas,tetep kayanya gara2 racun dari TS ..

by kirana01

{kijangtua} report ganti karet boot as roda / boot cv joint Aerio

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6187369&page=171
report pembelian : http://otosupply.blogspot.com/2010/07/sentosa-motor.html

gambar 1 - karet boot as roda sobek

Bermula dari karet boot as roda yang kedapatan sobek, diputuskan untuk segera melakukan pergantian sebelum kemasukan air/pasir yang berpotensi merusak/membaret CV Joint di dalam karet boot tersebut.

gambar 2 - pembelian part

{Angga} Report As Shockbreaker roda depan yang patah

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=332005606#post332005606
Kamis 16 Des 2010 yang lalu newbie dapet message dari bro Angga kalau As Shockbreaker roda depannya patah. Cukup surprise juga dan bertanya-tanya kok bisa patah. Apalagi peristiwa terjadinya patah pada waktu belok pelan. Kalau dari segi yang harus disyukuri kejadiannya tidak terjadi di jalan apalagi di tol. Dari ngobrol-ngobrol juga tidak terdapat tanda-tanda apa-apa sebelumnya termasuk tidak ada tanda lelehan kebocoran oli shockbreaker...... hmmmm apa gara-gara mobilnya ceper ya om ?? :D

Setelah diupload fotonya, terjawab sudah kenapa tidak ada lelehan oli. Dilihat dari penampangnya memang seperti kata montir yang menangani, sebelumnya sudah terdapat retakan/patahan terlihat dari penampang yang berwarna gelap adalah patahan lama dan berwarna terang adalah patahan baru.

gambar 1 - foto patahan

{kirana01} ganti tutup radiator dari angka 0.9 ke 1.1

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=331788060#post331788060
Berkaitan dengan penggantian cover radiator Aerio ternyata radiator cap yang terpasang memiliki rating 0.9 untuk release pressurenya, sedangkan radiator cap orisinil Aerio memiliki rating 1.1. Setelah didiskusikan di thread Aerio/Next G akhirnya bro Kirana01 mencoba mencari tutup radiator dengan rating 1.1 yang dapat dipasang pada cover radiator kuningan.

gambar 1 - radiator cap Avanza rating 1.1

gambar 2 - radiator cap Avanza rating 1.1

Sayangnya radiator cap ini tidak dapat masuk ke mulut pengisian radiator kuningan. Bro Kirana01 melakukan pembelian secara online sehingga tidak dapat membandingkan terlebih dulu.

{kijangtua} share extra fan tambahan pada depan condensor AC

Dari diskusi di kaskus tentang penambahan fan di depan condensor yang diharapkan dapat memperdingin suhu  AC dan system pendinginan terutama pada saat bermacem-macet ria. Bro kijangtua share foto-foto pemasangan pada Toyota Kijang.

gambar 1 - tambahan fan di depan condensor

merek sanden 80watt made in japan... jangan tanya harganya yak.. gw dah lupa..

gambar 2 - merk sanden

{kijangtua} Share perbandingan tutup radiator dan efek ganti tekanan radiator cap

Kelanjutan pembicaraan mengenai tutup radiator yang diganti berkaitan dengan pergantian cover radiator kuningan pada Aerio bro Kirana01 (baca sini). Selain itu juga sehubungan dengan angka yang tertulis pada cap radiator 0.9 vs cap radiator Aerio yang tertulis 1.1 (baca sini)

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=329555388#post329555388

ini gw coba share tentang tutup radiator...
gambar 1 - yg merah rad cap oreo ND 1.1 yg kuning kijang ND 0.9

gambar 2 - kiri Radiator Cap Aerio, kanan kijang

{kirana01} ganti cover radiator Aerio matic dengan kuningan dan motor fan radiator

sumber :
http://www.kaskus.us/showthread.php?p=327537317#post327537317
http://www.kaskus.us/showthread.php?p=327620860#post327620860
http://www.kaskus.us/showthread.php?p=327634310#post327634310
http://www.kaskus.us/showthread.php?p=327653667#post327653667
http://www.kaskus.us/showthread.php?p=327974619#post327974619
http://www.kaskus.us/showthread.php?p=328031001#post328031001
http://www.kaskus.us/showthread.php?p=328494808#post328494808
http://www.kaskus.us/showthread.php?p=329138327#post329138327

Nama bengkel : maju motor
Alamat :JL.Raya Pasar Minggu NO.8-10 (duren tiga)Pancoran Jak-Sel
Mengerjakan : over houl, tune up,diagnosis EFI,ECU,AC mobil,audio,radiator,dll

gambar 1 - Motor fan radiator lama merk Denso

gambar 2 - Cover radiator lama merk Denso

{freak_hn} report Fuel Consumption Aerio setelah ganti oli dan busi Autolite 985

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6187369&page=73
Report test Fuel Consumption ini setelah dilakukan pergantian oli dan pemasangan busi Autolite 985.

report FC om abis isi ulang tangki pake premium full tank. alhasil dengan cara bawa gigi 1 - gigi 3 sekitar 3000rpm ganti giginya gigi 4 ganti di 3000-5000rpm gigi 5 sampe top speed 150kmh di semua tol. rata2 kalo tol biasa nembus minimal 120kmh... kondisi jalan macet-lancar. ga pernah sampe stuck sih.

FC gue: 329.5km/29.6L = 11.13km/l mayan lah dengan cara bawa gua yg tergolong agresif kalo lg kebut2an. hehe. makasih om sixth_sense uda jampi2in mobil gue jd kenceng dan irit.. hehe

ini fotonya:
gambar 1 - posisi fuelmeter dan tripmeter

gambar 2 - struk bensin premium sampai full

by freak_hn

Quote:
Originally Posted by Galagajrut View Post
Quote:
Originally Posted by b8621dp View Post
Fc oreo gw bs 1:11 - 1:12 om dalkot,,
Trgantung kaki kanan aja sih,,
woooow.....Bikin ngences aja iritnya....gw dalam kota bisa 1:9 aja udah harus pakai acara syukuran ngedatengin Orkes melayu pula.....
haha. kyknya sensor CO om puter kiri 3/4/5x360 berlawanan arah jarum jam deh.. dlu gw jg gitu kok



by freak_hn

{zindro} Report penggantian Engine Mounting Depan Aerio dan Shockbreaker KYB Excel G

sumber : email dari bro Zindro

16 July 2010
gambar 1 - Engine Mounting Depan

29 Mei 2010
gambar 2 - KYB Excel G

{kijangtua} info alternator nissan xtrail 2.0 M/T

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=6187369&page=63

@singacu
@rhoodeyz

sekedar info
alternator xtrail 2.0 mt
12v 90amp buatan mitsubishi automotive electric indonesia

btw yang buatan hitachi malah motor staternya kapasitasnya 1.0kw... tapi buatan china...
dimensinya... (foto hanya ilustrasi saja..ini alternator 32amp punya minibus)

gambar 1

yang 41,5cm itu adalah keliling dari buletan alternator yak... gw gak bisa ngukur diameternya.. karna sulit masih terpasang tapi yang jago matematika pasti bisa ngitungnya berapa kira2 diameternya kalo kelilingnya 41,5cm..

yang sering masalah adalah bracket pegangan alternator gak sama dimensinya.. di minibus waktu itu gw mesti ganti bracket biar rapih.. karna alternator baru butuh bracket lebih panjang.. walopun sebetulnya bisa aja cukup ganti baut pemegang alternator dengan yang panjang trus ganjal ring...

gambar 2 - alternator nissan xtrail 2.0 M/T

yang 12,5cm itu diukur dari ujung ke ujung pada bodi terluat alternator..

{freak_hn} report pergantian oli

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=328095470&postcount=1142

report om abis ganti oli barusan di bengkel lautan motor.

awalnya kan pake oli motul multi power plus. berhubung harganya jg lumayan dan gw ngerasa jg ga gmn banget bedanya sama magnatec dlu akhirnya berani coba pake oli total yg katanya made in france. alhasil tadi sempet nyari oli total quartz 7000 yg galonan di pom bensin totalnya langsung. tp ternyata harganya 255rb. alhasil karena ga pernah beli ni oli, sempet keliling BSD autoparts. akhirnya berhenti di toko temen lama ane. gw tanya berapa ternyata cm 200rb. fiuuhh mayan deh sama ongkos gantinya uda termasuk jd ga perlu ngolong2 lg. hehe.

berikut barang2 yg diganti:
- Oli Total Quartz 7000 10w-40 = 200rb
- Oli Filter Indoparts = 25rb
- Busi Autolite 985 om sixth_sense = 15x4rb = 60rb
- DCS Engine Conditioner --> dlu beli kemahalan bukan di toko ini = 80rb

total abis 365rb. hoho

gambar 1 - oli dan filter oli

gambar 2 - busi autolite dan DCS Engine Conditoner

hasilnya cm modal segini bener2 tarikan mobil makin manyuss. hehe.
dan semoga testing FC gue bs makin bener dan kaki makin nahan demi test FC forum ini

alamat bengkelnya:
Lautan Motor
Ruko Sentral onderdil BSD
Blok C/2
telp: 021-5387969

by freak_hn

{zindro} Ganti motor extra fan A/C Aerio dengan merk Panasonic

sumber : email dari bro Zindro

Bro Zindro melakukan pergantian extra fan Aerio yang lemah menggunakan merk Panasonic. Penggantian dan pembelian pada bengkel Bumen Cahaya Abadi Jl Borobudur 1 di Tangerang.
Part + Jasa = Rp 400.000,-
Jauh lebih hemat dibanding beli extra fan orisinil yang satu set berikut bladenya.

gambar 1 - motor panasonic

{boyolali47} kuras oli matic Baleno Next G dan tambal kebocoran kabin

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=327048152#post327048152
Copy paste postingan bro boyolali47 di thread Aerio

Wuihh udah part 8...lama g main...boss singachu..gw mau kuras ni oli matic baleno nect G 03 gw..ada saran kira2 bengkel yg bgs dmn?atau mungkin ada agan2 lain yg tau skitar daerah bekasi n jkt timur. yg bgs pake oli apa ya, gw slama ini pake dextron.
trus gara2 musim ujan nih kaca depan samping bocor dari atas, entak karena karet list yg d atas atau dari karet kaca depan, kira2 ada yg pernang ngalamin hal serupa ndak agan2?
yg terakhir nih, gw bingung kl mobil matic ini yg namanya d tune up itu diapain, slama ini gw make mbl kl d service ama teman abang gw(montir bengke) cm d bersih2in aj tuh filter oli, saringan udara, semprot,etc.
thats all, tahnks, maaf kepanjangan agan2, hehehe..


1. Setelah browsing2 k forum tetangga akhirnya nemu bengkel yg bs kuras/flushing oli matic. nama bengkelnya "de Auto Motorsport".
Rencana mau pk shell tp stock cm ada 3 botol, tanya castrol abis jg, mobile1 kemahalan, akhirnya pilih oli merk "united", kata yg jual si price to performace tuh oli, berikut penampaknnya.

gambar 1

harga dibanderol 44rb.
Ok akhirnya mulai dah kluarin alat flushing/kuras(lupa gw foto) sedot buat isi lagi, cm abis 6 botol, knp sdikit?ktnya ada yg abis 8 ampe 12 botol/liter.
Setelah dijelaskan akhirnya gw paham, jd gini kl emang oli matic masih bgs y udah g perlu ampe berulang2, pake aj oli yg lama,emang gw terakhir ganti oli matic blm ada 1 thn, 11 bln lah kira2.
Jadi kesimpulannya ya sm aja, kl kita ganti tiap 2 thn skali ato pas kilometernya byk pake 8-12 botol, smentara kl ganti 1 thn skali ato pas kilometer ga byk2 amat2 ya cm abis 6 botol aja, smua tergantung dari oli yg lama masi bersih apa ngak.
Ongkos kerjain 125rb
Total kena : 125 + (44x6)= 389rb.
DONE !

DIY : {taufik} Alternatif Rear Parcel Shelf Aerio

sumber : milis AerioIndonesia@yahoogroups.com
http://autos.groups.yahoo.com/group/AerioIndonesia/message/101799
http://autos.groups.yahoo.com/group/AerioIndonesia/message/101919
http://eparts.suzuki.co.id/PrintPreview.aspx?LinkRelId=295

Gambar 1 - Diagram Aerio

Number Qty Description Complete No. List Price

87410-54G02-P8G 1 SHELF, REAR PARCEL MAIN (GRAY) 87410-54G02-P8G N/A

87412-54G00 2 .CUSHION, REAR PANEL 87412-54G00-000 Rp. 34.000

87413-54G00 2 .STRING, REAR PARCEL 87413-54G00-000 Rp. 40.100

87430-54G03-P4Z 1 SHELF, REAR PARCEL RH (GRAY) 87430-54G03-P4Z Rp. 215.200

73461-54G00 1 .CUSHION, PARCEL SIDE 73461-54G00-000 Rp. 13.100

87450-54G03-P4Z 1 SHELF, REAR PARCEL LH (GRAY) 87450-54G03-P4Z Rp. 196.600

73461-54G00 1 .CUSHION, PARCEL SIDE 73461-54G00-000 Rp. 13.100

87419-60B00 2 HOOK, REAR PARCEL STRING 87419-60B00-000 Rp. 21.400

gambar 2 - Alternatif : Made in Taufik


Mau tny doong, kl rear parcel tray penutup bagasi bs beli dmn yah? Yg bekas jg
gpp deh asal msh bagus..
Barusan tny tmn di parts Suzuki, dikasih hrg 1.3jt!!! Ampe eneg dengernyaa :p
ktnya krn msh import Jepang. Bs diskon dikit jd 1,15jt.. :(

Tq,

Kevin

Bikin sendiri ajah Om, Sy juga bikin sendiri kok. Lumayan laaah, cukup 200 Ribu.
Bahan bisa pake Kayu Papan. Sy beli di Carefour
Trus dilapisi semacem Kulit utk Jok, tp bukan leather yah.
Utk Foto besok Sore yah Om, Sy msh di Jakarta.
Sy bikin 2, Satu warna beige, satu warna sesuai bagasi
Terlampir punya Oshin (gambar 2), Made In Dhewek, ada 2 Warna. Belum sempet terpasang sejak Mudik Lebaran.

by M. Taufik AIC 253

{kijangtua} show off peralatan

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=325355308#post325355308

numpang nampang kotak ajaib gw...
ini kotak tool kit andalan gw... kalo jalan jauh wajib bawa ini...
isinya rupa2 looh..
gambar 1

mulai dari ring, mur, baut, sekrup, sekring berbagai ukuran, bohlam, terminal, pinset, kawat, sumpit, benang, sealer, kepala aki, solasi listrik dan pipa, kabel, relai, klem besar/sedang/kecil, baut roda.. cuma kayaknya ada yang belum lengkap nih... ntar gw coba inget2 deh apa yang kurang..

gambar 2 - nih isi lapisan bawahnya si kotak ajaib..